Follow:
BEAUTY

Cara menghilangkan bulu ketiak secara mudah dan praktis

Standar kecantikan perempuan memang selalu berubah seiring zaman. Masih ingat dengan Lidya Kandau dan Yurike? Di tahun 80an, mereka terkenal memiliki bulu ketiak yang lebat dan tidak malu memperlihatkannya di layar kaca. Saat itu bulu ketiak yang panjang memang jadi tren. Bagaimana dengan sekarang? Jangankan bulu ketiak, kalau lipatannya saja terlihat gelap pasti sudah dinyinyirin sama netizen. Itulah sebabnya sekarang banyak orang mencari cara menghilangkan bulu ketiak secara permanen.

Fungsi bulu ketiak

Meskipun saat ini bulu ketiak dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu, sebetulnya bulu ketiak punya manfaat tersendiri lho. Aku jadi ingat dulu waktu kuliah, salah satu dosen pernah membahas soal ini juga (walaupun pas bahas ini sambil geli-geli gimana gitu). Berikut ini adalah beberapa fungsi bulu ketiak:

Melindungi kulit ketiak dari gesekan

Melindungi ketiak dari kotoran dan bakteri

Melindungi organ tubuh payudara

Sebagai daya tarik terhadap lawan jenis

Shawn Mendes imagination

Kalau bulu ketiiak dek Shawn Mendes justru bikin kelepek-kelepek ya?

Cara menghilangkan bulu ketiak

Ada banyak cara menghilangkan bulu ketiak yang bisa kamu coba. Mulai dari menggunakan bahan alami yang ada di sekitar rumah atau dengan produk tertentu. Ada yang bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain, tetapi ada juga yang harus ditangani oleh tenaga ahli. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan bulu ketiak yang umum dilakukan. Mana yang pernah kamu coba nih?

Cara menghilangkan bulu ketiak secara alami

1. Kunyit

Rempah berwarna kuning ini pastinya sudah tidak asing ya, terutama untuk para bunda yang suka masak nih. Masakan seperti pepes ikan dan ayam goreng kunyit yang terkenal lezat menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbunya. Diolah menjadi minuman pun bisa, contohnya minuman herbal kunyit asam yang baik untuk pencernaan.

manfaat kunyit untuk menghilangkan bulu ketiak

Sumber: Pixabay

 

Siapa sangka kunyit juga bisa membantu menghilangkan bulu ketiak secara alami lho. Kunyit mengandung minyak volatile yang berfungsi sebagai anti inflamasi sehingga kulit ketiak terjaga dari infeksi. Selain itu kunyit juga mengandung kurkumin, yaitu zat anti oksidan kuat yang bisa menangkal radikal bebas.

Untuk menghilangkan bulu ketiak dengan kunyit, siapkan 2 sdt kunyit bubuk/2 ruas kunyit yang dihaluskan. Campur dengan air hangat hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke ketiak dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

Selain bisa menghilangkan bulu ketiak, kunyit juga bisa membantu mencerahkan kulit ketiak yang hitam.

2. Lemon dan madu

Siapa sangka paduan lemon dan madu bisa menjadi perontok bulu alami? Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon bisa merontokkan bulu-bulu halus di ketiak secara efektif. Sedangkan madu membantu menjaga kelembaban kulit di area ketiak sehingga kulit ketiak terasa halus dan lembut.

lemon dan madu untuk menghilangkan bulu dan mencerahkan ketiak

Sumber: Pixabay

Campurkan lemon dan madu dengan perbandingan 1 : 1 sehingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini ke area ketiak yang sudah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 30 menit. Bersihkan pasta dengan menggunakan kain hangat dengan arah berlawanan tumbuhnya bulu ketiak. Terakhir, seka dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Oya, kalau campuran lemon dan madu ini ditambahkan dengan baking soda, hasilnya lebih dahsyat lho karena bisa jadi cara mengatasi ketiak hitam secara alami.

3. Jeruk nipis

Untuk teman-teman yang kesulitan mendapatkan lemon, jeruk nipis bisa menjadi alternatif. Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga memiliki kandungan vitamin C tinggi dan bisa dijadikan sebagai perontok bulu alami. Apalagi harganya pun terbilang terjangkau dan mudah didapatkan. Belah jeruk nipis menjadi dua lalu gosokkan pada kulit ketiak.

Lakukan ini secara rutin setiap hari. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, gunakan jeruk nipis ini 2-3 kali dalam seminggu saja. Oya, pastikan juga tidak ada luka di area ketiak ketika menggunakan jeruk nipis ini ya.

manfaat jeruk nipis untuk memutihkan ketiak dan menhilangkan bulu ketiak

Sumber: Pixabay

4. Kapur sirih

Jujur selama ini aku tahunya fungsi kapur sirih itu untuk bikin es buah. Jadi buah-buahan yang sudah dibentuk bulatan seperti melon dan pepaya direndam dalam air kapur sirih. Tujuannya agar tekstur buah menjadi sedikit lebih keras sehingga tidak mudah benyek ketika dibuat es buah. Ternyata kapur sirih juga punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk untuk membersihkan bulu ketiak. FYI, kapur sirih bisa kalian dapatkan di pasar tradisional.

kapur sirih untuk ketiak

Sumber: Pixabay

Cara membuat perontok bulu alami dengan menggunakan kapur sirih adalah dengan mencampur 1 sdm kapur sirih dengan air lemon sehingga membentuk adonan pasta. Oleskan pasta ini ke area ketiak yang sudah dibersihkan lalu diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Teman-teman yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan kapur sirih untuk membersihkan bulu ketiak karena sifatnya yang panas. Tapi kalau tetap penasaran mau coba, sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter dulu ya.

Cara menghilangkan bulu ketiak secara modern dan praktis

Bagi kamu yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk membersihkan bulu ketiak menggunakan bahan alami, sekarang sudah ada banyak cara menghilangkan bulu ketiak secara modern.

1. Waxing

Waxing adalah salah satu cara menghilangkan bulu yang cukup populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya bulu ketiak, waxing juga bisa dilakukan di area tubuh lainnya seperti wajah, tangan, kaki, sampai area genital. Cara waxing sendiri adalah dengan mengoleskan cairan wax (lilin) yang sebelumnya sudah dipanaskan. Selanjutnya kain strip ditempelkan di atas wax dan ditarik berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu.

mnghilangkan bulu ketiak dan kaki dengan metode waxing

Photo by rawpixel.com from Pexels

Dua jenis wax untuk menghilangkan bulu yang populer dan umum dijumpai adalah hot wax dan sugar wax. Hot wax umumnya dilakukan di klinik kecantikan dan salon. Sedangkan untuk sugar wax bisa dilakukan sendiri di rumah karena tidak perlu dipanaskan.

Meskipun terbilang efektif, menghilangkan bulu menggunakan wax punya beberapa kekurangan. Pertama, sensasi ketika ketika kain strip ditarik itu nano-nano deh. Makanya si mbak terapis yang menangani wax biasanya ngajak ngobrol ketika proses treatment terus tanpa aba-aba: breet! Duh nggak kebayang deh kalau waxing di area genital kaya apa rasanya (plis jangan dibayangin). Kedua, melakukan waxing pada area ketiak diduga dapat memicu terjadinya kanker payudara.

2. Treatment IPL

Buat kamu yang takut sakit, treatment IPL ini bisa menjadi pilihan. IPL (Intense Pulse Light) merupakan teknologi menghilangkan bulu yang tidak diinginkan dengan menggunakan kekuatan cahaya. Treatment ini digadang sebagai yang paling canggih saat ini di Indonesia. Kelebihan dari treatment IPL adalah tidak adanya rasa sakit selama proses berlangsung.

Treatment IPL merupakan metode terkini menggunakan kekuatan cahaya

Saat ini ada banyak klinik kecantikan di kota-kota besar Indonesia yang menawarkan perawatan ini.  Sayangnya biaya treatment IPL cukup bikin jiwa emak-emak aku bergejolak karena sekali treatment bisa mengeluarkan dana sekitar Rp250.000. Hehehe.

 

3. Mencabut bulu ketiak secara manual menggunakan pinset

Waktu aku liburan SMP, aku pernah mengunjungi kakakku yang tinggal di asrama sekolah kelautan di Tegal. Namanya masih polos yaa, aku terkejut lah dengan suasana hidup di asrama. Mulai dari makan bareng di aula, nyuci baju rame-rame, sampai urusan mencabut bulu ketiak berjamaah. Seriusan. Jadi teman-teman kakakku ini saling bantu mencabut bulu ketiak menggunakan pinset sambil diiringi lagu soundtrack Kuch Kuch Hota Hai (waktu itu film ini lagi booming). Mungkin karena mereka sudah biasa hidup bareng jadinya biasa aja ya. Aku yang melihat jadi geli-geli gimana gitu. Hahaha.

cabut bulu ketiak dengan pinset

Aku sendiri sempat mencoba cara ini tetapi rasanya kok kurang maksimal yaa. Apalagi mata aku minus jadi kadang mau cabut bulu ketiak eeh meleset. Bukannya bulu ketiak yang tercabut, malah kulit ketiak yang ketarik. Alamak sakitnya. Selain itu, pegal juga rasanya mencabuti satu persatu bulu ketiak.

Ternyata, mencabuti bulu ketiak punya efek samping yang bisa berbahaya bagi tubuh. Pori-pori kulit akan membesar dan tidak menutup kemungkinan terjadi perlukaan sehingga rentan dimasuki zat-zat berbahaya bagi tubuh. Bahkan beberapa artikel menyebutkan kalau metode ini bisa memicu kanker.

 4. Mencukur bulu ketiak

Bisa dibilang cara menghilangkan bulu ketiak dengan mencukur adalah cara yang paling populer karena mudah dilakukan. Apalagi sekarang peralatan untuk mencukur juga semakin variatif, bahkan ada alat cukur khusus untuk wanita. Namun kita perlu berhati-hati ketika mencukur bulu ketiak agar tidak menggores kulit. Selain itu, perlu diperhatikan juga untuk selalu menggunakan alat cukur baru. Jangan sampai alat cukur yang digunakan sudah tidak tajam bahkan berkarat.

Membersihkan bulu ketiak menggunakan alat cukur

5. Krim perontok (Hair removal cream)

Satu cara menghilangkan bulu ketiak secara modern adalah dengan menggunakan krim perontok bulu. Cara ini terbilang praktis dan mudah karena bisa dilakukan sendiri di rumah. Krim perontok bulu juga efektif untuk menghilangkan dan menghentikan pertumbuhan bulu sehingga kita bisa tampil percaya diri.

Veet Hair Removal Cream, krim perontok untuk kulit mulus bebas bulu

Ngomongin soal bulu, baru-baru ini aku mencoba salah satu produk krim perontok bulu yang aku beli di minimarket yaitu Veet Hair Removal Cream. Awalnya aku sempat galau antara mau beli alat cukur atau Veet. Selama ini aku memang lebih sering membersihkan bulu ketiak dengan menggunakan alat cukur karena praktis. Tetapi kok lama-lama kulit ketiak aku jadi kasar dan terlihat menghitam. Selain itu, semakin sering dicukur bulu ketiak jadi tambah lebat. Aduuuh. Akhirnya kuputuskan untuk mencoba Veet Hair Removal Cream deh.

Veet Hair Removal Cream untuk kulit mulus bebas bulu

 

Varian Veet Hair Removal Cream

Ternyata Veet Hair Removal Cream memiliki beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit kita, yaitu:

  • Kulit Normal (kemasan warna pink) dengan kandungan Lotus Milk dan Jasmine.
  • Kulit Kering (kemasan warna hijau) dengan kandungan Shea Butter dan Lily
  • Kulit Sensitif (kemasan warna biru) dengan kandungan Aloe Vera dan Vitamin E

 krim penghilang bulu untuk wanita

Aku membeli Veet kemasan pink yang sesuai dengan jenis kulit aku. Veet ini tersedia dalam dua ukuran 25g dan 60g. Berhubung aku hanya perlu untuk menghilangkan bulu ketiak, aku membeli Veet kemasan 25g. Oya, di dalam setiap boks Veet sudah disediakan spatula untuk membantu mengaplikasikan cream-nya.

Veet lengkap dengan spatula untuk mengaplikasikan krim

Veet Hair Removal Cream untuk kulit normal

Veet untuk kulit normal mengandung Lotus Milk dan Jasmine yang berfungsi untuk membuat kulit ketiak lembut dan tidak kasar. Selain itu, kedua kandungan utama juga memberikan efek yang menenangkan. Oya, varian ini menggunakan Silk & Fresh Technology yang terbukti secara klinik membuat kulit lembab hinggal 24 jam setelah pemakaian. Surprisingly, Veet Hair Removal Cream wanginya tidak se-strong yang aku bayangkan sehingga ketika menggunakan produk ini nyaman deh.

Membersihkan bulu ketiak dengan Veet, emangnya ampuh?

Aku juga sempat skeptis produk Veet ini akan bisa menghilangkan bulu ketiak dengan efektif. Soalnya kalau dari petunjuknya simple banget sih. Hanya dengan 3 langkah mudah saja kulit mulus bebas bulu.

  1. Aplikasikan krim secara merata pada seluruh permukaan bulu menggunakan bagian melengkung dari spatula.
  2. Diamkan selama 3 menit (jangan sampai lebih dari 6 menit ya). Setelah itu bersihkan bulu dengan menggunakan ujung spatula hingga semua bulu terlepas.
  3. Bersihkan sisa krim yang masih tersisa pada permukaan kulit dengan menggunakan air dan dikeringkan. 

Selain untuk area ketiak, Veet juga bisa digunakan untuk merontokkan bulu-bulu yang tumbuh berlebihan pada area yang tidak dikehendaki seperti pada kaki, garis paha atas, dan lengan. FYI, Veet tidak bisa digunakan untuk area genital yaa.

kulit mulus bebas bulu dengan 3 langkah menggunakan veet hair removal cream

Veet Hair Removal Cream, recommended!

Berbeda dengan mencukur bulu ketiak, Veet mampu menghilangkan bulu ketiak hingga dekat dengan akarnya termasuk untuk rambut-rambut halus sekalipun. As a result,  kulit ketiak aku terasa lebih halus dan lembut. Bahkan sampai 7 hari setelah menggunakan Veet masih terasa lembut lhoo. Percaya diri makin nambah deh.

Dengan harga sekitar Rp 17.000 (ukuran 25g) dan Rp 27.000 (ukuran 60g), Veet Hair Removal Cream sangat terjangkau. Apalagi produknya bisa didapatkan di minimarket dan apotik terdekat. Veet juga bisa dibeli secara online di Tokopedia.

perontok bulu Veet

Gimana nih? Yakin masih mau mencukur bulu ketiak atau mencabuti bulu ketiak? Mending beralih pakai Veet Hair Removal Cream deh. Lastly, Jangan lupa juga untuk follow @veetindonesia agar tidak ketinggalan info seputar kecantikan dan kesehatan.

See you on my next post!

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

28 Comments

  • Reply Elliza Efina - www.rajnikala.com

    Aku biasanya cukup cukur aja, mbak. Ternyata ada banyak opsi yaa buat ngilangin bulu ketiii. Kalo pake kunyit, ntar jadi kekuningan warna ketinya dong? :))
    Untung ada Veet ya mbak, bisa banget dipake buat hair removal area ketiak nih.

    June 3, 2019 at 6:39 am
  • Reply winda - dajourneys.com

    aduh aku kok geli mengingat film tahun 80an yang artis wanitanya masih panjang2 bulu ketinya 🙁 hahahaa untung skrg ada veet ya yang memudahkan buat mengenyahkan bulu2 mengganggu pemandangan itu

    June 3, 2019 at 3:11 pm
  • Reply Indira W

    Kalau pakai kunyit apa ketiaknya gak jadi kuning kak hehe.
    Aku juga waxing sendiri soalnya gak nyaman aja kalau di waxing orang lain hehe

    June 4, 2019 at 1:02 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Nggak kok, asal jangan terlalu lama aja pakainya. Nanti lama kelamaan kuningnya menghilang kok…

      June 8, 2019 at 12:05 am
  • Reply Beautyasti1

    Aku coba IPL treatment sampai belasan kali dan sekarang ga numbuh lagi, numbuh pun cuma sedikit dan halus ku hilangkan pakai veet aja di rumah

    June 4, 2019 at 2:04 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Aku pernah coba IPL baru dua kali sih kak. Cuma nggak sanggup sama harganya itu lhooo….

      June 8, 2019 at 12:04 am
    • Reply Hanny

      Wah aku penas dan kayanya boleh deh dicoba. Makasih informasinya kak

      June 10, 2019 at 12:26 pm
    • Reply Mugniar

      Ternyata banyak ya cara tradisionalnya. Terima kasih sudah membagi tips, Mbak.

      June 14, 2019 at 12:03 pm
  • Reply Mellisa

    Sebenarnya aku penasaran sama produk ini, tp masih denial juga. Banyak yg bilang kalau pakai ini, rambut yg baru tumbuhnya bakal jadi lebih lebat. Berdasarkan pengalaman kak Tya, gimana?

    June 6, 2019 at 12:22 am
    • Reply Atisatya Arifin

      Sebetulnya ini bukan kali pertama aku pakai veet. Dulu waktu awal2 dia baru muncul aku sempat cobain juga. Sejauh ini sih nggak tambah lebat kok. Kembali lagi, bisa jadi ada faktor lain seperti faktor genetik yang membuat bulu ketiak tumbuh lebat.

      June 8, 2019 at 12:03 am
  • Reply Andiyani Achmad

    Aku cukup rutin waxing bulu ketiak, bahan waxingnya pakai madu dan lemon katanya sih. Tapi pakai kunyit cukup menarik nih buat dicoba.

    June 7, 2019 at 12:03 pm
  • Reply Tori Chu

    kwkwwk cabut bulu keti berjamaah 😂😂 klo ak biasanya pake alat cukur XD tp suka pusing klo cukur gitu, kayaknya mau coba pake veet aja yg praktis kwkwk

    June 7, 2019 at 1:47 pm
  • Reply Demia KamiL

    waaah aku jadi pengen nyobain juga deh pake veet, kayanya praktis banget ya, tanpa rasa sakit juga nih, selama ini aku kalo nggak di cukur ya waxing hihihi, agak sakit juga soalnya hehe

    June 7, 2019 at 5:34 pm
  • Reply April

    Wah gak nyangka itu bahan2 alamo bisa buat ngilangin bulu keti. Tapi emang ribet yaa. Aku biasanya manual cabutin haha.
    Jd pengen nyobain Veet. Belinya bisa di store offline gtu mbak Tya atau online aja?

    June 8, 2019 at 1:12 am
    • Reply Atisatya Arifin

      iyaa terus matanya lama-lama sepet juga nengok ngeliatin keti untuk cabut-cabut. Hihihi, Beli offline ada mbak di minimarket deket rumah juga ada.

      June 10, 2019 at 3:08 am
  • Reply April

    #online

    June 8, 2019 at 1:12 am
  • Reply Widya Lim

    Tipsnya bermanfaat banget kak! Kapan2 aku cobain ah, biasanya aku sih cuma dicukur biasa gt, ga pakai cara alami, waxing atau apapun XD

    June 8, 2019 at 7:24 pm
  • Reply Suzannita

    jadi lebih praktis ya dengan menggunakan produk dari veet ini, Ku pikir kemarin ini hanya bisa untuk kaki aja ya

    June 8, 2019 at 10:47 pm
  • Reply Uniek Kaswarganti

    Makanya yaaa area kulit di daerah ketiak menghitam, ternyata efek dari bercukur ya. Kudu nyobain Veet nih agar efek hitamnya ini ga muncul lagi. Lagian gampang banget ya cara pakainya, tinggal olesin dan ntar dibersihkan pake spatulanya aja.

    June 9, 2019 at 12:17 am
  • Reply Leyla Hana

    Wah paling gampang dan murah pake kunyit nih. Tapi apa nanti gak jadi kuning ketiaknya?

    June 9, 2019 at 1:05 am
  • Reply Faradila Putri

    Aku baru tau nih cara naturalnya. Dari dulu sih pakai yang cara modetn ternasuk veet juga hehehe. Makasih infonya mbak

    June 9, 2019 at 1:13 am
  • Reply Rizka

    Aku jg suka pake veet nih, tapi lebih sering buat bulu kaki sih hehe jadi mulus kakinya

    June 9, 2019 at 1:26 am
  • Reply lendyagasshi

    Aku uda beli veet, kak…
    Tapi belom berani make.
    Wkwkkw…padahal klaimnya, gak sakit yaa…

    June 9, 2019 at 1:43 am
  • Reply Indah nuria

    Aku baru tau ada banyak banget cara alami untuk membersihkan bulu ketiak ya mbaa.. jadi pengen cobaa

    June 9, 2019 at 2:08 am
  • Reply Novi

    Aku dulu sering tu mba pake veet, praktis banget emang tinggal olesin krimnya trus gosok pakai spatula langsung lepas semua bulunya 😀

    June 9, 2019 at 2:14 am
  • Reply Sri Widiyastuti

    Alhamdulillah saya tidak punya bulu ketiak mbak Tya, sepertinya sebab suka nyabutin secara manual gitu,pake tangan sih, terus sebelumnya jari dikasih kapur sirih dulu. Eh sampai sekarang ga numbuh lagi. Tipsnya nanti saya cobain ke anak anak ya, siapa tau ada yang mujarab. Thanks

    June 10, 2019 at 8:58 am
  • Reply Ipeh Alena

    Pernah nyoba waxing sendiri dan hasilnya enak sih. Puas gitu. Tapi, ribet karena nunggunya lama ahahaha. Akhirnya emang paling praktis pake veet gini. Ga lama nunggunya tinggal serrr…serrr

    June 14, 2019 at 11:57 am
  • Reply Cantik

    Kalau menurutku ketiak itu mengganggu jika sudah berbau menyengat, artinya sudah waktunya untuk dibersihkan. Entah itu dibersihkan dengan sabun mandi agar keringatnya bersih atau dengan dicukur. Kesalahan saat mencukur adalah kita menekan pencukur saat melakukannya, padahal mencukur itu cukup diseluncurkan saja tanpa tekanan, sudah terpotong rapi bulu ketiaknya. Soalnya kalau mencukur dengan tekanan pasti akan jadi perih dan meninggalkan bekas luka. Nah luka ini yang bikin kulit ketiak jadi hitam. Setelah dicukur jangan lupa kasih lotion biar halus.

    October 16, 2019 at 7:39 am
  • Leave a Reply