Follow:
Uncategorized

[BEAUTY 101] 5 Kebiasaan Baik untuk Tubuh Langsing Sehat

Happy Weekend, ladies!

Siapa sih yang nggak mau memiliki badan yang ideal, langsing, tetapi juga sehat? Aku yakin itu adalah impian semua wanita di dunia. Sayangnya, tidak semua wanita beruntung memiliki gen ‘langsing’ yang bisa membuat mereka tetap pada berat badan ideal mekipun mereka makan dengan porsi besar dan sedikit berolahraga. 
Sebagian besar wanita termasuk aku mengeluhkan sulitnya perjuangan menurunkan berat badan. Tidak sedikit juga wanita yang pada akhirnya putus asa dan memutuskan untuk menggunakan ‘jalan pintas’ agar bisa mencapai berat badan ideal dengan mengkonsumsi obat diet, obat pelangsing, atau melakukan diet supet ketat yang tidak sehat dan tidak terjamin keamanannya. Bagi yang punya dana lebih, mereka bahkan rela mengeluarkan uang untuk melakukan operasi sedot lemak. Semuanya demi satu tujuan, mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan tubuh langsing. 

Sebenarnya, menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara yang sehat tanpa menyiksa dengan cara mengubah kebiasaan kita sehari-hari. Berikut adalah kebiasaan kecil yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan alami.

1. Jangan lupa sarapan

sarapan terbukti mampu membantu menurunkan berat badan secara efektif
Selalu sempatkan waktu untuk sarapan bergizi setiap pagi.

Kebanyakan wanita yang ingin menurunkan berat badan berusaha keras mengurangi porsi makannya, bahkan melewatkan makan, salah satunya sarapan. Padahal, sarapan itu sangat penting karena dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan merasa kenyang lebih lama. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rutin menyantap sarapan setiap hari justru memiliki peluang lebih besar dalam keberhasilan dietnya. Peneliti juga mengungkap bahwa makan sarapan yang sama selama
beberapa kali bisa membantu menurunkan berat badan.
Kalau kamu masih sering melewatkan sarapan, sebaiknya cepat ubah kebiasaan itu. Tidak ada lagi alasan tidak ada waktu untuk sarapan.

2. Gunakan piring berukuran kecil
Ukuran piring yang digunakan untuk makan ternyata bisa membantu mengurangi porsi dengan cara memberikan ilusi porsi yang lebih banyak
Piring berukuran kecil memberikan ilusi porsi yang lebih banyak.
Ini merupakan salah satu trik untuk menjaga porsi makan agar tidak terlalu banyak. Terkadang mata manusia bisa mengecohkan apa yang kita rasakan. Saat menggunakan piring berukuran besar, tanpa sadar kita mengambil porsi yang lebih banyak untuk memenuhi piring,  karena porsi yang sedikit akan ‘terlihat’ tak
mengenyangkan bagi mata kita. Sebaliknya, dengan menggunakan piring kecil, makanan yang sebenarnya sedikit akan terlihat banyak dan membuat makanan tersebut terlihat mengenyangkan. Sehingga kita akan merasa lebih kenyang.
3. Gunakan alat makan yang besar

penggunaan alat makan seperti sendok garpu dan pisau berukuran besar juga membantu mengurangi porsi makan dan memberikan respon cepat kenyang
Sendok dan garpu berukuran besar bisa membantu mengurangi porsi makan.

Lucu ya? apa hubungannya ukuran alat makan dengan menurunkan berat badan? Namun penelitian membuktikan bahwa menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu yang besar bisa membantu kita mengurangi porsi makan dan membuat tubuh memberikan respon cepat kenyang. Begitu juga sebaliknya dengan alat makan berukuran kecil. Dengan menggunakan sendok atau garpu yang lebih besar, porsi suapan akan menjadi lebih banyak, sehingga kita akan merasa lebih cepat kenyang. Kebiasaan ini akan membantu mengurangi berat badan, terutama jika makan menggunakan tangan yang tidak dominan, sehingga kita akan makan dengan lebih perlahan. Makan dengan pelan juga membantu mengurangi jumlah kalori yang
dikonsumsi.

4. Minum air putih
konsumsi air putih minimal 2 liter sehari untuk membantu menjaga kesehatan tubuh serta ginjal
Minum air putih setidaknya 2 liter sehari untuk kesehatan tubuh.

Hampir semua program diet pasti akan menyarankan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya. Hal ini dikarenakan minum banyak air (terutama air putih) bisa membantu menurunkan berat badan. Cobalah membiasakan diri untuk minum dua gelas air sebelum makan. Air yang diminum sebelum makan akan membantu kita merasa kenyang lebih cepat dan membuat kita mengkonsumsi lebih sedikit kalori. Minum air juga bisa membantu mendeteksi apakah kita benar-benar lapar atau hanya ‘lapar semu’. Ketika perut merasa lapar, minumlah satu gelas besar air dan tunggu selama 30 menit. Apabila setelah 30 menit kita masih merasa lapar, itu tandanya memang kita harus makan. Selain itu, mengkonsumsi air juga baik untuk kesehatan ginjal dan untuk menjaga kulit tetap cantik.
5. Letakkan camilan sehat di dekatmu
Jauhkan camilan tidak sehat dari sekitarmu dan ganti dengan camilan sehat.

Agar program diet bisa sukses, tentunya kita harus mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Namun apa jadinya kalau kita jarang makan makanan sehat dan dikelilingi oleh makanan ‘sampah’? Cobalah untuk mulai meletakkan camilan sehat seperti buah-buahan di sekitar kamu. Singkirkan semua camilan dan makanan tidak sehat jauh-jauh. Orang cenderung akan makan sesuatu yang letaknya dekat, jadi kalau di sekitar kita dipenuhi oleh makanan sehat tentunya kita akan lebih mudah membiasakan diri untuk memakannya.

6. Konsumsi yogurt
Yoghurt bisa membantu memperbaiki masalah pencernaan sekaligus menurunkan berat badan

Minuman dengan rasa asam ini semakin populer di Indonesia. Yogurt dikenal sebagai makanan yang paling baik untuk membantu menurunkan berat badan berdasarkan hasil penelitian di Harvard University. Yogurt mengandung protein yang akan membantu kita cepat kenyang dibandingkan karbohidrat, terutama jika yogurt yang dikonsumsi adalah yang tawar tanpa tambahan gula dan lemak. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa yogurt bisa membantu membakar lemak di tubuh. Penelitian tersebut dilakukan dengan meminta orang yang
kelebihan berat badan untuk mengonsumsi yogurt 1/2 cup setiap malam
selama enam minggu.
Selain membantu membakar lemak dan berdiet, yogurt
juga sangat membantu Anda menjaga kesehatan pencernaan. Tidak ada alasan untuk tidak menyukai yogurt karena sekarang sudah banyak yogurt yang diproduksi dengan rasa yang pas dan praktis bisa dibawa kemana-mana.
Gimana ladies? Ternyata tidak sulit kan menurunkan berat badan, cukup dengan mengubah beberapa kebiasaaan kecil bisa membantu kita untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan juga tetap sehat. Selamat mencoba! 
Love,

Referensi:

K
Van Ittersum, B Wansink – Journal of Consumer Research. Plate size and
color suggestibility: the Delboeuf Illusion’s bias on serving and eating
behavior. Journal of Consumer Research. Vol. 39. August 2012. – See
more at:
http://www.powerhealth.gr/en/size-dish-making-fat/#sthash.K6ejeQIT.dpuf

Harrar, Vanessa and Charles Spence. 2013. The taste of cutlery: how the taste of food is affected by the weight, size, shape, and colour of the cutlery used to eat in. Diambil dari:

Van Ittersum, Koert, & Wansink, B. 2012. Journal of Consumer Research, 39(2), 215-228. Plate size
and color suggestibility: The Delboeuf illusion’s bias on serving and
eating behavior. Diambil dari: 
K
Van Ittersum, B Wansink – Journal of Consumer Research. Plate size and
color suggestibility: the Delboeuf Illusion’s bias on serving and eating
behavior. Journal of Consumer Research. Vol. 39. August 2012. – See
more at:
http://www.powerhealth.gr/en/size-dish-making-fat/#sthash.K6ejeQIT.dpuf
K
Van Ittersum, B Wansink – Journal of Consumer Research. Plate size and
color suggestibility: the Delboeuf Illusion’s bias on serving and eating
behavior. Journal of Consumer Research. Vol. 39. August 2012. – See
more at:
http://www.powerhealth.gr/en/size-dish-making-fat/#sthash.K6ejeQIT.dpuf
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply