Follow:
Uncategorized

Jakarta Modest Fashion Week 2018 – Talkshow Day 4 #JMFWStory

Tepat seminggu yang lalu, Jakarta menjadi tuan rumah ajang modest fashion bertaraf internasional yaitu Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018. Acara ini berlangsung selama 4 hari tanggal 26-29 Juli 2018 di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Sebagai pencinta fashion, khususnya modest fashion, tentu saja aku tidak mau ketinggalan serunya acara ini.

Jakarta dipilih menjadi negara keempat diselenggarakannya Modest Fashion Week ini setelah Istanbul, Dubai, dan London. Sebagai warga negara Indonesia, tentu saja aku bangga ibukota negara terpilih menjadi tempat pekan mode internasional. JMFW ini bisa terselenggara berkat kolaborasi Think Fashion yang didirikan oleh dua wanita lintas bangsa, yaitu Franka Soeria dari Indonesia dan Ozlem Sahin dari Turki dan Markamarie Creative. Aku masih ingat pertama kali aku bertemu dengan Franka Soeria waktu pagelaran MUFFEST (Muslim Fashion Festival) 2016 dan sangat terinspirasi akan cerita beliau dalam mengembangkan dan menyebarkan modest fashion ke seluruh dunia. So I’m beyond happy to know that she initiated this event in Indonesia!

Buat kalian yang belum tahu apa itu modest fashion, modest fashion adalah gaya berbusana sopan dan tertutup yang bisa digunakan oleh siapa saja mulai dari muslim berhijab dan non hijab sampai non muslim. Selama JMFW 2018, tidak hanya sekadar menyaksikan pagelaran busana (fashion show) karya desainer lokal dan desainer internasional, tetapi kita juga bisa mengikuti beragam talkshow edukasi dari para penggiat modest fashion, fashion entrepreneur, influencer dari berbagai negara, sampai komunitas yang masing-masing punya peran dalam menyebarkan modest fashion. 

Baca juga: 
6 Cara Merawat Baju Batik Agar Awet dan Tidak Mudah Pudar

Sayang sekali aku baru bisa menghadiri JMFW 2018 di hari terakhir, Minggu 29 Juli 2018. Di hari terakhir ini, suasana JMFW 2018 terlihat sangat meriah dan ramai dikunjungi. Oya, pengunjung yang hadir di JMFW ini tidak hanya dari Indonesia saja lho, banyak pengunjung mancanegara yang juga hadir di sini. Ini menunjukkan bahwa modest fashion banyak disukai. Apalagi ada sekitar 50 brand booth dari berbagai negara di area JMFW yang menyajikan modest fashion terkini dengan harga bervariatif. Beberapa booth juga memberikan diskon khusus selama acara JMFW. Berhubung di hari itu aku mengalami musibah kartu ATM hilang, keinginan untuk berbelanja mau tak mau harus ditahan. So sad. 
Kalau dilihat dari susunan acaranya, ada banyak talkshow di Day-4 JMFW, salah satunya adalah Talkshow Grow Your Business With Communities. Salah satu komunitas blogger yang aku ikuti, BloggerCrony hadir sebagai salah satu pembicara dalam talkshow ini. Tetapi sayang sekali ketika aku datang ke lokasi, talkshow ini sudah selesai. 

Designers Chit-Chat/Press Conference Speakers Parade Show Designers

Talkshow kedua yang aku ikuti adalah press conference dari para desainer yang akan menampilkan karya busana modest mereka di fashion show, yaitu #Markamarie x METRO (Indonesia), Medina Zein (Indonesia), Imen Bousnina (Austria), Hijab Sabine (Indonesia), Lina Sukijo (Indonesia), Uma Privee (Indonesia). Setiap desainer memberikan gambaran tentang konsep dari hasil karya mereka dan juga ciri khas masing-masing. Selain itu, setiap desainer juga memberikan tips bagaimana memulai bisnis fashion. Kesimpulan yang aku dapat dari talkshow ini adalah: JUST DO IT! Kalau kamu punya impian menjadi desainer atau berkecimpung di dunia fashion, jangan takut untuk mencoba dan bereksperimen. Well noted! 

Buyers Panel: The Secret of Global Buying Process

Talkshow berikutnya yang aku hadiri di area Piazza Gandaria City adalah Buyers Panel. Kalau dilihat dari susunan acara, seharusnya ada tiga pembicara yang hadir, tetapi di talkshow ini hanya ada Kazecastudio dari Australia. Kazeca Studio adalah toko retail yang menjual modest fashion di Australia. Ms. Farah sebagai perwakilan Kazeca Studio menjelaskan tentang bagaimana awal Kazeca Studio berdiri dan proses yang dilakukan sebelum memutuskan suatu produk bisa dijual di Kazeca Studio. Ms. Farah mengatakan Kazeca Studio fokus pada customer sehingga semua produk yang ada di etalase Kazeca Studio sudah melewati proses seleksi, baik dari segi desain, warna, sampai cutting.

