Follow:
TRAVEL

7 Wisata Pantai di Madura

wisata pantai madura pantai e kasoghi

Ketika menyebut nama Madura, apakah terbayang tempat-tempat yang eksotis?Atau justru sebaliknya hanya muncul kesan gersang dan ladang garam saja? Madura ternyata punya banyak pantai keren yang menarik untuk dikunjugi. Simak yuk 7 wisata pantai Madura berikut ini..

Pantai Lombang

Pantai ini terletak di bagian utara kabupaten Sumenep. Sebuah pantai berpasir putih yang landai dan luas. Ciri khas lainnya dari pantai Lombang ini adalah tanaman cemara udang yang rimbun di sepanjang garis pantai.

Pengunjung diperbolehkan berenang di area pantai karena ombaknya relative aman. Kecuali pada musim-musim tertentu saja pengunjung harus lebih berhati-hati karena ombak yang relative tinggi. Selain itu pengunjung juga bisa menyusuri pantai dengan berkuda.

Kuliner yang bisa dinikmati di Pantai Lombang ini antara lain rujak dan es kelapa muda yang segar.

Pantai Badur

Pantai ini juga terletak di bagian utara kabupaten Sumenep. Karakternya mirip dengan pantai Lombang, landai dan luas serta banyak dijumpai pohon cemara udah di sepanjang garis pantai. Yang khas dari pantai ini adalah mengalirnya 2 sungai berair tawar yang sangat jernih. 

Pantai Badur hanya berjarak sekitar 50 meter dari jalan utama. Jadi akssnya sangat mudah bagi pengunjung baik dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2. Bahkan ketika suasana pantai sedang sepi, pengunjung bisa menysusuri pantai dengan mobil/sepeda motornya. Karena pasir di Pantai Badur ini basah dan padat.

Pantai Selopeng

wisata pantai selopeng madura

Pantai ini juga masih berada di kawasan utara kabupaten Sumenep. Kalau menyusuri jalur utara sumenep, kita bisa dengan mudah menekukan pantai ini karena memang berada di pinggir jalan. Ya..mirip dengan Pantai Pasir putih di Situbundo Jawa Timur.

Pantai ini tidak telalu luas dan jarang pengunjung yang berenang di pantai karena banyak terdapat karang. Pasir pantai yang berbentuk gumuk/gunungan di sepanjang garis pantai adalah salah satu cirri khas Pantai Selopeng ini.

Baca juga: Kepulauan Seribu, Destinasi Wisata Alam untuk Liburan Keluarga

Pantai Sembilan

Pantai Sembilan adalah salah satu pantai yang indah di wilayah kepulauan Sumenep, tepatnya di Gili Genting. Untuk bisa berkunjung ke pantai ini, kita harus menyebrang dari Pelabuhan Tanjung kecamatan Saronggi ke Pelabuhan desa Bringsang. Dari pelabuhan tersebut kita tinggal jalan kaki sekitar 100 meter saja sudah sampai di Pantai Sembilan.

Pantai Sembilan memiliki fasilitas yang lengkap termasuk penginapan. Pengunjung juga bisa bermain banana boat dan wahana air lainnya. Selain itu tersedia juga kuliner seafood seperti ikan bakar yang bisa dinikmati kapan saja.

Pantai E Kasoghi

pantai e kasoghi di madura

Pantai ini juga berada di kabupaten Sumenep , tak jauh dari pelabuhan Tanjung kecamatan Saronggi. Pantai yang dibuka untuk umum pada Mei 2020 ini juga dilengkapi wisata mangrove.  Pengunjung bisa jalan-jalan menyusuri pantai dan hutan bakau.

Pengunjung juga bisa menikmati kuliner sea food di Pantai e Kasoghi ini.

Pantai Jumiang

Pantai ini berada di wilayah selatan kabupaten Pamekasan. Berbeda dengan pantai di kabupaten Sumenep yang umumnya berpasir putih dan landai, Pantai Jumiang ini termasuk curam dan terdapat banyak karang. Tapi tidak pengunjung tidak perlu khawatir dengan keselamatan dan kenyamanan berwisata di pantai ini. Karena pengunjung bisa menyusuri pantai di jalur yang sudah disediakan.

Pengunjung juga bisa datang untuk menikmati sunrise dan sunset di Pantai Jumiang.

Pantai Camplong

wisata pantai madura pantai camplong

Pantai Camplong di kabupaten Sampang adalah salah satu favorit untuk dikunjungi karena aksesnya yang sangat mudah. Pantai ini terletak di jalur utama selatan Madura. Jadi bila naik kendaraan umum, bisa turun langsung di sekitar pintu masuk wisata pantai Camplong.  Jaraknya pun tak terlalu jauh dari Surabaya, bisa ditempuh dalam waktu 2 jam.

Area pantai sangat luas dan dilengkapi penginapan dengan kapasitas hingga ratusan orang. Karenanya pantai ini sering menjadi lokasi event-event besar dengan peserta dari berbagai daerah di pulau Jawa.

***

Itulah sekilas ulasan tentang 7 wisata pantai Madura. Semoga setelah pandemi ini berakhir kita bisa berkunjung ke pantai-pantai ini ya…. Untuk informasi wisata lainnya di wilayah Madura, kepoin aja blognya mbak Dian Ekawati Suryaman : https://dianesuryaman.com ya.

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply diane

    Tenkyu Tya.. kapan2 main ke Sumenep yaaa.. main di pantai-pantai Madura

    June 2, 2020 at 2:09 PM
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya mbak. Semoga nanti kalau coro udah pergi jauh dari Indonesia ku bisa mampir ke Madura lihat pantainya dan tentu aja nggak lupa mesti wisata kuliner yaaa.

      June 2, 2020 at 3:59 PM

    Leave a Reply