Follow:
Uncategorized

[BLOGGING 101] Free Blog Planner Template

Happy Saturday!
Poin nomor satu dalam resolusi blog-ku di tahun 2017 adalah konsisten menulis blog. Ditambah lagi materi ‘The Power of Social Media’ yang disampaikan teh Ani Berta beberapa waktu lalu semakin membuat aku semangat dan yakin kalau blog selalu update insyaAllah akan semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari blog ini (dan insyaAllah juga mendatangkan rejeki lainnya. Aamiin). Aku termasuk tipe orang yang kalau dapat ide postingan harus langsung ditulis, minimal banget bikin draft kasar. Kalau nggak? Yuk dadah bye bye aja, si ide bisa langsung menguap lenyap. Untuk itu aku perlu alat bantu #tsah seperti planner. 
Ngomongin soal planner, di toko buku emang banyak sih yang jual planner. Apalagi di akhir tahun seperti ini, mulai dari yang berukuran mini sampai yang selebar meja pun ada. Sayangnya hampir semua planner yang dijual adalah planner standar, sedangkan aku butuh planner khusus untuk memaksimalkan blog-ku. Dulu aku suka download blog planner milik blogger-blogger luar negeri, cuma ada beberapa yang sreg ada yang nggak. So, I decided to make my own blog planner dan di hari terakhir sebelum berganti tahun ini, Tya mau bagi blog planner template gratis untuk kalian semua para blogger. 


Apa saja yang kamu dapat dalam blog planner template ini?

Cover 
Aku termasuk tipe orang visual sehingga cover sangat penting. Cover ini aku buat ala kadarnya menggunakan ilmu editing yang masih cetek di Photoshop. Sebetulnya cover ini selera sih, mau dipasang foto wajah satu halaman, mau foto tumbuhan, mau foto idola, ya suka-suka yang punya. Aku sendiri senang menaruh blogging quote di cover blog planner aku karena selain terlihat beda, cover ini juga sekaligus jadi penyemangat aku untuk terus menulis di blog. Oya, Tya sengaja bikin beberapa versi blogging quotes dengan beberapa warna background karena ini kan untuk umum dan gratisan. Aku pribadi lebih memilih background hitam dengan alasan nggak gampang kelihatan kotor (anaknya suka slebor).

How often should you publish a content (black, white, purple)
Blogging is not rocket science (black, white, purple)
There’s a lot of information (black)


Year at a glance (gray, purple)
File ini bisa digunakan untuk menuliskan long-term goals atau untuk mencatat hal lainnya. 
Month calendar (gray, purple)
File ini digunakan untuk merencanakan postingan dalam satu bulan sekaligus bisa juga digunakan sebagai kalender. Bagi aku pribadi, month calendar ini sangat berguna untuk mencatat deadline dan rencana posting secara umum. Biar nggak lupa bisa di-highlight atau pakai spidol merah biar gonjreng dan nggak lupa. 
Monthly Goals (gray, purple)
File ini digunakan untuk menulis apa saja yang ingin kalian capai dalam bulan tersebut. Berhubung aku masih blogger newbie, tidak banyak yang aku cantumkan di sini. Aku lebih fokus pada apa yang ingin dicapai di blog, social media, memperluas koneksi, dan tentang traffic blog (Alexa, DA/PA, dan pageview). 
Monthly Brainstorming (gray, purple)
Salah satu ilmu yang aku dapat dari sharing teh Ani saat menyampaikan materi ‘The Power of Social Media’ adalah content planning. Nah, monthly brainstorming ini bisa dipakai untuk merumuskan (duilah bahasa-nya) topik utama blog di bulan tersebut. Tya sengaja pecah jadi beberapa kotak kategori karena biasanya satu blog punya beberapa kategori. Contohnya saja blog TalkativeTya ada 6 kategori utama, Beauty 101, Blogging 101, DIY,  Event Report, Review, dan Tutorial. Jadi bisa saja untuk bulan Januari aku mau fokus pada topik Review skincare dan Tutorial khusus makeup mata. 
Weekly post planner (gray, purple)
File ini fungsinya kurang lebih sama seperti Monthly brainstorming dan Month calendar, hanya saja ini lebih detail untuk postingan per minggu-nya. Tya sengaja hanya taruh 3 kotak biar jadi penyemangat minimal harus 3 postingan per minggu. Aamiin. 
Monthly Blog Expenses (gray, purple)
Percaya atau nggak, ngeblog pun harus keluar dana lho. Beli kuota internet jelas adalah salah satu pengeluaran wajib. Selain itu masih banyak pengeluaran lainnya tergantung niche blog. Contoh saja untuk blog TalkativeTya aku kadang mengeluarkan uang untuk membeli beberapa produk kosmetik yang ingin aku review. Agar tidak over budget,  dibuatlah tabel pengeluaran ini. 
Notes (gray, purple)
File terakhir ini adalah halaman khusus untuk coret-coret atau draft kasar. Tya sendiri menggunakan halaman notes ini kalau tiba-tiba muncul ide untuk postingan blog. Selain itu kalau lagi bete boleh juga iseng gambar di sini. 


