Follow:
Uncategorized

[BEAUTY 101] Arti Simbol pada Kemasan Kosmetik

Happy Thursdayy, gorgeous!
Ketika kalian membeli produk kecantikan, baik itu produk perawatan wajah atau kosmetik, apakah kalian memperhatikan kemasannya? Pada umumnya, kita bisa menjumpai informasi seputar produk, cara pemakaian, komposisi, produsen, nomor notifikasi POM, sampai tanggal kadaluarsa. Tapi pernah nggak ladies melihat informasi lain terutama yang berupa simbol? Postingan kali ini Tya akan membahas simbol-simbol yang biasanya ditemukan di kemasan produk kosmetik. Yuk lanjut bacanya!

Simbol dengan bentuk wadah dengan tutup yang terbuka ini adalah simbol PAO (Period After Opening). Simbol ini menunjukkan berapa lama produk bisa dipakai setelah kemasan dibuka. Pada gambar wadah-nya tertera angka yang menandakan berapa bulan produk bisa dipakai. Sebagai contoh, 6M menunjukkan produk hanya bisa dipakai selama 6 bulan setelah dibuka. Simbol PAO bisa ditemukan hampir di semua kemasan produk kosmetik, terutama yang berasal dari luar negeri seperti Amerika atau Eropa.

Di Indonesia sendiri, beberapa brand lokal seperti Mazaya Cosmetics dan Sariayu mulai menyadari pentingnya informasi ini untuk para penggunanya dan menambahkan simbol ini di kemasan. 

Kalau kamu menemukan produk kecantikan dengan simbol ini, tandanya produk tersebut sudah mendapatkan sertifikasi halal. Dalam kata lain, produk tersebut menggunakan bahan-bahan yang halal dan diproses secara halal.  Bentuk simbolnya sendiri bisa berbeda, tergantung dari negara mana sertifikat halal didapatkan. Kalau di Indonesia, sertifikat halal ini dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia)

Bagi mereka yang beragama Islam, menggunakan produk yang sudah berlabel halal tentu lebih nyaman dan tenang. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, belakangan ini banyak brand lokal yang sudah mendapatkan sertifikat halal dan semoga brand lainnya ikut menyusul ya.

Simbol dengan gambar tangan sedang menunjuk ke halaman buku ini artinya bukan menyuruh kamu buka kamus atau belajar ya. Simbol ini menandakan bahwa informasi yang tertera di kemasan produk (misalnya wadah jar atau botol) hanya sebagian saja dan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk kecantikan bisa dibaca di kotak pengemas produk.

Biasanya simbol ini ada pada produk yang ukurannya kecil sehingga tidak bisa memuat semua informasi tentang produk, seperti komposisi bahan, cara penggunaan, dan petunjuk penyimpanan. 

Simbol dengan huruf ‘e’ ini adalah kependekan dari kata ‘estimated’ yang berarti berat bersih suatu produk. Adanya simbol ini menjamin bahwa berat bersih produk kecantikan sesuai dengan angka yang tercetak di kemasan. Jadi kalau suatu produk mencantumkan ‘℮ 200ml’ berarti ada 200ml produk di dalam kemasan. Tidak lebih dan tidak kurang.

Lalu bagaimana dengan produk kecantikan yang tidak mencantumkan simbol ini? Produk yang tidak memiliki simbol ini berarti berat bersih produknya tidak bisa dijamin sesuai dengan yang tertera di kemasan.

Simbol ini menandakan bahwa produk kecantikan yang kamu punya bisa menyebabkan kebakaran. Biasanya produk kecantikan yang berbentuk spray dan dikemas dalam botol alumunium seperti hairspray, face mist, dan hair mousse memiliki simbol ini pada kemasannya. Simbol ini menjadi peringatan untuk tidak menggunakan produk di dekat api dan menjauhkan produk dari panas tinggi. Ini berarti kamu harus berhati-hati dalam menggunakan dan menyimpan produk. Jangan pakai produk tersebut dekat api unggun/perapian/kompor dan jauhkan dari sumber api. Ketika produk sudah habis, jangan buang di sembarang tempat misalnya di tempat orang sering membakar sampah.

Simbol dengan gambar kelinci imut dan kuping yang menyerupai hati ini adalah simbol yang dikeluarkan oleh PETA, yaitu organisasi lingkungan hidup. Simbol ini menjadi jaminan bahwa produk kecantikan tersebut tidak melakukan percobaan pada hewan saat diproduksi. Kelinci dipilih menjadi simbol karena dulu kebanyakan perusahaan yang memroduksi produk kecantikan menggunakan kelinci sebagai hewan percobaan. Sedih ya, ladies.

