Follow:
Uncategorized

Pentingnya Organic Post untuk Blogger – Introduction to 31-Day Blog Challenge

Beberapa waktu yang lalu aku membaca tulisan salah seorang teman blogger tentang organic post. Jujur aku sedikit tertampar dengan isi postingan tersebut karena memang belakangan ini rasio organic post dan sponsored post di blog talkativetya.com kurang seimbang alias lebih banyak sponsored post.

Menulis sponsored post bukan berarti tidak baik. Untuk semua tulisan aku di blog  ini (baik sponsored atau tidak), selalu ditulis apa adanya. Kalau bagus ya aku bilang bagus dan ditambahkan dengan alasannya. Kalau ternyata kurang bagus, aku sebisa mungkin menulis kekurangannya dengan bahasa yang baik. Tetapi tetap ditulis lho ya. Namun seperti kata salah satu blogger senior panutanku, teh Ani Berta, menulis organic post akan membuat kredibilitas blog jadi lebih baik. Readers’ level of trust juga pasti meningkat karena mereka tahu kita tidak selalu menulis dengan pamrih. 
Aku masih ingat di salah satu workshop,  teh Ani Berta mengatakan untuk satu sponsored post perlu diimbangi dengan 9 organic post. Wadaaw, sampai saat ini aku masih belum berhasil mencapai rasio tersebut. Paling banter 1:1, itu juga sudah bagus banget mengingat aku bukan full time blogger. Beberapa kali aku juga mengikuti ODOP (One Day One Post) untuk menambah jumlah organic post di blog. Sejauh ini sepertinya baru sekali aja aku sukses menyelesaikan ODOP. Selebihnya aku terpaksa harus berhenti di tengah jalan karena beberapa faktor seperti kesibukan, tema yang kurang sesuai sehingga bikin ide mampet, dan masih banyak faktor lain yang tidak bisa dijelaskan (iih kamu banyak alasan deh Tya).

Balik lagi ke masalah rasio sponsored post dan organic post, aku melihat rasio di blog aku terutama di tahun ini mulai tidak sehat sehingga perlu ada langkah nyata agar blog ini bisa lebih hidup (lagi-lagi mengutip kata teh Ani Berta). Di tengah kegalauan HQQ ini, aku tidak sengaja menemukan satu foto di Pinterest dengan judul 31 Day Blog Challenge. Foto ini menantang blogger untuk menulis setiap hari dengan tema yang sudah ditentukan. TBH, aku tidak tahu siapa yang membuat challenge ini jadi aku cantumkan saja langsung dari Pinterest.




Sebetulnya 31 Day Blog Challenge ini sama seperti ODOP (setiap hari harus posting satu tulisan di blog). Tetapi yang membuat aku tertantang untuk melakukan challenge ini adalah pemilihan temanya yang sederhana dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. In other words, temanya mudah diikuti. Kalau kalian browsing di Pinterest, banyak blog challenge lainnya yang bisa dicoba dengan berbagai macam tema. But I will stick to this one first. 
Aku berharap dengan tema yang mudah diikuti ini, aku tidak terlalu merasa terbebani. Back to the essence of blogging, it is fun and relaxing for me. Jadi kalau ngeblog terasa seperti kewajiban atau beban kan nggak enak juga ya. So, with this post I officially start 31 Day Blog Challenge.
Kalian juga bisa ikutan challenge itu dan siapa tahu kita bisa saling mendukung dan mengingatkan biar sama-sama sukses menyelesaikan challenge ini. Bagaimana? Tertarik?
Thanks for reading! 


Share on
Previous Post Next Post

You may also like

7 Comments

  • Reply Ipeh

    Pas banget mba Tya. Saya lagi mau bikin blog challenge buat saya, tapi untuk bulan september. Kebetulan lagi mikirin temanya. Siapa tau bisa konsisten 30 hari ngeblog hehe. Semangat ya mba Tya.

    August 6, 2018 at 4:46 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya mbak Ipeh, aku lagi berusaha nih biar organic post tetap lebih dominan dibandingkan sponsored post. Doakan istiqomah yaa. Semangat juga untuk mbak Ipeh. Coba iseng main ke pinterest mbak, banyak ide-ide ngeblog yang seru lho.

      August 6, 2018 at 2:40 pm
  • Reply tiarrradeewi@gmail.com

    Sentilan buat saya juga nih. Makasih sharingnya,Mbak 🙂

    August 7, 2018 at 3:47 am
  • Reply Nadia K. Putri

    Nyaris satu bulan setengah ini jaraaangg banget buka blog. Pas ketemu tulisan mbak, sepertinya saya harus mulai lagi. Tetap semangaatt!

    August 8, 2018 at 1:42 pm
  • Reply Rosanna Simanjuntak

    Berasa dijewer juga nih!

    Setuju. Tema 31 day blog challenge-nya unik ya

    August 13, 2018 at 3:48 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya mbak, ayo dicoba juga mbak, biar organic post kita bertambah

      August 14, 2018 at 11:09 am
  • Reply Prima Chandra

    Postingan saya organic semua 😅
    Btw, semangat ya buat Blogging Challengenya mbak Tya.

    August 16, 2018 at 2:44 am
  • Leave a Reply