Follow:
Uncategorized

Mau jadi kaya di usia muda? Lakukan hal-hal berikut ini!

Siapa sih yang nggak mau jadi kaya di usia muda? Pasti semua orang kepingin jadi kaya ya (tapi ini kaya karena jerih payah sendiri lho ya, bukan hasil korupsi atau nipu orang lain). Dengan menjadi kaya, tidak hanya kita bisa hidup dengan nyaman, tetapi kita juga bisa berbagi dan membantu orang lain. 
Selama ini aku selalu berpikir kalau orang kaya itu identik dengan orang yang sudah berumur dan sudah bekerja berpuluh-puluh tahun. Ternyata tidak harus begitu lho, kita juga bisa menjadi kaya di usia muda. Namun ada beberapa kebiasaan kecil kita yang menghambat kita untuk menjadi kaya. Kali ini, aku mau berbagi beberapa kebiasaan kecil yang bisa membantu kita menjadi kaya di usia muda. Lanjut bacanya ya. 

1. Live below means

Maksud dari live below means ini adalah hidup sederhana. Terkadang mata kita sudah silau duluan ketika melihat nominal gaji yang masuk ke dalam rekening tabungan dan merasa kalau kita memiliki banyak uang. Ujung-ujungnya kita terbawa gaya hidup boros seperti menghabiskan uang kita untuk hal-hal yang tidak mendesak seperti terlalu sering makan di restoran dan membeli pakaian.  Coba deh mulai dari sekarang kita menghindari pemborosan yang tidak perlu. Daripada uangnya dihabiskan untuk membeli barang mahal atau bergaya hidup mewah di luar kemampuan kita, akan lebih baik kalau uangnya ditabung dan diinvestasikan. Setuju? 

2. Mulai memikirkan masa tua

Meskipun kita masih di usia 20-30an, bukan berarti kita nggak perlu memikirkan tentang masa tua nanti. Justru sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi masa tua nanti. Nggak mau dong ketika kita sudah tua, kita masih pusing memikirkan bagaimana untuk  bisa hidup nyaman? Mulailah untuk mengalokasikan sebagian dari penghasilan untuk persiapan masa tua nanti. 
Baca juga:

3. Investasikan penghasilan

Apakah kamu tipe orang yang menghabiskan semua gaji kamu? Kalau iya, kamu harus cepat mengubah kebiasaan ini dan mulai menyisihkan penghasilan untuk investasi. Ada banyak bentuk investasi yang tersedia, seperti reksadana dan logam mulia. Cari tahu investasi apa yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. 

4. Bawa bekal sendiri

Apa hubungannya bawa bekal sendiri dengan menjadi kaya? Sangat berhubungan dong. Kalau kita menghitung pengeluaran untuk makan siang dalam satu hari sekitar 20-25 ribu mungkin terlihat tidak besar. Namun ketika nominal ini dikalikan jumlah hari kerja dalam sebulan: 25 ribu x 20 hari = Rp 500,000. Ini baru makan siang saja lho, belum ditambah pengeluaran untuk membeli camilan atau yang lainnya. Bagi sebagian orang, membawa bekal dari rumah dianggap merepotkan. Tapi dengan bekal tersebut, kita bisa menghemat pengeluaran dan mengalokasikannya sebagai tabungan. Selain itu, bekal dari rumah jelas lebih sehat dan bersih. 

5. Kurangi nongkrong di café atau mall

Nongkrong di café bersama teman-teman di malam minggu tentu asyik ya. Kita bisa rehat sejenak dari aktivitas selama seminggu sekaligus bercengkrama bersama teman. Apabila terlalu sering dilakukan, nongkrong di café ini bisa membuat impian kamu menjadi kaya terhambat lho. Harga satu gelas kopi di café berkisar antara 40-50 ribu, belum dengan camilannya. Jika setiap minggunya kita pergi ke café, total pengeluarannya bisa mencapai 200 ribu dalam sebulan. Dalam setahun angkanya bisa mencapai 10 juta! 

6. Stop impulsive spending

Pernah nggak kalian melihat ada baju bagus dipajang, kemudian masuk ke toko tersebut dan membelinya? Atau ketika jalan-jalan dan melihat warung makan yang ramai, tiba-tiba masuk dan makan padahal tidak lapar? Pasti kalian pernah dong melakukan ini? Belanja tanpa perencanaan seperti ini disebut juga impulse spending. Tanpa disadari, impulse spending ini bisa menyedot gaji kamu. Apalagi biasanya barang-barang yang dibeli secara impulsif adalah barang yang kurang dibutuhkan (baca: tidak mendesak). Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari belanja secara impulsif ini. Mulailah rutin membuat anggaran belanja dan mencatat pengeluaran setiap harinya. Selain itu kamu juga bisa mencari voucher belanja murah 2018 lewat smarphone kamu untuk mendapatkan diskon sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran. 
*** 
Itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi kaya di usia muda. Apabila semua ini dilakukan secara konsisten, maka secara perlahan kondisi finansial kita akan menjadi lebih baik. Apakah kalian sudah melakukan langkah-langkah di atas? Atau mungkin kalian punya cara lain yang lebih efektif? Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini ya! At last, menjadi kaya di usia muda itu bukan hal yang mustahil kok. Yuk kita mulai memperbaiki diri untuk masa depan yang lebih baik. 
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

9 Comments

  • Reply Dewi Elsawati

    Bawa bekal dari rumah emang pas banget buat anak sekolah, kuliah atau bahkan pekerja sekalipun. Karena kalau beli sendiri kadang jajanan di luar kurang sehat.

    March 16, 2018 at 8:59 am
  • Reply Elva Susanti

    Makasih tipsnya mbak, mau dicoba dan Moga berhasil

    March 17, 2018 at 6:24 am
  • Reply Nadia K. Putri

    Menabung emas 😀 Salah satu cara pendukung untuk menjadi kaya di usia muda hehehe

    March 17, 2018 at 9:50 am
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Godaan terbesar bagiku adalah cuci mata di toko online. Soalnya produknya bagus-bagus. Anti ribet buat belanja dan banyak bonus seperti di Tokopedia. Kalau nongsrong di kafe alhamdulillah nggak pernah :). Jadi kepikiran nabung emas mulia lagi ya

    March 23, 2018 at 1:54 am
  • Reply Sabda Awal's Blog

    nomor 4 nih mbak yg belum saya terapkan, saya ngekos, di kosan juga tools nya ga mendukung untuk menyiapkan bekal sendiri, mungkin kalau udah nikah nanti ya bisa masaak bareng istri tercintahh, lebih hemat,

    memang sejauh ini pengeluaran terbesar saya untuk makanan, sementara investasi dinomor 2 dan sewa kos2an di nomor 3.

    March 23, 2018 at 2:00 am
  • Reply Ade UFi

    Wah, mba tya.. tips nya bener banget nih. Saya masih kebanyakan impulsive spending. Tapi saya tambahkan 1 lagi ya, mba tipsnya.

    6. Perbanyak sedekah. Mau agama apapun, kalau kita rajin bersedekah Allah sudah janji akan limpahkan harta kita.

    March 23, 2018 at 10:56 am
  • Reply Leyla Hana

    Harus banget menahan keinginan utk belanja kecuali benar-benar butuh.

    March 23, 2018 at 4:39 pm
  • Reply Dewi Nuryanti

    Klo menurut saya sih,definisi kaya itu lebih kearah bebas finansial dan utk mencapai posisi bebas finansial, mau nda mau kita hrs punya usaha/investasi

    March 23, 2018 at 8:07 pm
  • Reply Jalan-Jalan KeNai

    Setuju banget, Mbak. Seringkali ketika masih muda, terpikirnya untuk bersenang-senang. Padahal memikirkan masa depan juga penting banget

    March 25, 2018 at 10:34 am
  • Leave a Reply