Follow:
REVIEW, SKIN CARE

Sabun Naturlove, sabun natural handmade bebas SLS untuk kulit sehat

Beberapa bulan yang lalu kami menonton sebuah tayangan tentang pencemaran lingkungan. Dari tayangan tersebut, disebutkan kalau salah satu bahan yang menyebabkan pencemaran lingkungan adalah SLS (Sodium Lauryl Sulfate), sebuah bahan kimia yang memang umum dijumpai pada produk pembersih rumah tangga dan perawatan tubuh. Aku dan mas suami pun mulai gerilya mengecek kandungan produk-produk yang kami pakai di rumah. Hasilnya? Sebagian besar produk pembersih yang kami gunakan mengandung SLS, termasuk sabun mandi yang kami gunakan. Secara tidak langsung keluarga kami ikut berkontribusi terhadap pencemaran lingkungan dong. Makanya kami mencari alternatif sabun mandi dan menemukan sabun Naturlove, sabun natural handmade yang bebas SLS.

Apa itu SLS?

Sebelum membahas sabun Naturlove, kita kenalan dulu dengan SLS ya. Kalau ditanya apa itu SLS mungkin tidak semua orang tahu ya. Tapi kalau aku tanya apa itu deterjen pasti tahu dong. Nah sebetulnya nama lain dari SLS adalah deterjen. Namun istilah deterjen ini tidak terpaku hanya pada produk sabun untuk mencuci pakaian saja. Seperti yang aku tulis sebelumnya, SLS ini banyak ditemukan dalam produk sehari-hari. Bahkan pada produk kecantikan seperti sampo, sabun mandi, dan sabun pembersih wajah pun mengandung SLS. Komposisi beberapa produk terkadang mengandung ‘saudara’-nya SLS yaitu SLES (Sodium Laureth Sulfate) dan ASL (Ammonium Laurel Sulfate).
Kenapa sih produk-produk pembersih ini menggunakan SLS? Jadi SLS ini adalah bahan pembersih surfaktan yang bisa mengangkat kotoran dan noda minyak. Selain itu bahan kimia ini juga berfungsi untuk menghasilkan busa. Makanya salah satu ciri produk yang mengandung SLS adalah yang busanya banyak. Duh, padahal aku paling seneng lho mandi dan sampoan kalau busanya banyak. Berasa bersih banget gitu. Begitu juga kalau mencuci pakaian, noda bandel pun bisa hilang. Apalagi kalau cuci muka, minyak di wajah bisa langsung lenyap dan wajah matte bebas kilap.
Salah satu ciri produk yang mengandung SLS adalah busa yang berlimpah.

Kenapa harus menghindari SLS?

Tapi oh tapi, dibalik keefektifan SLS dalam membersihkan ternyata SLS ini sebetulnya kurang baik lho. Ada dua alasan utama kenapa sebaiknya SLS mesti dihindari:

Bisa membuat kulit iritasi

Suka merasa kulit kering dan seperti ketarik ketika membersihkan wajah dan tubuh dengan sabun? Ternyata culprit-nya adalah si kandungan SLS dalam sabun yang dipakai. Saking efektifnya membersihkan minyak dan kotoran, sampai-sampai lemak alami kulit pun ikut keangkat. Efeknya? Kulit justru jadi kering dan apabila digunakan dalam jangka panjang bisa membuat kulit iritasi, gatal, kemerahan, alergi, dan sensitif. 

Mencemari air tanah

Nah ini nih yang lebih ngeri lagi. Kebayang dong aktivitas mandi, mencuci pakaian, mencuci piring, sampai mencuci mobil atau motor yang semuanya menggunakan produk mengandung SLS, limbah airnya akan masuk ke tanah atau ke selokan. Bagi hewan air seperti ikan, SLS adalah racun dan jumlahnya bisa terakumulasi di dalam tubuh ikan. Ketika air masuk ke tanah tentu saja nutrisi tanah akan terganggu sehingga tanaman dan pohon tidak bisa tumbuh dengan subur. Terus nih, SLS ini tidak terdeteksi water filter lho. Jadi air keran yang kita gunakan bisa jadi mengandung SLS.
Sebetulnya masih banyak sih alasan lainnya kenapa kita mesti jauh-jauh dari SLS ini. Hanya saja bagi aku, dua alasan yang aku tuliskan di atas sudah cukup bikin aku ngeri sendiri. Itulah sebabnya aku sekeluarga sekarang mulai mengurangi produk yang mengandung SLS. Tidak mudah memang karena pilihan produknya tidak sebanyak produk yang mengandung SLS. But small steps still count, don’t they?
 

Sabun Naturlove, sabun natural tanpa SLS

Salah satu langkah kecil yang aku lakukan untuk mengurangi penggunaan SLS adalah mengganti sabun mandi keluarga dengan sabun berbahan alami dan bebas SLS. Setelah keluar masuk jagad maya dan bersemedi, ketemu deh sama produk sabun dari Naturlove. Jadi Naturlove ini merupakan handmade natural soap yang dibuat menggunakan bahan-bahan alami. Selain tanpa kandungan SLS, sabun Naturlove juga bebas paraben, parfum, solvent, dan bahan kimia berbahaya lainnya. 
sabun naturlove varian goat milk, sirih plus, dan castille soap

Varian sabun Naturlove yang beragam

Varian sabun Naturlove juga bervariasi sehingga kita bisa memilih sesuai kebutuhan kulit. Beberapa varian Naturlove adalah Castile Soap, Mud soap, Coffee Soap, Binahong Soap, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak varian sabun Naturlove, aku memutuskan untuk mencoba 3 varian yang paling sesuai kebutuhan aku dan keluarga yaitu Castile Soap (for all skin type), Goat Milk & Kojic Soap (for normal to dry skin), dan Sirih Plus Soap (for normal to oily skin). Oya, harga per sabunnya sekitar Rp35.000-Rp55.000 dengan ukuran 75g dan bisa dibeli secara online.

Komposisi Castille Soap:
Extra Virgin Olive oil, Aqua, Lye.

Komposisi Goat Milk & Kojic Soap:
Extra Virgin Olive oil, Virgin Coconut Oil, Palm Oil, Rice Bran Oil, Canola Oil, Goat Milk, Honey, Kojic acid, Lye.

Komposisi Sirih Plus Soap
Extra Virgin Olive oil, Virgin Coconut Oil, Grape seed, Aqua, Himalaya Salt, Extract Binahong, Betel leaf, Tumaric, Castor oil, Shea butter, Sunflower oil, Lye.

Oya, kalau kalian bingung memilih varian sabun Naturlove apa yang paling pas, tabel berikut ini bisa membantu kalian dalam menentukan pilihan. Anyway, varian yang ada di tabel ini hanya sebagian ya karena sekarang Naturlove punya banyak varian lainnya. Kalian bisa tanya-tanya dulu via DM atau chat untuk rekomendasi varian yang paling pas.

Kemasan Sabun Naturlove

Sabun Naturlove dibungkus menggunakan kertas coklat dengan tulisan nama varian, komposisi, tanggal pembuatan dan kadaluarsa. Ketika bungkus kertasnya dibuka, ternyata di dalamnya si sabun dibungkus lagi dengan plastik. Sebetulnya sedikit menyayangkan penggunaan plastik ini sih karena dari bungkus luarnya udah oke banget (pakai kertas sehingga bisa didaur ulang dan bisa terurai). Tapi aku yakin pasti ada alasannya kenapa mesti dibungkus lagi pakai plastik (mungkin akunya aja yang nggak tahu). Aku berharap kedepannya kemasan sabun Naturlove bisa benar-benar organik dan bebas plastik. Aamiin.

 Kemasan sabun naturlove dengan nuansa natural
Bentuk sabunnya seperti sabun batangan pada umumnya, cuma memang potongannya kadang beda dan nggak rata. Ini wajar banget kok karena kan sabunnya homemade. Jadi nggak mungkin bentuknya bisa persis sama seperti sabun buatan pabrik. Buat aku ini justru jadi keunikan tersendiri. Sabun Naturlove juga punya wangi yang khas sesuai dengan variannya. Untuk varian Goat Milk & Kojic soap wanginya ya wangi susu, Sirih soap wangi daun sirih, dan Castile soap wangi minyak zaitun. Dan kesemuanya itu wanginya samar banget dan wangi minyak zaitun lebih dominan.
sabun naturlove memiliki warna natural sesuai bahan yang digunakan

Cara penyimpanan sabun Naturlove

Karena tidak mengandung pengawet, cara menyimpan sabun Naturlove juga perlu diperhatikan. Kalau sabun ini ditaruh di tempat yang lembap/panas  bisa membuat sabun ini meleleh. Ini karena sabun Naturlove adalah sabun handmade yang menggunakan gliserin 100%. So it’s a big NO untuk menyimpan sabun Naturlove di dalam kamar mandi. Lha? Terus ditaruh di mana dong sabunnya? Sabun Naturlove ini aku taruh di dalam wadah tempat sabun dan aku taruh di kamar tidur. Repot? Hm, biasa aja sih menurut aku. Memang di awal aku dan keluarga suka lupa kalau sabunnya ada di kamar. Walhasil tidak jarang aku dan anak-anak suka teriak dari kamar mandi minta tolong ambilin sabunnya (cuma mas suami aja yang selalu ingat bawa sabun Naturlove ke kamar mandi). Tapi lama kelamaan jadi terbiasa kok. Hehehe.
Sabun kalau tanpa SLS berarti nggak ada busanya dong? Well, sabun Naturlove menurut aku masih menghasilkan busa kok. Tapi jangan bayangkan busanya seperti pakai sabun mandi biasa yang mengandung SLS ya. Busanya tuh kecil-kecil dan cepat hilang. Biasanya agar busa yang dihasilkan bisa lebih banyak, aku menggunakan bantuan shower puff. 

Hasil penggunaan sabun Naturlove

Sabun Naturlove yang pertama kami coba adalah Castille Soap. Naturlove Castille Soap memiliki kandungan utama Extra Virgin Olive Oil yang baik untuk merawat kulit kering dan meningkatkan kelembaban kulit. Kebetulan mas suami punya tipe kulit super kering yang kadang sampai bikin gatal-gatal. Tentu saja ini sangat mengganggu aktivitas dan mengurangi kegantengan (iyalah, kan kesel gitu pas lagi ngobrol terus dia sambil garuk-garuk kaki). Sejak menggunakan Naturlove Castille Soap, rasa gatalnya mulai berkurang dan kulit jadi lebih lembab.
Karena mas Deniz sempat punya masalah kulit belang putih-putih di wajah (dicurigai sebagai panu tapi kalau kata saudara sih itu efek alergi dan sering kena sinar matahari), Naturlove Castille Soap ini dipakai untuk membersihkan wajah mas Deniz. Thank God sekarang bercak putih di wajah mas Deniz sudah berkurang. Sama seperti ayahnya, gatal-gatal mas Deniz juga berkurang. Adik Zinan juga tidak mau ketinggalan menggunakan sabun ini untuk mandi dan membersihkan wajah.
Membersihkan wajah menggunakan sabun Naturlove yang aman untuk kulit anak-anak.

 

Buat aku, Naturlove Goat Milk & Kojic Soap adalah penyelamat kulit wajah. Jadi ceritanya seminggu yang lalu aku mengalami iritasi kulit wajah yang cukup parah karena pakai exfoliating toner terlalu sering. Kulit di sekitar pipi merah dan mengelupas. Terus ingat kalau punya Naturlove Goat Milk & Kojic Soap yang formulanya untuk kulit kering. Selama seminggu (mulai hari Selasa tanggal 19 Maret 2019) aku menggunakan Goat Milk & Kojic Soap sebagai pengganti sabun pembersih wajah. Dengan Goat Milk & Kojic Soap, dan dibantu dengan penggunaan skincare lainnya yang sifatnya menenangkan kulit seperti aloe vera gel dan face lotion, alhamdulilah iritasinya dan kemerahannya berkurang drastis. 

 Hasil penggunaan sabun Naturlove untuk mengatasi iritasi
Varian Sirih Plus Soap sampai saat ini masih belum aku pakai. Niatnya sih ini juga untuk sabun wajah, tetapi kondisi kulit wajah aku sedang kering jadi aku tunda dulu pemakaiannya. Setelah masalah kulit kering dan iritasi aku membaik, aku akan menggunakan sabun Sirih Plus ini. Nanti review Naturlove Sirih Plus Soap-nya akan aku tuliskan di postingan terpisah ya.

Pendapat aku tentang sabun Naturlove

Setelah menggunakan secara rutin, aku bisa bilang kalau aku suka sabun ini karena:
  • Bebas SLS, paraben, parfum, solvent, dan bahan kimia berbahaya lainnya. 
  • Bisa digunakan untuk kulit tubuh dan wajah. 
  • Pilihan varian yang beragam sesuai kebutuhan dan masalah kulit. 
  • Handmade 100% produk Indonesia
  • Harga terjangkau dengan manfaat yang besar. 
  • Bisa mengembalikan kondisi kulit iritasi menjadi normal (Goat Milk & Kojic Soap)
  • Membantu mengurangi gatal-gatal karena kulit kering (Castille Soap)
Namun ada juga beberapa hal yang kurang aku suka dari sabun ini, yaitu:
  • Penyimpanannya sedikit tricky (tapi ini bukan masalah besar untuk aku sih).
  • Lebih cepat habis dibandingkan sabun biasa.

Overall Rating: 9/10

***
Kalau dibandingkan dengan sabun pabrikan, sabun Naturlove memang harganya sedikit lebih mahal. Tapi jangan lihat angkanya saja, lihat juga manfaatnya untuk kulit dan juga lingkungan. Dengan menggunakan sabun berbahan alami tanpa SLS seperti Naturlove ini, kita turut andil dalam menjaga lingkungan agar tidak semakin tercemar.
Sesuai dengan jargonnya “From Nature with Love”, aku berharap Naturlove Cosmetic tetap konsisten membuat produk kosmetik dengan bahan alami yang ramah lingkungan dan terus mengembangkan produknya. Siapa tahu nanti bisa bikin liquid soap juga selain bar soap dan juga pengembangan produk lainnya. Kalian bisa mendapatkan sabun Naturlove sekaligus tanya-tanya seputar produknya di sini:
Facebook: Rei Ranggawuni
Shopee: Adorei 
Tokopedia: Adorei
Bagaimana cara teman-teman untuk menjaga lingkungan agar tidak tercemar? Apakah teman-teman juga sudah mulai mengurangi penggunaan SLS dalam produk sehari-hari? Atau jangan-jangan sudah pada pakai sabun Naturlove ini juga? Kalau belum, tertarik nggak untuk mencoba? Share di kolom komentar ya! Thanks for reading!
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

19 Comments

  • Reply Stefanny Fausiek

    Hi Tya, kebetulan aq juga pake Naturlove ini. Kebetulan kulit ku kering kombinasi jadi aq pakai yang varian castile. Aq cocok pakai ini hihihi. Jadi penasaran nyobain varian lain.

    March 27, 2019 at 2:56 am
  • Reply Maria Octavia

    Wah menarik nih… aku jadi tahu hal baru lagi tentang SLS. Terima kasih informasinya ya kak…

    March 27, 2019 at 4:10 am
  • Reply herva yulyanti

    Setuju produk SLS semakin merajela ya mba selain pada sabun cuci pakaian, dan aku juga merasa aneh kalau pake sabun ga ada busanya saking kebiasannya banyak busa berarti bisa bersihin padahal serme juga ya apalagi buat kulit 🙁

    btw mb akupun sepertinya bakalan lupa kalau naro di kamar tidur hahaha pasti nanti uda di kamar mandi teriak2 minta ambilin 😀 tapi kalau udah biasa sih ga ya, jadi tahu naturlove ini bahannya 100% gliserin aman sekali y mba

    March 27, 2019 at 4:38 am
  • Reply Elliza Efina

    Wah, padahal aku suka banget sama produk sabun yang busanya melimpah. Ternyata ada bahayanya juga ya, kak.
    Aku belum pernah pake Naturlove. Jadi penasaran gimana rasanya kalau dipake secara langsung.

    March 27, 2019 at 9:42 am
  • Reply Vebby Febriyanti♥

    akkk warna sabunya gemes banget , organik banget looknya serta packagingnya juga ya kak . aku penasran pengen cobain ihhh jadinya smg cocok diwajahku nih hihi

    March 27, 2019 at 4:08 pm
  • Reply mybeautymoechan

    aku juga pakai, tp varian Goat Milk & Kojic Soap, suka banget lembut dan aku pakainya di wajah dan daerah badan yang kering aja hehe hemat, enak gak bikin wajah ketarik dan jerawatku jadi cepat sembuhnya.

    March 27, 2019 at 11:14 pm
  • Reply Putriistianaa

    wah kulit aku sensitif banget nih apalagi yang ada banyak busanya. ini bagus ya mbaa aku jadi pengeen

    March 28, 2019 at 12:06 am
  • Reply Tachacantik

    akhir akhir ini aku lagi suka banget pake sabun organic, karna bebas dari sls..
    dan aku baru tau kalau ada brand naturlove.. harganya juga affordable pengen nyoba

    March 28, 2019 at 2:44 am
  • Reply Dita Indrihapsari

    Iya mba Tya, SLS gak aman pun buat lingkungan… Ada SLSa yang versi green-nya tapi ya masih terbatas banget produk yang pake itu… Buat sabun pabrikan, aku juga rada kaget sih pas liat ingredients di kemasannya itu. Banyak banget… Pernah ikut workshop homemade soap juga jadi tau kalo soapmaker itu nyebut sabun pabrikan no-soap soap bar. Eh, bener gak ya nulisnya… Hehe… Memang mending pakai sabun homemade mba, aku juga masih belajar bikinnya, nih… Jadi pingin nyoba naturlove, suka pakai sabun homemade… ��

    March 28, 2019 at 2:52 am
  • Reply Winda Trisuci

    sejak baca2 bahasa SLS aku jadi concern baca ingredient sabun buat anak dan keluarga 🙂 dulu senengnya yang busanya banyak, sekarang mah nggak lagi

    March 28, 2019 at 3:42 am
  • Reply Luella Artistry

    Jujur aku nambah pengetahuan banget bca blog nya. Aku baru tau konsep SLS.. makasih yaa. Dan ternyata sabun ini works well ya. Kliatan before after nya.

    March 28, 2019 at 12:59 pm
  • Reply Indira W

    Aku kalau face wash iya bisa nyari yang gak ada SLS-nya.
    Tapi kalau shampoo entah kenapa aku belum ada keinginan mau cari sendiri gitu, ngikut yang ada di rumah adanya apaan aja hehe -_-"

    March 28, 2019 at 10:01 pm
  • Reply Rani Yulianty

    Untuk produk bayi dan anak, aku udah pilih sabun dan sampo yang bebas SLS, nah kayaknya peer banget buat aku sama suami, masih pakai sabun dan sampo biasa, jadi pengen coba sabun naturelove apalagi bagus banget ya untuk kulit kemerahan dan iritasi

    March 28, 2019 at 11:18 pm
  • Reply April Hamsa | Author keluargahamsa.com

    Wah selain bagus buat kesehatan, sabun ini juga ramah lingkungan ya mbak?
    Buat anak2 juga aman.
    BTW kalau mislanya ditaruh di kamar mandi tapi dalam wadah tertutup gtu jg gak aman kah?

    March 28, 2019 at 11:52 pm
  • Reply Nur Arviani

    Alhamdulillah sekarang sudah banyak produk sabun yang meminimalisir penggunaan SLS tapi biasanya harganya mahal,, nah ini ada naturlove dengan harga 50ribuan aja, menarik nih buat dicoba

    March 29, 2019 at 12:34 am
  • Reply Nur Hasani Fajriana

    Produk handmade sekarang makin banyak yaa dan pasti rata-rata semua rekomended dan hasilnya bagus semua

    March 29, 2019 at 1:26 am
  • Reply Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me

    Aku lagi menghindari banget yang namanya SLS ini Tya, mukaku ladi rednesss parahhh ga kelar2 hihi… So aku kudu nyobain nih si NaturLove Sabunya:)

    March 29, 2019 at 1:57 am
  • Reply Fanny F Nila

    syangnya ini blm ada yg liquid yaaa. krn dr dulu aku lbh suka pake liquid soap mba, supaya lbh higenis.. semogaaa aja kedepannya yg sabun cair bisa ada juga :).

    akupun nyiasatin sabun yg busanya ga banyak dgn pakai power puff :D. krn biar gmn pake sabun yg busanya dikit berasa ga enak, krn blm biasa. tp kalo dipakain puff, jd berasa beda.

    April 1, 2019 at 12:04 pm
    • Reply Kristin

      Hi, mba Tya. Baru nemu blog mba dan banyak dapet ilmu baru. Thanks mba Tya saya dan keluarga baru mulai beralih ke yg alami2 sekarang bermanfaat banget infonya🙏😘

      October 14, 2019 at 7:33 am

    Leave a Reply