Follow:
FAMILY, RESEP MASAKAN, REVIEW

Oven Cosmos CO-9926 RCG untuk memasak menu sahur praktis Penne Ziti Bolognese

Salah satu masalah utama saat sahur adalah memastikan anggota keluarga makan sahur dengan cukup. Apalagi mas Deniz kadang suka susah dibangunin dan kadang nggak mood makan. Jadi aku harus berpikir keras untuk mencari masakan untuk sahur selain nasi biar nggak bosan.

Resep sahur praktis dengan oven listrik

Ketika aku iseng cari di Pinterest dengan kata kunci “easy simple recipe”, Penne Ziti Bolognese ini adalah salah satu resep yang banyak muncul di hasil pencarian dengan berbagai variasi. Ternyata resepnya memang benar mudah lho. Kalau dilihat, sebetulnya menu ini mirip seperti spaghetti bolognese. Bedanya hanya pada jenis pasta yang digunakan.

Cara masak pasta Penne Ziti Bolognese ini sama seperti macaroni schotel, yaitu bisa dengan cara dikukus atau dipanggang. Berhubung aku memang tidak punya oven, selama ini aku membuat macaroni schotel dengan cara dikukus. Sebetulnya aku punya oven toaster sih. Tetapi oven toaster ini hanya bisa untuk membuat roti panggang dan menghangatkan makanan saja karena tidak ada pengaturan suhu dan penyebaran panas. So, aku hanya bisa manyun saja karena tidak bisa mencoba berbagai resep yang menggunakan oven seperti bolu panggang, brownies panggang, sampai beraneka kue lebaran.

Tapi yang namanya rezeki itu rahasia Allah yaa. Bertepatan dengan hari lahir aku di bulan Mei ini dan juga bulan Ramadan, aku mendapat kejutan hadiah oven listrik Cosmos CO-9926 RCG! Alhamdulillah, rasanya pingin jingkrak-jingkrak gitu karena sekarang aku bisa eksekusi Baked Penne Ziti Bolognese untuk sahur.

Resep Penne Ziti Bolognese Panggang menggunakan oven listrik Cosmos

Ada banyak sekali resep Penne Ziti Bolognese yang seliweran di hasil pencarian Pinterest dan juga di Cookpad. Ada yang pakai saus bechamel (saus putih), ada yang pakai saus Italia (Italian sauce), dan masih banyak lagi. Mungkin karena kebanyakan resepnya dari luar negeri ya. Mau tidak mau resepnya aku modifikasi sesuai dengan bahan-bahan yang ada biar praktis dan mudah.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Pasta penne Ziti 250g (aku beli satu bungkus ukuran 500g jadi cuma dipakai setengah aja)
  • Saus Bolognese
  • Jamur kancing segar (opsional)
  • Bawang bombay 1 bh
  • Bawang putih 1 siung
  • Merica, garam, dan gula
  • Minyak untuk menumis
  • Telur 2 bh
  • Susu UHT 250ml
  • Kaldu sapi
  • Keju cheddar
  • Keju quick melt (opsional)
  • Daun oregano (opsional)

Bahan membuat penne ziti bolognese panggang Bahan untuk campuran pasta penne ziti bolognese

Cara memasak

  1. Masukkan pasta ke dalam air mendidih. Tambahkan garam 1 sdt dan minyak goreng 1 sdm, tunggu hingga pasta al dente (empuk).
  2. Cincang bawang putih dan bawang bombay. Tumis dengan menggunakan sedikit minyak hingga layu dan harum.
  3. Masukkan jamur kancing yang sudah diiris. Tumis hingga masak.
  4. Masukkan saus bolognese dan masak hingga sedikit kental. Koreksi rasa dengan menambahkan merica, garam, dan gula. Tambahkan sejumput daun oregano.Cara masak penne ziti bolognese panggang
  5. Parut keju cheddar (untuk satu loyang ini aku menggunakan setengah bungkus keju).
  6. Campur saus bolognese, parutan keju cheddar, dan pasta penne yang sudah matang. Aduk hingga rata. Masukkan ke dalam pinggan yang sudah diolesi margarin. Sisihkan.Pasta Penne Ziti Bolognese dimasukkan ke dalam pinggan kaca tahan panas
  7. Kocok telur, susu, dan sejumput kaldu sapi. Tuangkan ke dalam pinggan hingga penuh. Tambahkan parutan keju quick melt diatasnya.susu telur dan penyedap rasa yang sudah diaduk rata Kocokan telur dimasukkan ke dalam pinggan hingga penuh Penne Ziti Bolognese dengan parutan keju siap untuk dipanggang
  8. Panggang selama 30 menit dengan suhu 250℃ menggunakan api bawah. Apabila keju belum meleleh, tambahkan 5 menit menggunakan api atas. Baked Penne Ziti Bolognese siap untuk dihidangkan.Oven Cosmos CO-9926 RCG untuk memanggang Penne Ziti Bolognese dipanggang menggunakan oven Cosmos

Penne Ziti Bolognese Panggang, langsung jadi favorit keluarga!

Ketika memanggang Penne Ziti Bolognese ini, duh aromanya itu kemana-mana dan bikin ngiler! Anak-anak pun super excited karena selama proses memanggang, mereka sambil ngintip dari pintu oven (padahal udah disuruh jauh-jauh karena takut kena panas).

Hasilnya pun tidak mengecewakan. Penne Ziti Bolognese Panggang langsung ludes disantap buat buka puasa karena anak-anak sudah tidak sabar ingin makan. Senang rasanya kalau masakan yang kita buat jadi favorit satu keluarga. Bertambah lagi deh satu menu yang bisa jadi andalan kalau lagi pada bosan makan nasi.

menu sahur praktis dengan oven cosmos penne ziti bolognese dengan jamur kancing

Oven Cosmos CO-9926 RCG, oven terbaik dengan banyak keunggulan

Rasanya aku tidak akan lupa ketika pak suami mengabarkan kalau oven sudah mendarat di rumah. Rasanya pingin cepat-cepat pulang dan eksekusi semua resep yang sudah aku kumpulkan. Ternyata oven listrik ini ukurannya besar juga lho, yaitu 26 liter. Cocok untuk membuat kue lebaran nih.

Oven cosmos memiliki banyak keunggulanOven cosmos dengan kapasitas 26 liter

Selain ukurannya yang besar, oven listrik ini juga punya keunggulan lainnya yaitu:

  • Dilengkapi dengan BBQ Rotisseries Pick untuk memanggang berputar otomatis.
  • Fish Grill untuk memanggang ikan dan ayam utuh dan bisa berputar otomatis.
  • Oven tetap bersih dengan crumb tray (alas remah)
  • Mode stay on agar oven tetap menyala tanpa pengaturan waktu.

Pakai oven listrik bikin tagihan listrik membengkak nggak ya? Oven Cosmos CO-9926 RCG ini merupakan oven listrik low watt. Daya listrik yang dipakai hanya 400W + 400W (menggunakan api atas dan bawah).

Sebagai merk yang sudah terkenal di Indonesia, tentu saja oven Cosmos ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Elemen pemanggang oven terbuat dari stainless steel sehingga kuat, awet, dan anti karat Bahan body oven-nya pun kokoh dan mudah dibersihkan. Oven listrik Cosmos ini juga memiliki dua rak, rak kue dan rak besi yang bisa dipakai sesuai jenis masakan yang dibuat.

Oven Cosmos CO-9926 RCG dilengkapi dengan pengatur suhu dan waktu

Dengan adanya 6 pilihan elemen pemanas yang dilengkapi dengan pengaturan suhu dan waktu, oven Cosmos CO-9926 RCG menjadi sahabat dalam memasak berbagai hidangan. Tidak salah memang kalau oven Cosmos ini menjadi oven terbaik.

Oven Cosmos VRL Series untuk bisnis rumahan

Saat ini Cosmos juga memiliki oven seri terbaru yaitu VRL Series yang memiliki kapasitas lebih besar: 35 liter, 45 liter, dan 66 liter sehingga cocok untuk nih untuk teman-teman yang punya bisnis rumahan (home industry) seperti bisnis kue dan makanan.

Oven Cosmos VRL big capacity

Oven seri terbaru dari Cosmos ini juga memiliki fitur tambahan yaitu:

  • Adanya sistem Convection sehingga panasnya merata. Ini akan membuat masakan lebih cepat matang sempurna.
  • Dilengkapi dengan lampu (interior light) di dalam sehingga kita bisa melihat hasil panggangan dengan mudah.
  • Daya 600W + 600W (api atas dan bawah)

Nah sekarang tinggal pilih aja nih mana oven yang paling pas sesuai kebutuhan. Apapun modelnya, insyaAllah oven Cosmos ini bisa bikin kegiatan memasak di dapur semakin menyenangkan.

Mudahnya mendapatkan produk Cosmos

Tidak usah bingung kalau mau mencari produk Cosmos. Teman-teman bisa langsung mampir ke toko elektronik dan supermarket terdekat. Oya produk Cosmos juga sudah bisa didapatkan secara online di beberapa marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan official store Cosmos di Shopee.

Masih galau mencari produk Cosmos yang paling sesuai kebutuhan? Teman-teman bisa mengunjungi website Cosmos www.cosmos.id untuk mendapatkan informasi lengkap produk seperti Cosmos Blenz dan Cosmos Harmond sekaligus informasi resep dan tips memasak yang pastinya berfaedah.

Gimana nih, tertarik untuk recreate Penne Ziti Bolognese panggang menggunakan oven Cosmos? Oya, hidangan ini tidak hanya cocok untuk menu sahur praktis lho tetapi juga bisa dijadikan masakan buat buka puasa yang nikmat. Bahkan bisa juga nih untuk nanti hantaran ketika halal bihalal bersama keluarga besar. Selamat mencoba!

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

33 Comments

  • Reply Mellisa

    Ngeliatnya dari postingan ini aja udah enak bgt, apalagi cobain langsung ya😍 canggih bgt ini oven nya, muat banyak juga ya, cocok buat bikin masakan buat keluarga.

    May 31, 2019 at 1:42 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Hehehe, makasih kakak. Iya kapasitasnya besar jadi bisa untuk bikin berbagai hidangan keluarga

      June 1, 2019 at 4:33 am
  • Reply Utie adnu

    Jadi kepingin punya ovennya, kapasitas nya besar juga ya,,hemat listrik lagi mau beli ah,, thank juga resep anakku suka bngt ini

    May 31, 2019 at 4:13 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Yeaay toss dulu deh sama-sama suka menu pasta ini…

      June 1, 2019 at 4:07 am
  • Reply winda - dajourneys.com

    paling senang itu kalau capek masak trus masakan ludes di santap ya Tya? aku jadi pengen beli oven listrik ini, kayaknya serba guna ya 🙂 bisa buat bikin kue juga

    May 31, 2019 at 5:01 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya, apalagi anakku yang pertama itu picky eater jadi mesti pinter cari masakan yang dia doyan. Iya bisa juga untuk bikin kue kering kak. Cuma akunya belum coba sih untuk kuker. rencana mau bikin lidah kucing niiih. doakan sukses yaa.

      June 1, 2019 at 4:06 am
  • Reply Vicky Laurentina

    Seneng nih kalau bisa masak pasta panggang di rumah. Aku juga belum punya oven, jadi aku belum bisa bikin pasta ini. Mudah-mudahan suatu hari nanti aku bisa beli oven supaya bisa masak lasagna atau couscous.

    May 31, 2019 at 5:21 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Nah kalau lasagna ini ibuku dulu pernah bikin. cuma karena udah mumet sama si saus putihnya aku cari yang simple2 aja kak. Wah iya ya bisa masak couscous juga yaaa. Udah lama banget nih nggak makan couscous. Kak Vicky punya resep couscous yang tokcer nggak? Bagi doong.

      June 1, 2019 at 4:04 am
  • Reply Rach Alida Bahaweres

    Mbaaa, aku ngiler ama makananyaa. Aku nyontek resepnya ya mbaaa :). Ini kesukaan aku banget 🙂
    Bahan-bahannya juga mudah diperoleh

    June 1, 2019 at 5:48 am
  • Reply Tori Chu

    mau jg nih recreate Penne Ziti Bolognese nya, mumpung uda libur drpd gabut di rumah XD
    ak jg g bisa bikin kue2 kering, mnding masak ginian ya XD

    June 1, 2019 at 10:06 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Hahaha sama aku juga paling nggak bisa bikin kue kering gitu. pasti gagal melulu. Makanya mendingan bikin yang model2 one dish meal gini aja deh aku. Ketahuan pasti kemakan satu keluarga hehe.

      June 2, 2019 at 5:49 pm
  • Reply Lia Lathifa

    Ihhh oven Cosmosnya cakeeep, ada panggangan muternya lagi ya, kebayang bikin ikan panggang, pasti mateng sempurna. Bolognaise buatan mbak Tya pun sepertinya lezat banget tuh

    June 1, 2019 at 2:57 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Naah ini yang aku belum cobain mbak. Ada rencana mau eksekusi bikin ikan panggang cuma tukang sayur udah keburu pulkam. Hihiih.

      June 2, 2019 at 5:48 pm
  • Reply lendyagasshi

    Penne Ziti Bolognese ini persis macaroni schotel yaa, kak Tya…
    Hanya jenis pasta nya yang berbeda.
    Cakep beneerr siih hasilnya…
    Jadi kebayang kalau manggang pakai Cosmos CO 9926 CRG niih…

    June 2, 2019 at 1:44 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya betul mbak, cuma beda jenis pasta aja biar ada variasi.

      June 2, 2019 at 5:47 pm
      • Reply Andiyani Achmad

        Wah… Resepnya visa aku copas & praktiikin di rumah mertua nih.

        June 3, 2019 at 1:14 am
  • Reply Desri Desri

    aku suka banget menu ini kak, apalagi kalo tambah cabe kering gitu jadi pwedes nya nampol hehehe,.. cuma ya gitu kak akubelum punya oven macam cosmos ini, jadi kalo bikin masih pinjem punya kakak ku.

    June 2, 2019 at 2:34 am
  • Reply Novi

    Enak juga yaa masak dengan oven listrik gini, jadi praktis banget dan cepat prosesnya. Jadi pengen punya juga aku hehehe

    June 2, 2019 at 2:35 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Buat yang baru mau belajar baking kayanya oven ini cocok deh karena multifungsi juga. Yuk masak!

      June 2, 2019 at 5:33 pm
  • Reply Indah Nuria

    I can imagine how practical it is.. pasti enak yaa masaknya dan cepet!

    June 2, 2019 at 3:04 am
  • Reply Uniek Kaswarganti

    Wah, jadi pasta bolognese-nya bisa dilanjutkan tahapan masaknya dengan dipanggang juga ya. Selama ini taunya ya masak pastanya dan dicampur dengan saus bolognesenya aja. Ternyata enak banget ya kalau dipanggang juga. Pake oven Cosmos jadi praktis ya memasaknya. Tinggal tunggu matang dan hidangan lezat siap untuk disantap.

    June 2, 2019 at 3:17 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya sebetulnya tanpa dipanggang pun sudah bisa dikonsumsi kok. Cuma memang aku kepingin bikin one dish meal gitu yang praktis. Apalagi buat sahur dan buka puasa tinggal masukin ke oven, panggang sebentar, siap dimakan deh.

      June 2, 2019 at 5:32 pm
  • Reply flo fairy

    seru banget bisa masak, aku ingin juga. Tapi apa daya gak sabaran >.<

    June 2, 2019 at 3:18 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      Hahahaha, kepinginnya langsung makan ya kak. Sama dooong..

      June 2, 2019 at 5:31 pm
  • Reply Indah Nuria

    Happy to have one at home juga mba, although I prefer to have bigger on hehe. Listrik wise oke juga ya mba?

    June 2, 2019 at 4:21 pm
    • Reply Atisatya Arifin

      listrik wise ini termasuk oke mbak, watt-nya tidak terlalu besar jadi nggak akan bikin tagihan listrik membengkak

      June 2, 2019 at 5:27 pm
  • Reply Cilya

    Wah boleh nih dicoba oven nya. Aku suka masak kue mba utkanak anak. Makanya Oven tuh berguna deh dirumah aku. Apalagi tadi aku baca Oven Cosmos hemat listrik

    June 2, 2019 at 7:46 pm
  • Reply Faradila Putri

    Aduh mbak ini enak bangeeet! Pas banget juga ya buat lebaran juga okee. Semoga aku bisa segera beli oven cosmos juga biar bisa bikin ini 😀

    June 3, 2019 at 12:08 am
  • Reply Suzannita

    Aku pun di rumah menggunakan oven Cosmos Ini Mbak dan awet sekali, sudah lama sekali Aku membelinya

    June 3, 2019 at 2:15 am
  • Reply Putri Istiana

    ihhh samaan aku juga pake oven cosmos. Yeay jadi semangat buat ngikutin resepnya nihh

    June 6, 2019 at 2:39 am
  • Reply Mugniar

    Langsung ngiler sama Penne Ziti Bolognese-nyaa.

    Juga sama oven Cosmos-nyaaa …. Keren banget ih. Jadi kebayang saya bisa manggang ikan macam² deh krn ukurannya cukup besar.

    Pengennya ada yg ngasih hadiah oven 😍

    June 22, 2019 at 10:02 pm
  • Reply Dewa Ayu Inda

    pas awal awal baca wah bisa nih aku contek resepnya, dah save gambar scrol scrol, lah pake oven langung meringis, hahha, punya oven adalah salah satu wishlist dapur saya :*

    June 25, 2019 at 2:21 am
  • Reply Erdjon

    Penne Ziti Bolognese nya enak sekali! Apalagi saya ngefan dengan makanan keju. Praktis juga ya oven listrik itu… Thanks sharingnya!

    June 26, 2019 at 7:07 am
  • Leave a Reply