Bagaimana cara membuat blog planner ini?

Cara membuatnya cukup mudah kok. Kamu bisa langsung cetak sendiri di rumah menggunakan printer atau kalau mau lebih bagus dan awet cetaknya di tempat fotokopi atau percetakan. Berapa banyak yang harus dicetak untuk tiap file? Terus urutannya gimana? Tergantung kebutuhan dan selera aja sih. Aku sendiri mencetaknya dengan urutan seperti ini. 
  • Cover 1x – cetak dengan kertas karton tebal laminasi doff/glossy
  • Year at a glance 1x 
  • Monthly calendar 12x
  • Monthly goals 12x
  • Monthly Brainstorming 12x
  • Weekly Post Planner 52x (sisipkan 4-5 lembar sesuai banyaknya minggu setelah halaman Monthly)
  • Monthly Blog Expenses 12 x
  • Notes – sebanyak yang dibutuhkan. Tya sendiri menyisipkan sekitar 10 lembar setelah Monthly Blog Expenses. 

Kalau kalian mencetak blog planner ini di tempat fotokopi, kalian bisa minta dijilid menggunakan spiral karena lebih praktis dan nyaman untuk menulis. Sedangkan untuk cover belakang kalian bisa sesuaikan dengan warna cover depan (misalnya cover depan background hitam, berarti cover belakang juga warna hitam).  Biaya yang aku keluarkan untuk mencetak blog planner ini (sudah termasuk cover tebal dan spiral dan halaman sejumlah yang aku tulis sebelumnya) sekitar 65 ribu rupiah. Termasuk murah dibandingkan membeli planner biasa dengan desain yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Hehehe.

Monthly blogging goals dan weekly post planner bulan April 2016
Isi monthly calendar aku di bulan September 2016

Silahkan klik link yang ada di tiap file untuk  download ya. Mohon maaf sekali kalau desainnya sederhana sekali karena memang ilmu desain Tya sangat minim (Tya nggak punya latar belakang desain sama sekali dan hanya belajar secara otodidak). Blog planner template ini memang diberikan secara cuma-cuma, tetapi kalau bisa copyright-nya jangan dihilangkan ya. Jangan lupa share hasil cetak blog planner kalian dan tag aku ya! Semoga blog planner template ini bisa membantu teman-teman blogger untuk lebih produktif di tahun 2017 yaa!
Thanks for reading! 
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

32 Comments

  • Reply Diah Indriastuti

    Sukaaaa,.,…

    December 31, 2016 at 5:27 am
  • Reply everonia makeup

    Wah bermanfaat banget mba, mudah-mudahan di thn 2017 nanti aku juga jadi semangat nge blog

    December 31, 2016 at 5:39 am
  • Reply Rotun DF

    Udah donlooot, siap ngeprint dan jilid, uhuuuy.
    Thank's a bunch ya, Mbak Tya. Muaaah :*

    December 31, 2016 at 7:16 am
  • Reply Anindita Khrisna Murti

    Thank you mba ku tersayaaaang.. 😍😍😍 semoga kita makin enjoy blogging & menghasilkan makin banyak konten2 bermanfaat ya.. aamiin.. 😘😘😘

    December 31, 2016 at 8:06 am
  • Reply Hanifa

    Mbaaaak keren banget udah bisa bikin gituuuu. Aku manual bikin pake tulisan tangan xD

    December 31, 2016 at 1:57 pm
  • Reply Erny Kurniawati

    Thanks sharingnya Mbak Tya, Aku udah download semua. Nanti kalau uda aku cetak aku kasih lihat yah!

    December 31, 2016 at 2:52 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Sama-sama Erny! Aku yang makasih udah pada mau download….

      January 4, 2017 at 2:08 am
  • Reply IykaLiyka

    mb Tya, kreatif banget bisa bikin planner kayak gitu. Setiap blogger yang punya ini pasti bakalan makin semangat bloggingnya. Dari covernya aja udah naikin mood blogging banget.. Jadi pengen bikin juga :DD

    my-makeupdiary.blogspot.co.id

    January 2, 2017 at 1:45 am
  • Reply Lily Kanaya

    Wah Tya, makasih buat downloadannya…sukses terus ya Tya, love 🙂

    January 2, 2017 at 3:16 am
  • Reply munasyaroh

    Ixin langsung download mbak….. Makasih sharingnya ��

    January 2, 2017 at 12:46 pm
  • Reply Dian Farida

    Keren Mbak! Jadi pgn cetak:)

    January 2, 2017 at 2:31 pm
  • Reply eskaningrum

    makasih ya Tya, aku sudah download. mudah-mudahan nanti aku bisa disiplin mematuhi jadWAL yang aku buat

    January 3, 2017 at 2:37 pm
  • Reply Limas Ziana

    Kak Tya kreatif sekali ♥

    limlimzi.blogspot.co.id

    January 4, 2017 at 3:42 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Limaz kamu juga kreatif koook, ayo bikin DIY juga di tahun ini!

      January 5, 2017 at 4:54 am
  • Reply Lisna Ardhini

    Waaw kereeen kamu kreatif skaliiii, suka liatnyaa.. tapi kalo berhubungan dengan DIY aku suka lemah kaaaak, hahaha.

    January 4, 2017 at 4:18 am
    • Reply Atisatya Arifin

      hahaha, mbak Lisna bisa aja… ayok bikin DIY juga mbak…

      January 5, 2017 at 4:54 am
  • Reply Atisatya Arifin

    Sama-sama mbak, senang banget planner templatenya bisa bermanfaat

    January 5, 2017 at 4:53 am
  • Reply Titaz

    Kece nih, Tya. akupun juga suka bikin planner sendiri tapi versi manual alias orat-oret spidol trus dihias-hias hahahaha.
    Semangat buat ngeblog di 2017nya yaaa 🙂

    January 5, 2017 at 2:01 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Hehehe, iya mbak Taz, kalau ini kan dibikin buku khusus jadinya lebih enak dilihatnya… Semangaaat!

      January 6, 2017 at 3:09 am
  • Reply inezdiva

    Kak tyaaaa tau aja aku lagi butuh blog planner. Oh ya kak, kalo misalnya nih aku ada buku trus aku pake sebagian blog plannernya kak tya buat aku taruh disitu apa gpapa ?
    Terima kasih sebelumnyaaa

    http://www.extraodiary.com

    January 6, 2017 at 12:20 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Boleh aja koook… santai aja. Aku bikin ini buat bantu teman-teman juga biar sama-sama ngeblog.

      January 6, 2017 at 3:10 am
  • Reply Cahyani Pras

    bagus banget kak, sayangnya aku baru ketemu post ini huhu

    Bts, ini di cetak pake kertas ukura apa ya kak? thx 🙂

    April 28, 2017 at 2:30 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Aku cetaknya di kertas A5 mbak. Hehehe, bisa diprint sesuai bulannya aja kok jadi nggak sayang kertasnya. Atau tunggu tahun depan…

      May 2, 2017 at 8:03 am
  • Reply Return to My Blogg

    Aw, lucunya :3 Suka banget sama desainnya, walaupun sederhana tetapi compact!

    October 5, 2017 at 8:51 am
  • Reply Nadia K. Putri

    Keren banget! Appreciate this, suka ♡

    January 11, 2018 at 1:04 am
  • Leave a Reply