Follow:
Uncategorized

Art in the Montessori Environment bersama Nippon Spot-less Plus

Art in the Montessori Environment bersama Nippon Spot-less Plus. 


“Mommy, ade Zinan lagi gambar keren nih! Sini deh,”
Aku yang saat itu sedang bekerja di kamar langsung keluar dan langsung disuguhi pemandangan luar biasa. Ternyata adik Zinan menggambar bukan di kertas tetapi di dinding! Aduh, rasanya tuh nano-nano. Mau marah tapi ya namanya juga anak kecil yang sedang mengekspresikan diri lewat karya seni. Mau dipuji tapi kok ya ngenes melihat dinding rumah penuh coretan. Aku yakin banget pasti para moms juga pernah berada di posisi ini kan? 

Anak-anak terutama di usia dini (usia 0-6 tahun) bisa dibilang adalah individu yang unik karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan dari berbagai aspek, mulai dari aspek fisik, kognitif, sosioemosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi. Salah satu cara untuk membantu perkembangan anak adalah dengan cara bermain sambil belajar.

Baca juga: 
Tembok Baru di Hari Lebaran

Minggu lalu, tepatnya pada tanggal 9 September 2018 di Mamain Jakarta Selatan, aku dan adik Zinan mendapatkan kesempatan untuk hadir di acara Nippon Spot-less Plus and ART in the Montessori Environment yang bekerja sama dengan IndonesiaMontessori.com (IMC). Di acara ini aku mendapatkan banyak ilmu baru terutama tentang metode pendekatan Montessori untuk membantu memaksimalkan tumbuh kembang anak. Yang bikin aku happy adalah lokasi acaranya sangat mendukung! Mamain menyediakan ruang bermain untuk anak yang nyaman dan moms tidak perlu kuatir karena anak-anak diawasi dengan baik selama bermain. Mom happy bisa menyimak materi dengan baik, anak pun happy bisa puas bermain. 

Pasti semua sudah tidak asing dengan merek cat Nippon Paint ya. Nippon Paint merupakan perusahaan manufaktur cat pertama dan pelopor industri cat di Jepang. Di Indonesia sendiri, ada banyak variasi Nippon Paint yang bisa ditemukan seperti Vinilex dan Pylox. Sebagai merek cat No.1 di Asia, Nippon Paint memiliki kampanye Rumah Sehat untuk Keluarga Indonesia lewat produk terbarunya yaitu Nippon Spot-less Plus. Kampanye ini ditujukan untuk membantu orangtua menyediakan Rumah Sehat melalui 3 fungsi utama, yaitu:
Bebas kuman
Bebas beraktivitas
Aman bagi kesehatan
Terus apa ya hubungannya antara cat dinding dengan Rumah Sehat? Hasil survey dari 200 orangtua di tahun 2017 menunjukkan bahwa anak-anak menghabiskan waktu 8-20 jam di dalam ruangan setiap harinya! Dan tentu saja area yang dekat dan sering bersinggungan dengan anak-anak adalah dinding ruangan. Tapi coba deh moms ingat, kapan ya terakhir kali kita membersihkan dinding rumah? Berbeda dengan lantai rumah yang biasa kita sapu dan pel setiap harinya, bahkan bisa sampai dua kali dalam sehari, dinding rumah memang sering diabaikan.

Padahal, dinding rumah yang kotor bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman. Kebayang nggak sih kalau anak moms lagi belajar berjalan dan menggunakan dinding untuk menopang dirinya terus memegang dinding yang kotor? Hiiiy, bakteri dan kumannya langsung pindah deh. Aku pribadi ketika mendapatkan pertanyaan ini langsung jleb. Iya ya, kapan ya terakhir membersihkan dinding rumah? Bisa dibilang hampir tidak pernah atau mungkin setahun sekali kalau mau renovasi cat dinding rumah.

Mbak Linda, Representatif dari Nippon Paint Indonesia

Menanggapi masalah tersebut dan sebagai bentuk komitmen mendukung tumbuh kembang anak, Nippon Paint meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Nippon Spot-less Plus. Mbak Linda, representatif dari Nippon Paint Indonesia menjelaskan 3 keunggulan yang dimiliki Nippon Spot-less Plus: 
  1. Anti Bacterial: adanya teknologi Silver-Ion pada Nippon Spot-less Plus membasmi penyebaran bakteri pada dinding sehingga permukaan dinding aman untuk disentuh anak-anak, terutama balita yang sedang belajar berdiri dan berjalan. Teknologi Silver-Ion ini juga telah lulus uji anti-mikrobial dari SETSCO (Badan riset dan sertifikasi terakreditasi dari Singapura). 
  2. Superior Washability: adanya teknologi Stain Guard sehingga dinding mudah dibersihkan dari noda seperti jus, saus sambal, kopi, dan coretan krayon anak-anak. Selain itu lapisan cat tidak akan rusak setelah 10.000 kali disikat. Anak-anak pun bisa bebas mengekspresikan diri dan berkreasi. 
  3. Low VOC: Cat pada umumnya memiliki bau yang menyengat. Ini dikarenakan cat tersebut mengandung VOC.  Nippon Spot-less Plus bebas bau dan tidak mengandung VOC (Volatile Organic Compound) sehingga seluruh anggota keluarga di rumah bisa bernafas dengan nyaman.
Mbak Linda juga menjelaskan bahwa Nippon Spot-less Plus juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu anti-jamur dan telah mendapatkan Green Label Singapore (tersertifikasi ramah lingkungan). Selain itu, Nippon Spot-less Plus tersedia dalam 10.000 pilihan warna sesuai kebutuhan lho yang bisa didapatkan di Nippon Paint Colour Creation Centre di seluruh Indonesia. 

ART in the Montessori Environment

Balik lagi nih ke cerita di awal saat adik Zinan coret-coret dinding rumah. Sebagai orangtua yang resik, aku suka kesal sendiri melihat dinding rumah yang kotor dan melarang anak bermain. Ternyata nih, larangan bermain dan bereksplorasi ini bisa menyebabkan anak mengalami stress dan kegelisahan. Duh, nggak mau dong anak jadi stress dan gelisah hanya karena tidak boleh bermain?

Elvina Lim Kusumo,  pendiri IMC dan penulis seri buku Montessori di Rumah.

Ini juga yang disampaikan oleh Elvina Lim Kusumo, pendiri IMC dan penulis seri buku Montessori di Rumah. Ibu dari dua anak ini menjelaskan bahwa metode Montessori adalah pendekatan dimana anak diajarkan untuk mandiri, memberikan kebebasan untuk bereksplorasi, dan belajar mengoreksi dirinya sendiri dan belajar mengikuti ritme anak. Mom Elvina juga mengatakan bahwa dalam Montessori, orangtua perlu menghargai anak dan keinginannya. 
Seni (art) memiliki banyak manfaat bagi anak usia dini, diantaranya meningkatkan rasa percaya diri, mempercepat perkembangan kognitif anak, sampai mengembangkan pemikiran kritis, kreatif, dan inovatif. Lalu bagaimana mengenalkan seni kepada anak? Agar anak bisa bebas berkreasi dan berkarya, orangtua perlu menyiapkan lingkungan yang nyaman untuk anak. Mom Elvina menyebutnya sebagai ‘The Prepared Environment’. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu disiapkan oleh orangtua untuk mendukung kegiatan seni anak:
  • Siapkan ruangan atau sudut khusus yang kondusif di rumah untuk anak berkegiatan seni. 
  • Siapkan rak kegiatan yang berisi bahan-bahan untuk berkreasi yang bisa diakses dan mudah dijangkau anak sehingga anak bisa mandiri tanpa perlu bantuan orangtua. 
  • Biarkan anak bebas berkegiatan di tempat yang mereka sukai dan dengan gaya mereka selama mereka nyaman.
  • Pajang hasil karya anak, foto, atau lukisan atau gambar yang bisa memancing ide dan kreativitas anak.
  • Siapkan alat seni dengan ukuran yang pas untuk anak. Hal ini bertujuan agar anak terbiasa menggunakan real objects dengan percaya diri. 
  • Siapkan suasana yang nyaman. Ini bisa dilakukan dengan mengecat dinding rumah dengan warna-warna hangat seperti coklat, oranye, dan kuning yang bisa merangsang otak dan membuat anak lebih aktif. 
Nippon Spot-less Plus mendukung tumbuh kembang anak melalui rumah yang sehat.

