Follow:
DIY, REVIEW, SKIN CARE

Bioaqua Compressed Face Mask Review DIY Sheet Mask

Bioaqua compressed face mask review

Penggunaan sheet mask yang bagus setiap hari sepertinya memang sedang happening di kalangan beauty enthusiast. Katanya sih ini salah satu rutinitas kecantikan di Korea Selatan, makanya kulit wajah mereka pada glowing. Apalagi kalau kalian menggunakan sheet mask yang bagus dan berkualitas. Tapi kalian tahu nggak kalau pakai sheet mask setiap hari bisa bikin kondisi dompet kritis, terutama sobat missqueen seperti aku ini karena harga satu masker tisu memang lumayan. Hehehe. But don’t worry, kita bisa berhemat dengan menggunakan Bioaqua Compressed Face Mask untuk DIY sheet mask.

DIY sheet mask, apa bedanya dengan sheet mask biasa?

DIY sheet mask adalah masker tisu yang dikompresi sehingga bentuknya menyerupai tablet atau koin. Masker tisu ini sering juga disebut masker kosong karena memang tidak mengandung essence apapun. Untuk menggunakan compressed face mask ini, kita bisa menggunakan toner, lotion, serum, atau racikan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Seru ya. Oya, kalau kalian googling, masker kosong ini punya banyak nama: compressed sheet mask, compressed face mask, compressed mask, DIY face mask, Pure mask, Candy mask, dan masih banyak lagi.

Aku sendiri sudah kenal compressed face mask sejak beberapa tahun lalu dan terakhir beli itu pas nitip sama adik yang sedang tugas di Shanghai (tahun 2016 kayanya). Waktu itu compressed face mask belum se-booming sekarang jadi cukup sulit mendapatkannya. Kalaupun ada yang jual biasanya mahal. Aku juga pernah lihat The Face Shop punya DIY sheet mask kosong tapi yang bentuknya lembaran (seperti sheet mask tapi kering dan satu kemasan itu ada 10-20 lembar). Thank God sekarang sudah banyak yang jual dengan harga yang terjangkau. Salah satunya yang aku review di postingan ini yaitu Bioaqua Compressed Face Mask.

Kenalan dengan Bioaqua, produk skincare dan makeup murah dari China

Sebelum bahas lebih lanjut mengenai produknya, aku mau bahas sedikit tentang perusahaannya Bioaqua nih. Kalau kalian lihat di online shop dan market place , banyak sekali produk Bioaqua yang ditawarkan. Mulai dari produk kosmetik seperti lipstik, bedak, dan cushion, sampai produk skincare seperti pelembab, krim malam, dan masker.

bioaqua logo

Sejak kemunculannya Bioaqua memang bikin penasaran karena masa iya bisa semurah itu ya produknya? Aku sempat baca thread-nya @imtrashbae di Twitter yang bahas secara detail tentang kejanggalan Bioaqua ini, salah satunya tentang kemasan produk (Update: akun ini pas aku cari sudah nggak ada, kalau kalian mau baca threadnya bisa coba ke Chirpstory).

bioaqua website

produk skincare bioaqua

produk kosmetik Bioaqua

Coba perhatikan deh, hampir semua kemasan produk Bioaqua itu jiplak kemasan produk merek ternama. Sebut saja Nature Republic (untuk produk aloe vera series), Holika Holika (untuk produk nose pack), NYX, Clinique, sampai merek high end macam Estee Lauder pun dijiplak. Ini baru sebagian aja lho ya karena seriusan produk Bioaqua banyak banget variannya. Silahkan kunjungi langsung website resmi Bioaqua di https://thebioaqua.com

Bioaqua Compressed Face Mask

Bioaqua Compressed Face Mask ini aku beli via Shopee dengan harga IDR35.000 (isi 50 pcs) dan dikirim langsung dari China. Sumpah ini murah luar biasa karena satuannya jadi cuma seribu aja. Kalian bisa lihat di kemasannya semua informasi tertulis dalam huruf kanji (kalau ada yang bisa menerjemahkan please banget kasih tahu ya). Oya, ada ilustrasi di bagian belakang yang menunjukkan cara penggunaan DIY masker tisu ini. Selain itu tercantum juga tanggal produksi dan kadaluarsa. Di bagian atas kemasannya ada zipper lock untuk memastikan isinya nggak tumpah.

kemasan bioaqua compressed facemask

Sayangnya tidak ada informasi lebih lanjut apa bahan utama pembuat masker tisu DIY ini. Apakah 100% menggunakan cotton? Is it made of organic cotton? Jadi masih abu-abu nih. Buat teman-teman yang punya jenis kulit super sensitif mungkin perlu berhati-hati.

Untuk compressed face mask-nya sendiri dibungkus plastik satuan dan persis banget kaya permen. Jadi kalau mau dipakai, bungkusnya disobek dulu. Karena bentuknya yang mungil dan dikemas satuan, DIY sheet mask dari Bioaqua ini praktis banget untuk diajak travelling. Terakhir kali aku staycation sama keluarga, produk ini jadi salah satu travel skincare essential aku.

bentuk tablet mask Bioaqua

via GIPHY

Cara pakai sheet mask DIY Bioaqua

Setelah bungkusnya dibuka, kalian bisa menambahkan cairan apapun (toner, face lotion, serum, essence, dll) ke compressed face mask ini. Biasanya aku menggunakan wadah mangkuk masker untuk menaruh tablet compressed face mask terus aku tuang deh toner yang mau dipakai. Oya, setahu aku ada juga compressed face mask yang dikemas satuan lengkap dengan wadah (kalau nggak salah Miniso punya compressed mask yang seperti ini). Jadi kalian tidak perlu repot cari wadah untuk merendam si masker.

compressed face mask yang sudah diberi essence

via GIPHY

Setelah direndam, Bioaqua Compressed Face Mask ini akan mengembang dan siap digunakan. Aku pribadi tidak pakai takaran (berapa tetes) ketika merendam. Pokoknya asal sudah mengembang dan basah becek aja. Hihihi. Ketika dibuka, baru deh kelihatan bentuk sheet mask-nya. Dan ternyata sheet mask ini juga ada penutup matanya (untuk bagian kelopak mata). Tekstur sheet mask-nya menurut aku cukup berserat tetapi tidak kasar. Masih aman lah untuk dipakai di wajah.

ukuran sheet mask DIY Bioaqua

Performa sheet mask DIY Bioaqua

Nah, bagaimana performanya ketika digunakan di wajah? Bioaqua Compressed Face Mask ini ternyata ukurannya kecil. Entah memang ukurannya kecil atau wajahku yang terlalu lebar? Aku cukup kesulitan ketika menggunakannya karena mikir keras gimana caranya agar seluruh wajah bisa ketutup sama sheet mask ini. Sayangnya, meski sudah ditarik sana sini ya memang tidak bisa ketutup sempurna, terutama di area hidung dan mulut. Karena ukurannya yang kecil ini, bagian kelopak mata pun tidak tertutup sempurna. Jadi ya nggak ngefek deh bagian penutup matanya. But it’s not a big deal for me. 

cara pakai bioaqua compressed face mask

Aku sempat baca review di Female Daily ada yang bilang baunya nyengat. Aku sendiri merasa baunya masih wajar sih (apa mungkin hidung aku yang kurang sensitif?). Intinya sih selama aku pakai tidak ada keluhan apapun terkait bau masker tisu Bioaqua ini. Selain itu, baunya kan juga tergantung dari essence/toner yang digunakan.

Masker wajah DIY untuk mengatasi iritasi wajah

Ketika kulit aku mengalami iritasi 2 minggu yang lalu, Bioaqua Compressed Face Mask ini jadi salah satu penyelamat kulit aku. Selama iritasi, aku menggunakan compressed mask yang yang direndam dengan Hatomugi Skin Conditioner setiap hari untuk menenangkan kulit (soothing). Aku pakainya pas skincare night routine sebelum menggunakan serum dan sleeping mask. Setelah 1 minggu pemakaian setiap malam, kulit aku membaik, iritasi dan kemerahannya berkurang drastis.

