Follow:
Uncategorized

Tips tampil modis ala lifestyle blogger Mira A

Sejak mulai ngeblog secara serius dan mengikuti beberapa komunitas blogger, aku mendapatkan banyak teman baru di dunia blogging. Bahkan ada beberapa diantara pertemanan itu yang berlanjut di luar blog. Salah satunya adalah seorang blogger Jakarta mbak Mira A. Udjo. Mom blogger yang juga lifestyle blogger ini memiliki dua blog yaitu kakira.id yang membahas seputar family and parenting dan rachanlie.com yang kontennya seputar beauty, lifestyle, personal, dan fashion. Bicara soal fashion, mbak Mira juga dikenal memiliki β€˜sense of fashion’ alias selalu tampil modis dengan hijab. Cara berpakaian fashionable selalu terlihat di foto OOTD (outfit of the day) mbak Mira di Instagram.  Kali ini Tya berkesempatan untuk ngobrol dengan mbak Mira A. Udjo seputar fashion dan blogging. Yuk lanjut bacanya.

Kalau kalian mampir ke akun Instagram mbak Mira (IG: @rachanlie), kalian bisa melihat banyak foto OOTD (Outfit of the Day) mbak Mira yang inspiratif, terutama bagi wanita berjilbab. Mbak Mira mengaku kalau inspirasi fashion-nya datang dari mana saja. Biasanya mbak Mira suka melihat feeds Instagram yang berkaitan dengan fashion atau melihat katalog baju. Sedangkan untuk style fashion, mbak Mira ternyata senang mengamati style beberapa desainer muslimah Indonesia seperti Jenahara, Rani Hatta, Restu Anggraini, dan lainnya. Dari situ mbak Mira mendapatkan style favoritnya, yaitu simple, slightly edgy, sporty, dan monochrome.

Fashion style mbak Mira yang simple, sporty, dan monochrome (IG: @rachanlie)

Namun tentu saja fashion style tetap akan mendapatkan sentuhan pribadi dari pemakainya. Setuju? Nah begitu juga dengan mbak Mira yang menerjemahkan style tersebut menjadi sedikit feminin dan lebih colourful. Wah, bukannya ini justru terbalik dengan style favorit mbak Mira ya? Saat ditanya alasannya, ternyata mbak Mira pada dasarnya suka dengan pakaian berwarna cerah tetapi gaya berpakaian suami cenderung monokrom atau hitam. Lambat laun mbak Mira terbawa gaya berpakaian suami dan mulai menyukai warna gelap. Namun karena dasarnya mbak Mira suka dengan warna-warna cerah, gaya monokrom mbak Mira selalu mendapatkan aksen pop of colour.

Itu dari segi warna, bagaimana dengan corak? Ternyata mbak Mira tidak terlalu suka pakaian yang coraknya ramai. Mengutip kata-kata mbak Mira: “I’m not a big fan of combining prints over prints. Soalnya bikin lieur dan gak pede.” Mbak Mira lebih senang menggunakan pakaian polos dengan potongan dan desain yang aman atau pakaian polos dengan potongan dan desain yang unik. Contohnya seperti fashion warna pastel.

Fashion warna pastel Mbak Mira (IG: @rachanlie)

Kalau dirangkum, ciri khas gaya berpakaian mbak Mira adalah simpel dan bisa dipakai lari. Lho? Kok dipakai lari? Mbak Mira menjelaskan kalau baju yang dikenakan harus fleksibel untuk dipakai lari. Kalau dulu dipakai untuk mengejar bis, sekarang dipakai untuk mengejar K1 dan K2. Hahaha. Bagi aku pribadi, ciri khas mbak Mira itu adalah sneakers. Beberapa kali kami berjumpa dalam acara blogger dan aku tidak pernah melihat mbak Mira menggunakan sepatu hak tinggi. Selain itu mbak Mira biasanya lebih sering menggunakan kombinasi celana dan tunik atau padu padan hijab dengan jeans. Kalaupun mbak Mira menggunakan gamis, sneakers tidak pernah ketinggalan.

Padu padan hijab dengan jeans untuk tampilan kasual (IG: @rachanlie)

Baca juga: 
10 Sepatu yang Wajib Kamu Miliki
Tetap Cantik Meski Sedang Sakit

Soal pakaian branded, mbak Mira rela menabung untuk membeli pakaian branded yang sangat disukai dan sesuai dengan style. Dengan catatan harganya masih realistis. Ini karena mbak Mira percaya kalau pakaian branded memiliki jaminan kualitas dan biasanya lebih awet. Sedangkan untuk pakaian non branded, mbak Mira juga suka membeli selama model dan bahannya bagus dan harganya sesuai. Jadi, membeli pakaian di emperan toko atau di pasar bukan pantangan bagi mbak Mira. Mbak Mira juga menambahkan kalau belakangan ini beliau lebih memilih produk dari brand lokal atau dari desainer lokal. Ini karena produk-produknya semakin bagus dan kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri. Selain itu, mbak Mira juga cukup sering berbelanja produk dari brand online shop lokal karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang bagus. Setuju banget!

gamis syar’i yang dipadukan dengan sneakers terlihat feminin dan sporty. (IG: @rachanlie)
Siapapun tentu ingin tampil stylish, termasuk para moms (aku juga nih!). Agar para wanita bisa tampil cantik dan modis, terutama bagi yang sudah memiliki anak, mbak Mira memberikan tips sebagai berikut:
  • Pilih pakaian yang nyaman dan leluasa untuk bergerak. 
  • Jangan memaksakan diri pakai high heels, apalagi kalau lagi jalan-jalan sama anak.
  • Sebaiknya gunakan sneakers atau flat shoes yang nyaman dan praktis. 
  • Sesuaikan gaya dengan umur. Jangan memaksakan diri menggunakan pakaian untuk anak muda. Intinya pasrah aja sama umur. 
  • Perbanyak koleksi baju polos dengan warna aman seperti monochromatic colours dan earth tone agar  mudah dipadu padankan. 
  • Untuk aksen warna, bisa diaplikasikan pada tas, sepatu, atau hijab. 
Berbeda dengan blog kakira.id yang isinya seputar parenting dan cerita tentang kedua anaknya, blog Rachanlie.com memang dibuat oleh mbak Mira untuk menuangkan sisi pribadi seorang Mira A. Udjo. Mbak Mira berharap dengan adanya blog Rachanlie ini beliau bisa lebih konsisten dalam mengisi blognya dan belajar menjadi story teller yang baik agar blognya lebih enak untuk dibaca. 

Itu dia tips tampil modis dari mbak Mira A. Udjo yang simple dan tentunya mudah untuk dipraktekkan. FYI, aku sendiri termasuk salah satu orang yang terkena ‘racun’ gaya fashion mbak Mira lho. Sekarang aku juga lebih sering menggunakan baju polos dengan warna-warna aman (udah sadar kalau umur semakin bertambah. hehe). Buat kalian yang mau kenal sosok Mira A. Udjo lebih dekat, langsung aja mampir ke blog dan social media beliau ya. Semoga tips fashion ini bermanfaat untuk kalian semua ya. Akhirnya, postingan ini aku tutup dengan kutipan berikut:


Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

36 Comments

  • Reply mira

    Ahahahahaha.. Iya betul juga sih.. Emang lebih suka pake sneakers. Biar bisa lari. *tetep lari* πŸ˜€

    Maacih Tya. :*

    January 8, 2018 at 1:59 am
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Halo mbaa Tya, aku juga suka kalau pakai baju baju warna aman. Tapi ya satu sisi tergantung suasana hati. Hahha. Cuma belakangan beli baju tapi warnanya gelap euy. Kalau warna pastel yang aku suka ya warna coklat. Hehhee
    Makasih mba. Asyik pilihan fashionnya πŸ™‚

    January 8, 2018 at 2:05 am
  • Reply Gita Siwi

    Aku suka liat yang indah indah. Kadang aku copas pun tetap pede dengan padu padan hasil sendiri. Asal jangan jadi kormod ya

    January 8, 2018 at 4:55 am
  • Reply Ipeh alena

    Hidup Mba Mira!!! #eh…
    Iya saya senang sekali lihat foto OOTD ala mba Mira. Sederhana tapi tetap casual dan comel kali lah. Padu padan warna bajunya selalu membantuku yang tak paham sama warna ini πŸ˜€

    January 8, 2018 at 5:54 am
  • Reply PutriKPM

    Kak Mira ini sering ku ikutin mix and match bajunya. Warna pastelnya cantik – cantik banget soalnya. Sukak!

    January 8, 2018 at 6:09 am
  • Reply Dewi Nuryanti

    Aku malah tipe org yg cuek bgt sama penampilan wkwkwk. Malah cenderung ngasal. Hrs diubah ini di 2018.

    January 8, 2018 at 8:20 am
  • Reply Tetty Hermawati

    Gayanya mbak mira emang aku suka, casual gimana gtu, aku suka perhatiin di Ig nya.

    January 8, 2018 at 10:37 am
  • Reply diane

    Tipsnya penting nih..bajuku pun rasanya warnanya aman semua hehehe

    January 8, 2018 at 11:18 am
  • Reply Leyla

    Emang bener. Pakaian branded itu lebih kuat jahitannya. Aku beli kalo lagi sale wkwk

    January 8, 2018 at 10:36 pm
  • Reply Nurul Sufitri

    Aku suka lihat mb Mira. Selain cantik..dia pun fashionable. Enak dipandang kan modis hehe. Pakaian dai ujung rambut hingga kaki pun dipadu-padankan dg keren. Yes…aku juga demen pake sneakers. High heels? No..no kec kalo ke undangan itu pun paling yg 3cm. Salam buat mb Mira ya..mb Tya οΏ½οΏ½

    January 9, 2018 at 12:29 am
  • Reply Istiana

    Aku fokus ke "sesuaikan gaya dengan umur" hahaha… οΏ½οΏ½

    January 9, 2018 at 1:39 am
  • Reply Liswanti

    Kece neh, catet tipsnya, habis aku kadang ga perhatiin tampilan, cuek soalnya dari dulu hehe

    January 9, 2018 at 7:44 am
  • Reply Agung Han

    Kakak kereen, Style Fashionnya benar2 menyesuaikan

    January 9, 2018 at 9:01 am
  • Reply D. Pusupa

    Outfitnya memang cakep, tidak berlebihan dan enak dilihat.

    January 9, 2018 at 9:02 am
  • Reply Kania Safitri

    Baju aku juga kebanyakan warna aman nah jadi pengen nambah tas, sepatu niy jadinya hehehe…

    January 9, 2018 at 9:08 am
  • Reply Jun Joe Winanto

    Tampil modis itu memang perlu ya Mba Tya. Alhamdulillah, dari tampil modis dapet jodoh. Hahahaha… Modisnya tetap dipertahankan, bukan berarti pengen dapet jodoh lagi, tapi modis untuk sang nyonyah. Biar makin lengket. Hahahaah

    January 9, 2018 at 2:34 pm
  • Reply eskaningrum

    sneaker atau flat shoes emang lebih nyaman dipakai ya, no high heels please hihihi… Mau ah kenalan sama mba Mira.

    January 9, 2018 at 3:24 pm
  • Reply Mira Miut

    Akh seru mba mira ini hayanya gak riqeh dan nyaman dilihatnya. Yang nama nya mira ya gak jauh jauh sih kalau gak kece ya keren hahahaha

    January 9, 2018 at 3:42 pm
  • Reply Nurul Dwi Larasati

    Template baru nihh yeee…
    Aku juga suka sama style busananya mba Mira Udjo, looks young and simple..

    January 9, 2018 at 3:46 pm
  • Reply Ade UFi

    Sebenernya ade suka dengan padu padan ala mba mira ini. Main di warna2 pastel. Tapi kendala di ade tuh ukuran baju. Jadi ya kalau beli baju.. untuk ukuran saya yang mana aja modelnya. Gitu deh. Baru milih.. hiks.

    January 9, 2018 at 4:28 pm
  • Reply Ria Buchari

    Mba Mira Udjo sm mba Tya sama2 blogger inspiratif..kpn nih bs ketemu di event lagi..utk style mba myra aq sk klo lg pke tunik panjang dipadukan sm sneaker.. fashionable suka liatnya

    January 10, 2018 at 1:24 am
  • Reply Marga Apsari

    Wah, brb follow mba mira dulu deh, style-nya cucok nih!

    January 10, 2018 at 3:39 am
  • Reply Dede Ariyanto

    Wah tips-nya menarik nih. Kapan-kapan bikin tips yang buat cowok juga yah mbak. πŸ˜ŽπŸ‘

    January 10, 2018 at 8:59 am
  • Reply Nurul Rahmawati

    Mba Tya dan Mba Mira sama2 cantiiik, modis dan menawan
    Laaafff
    –bukanbocahbiasa(dot)com–

    January 10, 2018 at 1:19 pm
  • Reply unggulcenter

    hAHA.. ngikik dengan "pasrah aja sama umur" hiihi.. betul sih yaaa

    January 10, 2018 at 4:33 pm
  • Reply windhu

    Wah, gaya berbusana yang patut ditiru. Simpel, feminin, tapi tetap sporty.

    January 11, 2018 at 8:41 am
  • Reply Sie-thi Nurjanah

    Setuju bgt sama quote akhirnya
    Intinya, ya kenakan fashion yg membuat diri merasa nyaman

    January 11, 2018 at 9:59 pm
  • Reply Dee - HDR

    Bagus-bagus deh mix match bajunya πŸ™‚
    Yang penting mah pede yaaa…

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

    January 12, 2018 at 8:51 am
  • Reply Andri Mastiyanto

    Gayanya Smart Casual ya

    January 12, 2018 at 3:15 pm
  • Reply Reh Atemalem

    Ku sekarang pakai sneakers ke mana-mana. Padu padannya bebas, bisa rok, kain, atau celana.

    January 13, 2018 at 1:30 pm
  • Reply Kurnia amelia

    Mba Mira pinter mix and match baju..suka liatnya… fashionable tapi santai.

    January 15, 2018 at 1:06 pm
  • Reply Andiyani Achmad

    Tips nya mau aku ikuti ahh.. Mba mira mah spesialis pakaian branding. Dari Shawl sampe bottom cucok semua

    January 16, 2018 at 2:10 am
  • Reply Ivonie Zahra

    Keren mix and macth-nya. Mo coba ngintip yang style gamis-nya ah soalnya itu style saya banget πŸ˜€

    January 16, 2018 at 2:32 am
  • Reply Luana Yunaneva

    Sama, mbak Tyaaaa, aku belakangan ini mulai koleksi pakaian polos
    So simple! I love it!
    *salaman

    January 16, 2018 at 6:48 am
  • Reply siti mudrikah

    wahh bisa ditiru nih tips2nya, biar tetep nyaman dan fashionable ya kayak mba mira, maksih tips2nya mba tya

    January 16, 2018 at 11:16 pm
  • Reply Nur Annisa

    emang sneaker nyaman dipake jadinya mau jalan atau lari gak ribet sama kayak aku yang sering jalan sama naik transportasi umum πŸ™‚

    January 23, 2018 at 12:35 am
  • Leave a Reply