Follow:
Uncategorized

SKIPPY Choconut Oat Energy Bar, resep praktis untuk camilan sehat

SKIPPY Peanut Butter. Siapa sih yang tidak kenal? Pasti semua sudah tahu dong kalau brand yang satu ini memang terkenal dengan kelezatan selai kacangnya. Aku selalu punya stok selai kacang SKIPPY ini di rumah untuk olesan roti dan terkadang untuk olesan biskuit malkist. Roti selai kacang ini menjadi menu sarapan keluarga dan juga bekal mas Deniz untuk sekolah karena praktis. Namun Tetapi terkadang ya bosan juga makan roti dengan olesan selai kacang. Kepingin deh mencoba menikmati SKIPPY Peanut Butter dengan cara yang berbeda. 
Kebetulan beberapa minggu ini aku sedang menjalani program diet. Selain untuk menjaga kesehatan, aku melakukan ini juga untuk menurunkan berat badan (berat badan aku sudah masuk kategori obesitas. Hiks). Aku sendiri mencoba mencari tahu kenapa berat badan aku bisa membengkak, ternyata penyebab utamanya adalah camilan yang tidak sehat. Gorengan, keripik, dan biskuit adalah beberapa camilan yang sering aku konsumsi. Sebetulnya kalau aku bisa mengontrol jumlah yang aku makan, mungkin camilan tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi berat badan aku. Tetapi setelah dihitung, dalam sehari aku bisa nyemil lebih dari 3 kali! Jumlah ini bisa bertambah kalau aku harus lembur mengerjakan tugas kuliah, menyiapkan lesson plan, dan juga mengejar deadline tulisan. 
Dengan kondisi seperti itu, salah satu kebiasaan buruk yang aku ubah selama menjalani program diet ini adalah mengganti camilan aku dengan camilan sehat. Dari sinilah aku mendapatkan ide, kenapa tidak membuat camilan sehat menggunakan SKIPPY Peanut Butter? Selai kacang sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa diantaranya: 

1. Menekan rasa lapar.

Kandungan selai kacang yang padat membuat makanan ini mampu menahan lapar dan mengurangi keinginan nyemil sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet. 

2. Menyehatkan jantung. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stoke dan serangan jantung.

3. Mampu mencegah kanker usus. 

Mengonsumsi selai kacang bisa membantu mengurangi terjadinya kanker usus terutama pada wanita. 

4. Mencegah penyakit Alzheimer. 

Kacang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan niacin tinggi. Niasin merupakan salah satu vitamin B (vitamin B3). Tubuh membutuhkan niacin untuk bisa menggunakan energi yang ada pada karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu, Niacin juga diperlukan untuk perbaikan DNA dan penggunaan kalsium di dalam tubuh. Niacin yang terkandung di dalam selai kacang ini, berdasarkan hasil penelitian, mengonsumi makanan yang mengandung niacin bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer hingga 70%. 

5. Mengandung lemak sehat.

Meskipun sedang diet, tubuh tetap membutuhkan lemak, yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat). Lemak sehat ini bisa ditemukan pada produk kacang-kacangan, termasuk selai kacang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi lemak sehat memiliki sedikit lemak di perut dibandingkan mereka yang mengonsumsi lemak jenuh dan karbohidrat.

6. Kaya akan nutrisi. 

Selai kacang mengandung protein dan juga potasium yang berfungi menurukan risiko hipertensi, stroke, dan penyakit jantung lainnya. Selai kacang juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk kesehatan usus. Selain itu, selai kacang mengandung magnesium untuk kesehatan tulang dan otot, vitamin E, dan antioksidan.
Selain harus menggunakan bahan-bahan yang sehat dan baik untuk tubuh, camilan sehat juga harus praktis dan mengenyangkan. Ini karena jadwal mengajar aku yang padat dengan jeda istirahat hanya 15 menit (bahkan terkadang kurang dari itu). Setelah bertapa mencari ide, aku membuat SKIPPY Choconut Oat Energy Bar menggunakan SKIPPY Chocolate Peanut Butter yang memenuhi semua kriteria camilan sehat versi Tya. Biar nggak tambah penasaran, ini dia resep dan cara membuatnya! 

Bahan: 

  • ½ cup SKIPPY Chocolate Peanut Butter
  • 1 ½ cup oatmeal
  • ½ cup madu murni
  • ½ cup kacang almond sangrai
  • ½ cup kismis hitam

Cara membuat: 

  1. Campur semua bahan ke dalam mangkuk. Aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Siapkan loyang dan lapisi dengan baking sheet. Masukkan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam loyang dan padatkan.
  3. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam atau hingga adonan cukup keras.
  4. Keluarkan adonan dari loyang dan potong sesuai selera. SKIPPY® Choconut Oat Energy Bar siap dinikmati!

Bagaimana? Mudah kan cara membuat SKIPPY Choconut Oat Energy Bar ini. Saat membuat camilan ini, aku juga mengajak anak-anak untuk ikut membantu sehingga mempererat kedekatan antara orangtua dan anak. SKIPPY Peanut Butter memang pas untuk dikreasikan karena teksturnya yang creamy sehingga mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan. Oya, bentuk dan besarnya potongan bisa disesuaikan dengan selera. Biasanya aku potong persegi panjang sesuai dengan porsi aku. Sedangkan untuk anak-anak, aku potong dengan bentuk kotak agar lebih mudah dikonsumsi. Video tutorial membuat SKIPPY Choconut Oat Energy Bar juga bisa dilihat di bawah ini ya agar lebih jelas prosesnya.

Alhamdulillah SKIPPY Choconut Oat Energy Bar ini sangat membantu aku menahan rasa lapar di sela-sela jadwal mengajar. Campuran oat, kacang almond, dan kismis membuat energy bar ini memiliki tekstur yang kenyal, crunchy, dan mengenyangkan. Bahan-bahannya pun memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Keinginan aku untuk nyemil juga berkurang dan berat badan aku saat ini terbilang stabil (doain semoga bisa turun berat badannya ya!). Surprisingly, anak-anak pun doyan dengan SKIPPY Choconut Oat Energy Bar ini. Biasanya mereka makan camilan sehat ini setelah capai berkeliling kompleks naik sepeda. 

Yippie! This is how I enjoy my SKIPPY® Peanut Butter. Dengan kreativitas, selai SKIPPY pun bisa disulap menjadi camilan sehat yang bisa mendukung program diet aku. Bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba resep ini? Jangan lupa share pendapat kalian mengenai resep ini ya dan mampir juga ke akun social media SKIPPY Indonesia. 

Thanks for reading! 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

35 Comments

  • Reply Lidha Maul

    Oalaa, enak banget bikinnya ini. Resep untukku juga sih yang harusnya banyak diet.

    May 5, 2018 at 2:54 pm
  • Reply Afifah Mazaya

    Kayaknya, enak nih. Bisa nunda lapar agak lama. 😀

    May 5, 2018 at 5:59 pm
  • Reply Amelia Fafu

    Mba Tya, ini kok gampang ya bikinnya dan aku jd pengen nyoba bikin… Secara nih, badanku mulai nambah lemaknya (pas di cek) karena sadar bgt ngemilnya gak sehat, huhuhu. Noted ah! Pankapan bikiiin

    May 5, 2018 at 9:18 pm
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Cara membuatnya simpel banget ya tapi beneran bikin ngiler karena Skippy tuh enak dipadu padankan ama segala makanan

    May 7, 2018 at 2:33 am
  • Reply Tetty Hermawati

    Mbak tya kreatip aja nih, niron aahhh

    May 7, 2018 at 3:03 am
  • Reply Gita Siwi

    Aish 3 potong udah nunda rasa lapar ya. Hahaha ini produk udah di kenal enak jadi buat tambahan olahan apa juga nendang hasilnya

    May 7, 2018 at 1:07 pm
  • Reply Leyla Hana

    Wah Kak Tya kreatifnya bikin cemilan sehat begini.

    May 7, 2018 at 5:39 pm
  • Reply Nurul Dwi Larasati

    Pakai gandum bahannya pasti mengenyangkan ya. Kandungan karbihidratnya lebih baik daripada nasi .

    May 7, 2018 at 6:19 pm
  • Reply Nunu Halimi

    Skippyyeaay! Ini gampang banget buatnya ya, nggak perlu di masak-masak, masuk kulkas aja, kreatif mbaa..terlihat enak juga, harus coba nih!

    May 7, 2018 at 11:23 pm
  • Reply Dita Indrihapsari

    Wihiww, mantap nih Mba Tya bikin camilan sehat dari Skippy.. Bikinnya juga keliatan gampang ya mbaaa.. Mau coba bikin aah

    May 8, 2018 at 5:32 am
  • Reply Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    Wah makasih ya mbak Tya, ini bisa ku praktekan dirumah nih setelah melihat beberapa resep bertema Skippy

    May 8, 2018 at 9:06 am
  • Reply Lia Lathifa

    Eh aku baru tau ternyata selai kacang bisa mencegah kanker usus ya. Dulu alm ayah kena penyakit ini. Coba resepnya ya mbak, kreatif banget deh 👍😍

    May 8, 2018 at 2:09 pm
  • Reply miramiut

    cara bikinnya simpel dan udah kebayang gimana rasanya menyentuh kalbu lidah. aikhhhh kreatif mba tya

    May 8, 2018 at 3:40 pm
  • Reply April Hamsa

    Wow banget camilannya. Sehat iniiiii 😀
    Aku jd keinget apa yaaa hmmm kayak produk camilan sarapan sehat itu hehehe

    May 8, 2018 at 4:47 pm
  • Reply Dewi Nuryanti

    Skippy bener2 menjadi solusi utk menghadirkan berbagaimacam varian hidangan termasuk yg berbahan dasar oat dan skippy tentunya. Keren lah

    May 8, 2018 at 4:48 pm
  • Reply Ade UFi

    Ya Allaaah mba tyaaa dirimu obesitas gimana dirikuuu.. hiks. Keknya oerlu juga nih dicoba resep diet enaknya pake skippy.. hahaha

    May 8, 2018 at 5:11 pm
  • Reply sri widiyastuti

    hebat mbak .. cemilannya persis oat bar yang dari jepun itu lho … jadi pengen nyicipin. btw moga program dietnya sukses ya mbak

    May 8, 2018 at 6:26 pm
  • Reply Eni Martini

    Bisa aja, mb Tya nih buat camilan sehat dan simpel,boleh dicontek nih

    May 8, 2018 at 9:58 pm
  • Reply Cici Desri

    duh skippy tuh rasanya beda banget dari produk sejenis lainnya ya mba, favorit sepanjang masa deh pokonya

    May 8, 2018 at 11:13 pm
  • Reply fenni bungsu

    Praktis banget membuat aneka makanan dengan skippy

    May 9, 2018 at 1:42 am
  • Reply Silvia Putri

    Sarapan bernutrisi niii

    May 11, 2018 at 3:17 am
  • Reply Emma Malika

    Apapun yang olahan kacang aku suka, soalnya gurih

    May 11, 2018 at 8:55 am
  • Reply Selamet Hariadi

    Makanan ini bisa diolah ke berbagai varian yang terlihat lezat ya… hehe

    May 12, 2018 at 2:14 am
  • Reply Marga Apsari

    Brb cari Skippy di supermarket dulu~ Resepnya menarik nih, dan kelihatannya mudah.

    May 12, 2018 at 9:57 am
  • Reply Shinta Kusuma

    Duh enaknyaaaa.. jadi pengen coba resepnya 😛

    May 12, 2018 at 3:06 pm
  • Reply Agung Han

    Anak anak pasti seneng nih

    May 14, 2018 at 5:39 am
  • Reply maya rumi

    cocok nih buat sarapan, izin copas resepnya yah mbak tya

    May 14, 2018 at 6:50 am
  • Reply lita chan lai

    wah, mba tya pinter bikin kue ya. lebaran mampir ah…

    May 14, 2018 at 8:19 am
  • Reply FaniaSurya

    Aku sebenarnya nggak terlalu suka selai kacang sih. Tapi ngeliat kreasi makanan mb tya kok aku jadi ingin nyicipi ya.

    May 14, 2018 at 3:48 pm
  • Reply windhu

    Wow, cemilan sehat yang wajib dicoba dengan menggunakan selai kacang. Thanks resepnya

    May 14, 2018 at 3:52 pm
  • Reply Yunita Tresnawati

    Teh Tya ini mudah banget dibuatnya sehat pula. Jadi pengen buat, lumayan untuk ngemil2 sehat di kantor

    May 15, 2018 at 6:16 am
  • Reply unggulcenter

    cokelat skippy yang udah enak, dimasak lagi nambah enak ya mba pastinya. Bisa nyoba2 varian untuk membuat makanan berbahan skippy yang anak2 suka.

    May 16, 2018 at 7:22 am
  • Reply PutriKPM

    Waaa aku nggak kepikiran samsek kalau si Skippy ini bisa jadi oat bar. Kalo gini mah selain enak, udah pasti sehat ya

    May 21, 2018 at 6:09 am
  • Reply Luana Yunaneva

    Kayaknya gampang ya mbak Tya, resepnya . Bisa dicoba di rumah ini. Bisa nemu komposisi yang pas, butuh eksperimen berapa kali mbak? Atau langsung jadi?

    May 22, 2018 at 5:28 am
  • Reply honnie josep

    Tfs mbak Tya!

    aku contek ya resepnya, kebetulan anak-anak di rumah suka sekali dengan skippy 🙂

    May 23, 2018 at 6:48 am
  • Leave a Reply