Follow:
Uncategorized

Tips padu padan outfit untuk buka puasa bersama

Tidak terasa sudah satu minggu lebih  kita menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Semoga puasa teman-teman lancar semua ya. Bicara soal puasa, ada satu momen yang paling ditunggu pada bulan suci ini yaitu buka puasa bersama. Biasanya dari awal bulan sudah banyak undangan untuk buka puasa bersama, entah itu bersama keluarga, teman sekolah, komplek perumahan, sampai komunitas. Momen buka puasa bersama ini memang spesial karena tidak hanya menjadi ajang temu, tetapi juga tempat menyambung kembali tali silaturahmi yang sempat terputus. Selain itu, acara buka puasa bersama biasanya tidak hanya sekadar makan bersama tetapi juga diikuti dengan acara lainnya seperti siraman rohani, pengajian, dan tarawih bersama.

Untuk menghadiri acara buka puasa bersama, tentunya kita ingin tampil sebaik mungkin. Apalagi kalau kita sudah lama tidak bertemu dengan mereka yang hadir di acara tersebut. Kali ini Tya mau berbagi tips memilih outfit buka puasa bersama yang nyaman namun tetap fashionable. Simak terus ya. 

1. Pakaian

Pilihlah pakaian yang rapi dan sopan untuk menghadiri acara buka puasa bersama seperti atasan tunik yang dipadukan dengan celana panjang atau gamis. Gunakan juga pakaian yang sesuai syari, jadi hindari pakaian dengan potongan ketat dan menerawang ya. Hal lain yang perlu diperhatikan soal pakaian adalah bahan atau material. Pilihlah material baju yang nyaman dikenakan karena biasanya acara buka puasa bersama dimulai dari sore hari sampai malam. Bahan satin mungkin membuat tampilan kamu terlihat lebih glamor, tetapi bahan ini cukup panas dan bisa membuat kamu tidak nyaman. Katun adalah material baju yang nyaman karena bahan ini menyerap keringat dan tidak menerawang. 
Masih soal pakaian, pilihlah tunik dengan cutting simple agar kamu tidak ribet sendiri saat menghadiri acara buka puasa. Lengan baju dengan model lonceng memang sedang trend, tetapi model lengan baju seperti ini rentan kotor. Kalau kamu tidak hati-hati, lengan baju kamu bisa tercelup ke dalam mangkuk kolak atau soto. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Untuk padu padan outfit, kalian bisa contek gaya beberapa hijabers seperti 

2. Hijab

Bagi ladies yang menggunakan hijab, pilihlah hijab dengan bahan yang nyaman seperti katun paris, jersey, atau diamond. Di acara buka puasa bersama pastinya kamu akan melaksanakan ibadah salat wajib kan? Jadi kenakan hijab dengan gaya yang simple agar kamu tidak kerepotan saat mengambil wudhu. Kamu bisa melihat referensi gaya hijab simple lewat tutorial hijab, baik itu dari video Youtube ataupun dari blog. Misalnya tutorial jilbab segi empat yang tidak pernah ketinggalan zaman. Selain itu, saat ini sudah banyak pilihan hijab yang simple dan praktis namun tetap terlihat fashionable seperti hijab instan. 
Instan shawl yang bisa dipakai untuk buka puasa bersama. Pic source: Hijup.com
Baca juga: Tutorial 5 Gaya Jilbab Paris Square Simple dan Cantik untuk wajah bulat

3. Alas kaki

Alas kaki seperti sepatu dan sandal juga salah satu fashion item yang perlu dipertimbangkan. Gunakan alas kaki seperti flat shoes dan wedges sehingga kamu tetap nyaman selama acara buka puasa berlangsung. Selain itu, pilih alas kaki dengan model yang simple tanpa terlalu banyak detil agar kamu mudah melepas dan mengenakan kembali saat mengambil wudhu. 

4. Aksesoris dan tas

Agar acara buka puasa bersama kamu tetap nyaman, pilih tas yang berukuran sedang. Tas ukuran sedang bisa memuat cukup barang-barang penting seperti dompet, tas makeup, dan mukena namun tetap terlihat stylish. Apabila tas yang kamu gunakan terlalu kecil, kamu akan kerepotan karena mungkin kamu harus menjinjing bawaan lainnya. Untuk modelnya, tas selempang, shoulder bag, dan tas ransel bisa menjadi pilihan. 

5. Makeup

Tips terakhir adalah makeup. Aplikasi makeup yang tepat bisa membantu memaksimalkan tampilan outfit kamu agar lebih chic. Aplikasikan makeup dengan gaya natural look agar wajah terlihat segar namun tidak berlebihan. Perlu diingat, ini adalah acara buka puasa lho bukan kondangan. Selain itu, gunakan produk makeup yang tahan lama dan waterproof sehingga makeup tidak akan luntur saat berwudhu. Jangan lupa untuk membawa basic makeup seperti bedak dan lipstik di dalam tas untuk berjaga-jaga kalau kamu harus touch up. 


***
Itu dia beberapa tips outfit buka puasa bersama agar tetap modis dan nyaman dari Tya. Buka puasa bersama sejatinya adalah momen untuk kita menjalin silaturahmi dan kebersamaan, jadi pilihlah tampilan yang sederhana dan natural namun tetap serasi. Apakah kamu punya tips fashion lainnya untuk buka puasa bersama? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga tips ini bisa membantu kalian tampil lebih percaya diri saat menghadiri buka puasa bersama.
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

3 Comments

  • Reply Hanifa

    Aaaak aku suka banget pake tunik tapi bawahannya pake legging/celana pensil biar keliatan nggak terlalu besar. Karena kakiku sendiri udah gedhe banget wahahahaha

    May 28, 2018 at 5:32 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Hehehe, iya aku juga suka kombinasi tunik dan legging biar badan terlihat lebih semampai. Cuma belakangan iseng nyoba pakai palazzo pants dan ternyata bagus juga lhoo mbak.

      May 30, 2018 at 5:43 pm
  • Reply bella agmia

    Bermanfaat sekali tips nya, aku coba ikutin ah, memang beberapa poin di atas ada yg pernah aku langgar kaya tas terlalu kecil, pakaian yg ribet 😁. Hmmm tunik, sandal, sama kerudung instan, tas gendong seperti nya boleh juga 🤔😊

    May 29, 2018 at 7:05 am
  • Leave a Reply