Solusi maskeran hemat setiap hari dengan DIY masker tisu

Nah kebayang dong kalau aku mau pakai sheet mask tiap malam? Harga sheet mask yang bisa didapatkan di drugstore dan supermarket rata-rata antara IDR15-20.000. Kalau kalian membeli secara online, harga yang didapatkan bisa lebih murah lagi (tapi nggak sampai dibawah 10 ribu juga sih). Yuk kita hitung-hitungan berapa besar biaya yang harus kalian keluarkan apabila ingin menggunakan sheet mask setiap hari. Satu sheet mask IDR15.000 x 30 hari berarti IDR450.000! Ini baru pengeluaran untuk sheet mask saja lho, belum produk skincare lainnya.

hemat pangkal kaya

Kalau teman-teman mengganti sheet mask dengan compressed face mask atau DIY sheet mask yang harga satuannya sekitar 700 perak sampai seribu, jelas lebih hemat. Dana untuk membeli sheet mask bisa dialokasikan untuk membeli serum atau essence yang sesuai dengan kebutuhan kulit kalian. Kalian juga bisa bereksperimen dengan berbagai resep DIY untuk membuat custom sheet mask. Beberapa DIY masker tisu yang pernah aku coba adalah menggunakan campuran madu dan susu, campuran teh hijau dan essential oil, dan beberapa resep lainnya. So, what’s my final verdict?

Pendapat aku tentang Bioaqua Compressed Face Mask

Aku suka Bioaqua Compressed Face Mask karena:

  • Murahnya kebangetan, satu sheet mask tidak lebih dari 1000 rupiah. 
  • Dikemas satuan sehingga mudah kalau mau dibawa travelling. 
  • Kualitas sheet mask baik dan halus.
  • Bisa bikin sheet mask dengan racikan sendiri. 

Aku kurang suka Bioaqua Compressed Face Mask karena:

  • Ukurannya terlalu kecil untuk wajah aku. 
  • Pengiriman dari luar negeri, jadi mesti sabar.
  • Informasi tertulis dalam bahasa Cina, tidak ada terjemahan bahasa Inggris. 
  • Ingredient (bahan utama)

Overall Rating: 8/10 

 ***

Terlepas dari ukurannya yang terlalu kecil untuk wajah aku, Bioaqua Compressed Face Mask ini mantap betul untuk dipakai maskeran tiap hari karena harganya yang super murah. Ini yang paling penting sih buat aku. Sebetulnya di Shopee banyak seller lain yang jual compressed face mask dengan harga miring. Bahkan ada lho yang harganya IDR40.000 untuk 100pcs! Cuma waktu itu aku beli si Bioaqua Compressed Face Mask karena melihat reputasi seller-nya baik. Biarpun murah, tapi kalau barang nggak sampai tujuan kan nyesek juga ya.

bioaqua compressed face mask untuk maskeran tiap hari

Will I repurchase? Sepertinya iya karena aku cukup puas dengan performa dan kualitasnya. Aku cuma berharap Bioaqua menambahkan informasi produk dalam bahasa lain, at least ada bahasa Inggris-nya deh biar customer ada gambaran produknya tuh gimana. Saat ini, aku punya juga compressed mask dari Miniso yang rencananya akan aku review juga.

At last, bagaimana dengan teman-teman nih, apakah kalian pengguna compressed mask juga? Biasanya essence/toner/racikan apa yang kalian pakai dengan compressed face mask/DIY sheet mask seperti ini?  Share di kolom komentar yaa. See you on my next post!

 

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

26 Comments

  • Reply Dian Farida Ismyama

    Aku sedang bertanya-tanya bolehkah sheet mask dipakai tiap hari? Selama ini aku pakai 2 hari sekali dan emang enak banget sih. Tapi jadi bokek. Hehe. Udah pernah pakai diy sheet mask punya adekku tapi entah merek apa. Biasa aku rendem air lemon, bekas teh, kopi, dll yang alami. Penasaran dengan merek ini 35 ribu isi 50 murah bangets

    July 22, 2019 at 3:15 pm
    • Reply FIRSTY UKHTI MOLYNDI

      Bioaqua itu ternyata madein china ya baru tahu aku. By the way, itu sheetmasknya tipis atau tebel beb? Aku suka pake yg masker daiso yg tebel tisunya.

      July 23, 2019 at 12:42 pm
      • Reply Atisatya Arifin

        Rada tipis sih say. Aku belum pernah coba masker Daiso jadi nggak bisa bandingin. Aku kok gak dapet-dapet ya masker Daiso itu? padahal penasaran juga pingin nyobain.

        August 8, 2019 at 10:14 am
    • Reply Ratna Kirana

      Sheet mask ini memang praktis ya, apalagi khasiatnya makin lama beragam gitu, sampe bingung pilih yg mana hehe

      July 24, 2019 at 6:56 pm
  • Reply Ipeh Alena

    Mau dong mba Tya, info belinya di shopee. Bisikin di grup dong mau mau mau seriusan aku mupeng

    July 23, 2019 at 12:27 am
  • Reply Elva Susanti

    Kalau saya sih gak pakai tiap hari mbak, seminggu sekali sih biasanya. Tapi, ini saya baca atau dengar dari mana gitu, kl pakai masker setiap hari katanya kurang bagus buat wajah. Jadi mana yg bener ya?

    July 23, 2019 at 1:36 am
  • Reply Nurul Sufitri

    Wih, Bioaqua compressed face mask ini murah bener yak 50 lembar cuma 35K? Anakku Rafa nih yang mulai main masker2 ginian kan kalo merk tetangga sebelah yang Korea ijo2 kan 18K harganya per lembar 🙂 Dia suka beli pakai uang sendiri iseng2. Setelah tau gini ntar aku kasih tau anakku deh. Beli online ya. Cara pakainya lucu banget. Mengembang gitu ya lama2 mekar hihihihi. Muka Rafa kan mungil jd muat deh 1 lembar thanks mb Tya infonya bermanfaat nih.

    July 23, 2019 at 3:27 am
  • Reply Rach Alida

    Mbaa, serius awalnya emang aku kira permen log. Hhahaha. Dan teryata face mask. Harganya juga murah ya. Tapi emang bio aqua ini produknya murce mba. Pensil alis ya dijual murah under 20 ribu.

    July 23, 2019 at 6:11 am
  • Reply April Hamsa

    Td aku kira berbentuk sabun digosok2 gtu ternyata eh ternyata masker yang ditempel gtu ya 😀
    Menarik banget dan travel friendly ya kemasannya 😀
    Jd pengen nyobin jug nih mbak Tya aku maskernya

    July 23, 2019 at 2:27 pm
  • Reply Eni Martini

    Produk dari China ya, bagus nih mba. Aku lagi pengen deh rajin merawat wajah karena punya baby tuh banyak hal bikin mager huhuhu

    July 23, 2019 at 3:05 pm
  • Reply Nurul Dwi Larasati

    Aku pikir ini permen, nggak tabung masker. Unik juga sih, tisunya kosong gitu dan bisa diisiin berbagai skincare. Baru cuma bisa beli di Shopee ya madam?

    July 23, 2019 at 4:11 pm
  • Reply Luella Artistry

    Packaging nya super gemesh.. udh kaya permen beneran hahaha.. terus ini murah banget. Biasa nya aku beli ga pernah bisa dpt under 50k untuk isi sebanyak itu.

    July 23, 2019 at 6:30 pm
  • Reply winda - dajourneys.com

    aku juga ssempat pakai DIY face mask beginian Tya, tapi selalu kekecilan di wajahku 🙁 makanya aku siasati biar ga boros, aku selang seling sama masker lainnya hehehee kalau ada essence yang sisa baru aku pakai DIY face mask ini 🙂

    July 24, 2019 at 12:57 am
  • Reply Tori

    Lebih hemat ya klo bikin masek diy gini. Kita jg bisa ngracik essence/ serumnya sndiri. Klo dr bioaqua ini ak blum coba hehe.