Sebagai retailer produk modest fashion, salah satu kendala yang dihadapi adalah proses pengiriman produk dan bea cukai. Sehingga tidak jarang kerjasama jadi batal hanya karena dua hal ini. Ms. Farah mengatakan pengiriman dan bea cukai adalah dua hal penting yang harus diperhatikan bagi siapapun, terutama desainer Indonesia yang ingin memasarkan produknya ke luar negeri. 

Visual Talk: All About Fashion Photography

Nah ini dia talkshow yang paling aku tunggu! Talkshow yang dipandu oleh mbak Zata Ligouw (so proud of you!) menghadirkan 4 pembicara lintas negara, yaitu Hazra Ngah (Malaysia), Atiyah Saadon (Malaysia), Roni Bachroni (Indonesia), dan Mucan Films (Austria). Di sini para pembicara membahas tentang apa itu fashion photography dan bedanya dengan fotografi pada umumnya. Sebagai seorang blogger yang kerjaannya foto-foto terus, ada banyak tips yang aku dapatkan dan bisa diterapkan dalam foto blog dan social media aku.

Kiri-kanan: Hazra Ngah (Malaysia), Atiyah Saadon (Malaysia), Mucan Films (Austria), Roni Bachroni (Indonesia).

Salah satu tip yang paling aku ingat dan tidak sabar untuk aku terapkan adalah tip dari mas Roni Bachroni. Mas Roni mengatakan perlu sekali melakukan trial and error untuk mengetahui foto seperti apa yang disukai, baik itu oleh pembaca blog (bagi blogger) atau followers (bagi kamu yang jadi influencer). Mucan Films juga mengatakan, “The best way to represent yourself is to be yourself.” Jadi intinya jadi diri sendiri dan selalu percaya diri.

Baca juga:

Designers Chit-Chat/Press Conference – Wardah Beauty Show

Acara berikutnya yang aku hadiri di hari terakhir JMFW 2018 adalah press conference Wardah Beauty Show. Press conference ini dihadiri oleh perwakilan dari Wardah Beauty dan juga Wardah Beauty Designers, yaitu Dian Pelangi, Etu, Khanaan Shamlan, Kami. Keempat desainer ini akan menampilkan karya terbaik mereka dalam Wardah Beauty Exclusive Show yang sekaligus akan menjadi penutup Jakarta Modest Fashion Week 2018. 
Dalam press conference ini juga hadir ibu Elsa Maharani selaku Manager Public Relations Wardah yang menyampaikan bahwa Wardah sebagai brand kecantikan tidak hanya menghadirkan produk kosmetika berkualitas dan halal, tetapi juga bisa menginspirasi wanita Indonesia untuk berkarya dalam bentuk apapun, salah satunya dalam hal fashion.

Keempat desainer ini berkolaborasi dengan Wardah Beauty akan menghadirkan koleksi terbaru mereka yang terinspirasi dari tren makeup Wardah LUM(INA), Endless Beauty Discovery. Tren makeup ini sendiri terdiri dari 4 inspirasi makeup look yaitu Fiery Spirit, Pure Emotion, Summer Dream, dan Forest Voice. Semua inspirasi makeup ini diambil dari keindahan alam Indonesia. Masing-masing desainer akan menampilkan koleksi mereka yang terinspirasi dari 4 makeup look ini, yaitu Fiery Spirit (Dian Pelangi), Pure Emotion (KAMI), Summer Dream (Khanaan Shamlan), dan Forest Voice (ETU).

Kiri-kanan: Elsa Maharani (Manager PR Wardah), KAMI, Dian Pelangi, Khanaan, ETU. 
*** 
Itu dia talkshow yang aku hadiri di hari terakhir Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2018. Semua acaranya sangat menginspirasi dan tentu saja bermanfaat. Di hari terakhir ini aku juga mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam fashion show dan closing JMFW 2018, tetapi aku akan menuliskannya di postingan berikut ya biar tidak terlalu panjang.

Apakah kamu termasuk pencinta modest fashion? What do you think about modest fashion? Share pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya. Terima kasih untuk BloggerCrony yang telah mengajak aku hadir menyaksikan keseruan Jakarta Modest Fashion Week. Terima kasih juga untuk Franka Soeria, Markamarie Creative dan Think Fashion yang telah menggelar pekan mode ini. 
See you on next JMFW!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

21 Comments

  • Reply Tetty Hermawati

    Mbak Tya kece banget outfitnya. Alhamdulillah fashion di Indonesia makin oke aja, apalahi fashion muslimnya. Designer muda juga bermunculan, makin beragam aja ya jadinya tren fashion di Indonesia. Aku juga kadang greget pengen punya bisnis fashion juga, tapi ga bisa gambar atau ngejaitnya. Kudu les dulu biar ada ilmunya.

    August 6, 2018 at 7:07 am
  • Reply gita siwi

    Sekarang mah muslimah dengan pilihan gayanya masing masing bakal terpenuhi deh tentu dengan pakem busana muslim yang sudah dianjurkan ya. Ini event luar biasa buat apresiasi perancang2 muda yang terus ada ya

    August 6, 2018 at 2:59 pm
  • Reply Leyla Hana

    Dulu pernah tertarik jadi disainer fashion tapi sekarang cuma seneng belanjanya aja hehe

    August 6, 2018 at 9:55 pm
  • Reply Lia Lathifa

    Model baju-bajunya kece bingiiit, aku ikut bangga karena sekarang baju kece layak untuk wanita berhijab, membuat kita percaya diri

    August 6, 2018 at 11:58 pm
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Acaranya kece banget nih. Sayangnya aku telat tahu mba. Padahal aku senang banget deh bisa datang ke acara fashioon week kayak gini. Soalnya selain talkshwonya yang bergizi dan keren, baju baju kece juga ada dan dijual nggak seperti harga butik. Hhehee

    August 7, 2018 at 12:38 am
  • Reply Ipeh

    Saya baru tau loh, Mba, istilah Modest Fashion ini. Jadi nambah wawasan lagi nih saya abis baca tulisan mba Tya

    August 7, 2018 at 4:34 am
  • Reply Kanianingsih

    saya baru ngeh tentang modest fashion dr postingan mba Tya ini, TFS mba

    August 7, 2018 at 4:51 am
  • Reply Kacamata Hani

    Seru bangeeet, sayang aku belum memungkinkan untuk hadir, semoga di next event bisa hadir juga. Greget lihat baju2 dengan style-nya yang unik tapi kayaknya tetap simple dan yang pasti cocok untuk kita yang berjilbab. Yang pentingnya lagi, ilmu fashionku yang masih minim bisa bertambah disana, haha

    August 7, 2018 at 8:44 am
  • Reply Amelia Fafu

    Model bajunya bagus2 Mba.. Pengen nyomot aja rasanya dr manequine. Hehe. Duh, gak ada cita2 jd fashion disainer, walopun ibuku seorang penjahit sewaktu masih muda, keknya susah, harus sabar ulet, hihi. Jadi kang beli aja deh 😀 . Oya acaranya keren banget, aku mantengin di sosmed temen…

    August 7, 2018 at 8:56 am
  • Reply Nefertite Fatriyanti

    Seneng ya mba, bisa gabung di acara fashion, kita jadi tambah wawasan.
    Designer adalah seniman yang handal, karena memprediksi trend fashion

    August 7, 2018 at 9:00 am
  • Reply Hanni Handayani

    Saya suka datang ke fashion show jadi bisa tau tren saat ini klo suka bisa diaplikasikan untuk sehari – hari

    August 7, 2018 at 12:35 pm
  • Reply Dewi Nuryanti

    Seneng deh skrg karena makin bnyk mode baju yg sopan dan tertutup. Berhijabpun tetap bisa tampil modis

    August 7, 2018 at 12:36 pm
  • Reply Sri Widiyastuti

    Keren ya acaranya. Makasih ulasannya ya mbak.

    August 7, 2018 at 1:30 pm
  • Reply Mugniar

    Aak keren … modest fashion menjadi salah satu genre sekarang ya Mbak Tya …. Sukaa

    August 8, 2018 at 10:25 am
  • Reply Dwi Puspita

    yes mbak… saya pecinta modest fashion dan saya suka banget ngelihat busana2 mereka yang ditampilkan. Sayangnya acaranya di Jakarta ya…jauh banget dr tempat tinggal saya

    August 11, 2018 at 7:02 am
  • Reply Primastuti Satrianto

    Hadir di acara seperti ini bikin kalap mata dan kekepin dompet ya mba Tya. Seneng bisa liat fashion kekinian dan menambah khasanah tentang mode ya.

    August 13, 2018 at 12:44 am
  • Reply Titis Ayuningsih

    Wah, fashion terus berkembang ya mengikuti perkembangan jaman. Cocok nih yang tetap syari'i tapi fashionable.

    August 13, 2018 at 5:00 am
  • Reply Lendy Kurnia Reny

    Suka doonk kak…
    Fashion dan wanita itu gak bisa dipisahkan.
    Dan aku suka banget sama fashion kak Tya pas hadir ke acara ini…monocrom.

    Looove.

    August 13, 2018 at 9:21 pm
  • Reply Ria Rochma

    Tips soal foto itu, akupun melakukannya mbak. Tau dr mana dulu ya tips ini, aku lupa. Udah aku apply di IG tapi belum ngeklik di blog. Kudu lebih berusaha lagi nih.

    Mbak Tya cantik sekali.. laaffff.

    August 13, 2018 at 9:22 pm
  • Reply Eni Martini

    Keren ih acaranya cocok buat yang suka dunia fashion

    August 15, 2018 at 12:20 am
  • Reply Mutia Nurul Rahmah

    Aku yang salut itu Hijab Sabine, banyak lini usaha yang dimiliki ama mba Susan emir ini ya

    August 20, 2018 at 12:50 am
  • Leave a Reply