Logo Cruelty Free pada kemasan produk impor.
Salah satu brand Indonesia yang mencantumkan ‘No Animal Testing.’

Sayangnya, simbol ini belum begitu dikenal di Indonesia jadi belum ada brand lokal yang menggunakan simbol ini. Bagi brand lokal yang peduli dengan hewan dan mengecam penggunaan hewan percobaan, biasanya mereka hanya menuliskan ‘no animal testing’ pada kemasannya. Kalau kamu adalah animal lover, pastikan produk kecantikan yang kamu gunakan memiliki simbol ini.

Simbol yang satu ini juga bergambar kelinci. Bedanya kelinci di simbol ini terlihat seperti sedang melompat. Yup, simbol ini namanya leaping bunny yang menandakan bahwa produk kecantikan tersebut tidak menggunakan hewan percobaan dalam semua tahap produksi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh The Leaping Bunny Program.

Sebuah perusahaan kecantikan bisa mencantumkan simbol ini pada produknya apabila perusahaan tersebut bisa menjamin di tiap tahap produksi dan pengembangan hingga menjadi produk benar-benar tidak menggunakan hewan dan berkomitmen untuk terus melakukannya. 

Simbol dua tanda panah yang seperti Yin Yang ini bernama Green Dot. Simbol ini digunakan untuk produk yang produsennya membayar untuk memastikan produknya didaur ulang. Meskipun simbol ini digunakan secara internasional, program ini hanya berlaku di Eropa saja. Karena simbol ini hanya menunjukkan bahwa perusahaan yang memroduksi berkontribusi terhadap proses daur ulang, penggunaan simbol ini tetap harus dibarengi dengan simbol daur ulang yang artinya produk bisa didaur ulang.

Simbol tiga panah yang membentuk segitiga ini menandakan bahwa produk tersebut bisa didaur ulang. Dengan mendaur ulang kemasan produk, kita ikut membantu menjaga lingkungan hidup lho. Beberapa perusahaan kosmetik yang peduli terhadap bumi, salah satunya The Body Shop, biasanya memiliki program daur ulang dimana konsumen bisa mengembalikan kemasan produk yang sudah kosong dan mendapatkan complimentary product.

Simbol terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah simbol jenis plastik yang digunakan. Simbol ini memberi informasi jenis plastik yang digunakan sebagai kemasan produk. Jenis plastik yang aman untuk kemasan produk kecantikan adalah nomor 2, yaitu High Density Polyethylene (HDPE/PE-HD). Ini dikarenakan kemasan dengan bahan plastik HDPE punya sifat yang lebih kuat, keras, buram, dan tahan lebih lama terhadap suhu tinggi. Selain itu plastik jenis ini juga aman karena mampu mencegah reaksi kimia antara kemasan dengan produk yang dikemasnya. Meskipun begitu, tetap saja kemasan produk dengan simbol ini hanya bisa digunakan satu kali. 
*** 
Itu dia beberapa simbol yang bisa kamu temukan di kemasan produk kecantikan yang kamu miliki. Dengan mengetahui arti setiap simbol ini, kita bisa lebih selektif dalam memilih produk kecantikan. Yuk kita mulai menjadi smart customer! Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat ya. 
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

27 Comments

  • Reply Elisa Monic

    Aku belum pernah nemu simbol yang nunjuk buku itu di produk2 yang aku punya, baru tau nih hehe.

    March 24, 2017 at 7:36 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Masa sih? Aku sering banget nemuin, terutama di kosmetik merek luar ya macam TBS dan Oriflame gitu. Terus Revlon juga di kemasan foundationnya….

      March 24, 2017 at 7:39 am
  • Reply Vina jihan fahera

    Ngomong-ngomong cruelty free aku masih jarang nemukan simbol itu dikosmetik yang biasa aku pake.
    Harapan aku sih produk lokal juga cruelty free, apalagi lagi lihat yang lagi viral skrg tentang cruelty sama hewan. Seddiihhh

    http://www.reistilldoll.com

    March 24, 2017 at 7:46 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Yees, itu juga harapan aku. Beberapa brand lokal kaya Vienna sama Mineral Botanica udah mencantumkan simbol ini. Tapi memang kebanyakan brand lokal masih belum aware sama ini. Semoga yaaaaaa…. Iya aku sempat lihat video viral yang bulu anjing ya dipake Kim Kadarshian… Hiks sedih bangeet.

