Follow:
Uncategorized

Tema blog favorit Talkativetya – BPN 30 Day Blog Challenge (Day 2)

Seperti yang sudah aku ceritakan di postingan sebelumnya (kalau belum baca hayok cepat-cepatlah klik di sini biar nyambung ceritanya), aku membuat keputusan untuk fokus di niche beauty di akhir tahun 2012. Waktu itu topik atau tema blog yang aku tulis hanyalah seputar review produk makeup dan skincare yang aku coba. Sebelum diprotes banyak orang, aku mau bilang kalau tulisan-tulisan aku di awal ngeblog dengan niche beauty ini terbilang alay (aku tuh orangnya jujur lho). Jadi jangan kaget ya. 
Seiring dengan waktu dan juga hasil membaca tulisan teman-teman beauty blogger dalam dan luar negeri, ternyata banyak sekali topik yang bisa dibahas di blog. Dari semua topik tersebut, aku punya beberapa tema tulisan di blog yang aku suka, yaitu: 

1. Review produk

Kalau yang satu ini nggak perlu ditanya lah ya. Namanya juga blog dengan niche beauty, tentu postingan dengan tema review produk menjadi andalan. Hal yang paling aku suka dari menulis review produk, baik itu produk skincare atau makeup adalah aku bebas mengutarakan pendapat aku tentang suatu produk dengan jujur sesuai dengan pengalaman aku. FYI, semua review produk di blog ini aku coba langsung lho. 
Gimana dengan postingan kerjasama review produk (endorsement)? Tetap jujur nggak opininya? Tentu saja iya dong. Salah satu hal yang aku pelajari dari menulis review produk adalah bagaimana cara menyampaikan kekurangan suatu produk dengan cara yang elegan. Jadi nggak langsung bilang: “Ini produk jelek! Jangan dibeli.” Siapapun pasti nggak mau dong kalau dikatain jelek. Jadi teman-teman, koentji oetama-nja adalah tuliskan kekurangan (kalau memang ada) dengan bahasa yang baik dan sopan.  
Berhubung aku ini kan ibu rumah tangga dengan budget pas-pasan, aku selalu berusaha agar produk yang aku review di blog ini adalah produk dengan harga yang terjangkau baik dari brand lokal maupun luar negeri. Paling mahal Rp200.000 lah. Kalau nominalnya diatas itu, ada  kemungkinan produk itu aku dapatkan dari kerjasama. Soalnya kalau sampai ketahuan aku beli suatu produk dengan harga mahal, dijamin pak suami bakalan ngambek. Hehehe. 

2. Rekomendasi produk

Selain menulis review produk secara detil, aku juga suka menulis daftar rekomendasi produk. Tujuan utama dari tulisan rekomendasi produk ini tentu saja untuk memberikan informasi dan saran kepada teman-teman pembaca blog. Salah satu tulisan rekomendasi produk yang sampai saat ini masih menduduki posisi popular post di blog Talkativetya adalah 7 Eyeliner Pen merek lokal yang wajib kamu coba. Beberapa tulisan rekomendasi lainnya adalah 5 Face Scrub Lokal Murah Meriah yang Wajib Kamu Coba dan 5 Rekomendasi Foundation Lokal dengan Harga 10 Ribuan

3. DIY (Do It Yourself)

Budget belanja skincare dan makeup yang pas-pasan membuat aku harus pintar mencari akal agar wajah tetap kece tanpa keluar banyak uang. Cara yang paling mudah adalah dengan membuat DIY (Do It Yourself). Aku nggak munafik kok, sebagian besar ide aku dapatkan dari hasil browsing di Pinterest lalu aku coba terapkan dengan menambahkan kearifan lokal (baca: pakai bahan yang seadanya di rumah). 
Menurut aku, membuat tulisan DIY itu cukup merepotkan karena aku harus mengambil gambar setiap langkahnya. Meskipun begitu, aku sangat menikmati prosesnya. Alhamdulillah pak suami dan anak-anak suka membantu ketika membuat tulisan DIY. Anyway, beberapa tulisan DIY aku yang cukup ngehits adalah LED Ring Light Murah Meriah dan Gampang,  Makeup Brush Drying Rack, Make your own Setting Powder, dan [DIY] Coconut Coffee Scrub Bars for Cellulites and Stretchmark. Kalau kalian penasaran dengan tulisan DIY aku lainnya, langsung aja klik Blog Category DIY di sidebar ya. 

4. Tips 

Ini adalah tema blog terakhir yang paling suka aku tulis. Tips yang aku tulis juga beragam, mulai dari tips kecantikan sampai tips blogging. Sama seperti review produk, semua tips yang aku tulis di blog ini aku coba langsung. Jadi tips-nya nggak asal tulis ya. Aku paham kalau tiap orang memiliki cara pandang yang berbeda-beda. Jadi belum tentu tips yang punya dampak besar untuk aku bisa berdampak sama besarnya di orang lain. Meskipun begitu, aku selalu percaya kalau tips yang aku tulis di blog ini bisa memberikan manfaat walau hanya untuk satu orang saja. 
***
Sebetulnya masih banyak lagi sih tema tulisan di blog ini, tetapi kalau ditanya tema blog yang paling disukai ya keempat itu. Alhamdulillah sampai saat ini aku belum pernah merasa bosan menuliskan tema-tema tersebut. Permasalahannya justru aku kadang tidak punya banyak waktu untuk menulis blog karena kesibukan aku. 
Anyway, dari empat tema blog yang bisa kalian baca di blog Talkativetya, tema apa yang jadi favorit kalian? Atau mungkin kalian punya ide tema lainnya yang bisa aku tulis di blog ini? Share di kolom komentar di bawah ya.
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply