Aktivitas seru mengisi liburan sekolah anak di rumah

aktivitas seru mengisi liburan sekolah anak di rumah

Aktivitas seru mengisi liburan sekolah anak di rumah. Libur telah tiba! Liburan akhir tahun adalah masa yang paling aku nantikan karena ini adalah saat dimana aku bisa menghabiskan waktu bersama anak-anak tanpa harus dibayang-bayangi oleh kerjaan kantor. 

Mengisi liburan anak dengan aktivitas menyenangkan di rumah

Beberapa keluarga biasanya memanfaatkan momen liburan akhir tahun untuk jalan-jalan ke luar kota atau sekadar staycation di hotel. Tetapi tidak dengan keluarga kami. Bisa dibilang kami tidak punya tradisi khusus, ya hanya di rumah saja.

Meskipun di rumah saja, bukan berarti liburan jadi membosankan lho ya. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah. Mulai dari menggambar, membuat prakarya, bermain game, dan masih banyak lagi aktivitas seru lainnya. 

Biasanya di awal liburan, aku akan memberikan daftar aktivitas ke anak-anak lalu kami diskusikan mana yang mau dilakukan dan mana yang mau diganti. Mas Deniz dan Zinan juga suka kasih ide aktivitas yang mereka inginkan. 

Apapun aktivitas yang mereka pilih, aku selalu berusaha untuk memasukkan unsur edukasi. Tidak hanya sekadar aktivitas seru dan menyenangkan saja. Apalagi Zinan kan homeschooling. Bisa dibilang dia tidak mengenal kata libur, setiap hari adalah hari belajar sesuatu yang baru. 

Rekomendasi aktivitas seru mengisi liburan yang edukatif

Di awal minggu kemarin, kami memutuskan untuk melakukan beberapa aktivitas seru untuk mengisi liburan sekolah akhir tahun ini. Nah ini dia aktivitasnya!

1. Mewarnai dan membuat paper craft tema Minecraft

Menggambar dan mewarnai bisa dibilang adalah kegiatan sehari-hari anak-anak di rumah, termasuk aku. Saat anak-anak ingin mewarnai, mereka biasa meminjam komputerku untuk mencari gambar untuk diwarnai, lalu dicetak deh. 

Gambar yang diwarnai juga macam-macam, tergantung mood mereka. 

Kebetulan mas Deniz sekarang lagi senang sekali main game Minecraft. Meskipun main game edukasi itu punya manfaat baik, aku tetap membatasi screen time mas Deniz dan Zinan. 

Nah daripada main game terus, lebih baik mewarnai aja deh. Apalagi kalau yang diwarnai adalah karakter dari game Minecraft. 

Biar tambah seru, kami juga buat paper craft dengan tema Minecraft lho!

aktivitas seru mengisi liburan dengan mewarnai minecraft

2. Lego challenge dengan pendekatan STEM

Ngomongin lego, selama ini tuh mas Deniz dan Zinan mainnya kurang terstruktur. Maksudnya ya cuma sekadar bikin-bikin aja tanpa ada goal khusus. 

Nah waktu mas Deniz les coding untuk anak-anak, aku jadi tahu kalau sekarang tuh ada yang namanya pendekatan STEM/STEAM dan lego bisa dijadikan media belajar STEM ini.

Akhirnya coba deh googling cari aktivitas seru dengan lego yang bisa sekalian untuk belajar dan ketemu Building Block Challenge Card ini. 

building block challenge card bermain lego dengan pendekatan stem sebagai aktivitas mengisi liburan

Cara bermainnya mudah. Anak akan menyelesaikan tantangan yang tertulis pada setiap kartu. Siapa yang pertama berhasil menyelesaikan tantangan, dia berhak untuk mendapatkan kartunya. Pemenangnya adalah peserta yang paling banyak mengumpulkan kartu.

Berhubung rumah sedang renovasi dan banyak lego yang berceceran (dan hilang), mas Deniz dan Zinan tidak main dulu-duluan. Ya pokoknya sebisanya saja menyelesaikan tantangan. 

3. Scavenger Hunt

Mas Deniz dan Zinan adalah anak yang aktif dan nggak bisa anteng. Kalaupun anteng ya cuma sebentar aja. That’s why aku selalu sedia aktivitas scavenger hunt atau permainan mencari jejak.

Scavenger hunt punya banyak manfaat lho. Mulai dari melatih fisik karena harus terus bergerak untuk mencari benda-benda, merangsang kemampuan berpikir kritis, sampai membangun kerjasama tim.

Scavenger hunt bisa dimainkan di dalam rumah dan di luar rumah, tergantung benda apa yang mau dicari. 

scavenger hunt aktivitas seru untuk dimainkan di luar rumah dan di dalam rumah

Kalau sudah main scavenger hunt, mas Deniz dan Zinan bisa betah lho berlama-lama. Mereka juga saling bantu kalau misalnya ada benda yang belum ketemu.

Biasanya kalau mereka berhasil mendapatkan semua benda, aku akan kasih reward entah itu permen atau snack kesukaan mereka.

Liburan anti mati gaya dengan Twinkl

Banyak kan aktivitas yang bisa dilakukan di rumah selama liburan. Etapi, mempersiapkan worksheet-nya susah nggak sih? Nggak dong! Nggak usah pusing mempersiapkan aktivitas dan worksheet-nya karena semuanya bisa ayah bunda dapatkan di situs Twinkl. Dijamin ayah bunda nggak mati gaya. 

Apa sih Twinkl itu?

Twinkl adalah situs edukasi yang menyediakan beragam bahan ajar interaktif yang didesain khusus oleh para guru berpengalaman di bidangnya. Semua bahan ajar yang tersedia di Twinkl bisa digunakan sebagai materi tambahan anak untuk belajar. Bahan ajarnya juga lengkap lho, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Pendidikan Inklusi.

twinkl situs edukasi penyedia bahan ajar interaktif untuk paud tk sd smp sma dan pendidikan inklusi.

Selama ini aku menggunakan materi Twinkl untuk mengajar bahasa Inggris dan memang sangat terbantu sekali. Banyak juga bahan ajar yang aku gunakan untuk mendukung homeschooling Zinan. Oya, selain bahasa Inggris, sekarang Twinkl juga menyediakan banyak bahan ajar bahasa Indonesia lho.

Masih ada lagi nih! Buat pembaca blog talkativetya dan Miss Tya Class, kalian bisa menggunakan kode khusus TWINKLTya untuk mendapatkan akses premium ke seluruh bahan ajar yang tersedia di Twinkl! 

Atisatya Arifin Twinkl Ambassador 2022
Atisatya Arifin Twinkl Ambassador 2022

Selain mendapatkan akses ke seluruh bahan ajar Twinkl secara GRATIS selama 1 bulan. Kalian juga bisa mengakses berbagai fitur Twinkl seperti Twinkl GO! (game interaktif), Twinkl Create, dan masih banyak lagi.

Untuk KLAIM Akun Twinkl GRATIS, langsung saja klik link di bawah ini ya!

www.twinkl.co.id/offer/TWINKLTya

Syarat dan Ketentuan:

  • Periode aktivasi: 7 Jan – 25 Jan 2022
  • Kode promo ini berlaku selama 1 bulan dari tanggal aktivasi.
  • Kode promo ini hanya berlaku bagi pengguna di Indonesia.

Gimana ayah bunda? Banyak kan aktivitas yang bisa dilakukan anak saat liburan sekolah. Yuk manfaatkan momen liburan anak untuk menjalin kedekatan bersama anak sekaligus belajar bersama. 

Oya, mumpung liburan masih panjang nih, ada rekomendasi aktivitas seru lainnya yang bisa mas Deniz dan Zinan lakukan di rumah? Share ya di kolom komentar! See you in my next post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *