Follow:
Uncategorized

Rencana Solo Travelling Tya ke Semarang dan Jogja

Ada satu hal yang ingin sekali aku lakukan dan sudah beberapa tahun masuk ke dalam resolusi namun masih belum tercapai, yaitu solo travelling! Bisa dibilang aku termasuk orang yang jarang liburan. Terkadang jatah cuti tahunan bisa awet sampai dipaksa ambil cuti sama pak manajer di kantor. Mungkin karena aku sekarang sudah berkeluarga sehingga cukup sulit mengatur waktu dan perizinan untuk liburan sendirian. Terakhir kali aku pergi liburan adalah di bulan Januari lalu dan itupun hanya sekadar staycation di dalam kota. Tahun ini, dengan penuh percaya diri aku kembali memasukkan solo travelling ke dalam resolusi dan rencananya aku mau solo travelling ke Semarang dan Jogja nih.
Kenapa sih destinasinya Semarang dan Jogja? Ada beberapa alasan kenapa aku memilih Semarang sebagai kota tujuan travelling sendirian aku. Pertama, aku memiliki beberapa teman yang tinggal di Semarang dan sekitarnya. Berhubung ini akan jadi solo travelling perdana aku, adanya teman dekat yang tinggal di kota tujuan tentu akan membuat hati lebih tenang. Kedua, I couldn’t remember the last time I went there. Sepertinya terakhir kali aku ke Semarang dan Jogja itu ketika aku masih SMP (sekitar 20 tahun yang lalu). Tentu saja kedua tempat ini sudah jauh berbeda dengan yang dulu. Ketiga, Semarang dan Jogja masih di pulau Jawa. Yah namanya traveller amatir dan sudah lama tidak jalan-jalan, aku mau mulai dari destinasi yang tidak terlalu jauh. Hehehe.

Solo travelling ke Semarang

Setelah bujuk rayu manja, pak suami akhirnya memberikan izin juga untuk aku liburan sendirian. Namun aku hanya diberi jatah 2 hari saja karena alasan kasihan kalau anak-anak ditinggal terlalu lama. Agar solo travelling aku berjalan mulus, aku membuat rencana perjalanan dan lokasi yang akan aku datangi selama di Semarang. Nah ini dia beberapa lokasi yang akan aku kunjungi di Semarang.

1. Lawang Sewu

Sebetulnya aku tuh penakut, apalagi kalau udah urusan sama yang horor. Tetapi masa iya sudah sampai Semarang terus nggak mampir ke Lawang Sewu? Apalagi menurut Liputan6, gedung tua bersejarah ini termasuk salah satu destinasi wisata wajib Semarang. Selain nilai sejarahnya, alasan lain kenapa aku memasukkan Lawang Sewu ke dalam destinasi karena aku ingin mencoba wisata malamnya. Banyak yang bilang wisata malam Lawang Sewu itu seru!

2. Kota Tua Semarang

Ketika teman-teman dan saudara tahu aku akan solo travelling ke Semarang, mereka merekomendasikan aku untuk mengunjungi Kota Tua Semarang. Selain menikmati arsitektur di arena ini, aku juga bisa sekaligus mengunjungi beberapa tempat yang sedang hits seperti 3D Trick Art Museum dan Taman Srigunting. Kalau sudah capek jalan-jalan, ada banyak kafe dengan bangunan otentik yang bisa dikunjungi di Kota Tua Semarang. Kebayang kan serunya ngopi sore sambil menikmati atmosfer old city-nya.

3. Puri Maerokoco

Lokasi wisata berikutnya yang aku akan datangi adalah Puri Maerokoco yang katanya nih disebut juga sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah. Namanya sendiri diambil dari kisah Mahabarata tentang seorang dewi yang ingin memiliki seribu bangunan dalam satu malam. Di Puri Maerokoco, kita bisa melihat berbagai rumah adat dan kebudayaan Jawa Tengah. Tidak hanya itu saja, di sini juga tersedia fasilitas lainnya seperti sepeda, pasar apung, sepeda air, sampai kereta mini lho.

Solo travelling ke Jogjakarta

Kalau sudah sampai Semarang, rasanya tanggung ya kalau nggak mampir ke Jogja. Nah ini juga masuk ke dalam rencana perjalanan aku. Kebetulan ada satu teman blogger yaitu mbak Manda (Primastuti Satrianto) yang tinggal di Jogja dan aku sudah janji akan mengunjungi beliau kalau ada kesempatan. So, it’s a good chance to visit her! Awalnya aku sempat bingung memilih transportasi yang pas dari Semarang menuju ke Jogja. Maklum lah, namanya pergi sendirian. Aku ingin perjalanan aku tetap nyaman dan tentu saja aman.
Untung saja ada saudara yang menginformasikan kalau sekarang sudah ada layanan bus travel DayTrans Semarang. Shuttle bus DayTrans Semarang ini melayani rute Semarang – Jogja dan Semarang – Solo. Pesan tiketnya pun juga mudah karena bisa dilakukan secara online. Pas banget deh!
Berhubung aku hanya menjadwalkan satu hari saja di Jogja, aku akan mengunjungi beberapa destinasi wisata wajib Jogja, yaitu:

1. Keraton Yogyakarta

Bangunan bersejarah yang menjadi tempat tinggal Sultan Yogyakarta dan keluarganya ini memang salah satu ikon kota Jogja. Aku berencana menggunakan pemandu wisata ketika mengunjungi keraton. Ini karena pemandu wisata bisa menjelaskan tentang arsitektur dan sejarah keraton dengan lebih detil sehingga kunjungan aku lebih berbobot dan nggak cuma muter-muter aja.

2. Malioboro

Kayanya ini sih nggak perlu dibahas panjang lebar ya kenapa harus mengunjungi Malioboro. Semua orang pasti tahu kalau Malioboro wajib banget dikunjungi kalau ke Jogja. Banyaknya pedagang kaki lima dan lesehan membuat Jalan Malioboro selalu  ramai. Setelah berjalan mengelilingi Keraton Jogja, aku langsung menuju Malioboro untuk window shopping sambil menikmati kuliner Jogja. Oya, katanya sekarang banyak spot foto menarik di Malioboro jadi tentu saja aku tidak akan melewatkan sesi foto-foto. Lumayan kan buat stok feeds IG.

3. Pasar Beringharjo

Jalan-jalan ke Jogja tapi nggak bawa oleh-oleh batik pasti dianggap hoax. Hehehe. Rencananya di sini aku mau beli beberapa daster batik dan baju batik untuk pak suami dan anak-anak. Selain batik, Pasar Beringharjo juga menjual makanan tradisional, uang kuno, bahan untuk membuat jamu, sampai barang antik. Aku juga berharap di Pasar Beringharjo ini aku bisa mendapatkan beberapa barang unik untuk jadi properti foto.
***
Mohon maaf ya kalau destinasi yang aku kunjungi di Semarang dan Jogja mainstream banget. Hehehe. Namanya juga traveller amatir dan waktunya juga terbatas. Jadi harus bisa dimaksimalkan. Aku berharap sebelum tahun 2019 berakhir, rencana solo travelling ini bisa terlaksana. Bagaimana nih pendapat teman-teman, apakah ada destinasi wisata Semarang dan Jogja lainnya yang perlu aku kunjungi selain yang aku sebutkan di atas? Kalau teman-teman punya tips solo travelling boleh juga share di kolom komentar ya biar persiapan aku lebih maksimal.
Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

19 Comments

  • Reply Elliza Efina

    Aku penasaran nih sama kota Semarang. Pengen nyobain solo traveling udah sejak lama tapi belum terealisasi, beb. Wkwkwk

    February 21, 2019 at 4:50 am
  • Reply Novi Handayani

    Waaa solo travelling seru banget sih yaa, jadi bisa menikmati waktu sendiri dan bisa lebih mengenal diri kita sendiri saat jalan2 sendirian. selain itu lebih challenging jg karena apa2 harus sendiri hehe

    February 21, 2019 at 4:57 am
  • Reply Nur Arviani

    wah bagus banget nih artikelnya, bikin aku jadi kepikiran buat jalan jalan ke solo juga, soalnya abis baca ini jadi tau ternyata di solo banyak hal hal keren ya <3

    February 21, 2019 at 5:11 am
  • Reply Winda Trisuci

    aku belum pernah ke semarang 🙁 kalau ke semarang aku pengen cobain kulinernya hahhaaa soalnya terlihat nikmat kalau aku lihat di foto

    February 21, 2019 at 7:14 am
  • Reply Turis Cantik

    Kalau solo trip memang enak ambil dr destinasi lokal kyk yogya yg ramah buat wisatawan. Semua jd mudah aplagi klau pnya temen, jd bisa ditumpangin hahahh

    February 21, 2019 at 8:48 am
  • Reply Lidya - Luella Artistry

    Waaah jadi pengen traveling ke solo ama jogja nih.. Pengen banget datengin lawang sewu.. Itu bagus banget gedung nya ya ampun. Klo ke jogja aku mau kuliner ajaaaa hahaha

    February 21, 2019 at 12:16 pm
  • Reply Tami Oktari

    Seru banget sih kak solo travelling gt. Dulu aku pernah pengen juga, cuma kok tiba2 niatnya mudar wkwk btw aku blm pernah ke semarang sih kak

    February 21, 2019 at 1:23 pm
  • Reply Annisa Budiarti

    Gimana nikmat kan solo traveling. Suka banget sama semarang kulinernya enak-enak banget lagi disana. Terus udah lama banget ngga ke jogja jadi pengen.

    February 21, 2019 at 1:26 pm
  • Reply Aulia Rizky Wijayanto

    Yah kak, 2 hari mah kayanya ga bisa dtgin itu semua huhu buru buru bangettt sayang:") tp kasian jga nanti dede dedenya ditinggal sendiri

    February 21, 2019 at 1:32 pm
  • Reply Sintha Novia Putri

    Wah mantep banget sih ini Mbak, solo travelling ke Lawang Sewu. Aku langsung ngebayangin malam harinya tidur dihotel sendirian haha pasti udah ga bisa tidur kalo aku. Tapi seru juga ya solo travelling bisa eksplore banyak tempat dengan bebas hihi

    February 21, 2019 at 6:54 pm
  • Reply Dewi Sulistiawaty

    Waaaks, kalo aku gak bisa kalo diminta solo traveling Mbaa xD Bisa sih bisa, tapi akunya males kalo sendirian. Enaknya rame-rame siii.Keren ih ke Lawang Sewu jugaa 😀

    February 22, 2019 at 2:23 am
  • Reply Ratnasari Pevensie

    Aku juga nih berniat ingin solo travel ke Jogja kalo kesana wajib banget ke Malioboro atau main ke Candi Borobudur atau Prambanan abis itu main ke Gumuk Pasir

    February 22, 2019 at 6:40 am
  • Reply Andiyani Achmad

    Semarang, belum pernah, padahal keinginan kuat buat main-main dan wisata kuliner di Semarang. Semoga ya bisa terwujud kayak rencana kamu buat solo traveling ke Semarang & Yogya

    February 22, 2019 at 6:46 am
  • Reply Maria Octavia

    wah seru ya pasti… nanti kalau aku main ke sana, udah ada rekomendasi tempat jalan-jalan deh. Hehehe…

    February 22, 2019 at 2:24 pm
  • Reply Demia KamiL

    waaah aku kalo dikasih kesempatan pengen banget ke kota tua nya, sama pengen banget ke jogja, whish list yang sebenernya udah lama banget tapi sampe sekarang belum kesampean nih hihihihihi, semoga tahun ini bisa terwujud <3

    February 22, 2019 at 3:18 pm
  • Reply kadinda aprilya

    Wah asik banget ya bisa solo Travelling gini hhe… Eny mau coba juga deh nanti coba2 sendirian hhe

    Enychan

    February 23, 2019 at 12:36 am
  • Reply bella bellezhee

    Ini asli lho sama aku langsung di save postnya. Karena aku emang mau ke jogja bulan2 depan. Semoga bisa aq kunjungi nihh

    February 23, 2019 at 12:38 am
  • Reply Suzannita

    Kemarin pas ke Jogja pun aku akan ke lokasi wisata ini ke keraton jogjakarta dan ke malioboro juga

    February 23, 2019 at 2:40 am
  • Reply Lily Kanaya

    Waktu itu pernah ke Ambarawa, melewati kota Semarang jd belum sempet nih mampir ketempat2 wisatanya hihi

    February 24, 2019 at 2:42 am
  • Leave a Reply