Follow:
FAMILY, LIFESTYLE

Asyiknya Belajar Ngaji Online bersama Alif Iqra

alif iqra belajar ngaji online fun learning

Asyiknya Belajar Ngaji Online bersama Alif Iqra. Tidak terasa sudah 3 bulan lebih anak-anak harus belajar dari rumah karena pandemi. Jangan ditanya, sekolah daring itu banyak dramanya agar anak-anak tetap semangat belajar. Jujur sebagai ibu, aku merasa lumayan keteteran menemani anak-anak belajar di rumah. Tidak jarang, ada beberapa tugas yang terlewat deh. Hiks. 

Berbeda dengan kebanyakan sekolah yang melakukan pertemuan daring setiap hari, TK tempat Zinan belajar hanya melakukan pertemuan daring 2x seminggu. Lima hari lainnya pembelajaran dilakukan secara mandiri di rumah. Pertemuan daring sekolah durasinya hanya 1 jam dan itu dibagi untuk sekitar 10 murid. Buat Zinan yang baru berusia 6 tahun, tentu saja ini kurang maksimal. Beberapa kali dia curhat masih kepingin ngobrol sama guru dan teman-temannya tetapi waktunya sudah habis. 

Selain itu, aku perhatikan anak-anakku sedikit menurun perkembangannya. Dulu sebelum pandemi, Zinan sudah hafal semua huruf Hijaiyah. Tetapi ketika aku cek beberapa minggu lalu, Zinan mulai lupa lagi nih huruf Hijaiyah-nya. Mungkin ini karena aku lebih sering mendahulukan mata pelajaran lainnya sehingga waktu untuk belajar dan mengulang materi huruf Hijaiyah berkurang. Padahal pengenalan huruf Hijaiyah ini penting sebagai dasar anak belajar membaca Alquran.

Alif Iqra, aplikasi pencarian guru privat mengaji dengan metode Fun Learning

Alhamdulillah aku ketemu dengan ALIF IQRA, platform aplikasi yang dikelola oleh PT. Sahabat Alif Indonesia. Aplikasi yang dirintis di akhir tahun 2018 ini menjadi jembatan yang mempertemukan murid dan guru mengaji yang kompeten dan berpengalaman. Tahu sendiri kan, mencari guru ngaji itu tidak mudah dan tidak boleh sembarangan. 

ALIF IQRA memiliki beberapa program unggulan yaitu Reguler (1x seminggu), Intensive (2x seminggu), dan Full English. Sedangkan segmentasinya dibagi berdasarkan usia, yaitu Toddler (3-5 tahun), Kids and Teen (6 – 15 tahun), dan Adults (> 15 tahun). 

Materi Alif Iqro juga disesuaikan berdasarkan kelas. Untuk kelas Toddler, materi yang diajarkan adalah pengenalan huruf Hijaiyah, hafalan doa dan surat, pembentukan karakter (kisah islami dan moral), praktik ibadah (wudhu dan sholat), sampai kreasi hijaiyah (kaligrafi dan crafting).

Sedangkan untuk materi kelas Kids tentu saja disesuaikan kemampuannya juga seperti Baca tulis Al-Quran, hafalan doa dan surat pilihan, pembentukan karakter (kisah islami dan moral), akidah dan fiqih ibadah, praktik ibadah (wudlu dan sholat), dan kreasi hijaiyah (kaligrafi dan crafting).

Keseruan belajar ngaji dengan Alif Iqro

Hari Senin lalu, Zinan belajar ngaji Iqro bersama Miss Fitri dari Alif Iqra. Berhubung lagi pandemi, belajar ngaji dilakukan secara online lewat Zoom Meeting. Alif Iqra juga memberikan pilihan untuk belajar secara langsung (tatap muka) dan tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat ya. 

Seperti apa sih pembelajaran Alif Iqro? Setelah perkenalan singkat dengan Miss Fitri, pelajaran dibuka dengan membaca lafadz basmallah. Di sini Miss Fitri memberikan materi bahwa kita sebagai muslim harus mengucapkan Bismillah setiap kali akan memulai suatu kegiatan yang baik seperti makan dan belajar. 

Selanjutnya Miss Fitri memberikan materi huruf Hijaiyah dengan menunjukkan flashcards. Di sini Zinan diminta untuk menyebutkan huruf-huruf yang mirip seperti Ba, Ta, Tsa dan Dho Zho. Pembawaan Miss Fitri yang ceria dan media pembelajaran yang menarik membuat Zinan betah belajar. Padahal huruf Hijaiyahnya diulang bolak balik. Hehehe. Miss Fitri pun tidak lupa memberikan semangat dan memuji ketika Zinan berhasil menjawab pertanyaan. Ini juga salah satu hal yang membuat Zinan jadi semakin terpacu. 

materi huruf hijaiyah disampaikan dengan cara menyenangkan

Materi berikutnya adalah Fun Learning dimana anak mengulang lagi materi yang sudah disampaikan dalam bentuk permainan edukatif yang seru, yaitu Bingo. Jadi Zinan diminta untuk memilih kotak dan menjawab pertanyaan. Kalau jawabannya benar, kotaknya akan ditandai dan kalau kotak-kotaknya sudah membentuk garis lurus akan mendapat satu poin (di sini Miss Fitri kasih poinnya pakai gambar es krim, duh siapa yang nolak yaa dikasih es krim). Wah, Zinan semangat sekali menjawab pertanyaannya dan berhasil mendapatkan beberapa poin. 

Pelajaran pun ditutup dengan mengucapkan hamdallah. Di sini Miss Fitri juga mengajarkan bahwa setiap kali kita selesai melakukan kegiatan yang baik harus mengucapkan Alhamdulillah agar kegiatan yang sudah dilakukan menjadi berkah.

Tidak terasa waktu belajar 1,5 jam berlalu begitu cepat. Awalnya aku sempat khawatir Zinan akan bosan belajar ngaji online seperti ini. Tetapi ternyata anaknya senang sekali. Walaupun memang sih pas ngobrol sama Miss Fitri-nya masih malu-malu. Terima kasih ya Alif Iqro. Zinan senang sekali.

Mencari guru ngaji terdekat dengan mudah lewat aplikasi Alif Iqra

Dengan aplikasi Alif Iqro, orangtua bisa dengan mudah mencari guru ngaji terdekat untuk anak. Untuk kualitas pengajarannya tidak perlu diragukan lagi karena semua guru Alif Iqra adalah lulusan Pondok Pesantren dan Universitas Islam/Umum Unggulan di Indonesia dan memiliki standar kualifikasi guru dari Alif Training Center. Selain itu, Alif Iqro memiliki ratusan guru yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. 

Saat ini, Alif Iqro sudah melayani kota-kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Pekanbaru, Makassar, Medan, Denpasar. Ke depannya, Alif Iqro juga akan hadir juga di kota Palembang dan Balikpapan. 

Keunggulan Alif Iqra

Alif iqra memiliki beberapa keunggulan yaitu:

  • Fun learning. Sesuai dengan motto Alif Iqro yaitu mengenalkan Al-Quran lebih dekat dengan cara yang lebih akrab, metode fun learning Alif Iqra menggunakan media kreatif seperti games, crafting, dan story-telling sehingga anak semangat belajar mengaji.
  • Billingual menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Laporan perkembangan pembelajaran selalu diberikan ke orangtua untuk setiap pertemuan.
  • Harga kompetitif dan bervariasi sesuai kota dan pilihan kelas. Selain itu pembayarannya pun mudah bisa lewat bank transfer atau minimarket. 
  • Bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

***

Itu dia cerita keseruan belajar ngaji online bersama Alif Iqro. Buat teman-teman yang memiliki anak dan sedang mencari guru mengaji, langsung saja cek website dan media sosial Alif Iqra ya.

Website: www.alifiqra.id
Instagram Alif Iqra: @alifiqra
Instagram Alif Iqra Yogyakarta: @alifiqra.yogyakarta
Direct Whatsapp: 0811 9844 113

Share on
Previous Post

13 Comments

  • Reply reginapitupulu

    Wah ternyata ada belajar ngaji online juga ya. Keren banget!

    October 15, 2020 at 11:41 AM
  • Reply Suciarti Wahyuningtyas

    Ini sama kayak anakku dia juga ngajinya online dari Alif Iqra, kebetulan dekat rumah ada dan dari Juli aku sudah ikutin anakku juga kak.

    October 15, 2020 at 6:36 PM
  • Reply Dwi Puspita

    Wah asik ya, Kalau seperti ini sih anak bisa tetap mengaji. Alhamdulillah deh menemukan aplikasi yang aku butuhkan

    October 16, 2020 at 3:36 AM
  • Reply aliyatus sa'diyah

    wah keren banget bisa belajar ngaji online juga, nah ini pasti bakal disukai sama anak anak karena tetap interactive

    October 16, 2020 at 7:41 AM
  • Reply winda - dajourneys.com

    kemajuan teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin ya tya, jadi walau nggak bisa bertatap muka secara langsung kita tetap bisa mengajarkan anak buat beribadah di rumah dengan bantuan Alif Iqro

    October 16, 2020 at 9:03 AM
  • Reply Puput Febriina

    Belajar ngaji ternyata sekarang uda bisa online ya. Thanks mba informasinya, pas banget mau ngajarin anak ngaji.

    October 16, 2020 at 6:42 PM
  • Reply Melissa Olivia

    Untung ya ada program ini jadinya anak ga gamoang bosan belajar, secara lg serba di rumah semua kan sekarang.

    October 17, 2020 at 1:19 AM
  • Reply Ratnasari

    Mengaji jadi lebih menyenangkan yaa Kak menggunakan Alif Iqra ini, wajib aku rekomendasikan nih ke Kakakku untuk anaknya yang mau mulai belajar mengaji

    October 17, 2020 at 6:15 AM
  • Reply Cilya

    Menarik lho ini mba. Anak jadi tidak bosan dan lagi tambah pintar malah. Metide fun learningnya menarik nih

    October 17, 2020 at 6:39 AM
  • Reply nyi Penengah Dewanti

    Mau rekomin ke ponakan-ponakan ini bagus banget ya Mba Alif Iqro. Banyak keunggulan pula bisa bilingual, anak bisa sekalian dapet banyak pembekalan ilmu.

    October 17, 2020 at 9:23 AM
  • Reply lendyagasshi

    Bagus bangeett..
    Alif iqro membantu para Bunda untuk tetap mengajar mengaji kepada anak di kala pandemi.
    Anak-anak fun banget pasti karena metode pembelajaran yang asik begini…

    October 17, 2020 at 9:40 AM
  • Reply Sri Widiyastuti

    Alhamdulillah ya mbak masih bisa belajar Iqra meskipun lewat online. Apalagi disampaikan dengan cara yang menyenangkan, anak-anak jadi seneng belajarnya ya

    October 18, 2020 at 3:53 AM
  • Reply Lily Kanaya

    Keren banget ini programnya mba, jadi lebih leluasa belajar dirumah, sekarang apa2 memang harus beralih ke digital ya kalau nggak pasti ketinggalan…

    October 18, 2020 at 12:35 PM
  • Leave a Reply