Follow:
Uncategorized

[BEAUTY 101] Tips Kulit Cantik di Bulan Ramadan

 Assalamualaikum, ladies!
Bulan Ramadan tentu saja penuh dengan aktivitas mendekatkan diri pada Yang Maha, tetapi bukan berarti kita lupa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit lho. Setelah beribadah selama sebulan penuh dan (insyaAllah) kembali ke fitri, tentunya kita ingin tampil di Hari Raya dengan cantik. Iya nggak? Nah, gimana caranya supaya kulit kita tetap terjaga kesehatannya selama bulan Ramadhan? Intip tips-nya berikut ini ya:

1. Menjaga asupan cairan.

Berpuasa selama lebih dari 12 jam membuat kita kehilangan cukup banyak cairan tubuh. Jadi, perbanyak konsumsi air putih di antara waktu berbuka hingga saat sahur tiba. Coba deh untuk menghindari minuman berbuka yang terlalu manis. karena tubuh kamu akan cepat merasa lapar setelah makanan selesai dicerna oleh tubuh. Buat kamu yang masih malas minum air putih, kamu bisa mencoba infused water, yaitu air putih yang ditambahkan dengan buah-buahan atau herbal. Selain rasanya yang segar, infused water juga bisa memberikan tambahan nutrisi vitamin dan mineral dari buah. 

2. Hindari minuman bersoda dan berkafein.

Selama bulan Ramadan, sebaiknya kurangi bahkan kalau bisa hindari sama sekali minuman bersoda dan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Selain karena kandungan gula-nya yang tinggi, minuman jenis ini bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap mineral yang tentu saja berefek buruk pada kulit kamu. Kalau kamu ingin minuman yang segar, minum jus yang dibuat dari buah segar dengan sedikit atau tanpa gula bisa menjadi pengganti minuman bersoda. Selain rasanya yang tidak kalah nikmat, tentu saja jus buah juga baik untuk kesehatan. Sedangkan untuk pengganti kopi dan teh, kamu bisa coba minuman herbal yang hangat seperti jahe, lemongrass, atau chamomile. 


3. Jangan lupa untuk merawat matamu.

Jam tidur kita selama bulan Ramadan mengalami perubahan. Yang biasanya sarapan jam 7-8 pagi sekarang dimajukan jadi jam 3-4 pagi. Mau tidak mau kita harus bangun lebih awal. Belum lagi persiapan sahur dan berbuka puasa, juga ibadah tarawih yang juga menguras energi. Hectic banget deh. Nggak jarang nih banyak dari kita yang kurang istirahatnya sehingga muncullah si lingkaran hitam di bawah mata. Tentu saja ini bisa mengganggu penampilan ya. Agar terhindar dari lingkaran hitam ini, rawat mata dengan menggunakan masker mata. Cara yang paling mudah adalah dengan mengompres mata menggunakan kantung teh atau irisan mentimun. Kedua bahan tersebut bisa membantu mengurangi lingkaran hitam di mata sekaligus membuat mata nampak lebih segar. Puasa jalan terus, ibadah lancar, dan mata tetap cantik deh selama Ramadan. 

4. Kurangi aktivitas di bawah sinar matahari. 

Sinar matahari pagi memang baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan tulang. Tetapi, terlalu lama terpapar sinar matahari terutama di siang dan sore hari justru kurang baik lho. Sinar UV yang dipancarkan matahari bisa merusak kecantikan kulit kamu. Beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik dapat membuat kamu berkeringat dan menyebabkan dehidrasi. Akibatnya, kamu akan merasa lemas saat berpuasa. Agar puasa lancar dan kulit terjaga, sebisa mungkin hindari aktivitas di bawah paparan sinar matahari ya. Kalau memang terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, gunakan payung atau topi. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sunblock pada wajah dan tubuh 30 menit sebelum kamu mulai beraktivitas. 

5. Konsumsi kacang-kacangan.

Saat berbuka puasa, banyak sekali makanan dan camilan yang bisa dipilih. Kolak, es buah, puding, sampai gorengan. Camilan tersebut boleh saja dimakan asal jumlahnya dibatasi agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Nah, ada juga lho pilihan camilan yang tidak hanya enak tetapi juga baik untuk tubuh dan kulit yaitu kacang-kacangan. Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete bisa membantu meremajakan kulit. Hal ini dikarenakan kedua jenis kacang-kacangan tersebut mengandung serat tinggi dan juga asam lemak yang baik untuk tubuh. 

6. Selalu gunakan pelembab

Tip terakhir untuk menjaga kecantikan kulit di bulan Ramadan adalah dengan rutin menggunakan pelembab. Selama berpuasa, tubuh tentu saja mengalami kekurangan cairan, penggunaan pelembab bisa membantu menjaga agar wajah tetap lembab selama berpuasa. Aplikasikan pelembab wajah segera setelah kamu mencuci wajah. Dengan begitu, wajah tetap lembut, kenyal, dan lembab sepanjang hari. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan sunblock setelah pelembab. 

*** 
Itu dia beberapa tips yang bisa membantu agar keindahan dan kesehatan kulit kita terjaga selama bulan Ramadan ini. Selain tips di atas, beribadah dengan khusyuk dan mendekatkan diri pada Yang Maha insyaAllah akan membuat kita juga cantik dari dalam. Aamiin. Semoga tips ini bisa membantuk kalian semua ya. 
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

8 Comments

  • Reply Tri Sapta Marsiawati

    Setelah makan kacang ada tumbuh jerawat. Kenapa? Apakah kelebihan.

    June 13, 2016 at 12:51 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Kacangnya digoreng atau gimana mbak? Sebaiknya sih disangrai kacangnya jadi bebas minyak. Porsinya jg jangan banyak2, cukup satu genggam aja sehari maksimal

      June 13, 2016 at 1:19 am
  • Reply Ipeh Alena

    Sudah otomatis mengurangi kegiatan di bawah terik matahari langsung. Soalnya mager hehehehe

    Makasih mba sharenya

    June 13, 2016 at 3:09 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Hehehehe… sama-sama mbak Ipeh, semoga membantu ya

      June 20, 2016 at 5:22 am
  • Reply Lahiya

    wuih, ramadan harus makin cantik ah, makasih tipsnya

    June 20, 2016 at 4:54 am
  • Reply widyantiyuliandari

    Kalau pas puasa panas-panasan di bawah matahari, kerasa banget. Ha..ha… otomastis lebih banyak ngadem pas ramadan 🙂

    June 21, 2016 at 9:42 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya, selain bisa bikin dehidrasi, panas-panasan juga bisa bikin kulit kering jadi nggak cantik lagi deh.

      June 21, 2016 at 9:52 pm

    Leave a Reply