    July 24, 2019 at 6:34 am
  • Reply Andiyani

    Baru tau aku kalo compressed face mask ini, bisa menggunakan toner, lotion, serum, atau racikan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing ya

    July 24, 2019 at 3:39 pm
  • Reply vebby

    Produknya bioaqua ini banyak banget ya kak tya , salah satunya si DIY sheetmask ini yang bikin aku penasaran gara-gara liat postingan temen beberapa waktu lalu dan skg baca reviewnya jd tertarik buat cobain juga deh ini hemat juga gitu maskeran DIY hihi

    July 24, 2019 at 6:12 pm
  • Reply lendyagasshi

    Eh, kak Tya…kayanya iyadeh…aku pernah dapet ginian pas gabung di sebuah produk kosmetik dan skinker asal Amerika.
    Tapi aku gak paham kalau bisa ngembang dan jadi sheet-mask.
    Jadi aku buang.
    Hiiks~

    Dan lagi, kemasannya gak higienis kaya Bioaqua ini.
    Rasanya seru yaa…bisa gonta-ganti essence yang di butuhkan setiap hari.
    Eiii~
    Gaya eeunk…setiap hari.

    July 24, 2019 at 7:02 pm
  • Reply Indah Juli

    ku baru tahu ada DIY Compressed face mask ini, pakai mask sheet yang biasa saja aku jarang. Kadang seminggu sekali kalau rajin.
    Baca postingan ini jadi penasaran, pengen belilah di Miniso.

    July 24, 2019 at 9:09 pm
  • Reply Cilya

    Lucu ya bentuk nya kaya candy gitu. Ini super praktis banget mba. Bisa dibawa-bawa kemana-mana. Unik juga cara pemakaian nya ya. Dari small bisa mengembang..aku musti coba ini

    July 24, 2019 at 11:18 pm
  • Reply Nia K. Haryanto

    Wah iya, murah ya. Dan kecil banget kemasannya kayak permen. Jadi penasaran deh. Harus beli dari sana ya? Gak ada yang ready stok gitu?

    July 25, 2019 at 2:14 am
  • Reply Ima satrianto

    Waaaa unik bangeett iniiii, kirain permen tadinya. Ya ampunnn untung baca blog ini, jadi kalau nanti liat di toko kosmetik ga banyak tanya, hahahaha. Pengin cobainnnn ini….

    July 25, 2019 at 2:21 am
  • Reply Naqiyyah Syam

    Pakai maskeran begini seru ya Mbk cantik jadinya. kemasannya unik deh. Aku pengen mencoba deh, jarang pakai maskeran nih.

    July 25, 2019 at 2:33 am
  • Reply Aulia Rizky W

    aku juga kalo lagi mager buka bungkus sheet mask, ikin DIY dari toner, tapi aku boros make cairannya karena aku sukanya yang becek super absah gitu wkwk

    July 25, 2019 at 2:33 am
  • Reply April Hamsa

    Murahnya emang kebangtean gak sampai 1000an haha, Kok bisa ya apa produsennya gak rugi? #dibahas haha
    Padahal kualitas mask sheetnya lumayan bagus ya mbak>? Aku jd pengen nyobain juga niih

    July 25, 2019 at 2:34 am
  • Reply Grandys

    Seriusan ini seru bangeeeeet tau kak Tya. Kemasannya kayak permen tp masker sheet mask gitu, ah so unique!

    July 25, 2019 at 3:11 am
  • Reply Uniek Kaswarganti

    Mba, aku malah baru tau compressed mask ini dari postinganmu. Murce juga ya harganya Bioaqua ini. Pengin juga nyobain nih biar muka bisa glowing juga ala ala orang Korea.
    Ada saran nggak mba untuk yang perawatan anti aging sebaiknya diberi serum atau essence apa?

    July 26, 2019 at 11:48 pm
  • Leave a Reply