Selain menyiapkan lingkungan yang mendukung, metode Montessori juga menekankan agar kita mengikuti ritme anak (follow the child) dan berikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi. Selain itu, fokus dari kegiatan seni dalam lingkungan Montessori adalah proses bukan hasil. Nah ini dia nih yang kadang orangtua (termasuk aku) suka keceplosan mengomentari hasil karya anak. Padahal yang penting di sini adalah mengapresiasi proses anak dalam menghasilkan karya seni tersebut. Jadi, orangtua sebagai fasilitator perlu memiliki sikap sebagai berikut: 

  • Berikan contoh/demonstrasi suatu teknik dengan sedikit kata. 
  • Pancing anak untuk menjelaskan karyanya. 
  • Gunakan kata deskriptif. 
  • Beri pujian pada proses dan usaha anak dan bukan sekadar ‘bagus’. 
  • Hormati dan hargai karya anak. 

Sekarang adik Zinan bisa bebas eksplorasi dengan Nippon Spot-less Plus.

Dengan melakukan kegiatan seni dalam lingkungan Montessori, anak bisa mengembangkan potensinya secara maksimal. Nah kalau dinding rumah sudah dicat dengan Nippon Spot-less Plus, moms tidak perlu kuatir dan pusing lagi karena dinding rumah bisa dengan mudah dibersihkan. Jadi biarkan anak bebas berkreasi dan eksplorasi, seperti coret-coret dinding rumah karena itu adalah bagian dari pembelajaran. Dinding sehat, keluarga sehat dengan Nippon Spot-less Plus. 

Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

7 Comments

  • Reply Eryvia Maronie

    Bagusbya pengusaha cat sekarang tidak hanya memperhatikan keindahan dan keuntungaj tapi juga kesehatan ��

    September 18, 2018 at 11:09 pm
  • Reply Andiyani Achmad

    seru sekali main-main art in montessori bareng nippon

    September 19, 2018 at 3:58 am
  • Reply Lia Lathifa

    Aku pengen banget ngecat di sisi ruang khusus buat coret-coretan anak-anak, jadi kegiatan belajar seperti Montessori ini terdukung dgn baik ya

    September 19, 2018 at 4:39 am
  • Reply Dita Indrihapsari

    Whaha sama banget mba Tya. Anakku Mika suka banget corat-coret tembok. Pernah ngecat karena pingin ganti warna, eh coretannya malah makin banyak.. haha.. Nippon spotless plus ini bagus ya mba.. Menyehatkan juga.. Selama ini aku ya gak ngeh kalo tembok juga mestinya dibersihkan.. Kalo kotor bisa jadi sarang penyakit juga ya.. TFS Mba Tya.. Nanti kalo aku pingin ngecat lagi nunggu Mika gedean dikit jadi ada referensinya.. 😀

    September 19, 2018 at 11:49 pm
  • Reply Nefertite Fatriyanti

    Perusahaan yang visioner ya, perhatiannya lebih dari sekedar dari untung.
    Semoga makin banyak perusahaan yang seperti ini

    September 20, 2018 at 9:36 am
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Halo mba. Jadi ingat Ayyas pun senang banget gambar di dinding. Dan sampai skarang masih ada bekas coretannya. Asyik kalau ada Nippon ini jadi Ayyas pun bebas berekspresi ya mba? Ga kuatir dinding kotor

    September 20, 2018 at 11:17 am
  • Reply ayunovanti

    Salah satu sisi rumah udah aku cat pake Nippon spotless ini, tapi kayaknya nggak cukup, wilayah coret-coret anak makin luas, rencananya bakal semuanya sisi aku cet pake Np spotless, hehe

    September 24, 2018 at 12:20 am
  • Leave a Reply