Cara menghilangkan dan mencegah karang gigi

cara menghilangkan karang gigi dengan cara alami

Cara menghilangkan dan mencegah karang gigi. Semenjak pandemi, aku sudah absen satu tahun ke dokter gigi. Padahal kunjungan ke dokter gigi seharusnya dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi dan mengecek kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Jujur aku rada was-was sih karena memang belum sempat ke dokter gigi. Mulut pun mulai terasa tidak enak. Tapi ada saja halangan untuk aku ke dokter gigi, entah itu nggak ada yang bisa jagain anak-anak atau pas dananya terpakai untuk hal urgent lain.

Meskipun gigi sudah dibersihkan secara rutin dengan menyikat gigi 2x sehari dan menggunakan obat kumur, yang namanya plak pasti tetap saja ada. Apabila dibiarkan menumpuk dan mengeras, plak akan menjadi karang gigi dan bisa berdampak buruk. 

Penyebab karang gigi 

Ternyata karang gigi itu berawal dari plak. Plak sendiri adalah semacam lapisan tipis yang terbentuk dari sisa makanan dan kotoran pada mulut akibat proses menyikat gigi yang kurang bersih. Plak yang menumpuk lama kelamaan akan mengeras dan membentuk karang gigi. 

Selain kebersihan gigi yang buruk, ada beberapa faktor lain penyebab karang gigi yaitu: 

  1. Usia, semakin tua usia maka gigi jadi semakin rentan, termasuk masalah karang gigi. 
  2. Kebiasaan merokok. 
  3. Makanan dan minuman tertentu, terutama yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen, es krim, dan soda. 
  4. Jarang membersihkan gigi.
  5. Kurang minum air putih.

Bahaya karang gigi yang tidak dibersihkan

Karang gigi yang tidak dibersihkan bisa menyebabkan masalah kesehatan pada rongga mulut dan bahkan memengaruhi organ tubuh lainnya lho. 

Karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan peradangan pada gusi atau yang kita kenal dengan gingivitis. Selain itu, adanya karang gigi juga membuat gigi jadi rapuh. Duh, nggak mau kan masih muda tapi gigi sudah pada keropos?

Apakah plak dan karang gigi bisa dihilangkan secara alami?

Karang gigi juga jadi bikin bau mulut lho. Sebagai seorang pengajar yang kerjanya cuap cuap di depan kelas, pasti malu dan bikin tidak percaya diri kalau ada masalah bau mulut. 

Karang gigi yang sudah menumpuk dan mengeras hanya bisa dihilangkan dengan scaling di dokter gigi. Proses scaling ini menggunakan alat khusus yaitu ultrasonic scaler dan hanya dokter gigi yang boleh melakukan pembersihan karang gigi dengan alat ini. 

Dengan bantuan alat scaling, karang gigi bisa dibersihkan secara maksimal. Termasuk karang gigi di area yang sulit terjangkau dan di sela-sela gigi.

membersihkan karang gigi dengan scaling di dokter gigi
Karang gigi yang sudah menumpuk hanya bisa dihilangkan dengan scaling di dokter gigi.

Biaya membersihkan karang gigi sebetulnya masih terjangkau. Hanya saja di masa pandemi ini, ada beberapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan seperti biaya pembelian APD. Ya, mau nggak mau kan daripada tertular virus COVID-19. 

Adakah cara menghilangkan karang gigi secara alami? Sayangnya tidak. Tetapi kita bisa menghilangkan plak dengan menggunakan beberapa bahan alami yang ada di rumah, seperti VCO dan baking soda. 

Cegah karang gigi dengan melakukan perawatan rutin

Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Jangan biarkan plak menumpuk dan menjadi karang gigi. Untuk itu, lakukan beberapa perawatan rutin berikut ya!

  1. Rajin sikat gigi
  2. Menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride
  3. Menggunakan dental floss
  4. Berkumur dengan obat kumur
  5. Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi
  6. Berhenti merokok. 

Yuk, jangan malas merawat kebersihan gigi dan mulut agar bebas dari karang gigi! Buat yang di area Depok dan sekitarnya, boleh dong spill klinik gigi yang rekomen untuk scaling. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *