Follow:
REVIEW, SKIN CARE

Facial Signature DPCT ERHA Clinic untuk perawatan wajah usia 30an

Facial Signature DPTC di ERHA Clinic

Facial Signature DPCT. Semakin bertambahnya usia, masalah kulit wajah pun juga bertambah. Bagi aku yang tahun ini resmi masuk kategori mid thirties (duh ketahuan deh umurnya), merawat kulit wajah menjadi bagian penting dalam rutinitas sehari-hari. Apalagi aku punya pekerjaan yang setiap harinya selalu berhadapan dengan banyak orang, penampilan menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.

Masalah kulit wajah di usia 30an

Dulu waktu masih usia 20an, kulit wajah masih kencang dan mulus. Mau pakai makeup kaya apa aja pasti cocok dan nempel. Beda dengan sekarang di mana kondisi kulit wajah aku semakin kompleks. Macam remaja tanggung yang moody gitu deh.

Kondisi wajah yang moody ini muncul karena belakangan ini aku disibukkan dengan pekerjaan. Ditambah lagi tugas utama sebagai ibu rumah tangga yang jam kerjanya 24/7 non stop. Setuju bunda? Ujung-ujungnya, urusan kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah jadi terabaikan. Duuh.

Hidung landak karena komedo

Siapapun bisa dan pasti pernah mengalami komedo, tua muda, pria maupun wanita. Penyebab komedo di wajah adalah tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati dan minyak. Komedo sendiri ada dua macam: komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).  Cuma memang buat wanita di usia 30an, komedo di wajah ini termasuk masalah yang menyebalkan. Didiamkan kok bikin makeup jadi nggak flawless. Dibersihin tapi rasanya nggak pernah ada habisnya.

Menghilangkan komedo di wajah

Saat ini ada banyak cara menghilangkan komedo di wajah. Mulai dari  mencetin komedo sendiri, pakai nose pack dan alat sedot komedo yang sekarang banyak dijual di toko online, sampai melakukan ekstraksi komedo di klinik kecantikan. Masing-masing punya plus minusnya sendiri. Mau yang gampang, bisa coba nose pack yang bisa didapatkan di minimarket dan toko kosmetik. Saking kepinginnya basmi komedo, aku sampai bikin DIY nose pore pack sendiri lho.  Tapi jangan harap komedo terangkat bersih. Apalagi bagi kamu yang komedonya sudah masuk level akut.

menggunakan diy nose pore pack untuk mengangkat komedo

Menggunakan DIY Nose Pore Pack dari gelatin halal

 

Cara terbaik untuk menghilangkan komedo adalah ke dokter atau klinik kecantikan. Dokter dan tenaga profesional tentu sudah tahu bagaimana cara membersihkan komedo dengan benar sehingga komedo bisa bersih tuntas. Tetapi, banyak juga nih yang takut karena kebanyakan pada bilang sakitnya itu wow.

Kulit kusam

Bayangkan jendela rumah yang tidak pernah dibersihkan dari debu dan kotoran. Ketika kita melihat ke luar tentu pemandangannya terlihat tidak jernih. Sama halnya dengan kulit wajah. Debu, kotoran, dan sisa makeup yang masih tersisa di wajah, apabila menumpuk, akan bisa membuat kulit jadi tidak bercahaya dan kusam.

Muncul tanda penuaan garis halus dan keriput

Di usia 30an, masalah kulit wajah yang paling ditakuti adalah munculnya garis halus dan keriput di wajah. Umumnya garis halus dan keriput ini mulai terlihat di pinggiran mata dan bibir. Garis halus dan keriput muncul karena elastisitas kulit di usia 30an semakin berkurang. Apalagi kalau kita kurang tidur dan kurang minum, tanda penuaan ini bisa datang lebih cepat.

Flek hitam

Meskipun bisa ditutupi dengan foundation dan bedak, adanya flek hitam di wajah tetap saja mengganggu penampilan. Ternyata, flek hitam tidak hanya muncul karena kondisi kulit yang sering terpapar sinar matahari, tetapi juga karena faktor lain seperti ketidakseimbangan hormon.

Gimana caranya menjaga kesehatan kulit wajah di usia 30an ?

Menua itu pasti, tetapi kalau penuaan bisa dicegah tentu lebih baik doong. Agar kulit wajah sehat dan senantiasa terlihat cantik, ada beberapa langkah yang kita bisa lakukan nih.

Gunakan skincare yang tepat

Saat ini sudah banyak lho brand skincare yang mengeluarkan produk perawatan kulit wajah sesuai usia. Biasanya skincare untuk usia 30an fokus pada kandungan anti aging. Oya, pastikan kamu menggunakan skincare sesuai jenis kulit wajah. Jangan sampai kulit kamu kering tapi pakai produk skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat.

skincare ERHA Over The Counter (OTC)

Rangkaian skincare ERHA Over The Counter yang aku pakai untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat

Jaga pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat juga berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kebayang dong kalau setiap hari makan gorengan, bisa-bisa wajah penuh dengan jerawat dan komedo.

Cukup istirahat setiap harinya

Selain untuk menghilangkan rasa lelah, kulit juga mendapatkan manfaat dari tidur cukup. Tidur cukup setiap harinya bisa membantu menjaga elastisitas kulit karena tubuh memproduksi  kolagen secara optimal di malam hari. Tidak hanya itu saja, tidur juga bisa mengurangi minyak berlebih di wajah karena saat tidur kadar hormon kortisol (hormon stress) jadi stabil.

Lakukan perawatan facial profesional secara rutin

Nah yang satu ini terkadang masih suka dianggap remeh, termasuk sama aku sendiri. Kadang aku tuh suka merasa ya buat apa sih facial, toh sekarang maskeran, pakai nose pack untuk komedo, dan  pakai face scrub bisa dilakukan sendiri di rumah.

Jangan disamakan dong karena facial yang dilakukan oleh tenaga profesional tentu bisa memaksimalkan langkah-langkah menjaga kesehatan kulit yang sudah kita lakukan sendiri di rumah.

 

Facial treatment di ERHA Clinic, terbuka untuk siapa saja.

Beberapa waktu yang lalu, salah satu teman aku kasih info di grup Whatsapp kalau dia habis perawatan facial di ERHA Clinic dan merekomendasikan aku untuk coba. Jujur selama ini aku tahunya kalau facial treatment di ERHA itu hanya untuk pasien saja, ternyata siapa saja bisa kok melakukan perawatan facial di klinik ERHA. Oya, ERHA Apothecary juga memberikan layanan facial ini lho.

Berhubung aku udah lama sekali nggak facial, aku memutuskan untuk memanjakan diri aku dengan mencoba treatment ini di ERHA Clinic Depok yang berlokasi di Jalan Kartini. Lokasinya strategis, dekat dengan Stasiun Depok Lama dan Terminal Depok.

ERHA Skin, Hair & Laser Expert

Mudahnya facial di ERHA Clinic

Melakukan perawatan facial di klinik ERHA itu nggak ribet! Itulah yang aku rasakan ketika mengunjungi klinik ERHA Depok. Untuk klien yang baru pertama kali perawatan di ERHA, staf akan membantu proses registrasi. Pastikan kamu membawa KTP ya jadi staf bisa membantu mengisi form registrasi. Oya, ada biaya administrasi sebesar Rp15.000 untuk pendaftaran. Setelah registrasi, tinggal duduk manis sambil menunggu dipanggil deh.

 

Facial Deep Pore Cleansing Therapy (DPCT) ERHA, facial yang berstandar medis

Perawatan facial yang ditawarkan ERHA Clinic adalah Deep Pore Cleansing Therapy (DPCT). Facial DPTC di ERHA bukan kaleng-kaleng yaa karena merupakan medical grade facial yang ditangani oleh tenaga profesional dan menggunakan peralatan dengan standar medis.

Semua peralatan yang digunakan dalam kondisi steril. Beberapa peralatan seperti kemben, hair cap, dan pinset komedo bahkan masih dibungkus dan langsung dibuang setelah dipakai. Ini semua untuk menjaga kehigienisan selama proses perawatan.

 

Facial Signature DPCT, facial treatment lengkap untuk atasi masalah kulit wajah usia 30an

Ada 3 jenis facial DPCT yang ditawarkan ERHA Clinic, yaitu Essential DPCT, Basic DPCT, dan Signature DPCT. Bedanya apa nih? Signature DPCT memiliki dua layanan tambahan yang tidak didapatkan di Essential DPCT dan Basic DPCT, yaitu:

  1. Pengaplikasian cairan facial yang fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit wajah dengan lebih sempurna. Hasilnya? Kulit akan terlihat lebih cerah dan glowing.
  2. Acupressure yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot wajah dan bahu rileks.

Selain itu, ada 5 pilihan serum untuk DPCT yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kulit yaitu: Brightening serum, Vitamin C serum, Collagen serum, Oil Control serum, Gentle (sensitive skin) serum. Serum yang ditawarkan memang sesuai dengan keluhan yang umum dirasakan oleh wanita umur 30an nih.

 

Step Facial Signature DPCT di ERHA Clinic, lengkap banget!

Ruangan treatment di ERHA Clinic sangat dijaga kebersihannya. Adanya alunan lagu juga membuat suasana ruangan dan treatment nyaman. Pokoknya betah deh. Facial kali ini aku dibantu oleh mbak Afifa yang ramah dan nggak pelit berbagi ilmu selama proses facial berlangsung. Setelah menggunakan kemben dan hair cap, mbak Afifa menjelaskan produk yang akan digunakan dalam Signature DPCT. Next, facial pun dimulai.

Produk skincare yang digunakan dalam facial Signature DPCT

Ruang perawatan ERHA Clinic Depok

Pembersihan wajah menggunakan produk ERHA

Pertama wajah dibersihkan dengan menggunakan erha21 ERHA 1 yang fungsinya untuk mengangkat kotoran, debu, dan sisa makeup di wajah. Selanjutnya wajah dieksfoliasi sambil dipijat menggunakan erha21 Exfoliating Cleansing Scrub yang berfungsi sebagai deep pore cleanser. Masih dalam tahap membersihkan, berikutnya wajah dibersihkan dengan erha21 ERHA 2 Facial Wash.

Pengecekan sensitivitas kulit

Sebelum masuk ke tahap utama facial, wajahku dicek terlebih dahulu menggunakan satu alat khusus. Jadi alat ini digoreskan ke pipi dan dilihat reaksi kulit. Alhamdulillah wajah aku tidak memberikan reaksi kemerahan atau bengkak. Ini berarti kulit aku termasuk normal dan bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Kalau ternyata ada reaksi, ini berarti treatment yang dilakukan adalah Signature DPCT gentle.

Mengecek sensitivitas kulit wajah sebelum facial treatment

Acupressure bikin wajah rileks

Tahap berikutnya adalah acupressure yang sukses bikin aku terkantuk-kantuk. Sebelum memulai acupressure, mbak Afifa menanyakan apakah tekanan pijatannya sudah cukup atau terlalu kencang.

Acupressure agar otot wajah rileks

Aplikasi cairan facial

Ini dia yang membedakan Signature DPCT dengan facial treatment lainnya di ERHA. Cairan facial ini dioleskan di wajah dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit sampai meresap. Setelah itu, wajah kembali dibersihkan.

Mengaplikasikan cairan facial ke seluruh wajah

Ekstraksi komedo dengan rasa sakit minimal

Next, wajah aku diuap untuk membuka pori-pori di wajah sehingga komedo lebih mudah dibersihkan. Setelah diuap selama 5 menit, komedo dibersihkan dengan menggunakan alat vakum. Baru deh masuk ke tahap ekstraksi komedo secara manual. Alat ekstraksi komedo yang digunakan dalam kondisi baru dan steril.

Sedot komedo dengan menggunakan alat vakum

Proses ekstraksi komedo secara manual minim rasa sakit

Ekstraksi komedo ini sebetulnya tahap yang paling menakutkan setiap kali aku facial. Sakitnya itu lho, bisa sampai nangis. Mungkin karena teknik ekstraksinya nggak benar kali ya?

Surprisingly, ekstraksi komedo di ERHA Clinic ini sakitnya biasa aja. Nggak sampai bikin aku nangis bombay gitu. Wajar sih karena kan facialnya ditangani oleh tenaga profesional. Thank God komedonya sedikit dan semuanya whiteheads.Setelah bersih dari komedo, wajah diaplikasikan balancing toner ERHA untuk mengurangi kemerahan selama proses ekstraksi.

RF (Radio Frequency)

Selain menggunakan toner, kemerahan setelah proses ekstraksi komedo juga bisa dikurangi dengan menggunakan alat Radio Frequency ini. Alatnya dibungkus dengan kasa agar tetap higienis. Setelah itu aku kembali menikmati pijatan pada wajah dan bahu yang bikin rileks.

Radio Frequency untuk mengurangi kemerahan setelah ekstraksi komedo

Aplikasi serum dengan alat Ultrasound

Pas lihat alatnya aku pikir ini adalah hair dryer (sumpah bentuknya mirip!). Ternyata ini adalah alat ultrasound yang digunakan untuk membantu agar serum meresap ke dalam kulit secara maksimal. Anyway, menurut mbak Afifa kulit aku ternyata berminyak kombinasi dan beberapa area terlihat sedikit kusam dan ada flek hitam sehingga serum yang digunakan adalah Brightening serum.

Brightening serum meresap maksimal dengan bantuan alat ultrasound

Masker wajah

Rasanya kurang lengkap kalau facial tidak dengan masker, iya nggak? Masker yang aku pakai ini merupakan peel off mask dan bertujuan agar wajah jadi segar dan flawless. Penggunaan masker ini sekitar 15 menit.

Masker peel off facial Signature DPCT

Aplikasi skincare Erha

Sampai deh di tahap terakhir facial Signature DPCT! Setelah masker dibersihkan, wajah aku diberi pelembab, sunscreen, dan lipbalm. Semua produk yang digunakan adalah produk ERHA Over The Counter (OTC) yang bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter di klinik ERHA maupun di ERHA Apothecary.

Facial Signature DPCT di ERHA, wajib coba!

Gimana rasanya setelah 2 jam dimanjakan dengan facial Signature DPCT ERHA ini? Duh, wajah langsung terasa fresh, enteng, dan glowing juga. Mungkin karena serum yang aku gunakan adalah serum Brightening. Oya, sebelum pulang aku dapat oleh-oleh Collagen sheet mask yang bisa digunakan satu minggu setelah facial treatment.

Facial Signature DPCT ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan tidak perlu konsultasi terlebih dahulu kok. Dengan harga Rp 495.000, facial ini worthed untuk dicoba. Apalagi untuk teman-teman yang sudah usia 30an, melakukan facial treatment Signature DPCT secara rutin minimal satu bulan sekali bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Wajah glowing setelah perawatan facial Signature DPCT

Buat kalian yang punya masalah kulit dan rambut, ERHA Skin, Hair & Laser Expert punya banyak pilihan perawatan sesuai kebutuhan. Apabila masalahnya sudah cukup berat, kalian bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan solusi perawatan terbaik.  Langsung aja mampir ke website erha www.erha.co.id dan instagram @erha.dermatology untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ya. 

See you on my next post!

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

27 Comments

  • Reply Rach Alida

    Halo mba Tya. DUh aku beneran jadi pengen facial. Masalah aku tuh komedo. Nyebelin banget dan biasanya aku juga pakai alat khusus komedo itu dan bikin nangis bombay. Pengen ah nyobain facial signature Erha ini. Wajah kliatan bersih banget, mb

    May 16, 2019 at 1:01 am
    • Reply Rach Alida

      Dan memang komedo itu berulangkali di bersihin kenapa muncul lagi terus. Dan itu jujur sungguh menyebalkan. Kayaknya auk harus buruan ke Erha ah 🙂

      May 19, 2019 at 12:24 am
  • Reply Hanni Handayani

    ketika usia sudah lebih dari 30 memang perlu merawat muka lebih telaten . klo saya merasa pori-porinya makin besar. ada solusinya mba?

    May 16, 2019 at 6:00 am
  • Reply Raisa Hakim

    Wow jadi penasaran nih sama treatment nya Erha yang kata mbak bilang saat ekstraksi komedo nya enggak sakit aku biasanya selalu sampai bercucuran air mata dan teriak-teriak. Hahahaha

    Next harus cobain ke Etha plus terapin pola hidup sehatnya juga ya mbak. Hehehe

    May 17, 2019 at 5:27 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Nggak sakit itu maksudnya nggak sesakit kalau ekstraksi yang biasanya yaaa. Mungkin karena mbak terapisnya udah ahli dan tahu tekniknya jadi rasa sakitnya minim.

      May 18, 2019 at 12:30 am
  • Reply winda - dajourneys.com

    hidung landak itu hidungku tya 🙁 apalagi setiap kali bepergian selalu pakai motor jadi makin sering beranak pianaklah komedo di hidungku

    May 17, 2019 at 7:32 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya samaa bangeet! Ada yang bilang kalau komedo itu emang nggak bisa dibasmi, cuma bisa dikurangin aja. Makanya pemilihan skincare yang tepat sama rutin facial ngebantu banget.

      May 18, 2019 at 12:27 am
  • Reply Farida Pane

    Pingin deh facial di erha. Kok kayaknya enak banget ya

    May 17, 2019 at 8:26 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Ayook cobain, it’s worth the money kak.

      May 18, 2019 at 12:25 am
      • Reply Rahma Brilianita

        Kemarin sempet nyobain produk Erha yang untuk body care, baca postingan kak Tya jadi pengen tau treatment Erha apa aja hihi

        May 18, 2019 at 8:44 pm
  • Reply Vicky Laurentina

    Aku ketawa ngeliat foto maskernya. Ini pasti waktu mau difoto, HPnya udah dititipin ke mbak terapisnya, sambil mbak terapisnya dikonsolidasi supaya mau motretin pas wajahnya udah dibaluri masker. Lalu ketika terapisnya bilang, “Mbak Tya, ini sekarang saya foto aja yaa..?”

    Dan pasiennya yang mulutnya udah ditutupin masker cuman bisa bilang pake suara leher, “Hmm mmmm..” :))))

    May 17, 2019 at 11:37 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      wkwwwkk ya kurang lebih begitulah… Tersiksa sebetulnya akutu dimaskerin kaya gini. Nggak bisa ngapa2in. Apakah ini termasuk claustrophobia?

      May 18, 2019 at 12:25 am
  • Reply flo fairy

    enak banget ya perawatan di sini, boleh nih masuk di wishlist aku buat perawatan di sini

    May 18, 2019 at 6:35 pm
  • Reply Tori Chu

    kayaknya mesti coba Facial signature DPCT nya ya, apalg sblum lebaran ini mumpung libur . suka gemes klo komedo bnyk 😭 emg amannya hrus ke beauty clinic buat treatment si komedo

    May 18, 2019 at 8:27 pm
  • Reply lendyagasshi

    Melihat ekspresi kak Tya…awalnya aga takut/sakit gitukah?
    Makin lama, kaya ketiduran.
    Hahhaa…saking nyamannya yaa, kak Tya?

    Idealnya, dibersihkan begini berapa bulan sekali, kak?

    May 18, 2019 at 9:18 pm
  • Reply Beautyasti1

    Aku juga faciel treatment di erha bebh, udah cobain DPCT nya juga. Hidung ku juga landak nih banyak komedo nya jadi terhempas gegara di facial. Bulan depan mau balik facial lagi di erha

    May 18, 2019 at 10:43 pm
  • Reply Mellisa

    Waktu facial yg 2 jam pasti gak berasa ya kalau facialnya ditangani sama profesional, jadi nyaman dan relax bgt pasti. Selesai facial wajahnya kelihatan lebih fresh dan kinclong nih kak😍

    May 19, 2019 at 12:53 am
  • Reply Suzannita

    Aku sudah lama nggak ke Erha lagi Jadi sekarang sudah makin banyak ya perawatannya dan produk produknya juga

    May 19, 2019 at 2:32 am
  • Reply Novi

    Waaah jadi penasaran pengen coba juga, aku paling males sama komedo, bikin kulit jelek banget deh berasa ga lembut dan halus. Kapan2 coba facial ke erha ahhh

    May 19, 2019 at 2:55 am
  • Reply Nur Arviani

    lengkap banget ni treatmentnya di erha, aku belum pernah kesana nanti cobain ah

    May 19, 2019 at 8:15 am
  • Reply Demia

    waaah asik banget nih beb, aku paling seneng pad di maskerin, adem banget ke mukaaa, walupun semuanya ketutup sampe mata dan mulut biasanya ditutup juga hehehe

    May 19, 2019 at 9:14 pm
  • Reply Rizka

    ih jadi pingin treatment deh, kepala lagi penat bangeet!

    May 20, 2019 at 2:56 am
  • Reply Aulia Rizky W

    aku nih butuh treatment ekstraksi komedo wkwk kadang bandel susah bat kelarnya. Kepo aku pengen coba juga, abis lebaran ke erha ah

    May 21, 2019 at 3:50 am
  • Reply lia djabir

    emang pake skincare yg tepat itu penting banget yaa biar muka tetap kinclong.
    aku belum pernah coba RFnya erha. kayaknya patut dicoba nihh

    May 26, 2019 at 8:36 am
  • Reply Suciarti Wahyuningtyas

    Mengatur pola makan nih penting banget, sama mengatur stresa karena memang makanan dan stress ini suka membuat jerawat timbul dengan efek mila gak enak. Apalagi di usia 35th ini menjaga wajah agar tetal sehat kadang susah-susah gampang.

    May 26, 2019 at 12:14 pm
  • Reply Dewi Nuryanti

    Ada ngga Mba Tya yg utk usia beliyah macam aku ini? Wkwkwkwk. Perawatan kulit wajah usia jelita hahahaha. Mayan bnyk masalah loh saat memasuki usia jelita. Masalah kulit wajah mksdnya

    May 26, 2019 at 4:07 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Bisa koook, kan nanti bisa pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Bisa minta yang anti aging biar makin belia…

      May 29, 2019 at 6:57 pm

    Leave a Reply