      March 24, 2017 at 8:49 am
  • Reply Edwina Hidayah

    Thank you buat sharing-nya, mbak Tya. Jadi makin nambah wawasan beauty-nya.

    March 24, 2017 at 8:04 am
  • Reply merida merry

    Bermanfaat banget infonya mbak, selain simbol halal, simbol jenis kemasan dan huruf 'e' aku belum nemuin simbol lainnya. Tfs ya mbak.

    March 24, 2017 at 8:12 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Sama-sama mbak, semoga bermanfaat yaaa informasinya. ^.^

      March 24, 2017 at 8:51 am
  • Reply irene widya

    aku malah ga pernah nggagasi lambang2 itu loh. paling yang selama ini aku perhatiin ya kayak TBS gt botol2 aku kumpulin biar bisa dituker ke konter. selain itu malah ga ngeh hahaa. apalagi yg gambar buku itu baru tau malah…next aku lebih perhatiin lah.

    http://www.irenewidya.com

    March 24, 2017 at 10:24 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya, ternyata penting untuk diperhatikan ya simbol2nya biar nggak salah handling dan penggunaannya.

      March 25, 2017 at 6:26 am
  • Reply Rima Angel

    Aku suka liatin simbol-simbol dikemasan dan info ka tia sangat-sangat bermanfaat *.*

    http://www.rima-angel.com

    March 24, 2017 at 11:21 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Makasih Rimaa… Ngeliatin simbol-simbol ini jadi berasa mecahin Da Vinci Code versi beauty hehehe ^.^

      March 25, 2017 at 6:27 am
  • Reply turiscantik.com

    waah detail banget, saya malah jarang liat kode2 nya mbak. makasih infonya ya

    March 24, 2017 at 12:57 pm
  • Reply Putri Azka G.

    Waa manfaat banget. Ohiya buat tambahan My Beauty Story juga no animal testing :3 dan setauku rata2 produk martha tilaar nggak melakukan animal testing. Reniedoll sama sensatia botanica juga. Seneng makin banyak yg aware. Semoga makin banyak lagi hihihi.

    Btw kak tya mau tanya, itu produk warna hijau biru yg jd contoh produk cruelty free itu merek apa ya? Makasih sebelumnya 😀

    http://www.magellanictivity.com

    March 24, 2017 at 3:43 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Waah syukurlah kalau makin banyak brand lokal lainnya yang aware. Kebetulan aku gak cantumin karena pas bikin postingan ini aku sambil ngecek kemasan2 yang ada di rumah dan aku nggak punya produk2 brand yang kamu sebutin. Hehehe. Aku tambahkan di postingan yaa…

      Oya itu tube-nya Queen Helene Mint Julep mask…

      March 25, 2017 at 6:29 am
    • Reply Putri Azka G.

      Hahah gapapa kak aku mau sharing aja kok hehe. Akupun baru tau Mineral Botanica, Himalaya, dan Vienna itu cruelty free xD Ooh Queen Helene ya okedehh buat nambah list cruelty free brand nih x) Thankyou kak Tyaa <3

      March 25, 2017 at 10:00 am
  • Reply sherly prastica

    wohoooooo sharing elu berguna banget Ty! Rata-rata gw udah khatam bacanya xD Oh yang tanda terakhir itu gw kadang rada2 lupa ._.

    yang simbol tanda plastik digunakan itu… gw fokus di simbol nomor 1: PETE *gw mikir makanan LOL*

    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    March 24, 2017 at 8:14 pm
  • Reply Primastuti Satrianto

    Jadi tauuuuu mba Tya, makasih yaaaaaa

    March 25, 2017 at 12:31 am
  • Reply Rani Nurbaiti

    Bermanfaat bangeet ka infonya hehe, diantara semuanya aku baru tau maksud beberapa simbol aja, sisanya sering liat tapi ga pernah tau maksudnya apa wkwk. BRB cek kemasan produk

    ranilukman.com

    March 25, 2017 at 2:21 am
  • Reply RuNeStella

    thanks ya buat infonya berguna banget pas buat beli makeup nanti^^

    March 25, 2017 at 2:46 pm
  • Reply Vina Eska

    Wah, aku baru tau masalah e itu. Makasih kakak 😀

    http://www.vinasaysbeauty.com

    March 26, 2017 at 8:07 am
  • Reply Masyita Mardatillah

    Berguna banget�� tapi menurut aku ada beberapa yang kurang sih. Simbol yang tulisan EAC ada yg tau gak?

    October 14, 2017 at 12:50 am
  • Leave a Reply