Follow:
Uncategorized

Handuk Microfiber untuk Hapus Makeup Praktis dan Hemat

Happy Monday, all!
Karena aku lagi hectic dengan ujian semesteran kuliah, kerjaan, dan juga  keluarga, belakangan ini aku jarang banget update postingan di blog. Maaf yaa. Di postingan review Maybelline The Magnum Mascara aku sempat menyinggung tentang gimana cara aku membersihkan makeup dengan praktis dan hemat. Kali ini, aku akan bongkar rahasianya. Mau tahu? Lanjut yaa bacanya.

Beberapa waktu lalu dunia perlenongan jadi ramai karena produk yang bisa menghapus makeup dengan mudah. Produk yang dimaksud bukan cleansing milk, bukan cleansing oil, dan juga bukan micellar water (yang satu ini juga sempat booming), tetapi tidak lain dan tidak bukan adalah HANDUK. Yup, kamu nggak salah baca, handuk.
Awalnya sempat bingung apakah handuk yang dimaksud adalah handuk yang biasa aku pakai mandi? Ternyata ini memang handuk khusus. Setelah kepoin para beauty blogger dan vlogger yang telah mencoba, hasilnya emang kece badai. Wajah langsung bersih dari makeup cuma dengan sekali usap. Praktis banget kan. Selain itu juga hemat karena nggak pakai kapas. Aku sukses dibikin keracunan. Tapi saat aku cek harganya. Alamaaaak! Mahal banget! Harga handuk ini kisaran 150 ribu sampai 300 ribuan. Di situ aku langsung sedih nggak nafsu lagi mau beli. Wong niatnya beli biar praktis dan hemat. Hehehe.

Salah satu produk yang harganya menurut aku mahal! Hiks.

Karena aku cinta lingkungan dan mau mengurangi penggunaan kapas sekaligus berhemat #tsaaah #bukanpencitraan, aku coba cari tahu apa sih yang membuat si handuk ini kok bisa membersihkan makeup. Setelah bertapa di dunia maya dan membaca review blogger-blogger luar negeri, terungkaplah kalau si handuk ajaib ini terbuat dari bahan microfiber.
Apa sih microfiber itu? Microfiber adalah serat sintetis yang biasanya merupakan kombinasi antara polyester dan nilon. Kain microfiber ini diproses tanpa menggunakan bahan kimia, Dibandingkan dengan handuk katun, serat handuk microfiber dibagi berkali-kali sehingga ukuran diameternya lebih kecil dari rambut manusia sehingga kain microfiber mampu membersihkan hingga menjangkau daerah yang tersembunyi yang ada di celah-celah permukaan suatu benda yang  tidak dapat dijangkau oleh handuk katun atau handuk kertas/tissu sekalipun.

Aku ingat sering lihat handuk microfiber di supermarket atau toko bahan bangunan macam Ace Hardware dan Mitra 10. Handuk microfiber biasanya bisa ditemukan di area alat bersih-bersih dapur dan otomotif. Yes, jangan kaget ya karena handuk microfiber memang multifungsi. Mulai untuk membersihkan area dapur, mengepel, lap furniture, sampai untuk memoles mobil. Pokoknya urusan bersih-bersih rumah deh. Karena penasaran aku coba deh hunting ke beberapa tempat.

Handuk microfiber yang dijual sangat beragam dengan berbagai macam warna dan fungsi. Pilihan mereknya pun juga banyak. Handuk microfiber yang aku incar adalah handuk microfiber dengan komposisi 100% polyester. Sayangnya aku tidak bisa menemukannya di manapun. Hiks. Komposisi handuk microfiber ini menentukan kualitas dan kehalusan si handuk. Jadi semakin tinggi komposisi polyester-nya, semakin halus si handuk.
Akhirnya aku memutuskan untuk membeli handuk microfiber dari dua merek, yaitu ProClean yang aku beli di Ace Hardware dan Bagus Microfiber Cloth yang aku beli di Mitra 10. Alasannya? Karena kedua merek ini mencantumkan komposisi bahannya (sebetulnya banyak merek handuk microfiber lain sayangnya tidak ada keterangan komposisinya). Untuk ProClean komposisinya adalah 80% polyester 20% polyamide. Sedangkan Bagus Microfiber Cloth komposisinya adalah 89% polyester 11% polyamide.

Harganya pun luar biasa juara! Alias murce banget! ProClean aku beli seharga 75 ribu untuk 10 lembar handuk, sedangkan Bagus Microfiber Cloth isi 2 lembar handuk hanya 19 ribu saja. Jadi, untuk selembar handuk microfiber uang yang aku keluarkan tidak sampai 10 ribu rupiah. Hemaaaaat!


Handuk microfiber merek Bagus
Handuk microfiber merek ProClean

Dari segi bentuk sih kedua handuk microfiber yang aku beli ini mirip. Ukurannya 30 X 30 cm, ukuran standar sapu tangan/handuk wajah. Kalau dari ketebalannya, bahan handuk microfiber ProClean lebih tebal dibandingkan Bagus Microfiber Cloth. Tetapi urusan kelembutan dan kehalusan bahan, Bagus sedikit lebih baik. Ya itu dia, kembali ke komposisi Bagus Microfiber yang memang polyester-nya lebih tinggi. Oke Tya, cukup dengan penjelasannya. Terus gimana? Apakah benar si handuk microfiber ini efektif mengangkat kotoran dan makeup di wajah? Jreng jreng jreng…

Ternyata it really works! Senang banget aku! Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, basahi handuk dengan air hangat lalu peras. Kedua, usapkan handuk ke wajah untuk mengangkat makeup dan kotoran. Voila! Wajah langsung bersih! Makeup mata dan bibir benar-benar bersih, termasuk makeup waterproof seperti maskara dan eyeliner. Selain mengangkat sisa makeup, aku juga merasa kulit aku terasa lebih bersih karena efek scrubbing dari handuk.

Meskipun wajah sudah terasa bersih, aku masih penasaran apakah memang benar-benar sudah bersih? Aku pun mengikuti saran salah satu BFF-ku Shapie (cek blog Shapie di sini ya) untuk mengetes membersihkan wajah menggunakan produk pembersih lain. Di sini aku menggunakan Nivea Micellar Water dan Avene Micellar Lotion. Sebetulnya pingin bersihin juga pakai Bioderma Sensibio H2O tapi stok aku habis. Hehe. The result? Kapas yang aku gunakan untuk mengaplikasikan kedua produk itu di pipi kiri dan kanan terlihat bersih. Kapas yang aku gunakan dengan Nivea Micellar Water kelihatan nggak ada sisa makeup sama sekali. Untuk kapas dengan Avene Micellar Lotion, masih kelihatan sisa foundie diikiiiiit banget. FYI, aku saat mengetes ini menggunakan full and heavy makeup (aku pakai foundie full coverage ditumpuk sama loose powder foundation).

Jadi, buat kamu yang pakai full coverage makeup handuk microfiber ini tidak seberapa efektif. Tapi, kalau kamu menjadikan handuk microfiber ini sebagai step terakhir setelah double cleansing, hasilnya wajah benar-benar bersih lho. Aku sendiri sempat mencoba membersihkan makeup aku dulu dengan  grapeseed oil, lalu dibersihkan dengan cleansing milk, dan terakhir menggunakan handuk microfiber. The result was amazing, nggak ada sisa makeup sama sekali. Aku juga pernah ngetes membersihkan makeup dengan oil (grapeseed oil/EVOO) dan setelah itu langsung dibersihkan dengan handuk microfiber. Hasilnya juga memuaskan. Handuk microfiber yang hangat membantu mengangkat sisa minyak sekaligus makeup dari wajah dengan sempurna. Plus dapat bonus eksfoliasi wajah biar makin halus. 

Tidak ada produk yang sempurna, setuju? Meskipun handuk microfiber ini memang efektif untuk mengangkat makeup dan membersihkan wajah, tetapi kadang yang bikin males adalah perawatannya. Biasanya setelah handuk digunakan, aku akan membersihkan sisa makeup dan kotoran yang menempel dengan cara menguceknya pakai baby’s detergen. Alasannya? Karena detergen bayi itu lembut, aman untuk kulit, tetapi juga efektif menghilangkan kuman dari handuk. Apalagi handuk ini memang dipakai untuk wajah. Setelah dikucek dan dibilas, aku akan jemur handuk sampai nanti akan digunakan lagi. Buat kamu yang sedikit malas, sepertinya bakalan kurang cocok deh pakai handuk microfiber untuk membersihkan makeup. 

Aku kurang tahu apakah makeup remover cloth yang mahal itu berapa lama masa pakainya. Untuk handuk microfiber yang aku gunakan ini sepertinya hanya bisa bertahan selama kurang lebih 1-2 bulan tergantung perawatan dan juga seberapa sering handuk dipakai. Tapi ya untuk harga kurang dari 10 ribu worthed banget lah yaa. Handuk microfiber bisa dijadikan alternatif pengganti makeup remover.

Kesimpulannya?

Aku suka handuk microfiber karena:

Efektif membersihkan wajah dari makeup bahkan makeup waterproof sekalipun.
Selain untuk makeup remover, juga bisa digunakan untuk eksfoliasi wajah.
Harganya sangat terjangkau. Tidak sampai 10 ribu untuk satu lembar handuk.
Bisa didapatkan dengan mudah di toko bahan bangunan atau supermarket.
Permukaan handuk microfiber halus sehingga tidak mengiritasi wajah.
Tidak perlu lagi menggunakan kapas dan produk makeup remover.

Aku kurang suka handuk microfiber karena:

Masih kurang bersih untuk full and heavy makeup.
Bisa jadi overexfoliate terutama saat membersihkan makeup yang bandel (alias susah dibersihinnya).
Perlu ekstra perawatan agar handuk tetap bersih dan bebas kuman.
Tidak banyak merek yang mencantumkan komposisi microfibernya.
Masa pakainya jelas lebih pendek dibandingkan handuk microfiber yang mahal.

Overall rating:
8/10

*** 

Itu dia pengalaman aku menggunakan handuk microfiber untuk membersihkan makeup dari wajah. Untuk kamu yang suka pakai light makeup atau tidak pakai makeup sama sekali, handuk microfiber ini bisa kamu jadikan alternatif pengganti makeup remover. Buat kamu yang menggunakan full and heavy makeup, handuk ini bisa dijadikan step terakhir dari double cleansing Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu pernah coba juga? Atau tertarik untuk mencoba? Share di kolom komentar di bawah ini yaa.
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

40 Comments

  • Reply Primastuti Satrianto

    Mba Tya ulasannya menarik, mau tanya, cara mencucinya gimana ya? Karena punyaku bekas make up nya susah hilang. Makasih.

    November 28, 2016 at 5:22 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Kalau tya pakai sabun cuci baju bayi mbak Ima… itu efektif mengangkat kotorannya tanya bikin rusak bahan microfibernya…

      November 28, 2016 at 5:29 am
  • Reply Ipeh Alena

    Lah, Mba Tya ini serius nih handuk bisa dipake buat wajah? Soalnya saya juga pake di rumah, tapi buat hal lain 😀

    Lah tau gitu jadi pengen nyimpen buat bersihin wajah.

    November 28, 2016 at 5:26 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Hahaha, iya mbak Ipeh, ini memang biasa dipake untuk lap dapur. Tapi seriusan bisa buat muka juga… malah jadi halus mukanya lhoo…

      November 28, 2016 at 5:29 am
  • Reply Rotun DF

    Bisa buat mbersihin sisa peeling sama masker juga berarti ya Mba? Aku biasa pake handuk yang kaya washlap bayi itu yang dimasukin tangan. Tapi punya satu doang, hiks.

    Pengen nyari ah, moga2 di hypermart ada. Maklum, Ace sama Mitra10 mana ada di Palopo, wkwkwk.

    November 28, 2016 at 5:48 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya mbak bisa…. Ayo coba cari di bagian bersih-bersih mbak Rotun… Semoga ketemu yaaa…

      November 29, 2016 at 3:26 am
  • Reply Rahayu Savitri

    kayaknya ok juga kalo dipake buat bersihin sehabis pake cleansing balm…okay ngeborong buat hari-hari ah.

    November 28, 2016 at 6:59 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya oke banget, muka langsung bersih… Harganya murah meriah juga….

      November 29, 2016 at 3:26 am
  • Reply Fuji Astyani Hijriyah

    ka tya ini pertama kalinya main ke blog mu hehe 😀

    btw reviewnya lengkap banget, enak bacanya dan aku jadi paham banget. beda ya kalo bu guru yang nulis heheh 😀 top lah..
    harganya murah banget ya, bagus juga buat mengurangi produksi sampah kapas nih. tapi sayang nyucinya itu lho yang ribet 🙂 tapi gak masalah sih di aku.

    salam
    http://www.fujichan.net

    November 28, 2016 at 7:44 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Makasih Fuji… senang deh kamu mampir ke sini. Nanti aku main juga ke blog fuji. Iya memang kekurangannya adalah membersihkannya itu, harus telaten. Hihihi…

      November 29, 2016 at 3:27 am
  • Reply Hani Noer

    ya ampuun..ini aku ada banyak mbaa tapi buat lap meja/dapur hihhiihih…
    but it worth to try..
    nice idea!

    November 28, 2016 at 9:59 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Ayo coba dicari mbak kali ada yang masih baru belum kepake, bisa untuk bersihin makeup. Hihihi

      November 29, 2016 at 3:53 am
  • Reply Regina Napitupulu

    ide baguss mbak tya! buset ga kepikiran bisa pake microfiber. Tapi, lagi2 nih ya perawatan buat bersihin microfiber kudu ekstra, kucek2 sampai bersih. Kalau ga bersih nanti malah bikin muka jerawatan :"")
    thanks buat idenya mba tya :3

    reginapit.blogspot.co.id

    November 28, 2016 at 4:32 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Betuuuul, makanya aku bold kalau perawatan handuk ini mesti ekstra. Kalau nggak ya seperti yang Regina bilang, bisa jadi sarang kuman penyebab jerawat.

      November 29, 2016 at 3:50 am
  • Reply Anindita Khrisna Murti

    aq masih setia nih mba pake handuk ini untuk bersihin make up. Kalo aq tetep diawali oil cleansing dulu pakai grapeseed oil trus lgsg aq angkat pakai si handuk microfiber. Setelah itu baru pake nivea micellar waternya deh. Untuk membersihkan aq cuma pakai sabun mandi biasa. kadang juga pakai shampoo. setelah pakai pasti aq jemur di luar kamar mandi supaya nga lembab. Makasih tipsnya mbaa… :*

    November 28, 2016 at 7:17 pm
  • Reply Amanda Ratih

    Walah baru tau ada handuk ini.. Coba nanti tak carinya d Ace hardware. Tapi handuk ini bsa buat mandi ga apa cma buat bersihin muka Tok? Hehe

    November 28, 2016 at 9:47 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Buat mandi bisa mbak, cuma ini kan ukurannya segede sapu tangan. Jadi kalau mau buat handuk mandi pakai yang ukuran besar. Beberapa online shop jual handuk microfiber untuk mandi kok mbak…

      November 29, 2016 at 3:49 am
  • Reply sherly prastica

    Giwlaaaaaaak gw biasanya males buat bersihin washcloth kaya gini. Kalo ga dibersihin ya rasanta kan jorok banget kan yah Ty xD gw aja yg tiap hari olahraga, mesti ngusep keringet pake handuk. Lah itu aja gw niat rajin2in nyuci tiap hari dan punya stok banyak. Hmmm kayanya gw mau ttp pake kapas aja Ty 😀

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    November 29, 2016 at 8:37 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Wkwkwkwkw, nah itu dia Sherly makanya aku tekankan bahwa bersihin muka pakai handuk model gini nggak cocok untuk yang males dan nggak punya banyak waktu…

      November 30, 2016 at 4:12 am
  • Reply emanuella aka nyonyamalas

    Waaaaa…. luar biasa kak tyaaa….
    Kreatif bingiiitttt
    Kasar ga kak permukaannya?

    November 30, 2016 at 2:45 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Surprisingly nggak kasar lho, lagipula kan gosoknya pelan-pelan aja udah keangkat semua. Cuma ya itu seperti yang udah aku tulis kekurangannya, bisa jadi overexfoliate kalau terlalu semangat gosoknya…

      November 30, 2016 at 4:14 am
  • Reply Buleipotan Blog

    Emejing emang emak satu ini. Kadang ingin berhemat mengarahkan ke Ide cemerlang XD. Salute laaahh :))

    Oia, lancar kuliahnya yah makk~~~
    pantesan dirimu jarang update

    December 10, 2016 at 8:42 am
  • Reply Yesi Intasari

    asik banget main ke blognya mba tya dan nemu postingan ini, kebetulan lagi cari handuk yang enak buat facial2an di rumah, udah deh fix mau beli handuk microfiber aja cus nanti pulang kerja mampir ke mitra10 dulu.. btw video youtubenya juga keren mba 😀

    December 26, 2016 at 3:53 am
  • Reply Rusdiana

    Makasih infonya mba. Aku juga tadi nyoba eksperimen bersihin wajah pakai lap ini. Aku mikir kalau buat ngelap wajah ok gak ya. Setelah dicoba wah hasilnya emang bagus bgt ��. Tadinya wajah aku berminyak, kotor dan meskipun udh cuci muka sepertinya kurang. Terus pakai mf ini, baru deh wajah rasanya 'lega', fresh.��

    Emang kain mf ini bagus bgt, buat bersihin barang bagus bgt jadi kinclong hasilnya. Ditempatku agak mahal harganya 20ribu/lbr. Tapi sebanding ama kualitasnya.

