Follow:
DIY

[BEAUTY 101] Manfaat kopi untuk kecantikan kulit

Beberapa waktu yang lalu aku sempat posting satu foto wajah aku yang sedang menggunakan masker kopi di Instagram. Tidak disangka, banyak teman-teman yang mengomentari foto tersebut dan menanyakan tentang apakah kopi bisa dipakai untuk perawatan kecantikan. Tentu bisa dong! Selain nikmat untuk diminum, kopi juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit, baik itu kulit wajah dan kulit badan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi untuk kulit yang aku rangkum dari beberapa sumber.

1. Mengurangi kantung mata hitam

Ada beberapa faktor penyebab kantung mata, tetapi penyebab yang paling lazim adalah kelelahan dan kurang tidur. Bagi sebagian orang kantung mata ini mungkin tidak terlalu mengganggu. Tetapi sebagian lainnya, terutama wanita, menganggap kantung mata adalah hal yang bisa mengurangi daya tarik penampilan. Meskipun kantung mata ini bisa ditutupi dengan penggunaan makeup seperti concealer, tetap saja tidak bisa menutupi dengan sempurna. Iya tidak?
Ternyata kopi bisa membantu teman-teman yang memiliki masalah kantung mata lho. Caranya pun juga mudah. Teman-teman bisa membuat Coffee Eye Pads sendiri dengan menggunakan kapas yang dicelupkan dalam seduhan kopi. Kapas ini kemudian diletakkan di kantung mata dan didiamkan selama 10-15 menit. Penggunaan Coffee Eye Pads secara teratur bisa membantu mengurangi kantung mata. Untuk tutorial lengkapnya kalian bisa mampir ke sini ya.
 

2. Mengangkat sel kulit mati

Padatnya aktivitas setiap hari, ditambah keringat, debu, kotoran, paparan sinar matahari, dan polusi bisa membuat kulit terlihat kusam. Kulit yang kusam ini sebetulnya disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang tidak bisa hilang hanya dengan mandi menggunakan sabun. Untuk bisa mengangkat sel kulit mati pada kulit badan, kita perlu melakukan scrubbing (penggosokan) badan menggunakan scrub atau lulur.
Buat teman-teman yang mungkin stok lulurnya sedang habis, kalian bisa memanfaatkan kopi sebagai lulur badan. Bahan yang perlu kalian siapkan adalah bubuk kopi, gula, dan minyak zaitun. Campurkan semua bahan ini ke dalam mangkuk lalu aduk hingga merata. Lulur kopi pun siap digunakan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan lulur kopi ini secara rutin 1-2 kali dalam seminggu dan kalian bisa melihat perbedaannya.

3. Menyamarkan selulit dan stretch mark

Bagi teman-teman yang sudah melahirkan atau mengalami peningkatan/penurunan berat badan cukup drastis pasti tidak asing dengan selulit dan stretch mark. Meskipun keduanya bukan merupakan kondisi kulit yang berbahaya untuk kesehatan, tetapi kehadiran selulit dan stretch mark bisa membuat penampilan kurang menarik sehingga kita kurang percaya diri. Meskipun saat ini sudah banyak krim perawatan yang bisa membantu mengurangi selulit dan stretch mark, tidak ada salahnya kita menggunakan produk berbahan dasar alami seperti kopi untuk mengatasi masalah kulit ini. Selain lebih aman, bahan alami kopi juga mudah didapatkan dan lebih murah.
Teman-teman bisa mencoba membuat DIY Coffee Scrub Bar menggunakan campuran minyak kelapa (VCO) dan bubuk kopi. Kandungan kafein pada kopi akan membantu mengurangi selulit pada kulit, sedangkan minyak kelapa bisa membantu mengurangi stretch mark. Scrub kopi ini kemudian dicetak dan didinginkan sehingga mudah untuk diaplikasikan pada area tubuh. Lengkapnya kalian bisa baca di postingan berikut ini.
 

4. Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Buat teman-teman yang punya masalah kulit berjerawat dan bekas jerawat, kopi juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya lho. Kandungan kafein pada kopi bisa membantu mengontrol minyak berlebih sehingga jerawat enggan muncul. Selain itu kopi juga bisa mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan komedo, dan mencerahkan kulit wajah. Untuk mengatasi masalah jerawat dan bekas jerawat, teman-teman bisa membuat masker kopi yang sangat mudah dan praktis. Resep cara membuatnya bisa kalian baca di sini ya.
 

5. Menghaluskan bibir pecah-pecah

Selain untuk wajah, kopi juga bisa membantu mengatasi masalah bibir pecah-pecah agar halus dan sehat. Teman-teman bisa membuat lip scrub menggunakan campuran bubuk kopi dan madu. Kafein pada bubuk kopi akan membantu memperlancar sirkulasi darah di bibir sehingga bibir nampak penuh. Selain itu, kopi juga bisa membantu mencerahkan bibir yang gelap. Sedangkan madu bermanfaat untuk melembabkan kulit pada bibir sehingga halus dan lembut.
***
Itu dia beberapa manfaat kopi untuk kecantikan kulit. Kelima resep yang aku bagikan di atas sudah aku coba sendiri secara langsung lho dan memang efektif dalam mengatasi masalah kulit yang aku sebutkan. Bagaimana dengan kalian? Adakah resep di atas yang sudah kalian coba? Atau mungkin kalian punya resep lain dengan bahan dasar kopi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini ya.
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

1 Comment

  • Reply zata

    whoaa sebagai pecinta kopi gw wajib banget nyobain nih, jadi gak musti buat minum terus, hihihi

    August 17, 2018 at 6:57 am
  • Leave a Reply