Follow:
Uncategorized

Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth 210 Sandy Beige – Review

Hampir setiap hari aku selalu menggunakan foundation ke mana pun aku pergi (kecuali pas belanja sayur di depan komplek dan ke minimarket). Alasannya karena terlalu banyak dosa di wajah yang harus ditutupi (baca: bekas jerawat, flek hitam, dan imperfections lainnya). Padahal yang namanya wanita pasti ingin selalu terlihat sempurna kan? Itulah sebabnya kenapa aku tidak pernah berhenti mencari foundation yang bagus untuk sehari-hari, baik itu dari segi shade, daya tahan, sampai harga. Jadi ketika aku mendapatkan paket berisi produk Maybelline Fit Me Foundation, tentu saja aku girang luar biasa. 
Aku yakin Maybelline bukan brand kosmetik yang asing bagi kebanyakan wanita Indonesia. Selain memiliki produk yang beragam, harganya pun juga terbilang pas untuk dompet. Beberapa produk Maybelline pun ada yang menjadi all-time favourite aku seperti maskara dan eyeliner. Tetapi setelah kuingat, sepertinya aku memang belum pernah mencoba produk foundation Maybelline sama sekali. 
Maybelline Fit Me Foundation ini bukanlah produk baru. Aku ingat beberapa tahun yang lalu seri Fit Me ini sangat hype dan di-rave oleh banyak beauty enthusiast, baik dalam negeri maupun luar negeri. Entah sudah berapa banyak review yang aku baca di blog dan aku tonton di Youtube mengenai Maybelline Fit Me Foundation ini. Bahkan setiap kali aku berkunjung ke department store dan drugstore, aku pasti selalu menyempatkan diri untuk mampir ke konter Maybelline untuk swatch foundation ini. Namun aku tidak pernah sukses memboyong foundation ini sampai ke rumah. Alasannya? They’ve got a helluva number of shades to choose! 

Maybelline Fit Me Foundation memiliki dua varian: Dewy and Smooth (normal to dry skin) dan Matte and Poreless (normal to oily skin). Sebetulnya aku kepingin sekali mencoba kedua varian tersebut. Namun paket yang aku terima hanya varian Dewy and Smooth saja. Jujur aku sempat ngeri-ngeri sedap gitu mau review (kebayang dong kulit berminyak terus ditimpa sama foundation yang dewy finished?). But I still give it a shot. 
Maybelline Fit Me Foundation ini entah kenapa mengingatkan aku pada foundation pertama aku karena kemasannya. Yup, kedua varian Maybelline Fit Me Foundation dikemas dalam botol kaca berbentuk kotak dengan tutup model ulir berwarna hitam. Botol kacanya sendiri tebal dan kokoh, jadi insyaAllah tidak mudah pecah (asal ditaruh di tempat yang benar juga ya). Yang membedakan antara varian Dewy & Smooth dan Matte & Poreless hanyalah warna tulisan pada bagian tutup. Warna ungu lavender untuk Dewy & Smooth dan warna toska untuk Matte & Poreless. Jadi kalian harus jeli saat membeli, jangan sampai salah ambil produk. 
Masih membahas soal kemasan, Maybelline Fit Me Foundation ini tidak menggunakan pump. Jadi ketika tutupnya dibuka kalian bisa langsung melihat ke dalam hatiku. Maksudnya ke dalam botolnya ^.^ apalagi ukuran lubang botolnya lumayan besar. TBH, aku kurang begitu suka kemasan foundation yang seperti ini karena aku tidak bisa mengontrol banyaknya produk yang akan dikeluarkan. Kadang terlalu banyak sampai harus dimasukkan kembali ke dalam botol, kadang terlalu sedikit jadi harus mengeluarkan berkali-kali. Buat aku yang sering terburu-buru saat dandan, tentu saja ini sedikit menyulitkan. Selain itu, produk pun rentan kemasukan debu dan jadi tidak higienis. Solusinya? Aku memindahkan foundation ini ke botol pump berukuran kecil and it helps a lot! 

Maybelline Fit Me Foundation ini punya banyak shade yang bisa dipilih untuk segala skintone. Memilih shade foundation ini sendiri merupakan pe-er berat untuk aku. Akhirnya dengan bantuan teman-teman beauty blogger lainnya dan Maybelline Fit Me Foundation Shade Finder , aku memilih shade 210 Sandy Beige. 
Tekstur Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth menurut aku sedikit encer (sayangnya aku tidak bisa membandingkan dengan varian Matte & Poreless). Saat aku coba di punggung tangan, foundation Maybelline untuk kulit kering ini mudah dibaurkan dan bisa terlihat hasilnya memang dewy finished. Aku sempat ragu saat hendak mencoba foundation ini di wajah karena kuatir hasilnya akan super duper oily. Suprisingly, it looks fine on me. Wajah aku justru terlihat segar dan sehat. 
Hal yang paling aku suka dari Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth adalah coverage-nya. Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth memiliki coverage light to medium sehingga cocok untuk pemakaian sehari-hari seperti simple makeup untuk ke kantor sekadar hang out dengan teman-teman. Selain itu, foundation ini juga ringan. It’s like your second skin. 
Soal daya tahan, foundation ini lumayan awet di wajah aku yang oily – kurang lebih sekitar 4 jam. Agar foundation ini bisa lebih tahan lama, aku set foundation ini dengan loose powder ke seluruh wajah dan trik ini cukup ampuh. Sepertinya kalau foundation ini dikombinasikan dengan Maybelline Fit Me Loose Powder hasilnya akan lebih kece (another reason to buy new makeup product ^.^)
Salah satu kekuatiran aku saat menggunakan Maybelline Fit Me Foundation adalah masalah oxidize. Apa sih oxidize? Oxidize merupakan istilah yang digunakan pada produk alas bedak (dan juga bedak, cmiiw) yang mengalami perubahan warna shade menjadi lebih gelap setelah dipakai. Untuk mengantisipasinya, aku memilih shade 1-2 tingkat lebih terang dari warna kulit aku. Alhamdulillah shade 210 Sandy Beige yang aku pakai ini cocok untuk wajah aku. Moreover, setelah dipakai beberapa jam, Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth ini masih aman oksidasi-nya. 

Aku suka Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth karena:

Banyak pilihan shade yang bisa dipilih sesuai skintone.
Mengandung SPF 18. 
Cocok untuk kulit aku yang berminyak. 
Wajah terlihat segar dengan dewy finished. 
Tekstur foundation yang mudah dibaurkan, baik menggunakan spons atau jari. 
Daya tahan foundation yang baik, sekitar 4 jam. 
Light to medium coverage sehingga cocok untuk makeup natural sehari-hari.
Harga yang reasonable, sekitar IDR 100,000 untuk satu botol ukuran 30ml

Aku kurang suka Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth karena:

Tidak travel friendly karena botol kaca rentan pecah.  
Tidak menggunakan pump, sehingga tidak bisa mengontrol sedikit/banyaknya produk. 
Sedikit oxidize, tetapi ini masih bisa diakali dengan pemilihan shade 1-2 tingkat lebih terang.

Overall Rating:
8/10

Walaupun awalnya aku sempat skeptis, secara keseluruhan aku suka Maybelline Fit Me Foundation Dewy & Smooth ini. Meskipun foundation ini ditujukan untuk mereka yang memiliki kulit kering, hasilnya tetap bagus di kulit berminyak aku asalkan di-set dengan loose powder. Sekarang foundation Maybelline Fit Me jadi andalan aku untuk makeup natural ke kantor setiap hari. Duh, jadi penasaran deh sama varian Matte & Poreless yang memang untuk kulit berminyak. 
Buat kalian yang sedang mencari foundation drugstore yang bagus dengan harga terjangkau, Maybelline Fit Me Foundation ini bisa menjadi pilihan. Aku juga merekomendasikan foundation ini untuk kalian yang baru mulai belajar makeup karena teksturnya mudah untuk diaplikasikan secara merata ke wajah, baik dengan menggunakan aplikator (spons, beauty blender, brush) maupun dengan jari tangan. 
That’s a wrap! Semoga review Maybelline Fit Me Foundation ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua ya. 
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

6 Comments

  • Reply black.lollipop

    Hallo kak, aku juga pake maybelline fit me ini, tapi yg matte n poreless..
    Kata mbak BA nya, supaya gampang ngambil nya, di dalem tutupnya itu ada semacam tabung kecil, jadi sebelum buka tutupnya, botolnya ditutup rapet dulu, trus dibalik sampe isi foundation memenuhi tabung yg di dalem tutupnya, jadinya lebih gampang diambil, sayangnya kalo aplikasinya pake sponge memang agak susah nyoleknya, aku biasanya apply pake tangan..

    May 31, 2018 at 4:54 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Mmm, di botol aku nggak ada tabung kecil seperti yang kamu maksud sih di bagian tutupnya. Kamu belinya di mana? Jadi penasaran deh. .

      June 1, 2018 at 2:51 pm
  • Reply Nindy - SILVER TREASURE

    Hasil akhirnya cakep banget mba Tya, glowing! Aku belum cobain yang dewy nih, kalo liat hasilnya mirip yg generasi pertama dl aku jd ragu ��

    May 31, 2018 at 11:42 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Nah dari sejak pertama muncul aku emang udah mupeng banget mau beli cuma ya itu maju mundur syantik terus karena takut oxidize parah. Tapi pas cobain yang dewy smooth ini surprisingly aku suka. Jadi penasaran mau coba yang matte and poreless. Katanya oxidize-nya lebih parah ya?

      June 1, 2018 at 2:50 pm
  • Reply Icha | www.south-skin.com

    Wajahku juga banyak dosanya mbak hahaha tapi masih aja males buat pakai foundie :'D

    May 31, 2018 at 2:16 pm
  • Reply Talkative Tya – Indonesian Beauty Blogger - Rekomendasi Online Shop Tepercaya untuk Belanja Produk Kosmetik - Yuk Pilih Shopee! - Talkative Tya - Indonesian Beauty Blogger

    […] salah satu merek kosmetik favorit aku yang hampir semua produknya aku suka. Mulai dari lipstik, foundation, primer, dan tidak ketinggalan maskara Maybelline. Asyiknya belanja di akun resmi Maybelline di […]

    April 9, 2019 at 6:30 pm
  • Leave a Reply