    December 12, 2017 at 11:31 am
  • Reply Vebby Febriyanti♥

    Akutu penasaran banget sama handuk microfiber tuk ngapus makeup ini. Selama ini akukan kalau ngapus makeup baru ngerasa bersih kalau udh pake facial foam gt . Ini langsung pakai handuk nih jd penasaran banget loh aku

    March 3, 2019 at 6:22 am
  • Reply Tori Chu

    baru tau klo handuk microfiber bisa dipake buat ngebersihan muka bahkan hasilnya jg bgus gitu .. jd hemat kapas klo cm pake handuk gini 💕👍🏻

    March 4, 2019 at 6:16 am
  • Reply Raisa Hakim

    Memang harus siapkan handuk khusus ya buat bersihin muka jangan asal lap handuk yang dipake lain juga. Aku mau nyari juga ah ke ace thanks mbak Tya tulisannya jd ngingetin ni buat beli handuk baru. Hehehe

    March 4, 2019 at 6:36 am
  • Reply Winda Trisuci

    wah aku dari jaman baru pertama muncul sampai sekarang belum pernah cobain 🙁 makin kesini makin ngerasa perlu nih soalnya isu global warming dan 3R mulai banyak di galakan

    March 4, 2019 at 6:41 am
  • Reply Novi Handayani

    sayang sekali untuk heavy makeup kurang efektif ya beb, perawatannya pun agak ribet yaa buat cewe yang ga suka ribet emang kurang recommended.. tapi aku ttp penasaran sih mau coba bersihin wajah pakai handuk microfiber rasanya gmn hhehe

    March 4, 2019 at 7:49 am
  • Reply Rach Alida

    Menarik sekali tulisannya, mba. Sama skali nggak terpikir karena aku selama ini pakai ya buat membersihkan wajah. Tapi dengan adanya tulisan ini, jadi mau nyoba juga 🙂

    March 4, 2019 at 8:24 am
  • Reply Tami Oktari

    Wah baru tau banget aku mba, jadi intinya yg handuk microfiber 100% polyester ya. Pengen coba juga, amouh banget bersihin makeup ya

    March 4, 2019 at 10:13 am
  • Reply Lidya - Luella Artistry

    Waah bener.. aku dlu browsing makeup eraser twrus jd ngeper gara gara harga nya yg mahal.bingit.. dr situ mending beli micellar water dan kapas aja daah wkwkwk

    March 4, 2019 at 10:59 am
  • Reply ANNE ANI

    wah ini menarik banget postingannya mbak aku baru tahu loh handuk microfiber lumayan ampuh juga buat bersihin make up, tapi aku anaknya males banget nyuci wkwkwk *masih bs belum lepas dari kapaz

    March 4, 2019 at 11:28 am
  • Reply Andiyani Achmad

    Cara bersihin handfuk microfibernya gimana beb? Nyuci biasa aja ya? Menarik sih ini dan ppatut dicoba

    March 5, 2019 at 1:00 am
  • Reply Indira Wulandari

    Oh iya ini dupe produk yang mahal itu.
    Tapi aman gak ya, maksudnya yang satunya emang dibuat khusus untuk muka. (^_^")

    March 5, 2019 at 1:50 am
  • Reply Lily Kanaya

    Mungkin ekstra perawatannya ini yang bikin males buat ku Tya wkwkkw, ditambah membersihkan handuknya pun mungkin perlu sabun khusus biar tetap awet 🙂

    March 5, 2019 at 1:57 am
  • Reply Rima Angel

    Eh kok murah banget sih ini jadi bikin ngirit gitu ya. Btw, ini kan kita cuci ya si handuk, cucinya pake sabun apakah? soalnya kan dipake buat wajah lagi gitu ya ka tya, takut salah sabun.

    March 5, 2019 at 2:48 am
  • Reply Nur Arviani

    baru tau nih aku ternyata disana jual anduk kaya gitu ya, aku kira cuma di toko toko kecantikan aja adanya, cus ah mau meluncur

    March 5, 2019 at 4:12 am
  • Reply Hairun Nisa

    Pernah denger masalah handuk ini sebelumnya, tapi lebih jelas di tulisan mbak ini. Sebagus itu ya ternyata.

    March 5, 2019 at 9:41 am
  • Reply Widya Lim

    Setujuu bangeet kalau pakai handuk kayak gini, takutnya over exfoliate, apalagi buat kulit sensitif kayak aku 🙁 tapi kalau handuk makeup remover yg mahal, permukaannya halus kak, jadi mungkin lebih aman buat kulit, meskipun aku tetep prefer kapas sih :")

    March 5, 2019 at 4:49 pm
  • Leave a Reply