Cara menghilangkan jamur di baju dengan mudah

cara menghilangkan jamur di baju dengan mudah

Cara menghilangkan jamur di baju dengan mudah. Saat aku sedang memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, aku menemukan ada bintik hitam pada beberapa pakaian. Mana baju yang kena jamur itu baju favorit pula. Duh, gimana ya cara menghilangkan jamur di baju?

Penyebab muncul bintik hitam dan jamur pada baju

Belakangan ini memang aku cukup kelabakan mengerjakan pekerjaan rumah. Apalagi sejak ada anak bayi. Otomatis urusan mencuci pakaian jadi sedikit terbengkalai.

Tidak jarang malah pakaian kotor menumpuk karena aku tidak sempat mencuci, padahal aku menggunakan mesin cuci juga lho.

Setelah kupikir-pikir, memang beberapa pakaian yang menumpuk itu kondisinya basah. Biasanya baju basah karena anak-anak mandi sambil mencuci pakaian mereka yang kotor kena noda lumpur setelah bermain di luar.

Nah baju basah tersebut tidak langsung dicuci, hanya ditumpuk bersama baju kotor lainnya. Akhirnya jadi muncul bintik hitam deh!

bintik hitam pada pakaian yang lembab
Bintik hitam jamur pada pakaian yang lembab.

Selain itu, bintik hitam juga aku temukan pada mukena putih aku yang sudah lama tidak terpakai. Sedih banget karena mukena ini adalah mukena seserahan waktu aku menikah.

Bintik hitam pada pakaian sering juga disebut tritipan adalah noda jamur yang menempel pada baju. Apa sih penyebab baju berjamur?

  • Tidak langsung menjemur pakaian yang sudah dicuci.
  • Menyimpan pakaian di lemari tertutup dan lembab dalam waktu lama.
  • Menyimpan pakaian basah dan kotor di keranjang cucian dalam waktu yang lama.

Yang lebih menyebalkannya lagi, kalau satu pakaian sudah kena jamur, bintik hitam ini bisa menyebar ke pakaian lainnya.

Apakah jamur pada pakaian berbahaya?

Jamur yang menempel pada pakaian jangan dianggap sepele. Apabila jamur kontak langsung dengan kulit tubuh, tentu saja bisa memengaruhi kesehatan.

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, jamur pada pakaian bisa menimbulkan gejala alergi seperti ruam kemerahan, gatal-gatal, sampai kulit terasa panas.

Orang-orang yang mengidap asma mungkin akan mengalami reaksi yang lebih buruk lagi, seperti sesak napas dan gangguan pernapasan lainnya.

Oya, kalau jamurnya ada di pakaian dalam, bisa memperbesar risiko terkena infeksi jamur dan keputihan.

Cara menghilangkan jamur di baju dengan menggunakan bahan yang ada di rumah

Dulu aku memilih untuk membuang pakaian aku yang terkena noda jamur. Udah keburu bad mood ngeliat baju cakep jadi jelek karena bintik hitam.

Tetapi ternyata baju yang terkena noda jamur masih bisa diselamatkan lho. Ada beberapa cara untuk menghilangkan noda bintik hitam tritipan pada baju seperti berikut ini:

1. Gunakan air panas

Salah satu cara menghilangkan jamur di baju adalah dengan menggunakan air panas.

Basuh bercak jamur dan noda hitam di baju dengan air panas. Setelah itu, kucek perlahan sampai noda memudar. Cara ini cukup efektif apabila bercak jamur pada baju belum terlalu banyak.

Selanjutnya cuci baju seperti biasa dan jemur di bawah terik matahari karena sinar UV bisa membantu membunuh jamur.

2. Merendam pakaian pada larutan cuka

Jamur pada baju juga bisa diatasi dengan merendam pakaian dalam larutan cuka putih atau cuka dapur. Cuka merupakan bahan alami yang aman untuk masalah jamur pada pakaian.

Caranya, masukkan cuka ke dalam ember yang sudah berisi air. Rendam baju yang terkena bintik hitam jamur selama satu jam. Setelah itu, cuci baju seperti biasa, baik menggunakan mesin cuci atau dengan tangan.

3. Kombinasi jeruk nipis atau lemon dan garam agar jamur di baju pudar

Apabila kalian kuatir serat pakaian akan rusak, perpaduan lemon/jeruk nipis dan garam bisa menjadi alternatif cara menghilangkan jamur secara alami.

Siapkan perasan air jeruk yang sudah ditambahkan garam. Pastikan garam sudah larut sempurna ya sebelum digunakan. Lalu campurkan larutan ini ke dalam ember berisi air hangat.

Rendam pakaian selama 30 menit dan periksa apakah noda jamur sudah menghilang. Apabila belum, kamu bisa menggosokkan campuran jeruk nipis dan garam ke area pakaian yang ternoda.

4. Menggunakan pemutih pakaian

Pemutih pakaian juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur dengan efektif.

Caranya, sikat noda bintik hitam pada pakaian dengan menggunakan sikat gigi bekas yang telah dicelupkan pemutih pakaian. Pakaian juga bisa direndam dalam pemutih pakaian yang sudah dilarutkan dalam air.

Selalu berhati-hati saat menggunakan pemutih pakaian karena kandungannya cukup keras. Selain itu, ada baiknya lakukan tes pada area baju yang tidak terlihat untuk mengetahui apakah pemutih pakaian akan menyebabkan luntur.

5. Menggunakan detergen untuk menghilangkan jamur di baju

Cara terakhir agar pakaian yang berjamur bisa bersih kembali adalah dengan menggunakan deterjen.

Pilih detergen yang memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur agar baju bersih.

Itu dia cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jamur pada pakaian. Aku sudah mencoba semua cara ini dan cukup ampuh menghilangkan noda bintik hitam pada baju.


Mana yang paling ampuh? Menurut aku sih pemutih pakaian bisa dibilang yang paling ampuh. Hanya saja tidak semua baju yang terkena jamur bisa dibersihkan dengan pemutih.

The moral lesson? Meskipun bintik hitam jamur di baju bisa dihilangkan, alangkah baiknya jika baju dijaga dan dirawat dengan baik. Jadi lebih baik hindari hal-hal yang bisa menyebabkan munculnya jamur di baju deh.

Sekian curhat emak yang sempat galau karena baju favoritnya kena jamur. Gimana dengan kalian nih? Punya pengalaman dengan pakaian berjamur? Gimana cara kalian menghilangkan noda jamur di pakaian? Share ya!

cara menghilangkan noda jamur pada pakaian dengan bahan alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *