Cara Terbaik Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Meski Keuangan Terbatas

cara menyiapkan dana pendidikan anak dengan ovo invest

Cara Terbaik Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Meski Keuangan Terbatas. Tahun 2021 ini Zinan usianya tepat 7 tahun. Ini berarti Zinan akan masuk sekolah dasar. Waktu sungguh cepat berlalu!

 

Ngomong-ngomong, kalian tahu nggak berapa rata-rata biaya masuk SD swasta terbaik di Depok? Uang pangkalnya saja bisa mencapai Rp 25 juta lebih! Duit segini tahun 2000-an bisa untuk bayar kuliah aku sampai lulus di universitas negeri.

 

Pendidikan adalah hak setiap anak

 

Bagi keluarga dengan pendapatan yang pas-pasan, uang sekolah sebesar itu tentu bikin pusing kepala. 

 

Bagaimana jika dananya tidak ada, apakah anak tidak usah sekolah? Ya nggak dong.

Karena pendidikan adalah hak setiap anak dan sudah jadi kewajiban orang tua untuk gercep memenuhi hak ini.

 

 Inilah kenapa orang tua perlu menyiapkan dana pendidikan anak untuk masa depan mereka. Apalagi biaya sekolah juga terus meningkat setiap tahunnya.

 

Beberapa orang tua bahkan sudah membuat perencanaan keuangan sekolah anak sejak dini, sejak anak belum lahir atau masih di dalam kandungan.

 

Langkah menyiapkan dana pendidikan anak

Pendidikan adalah investasi masa depan anak. Lalu harus mulai dari mana untuk mempersiapkan biaya sekolah anak?

 

Jangan panik, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

 

Tentukan sekolah yang diinginkan

Hal pertama yang harus orang tua lakukan adalah menentukan sekolah yang akan dituju untuk setiap jenjangnya. Saat ini ada banyak pilihan sekolah untuk anak seperti sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah Islam terpadu, dan sekolah internasional.

 

Orang tua bisa mulai melakukan survei sekolah terbaik di area tempat tinggal.

 

Buat perkiraan biaya pendidikan anak untuk setiap jenjang

menyiapkan dana pendidikan anak perlu direncanakan sejak awal dengan menabung atau investasi

Setelah menentukan sekolah, lakukan riset biaya pendidikan dan membuat perkiraan biayanya. Saat ini hampir semua sekolah memberikan informasi biaya pendidikan dengan terbuka. 

Dengan bermodalkan data tersebut, orang tua bisa membuat perkiraan biaya dengan menambahkan inflasi sekitar 10-15 % per tahun. 

 

Sebagai contoh bila biaya pendidikan seorang anak adalah sebesar Rp 20 juta pada tahun ini, maka kita bisa memperkirakan biaya pendidikannya akan naik sekitar Rp 2 juta setiap tahunnya dan 6 tahun yang akan datang naik menjadi sekitar Rp. 50 juta per tahunnya, untuk jenjang pendidikan yang sama.

 

Cek kemampuan finansial keluarga

Setelah mengetahui perkiraan biaya sekolah anak, orang tua perlu mengecek kemampuan finansial. Apakah sekolah yang dituju sudah sesuai dengan anggaran keuangan keluarga?

 

Apabila biaya sekolah melebihi anggaran, ada baiknya orang tua mencari sekolah lain yang sesuai dengan keuangan keluarga. 

 

Tetapi jangan sampai asal pilih dalam menentukan sekolah. Orang tua tetap harus menjadikan kualitas sekolah sebagai prioritas utama.

 

Pilih instrumen yang tepat untuk menyiapkan dana pendidikan

Langkah terakhir adalah memilih instrumen untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Ada beberapa instrumen yang bisa dipilih, mulai dari tabungan berjangka, asuransi, tabungan logam mulia, sampai investasi seperti reksa dana. 

 

Orang tua perlu mencermati instrumen yang dipilih agar sesuai dengan profil risiko dan tujuan dananya. 

 

Untuk perencanaan keuangan jangka pendek, pilih instrumen yang mudah dicairkan. Untuk perencanaan keuangan jangka panjang, pilih yang bisa melampaui inflasi. 

 

OVO | Invest, cara cerdas berinvestasi untuk pendidikan anak

Memiliki tiga anak dengan rentang usia balita dan 10 tahun, perjalanan mereka mengenyam pendidikan masih panjang. Untuk itu, aku dan pak suami harus mulai mempersiapkan dana pendidikan dari sekarang.

 

Dari beberapa informasi yang aku dapat seputar perencanaan keuangan untuk pendidikan anak, investasi reksa dana pasar uang adalah salah satu instrumen yang bisa dipilih untuk kebutuhan dana pendidikan jangka panjang, contohnya seperti OVO | Invest. 

 

Pasti kalian sudah tidak asing dengan aplikasi OVO ya. Di awal tahun 2021 ini, OVO bersama Bareksa meluncurkan OVO | Invest, yaitu produk reksa dana pasar uang Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. 

 

6 Alasan kamu harus memulai investasi di OVO | Invest

OVO | Invest cara mudah investasi lewat aplikasi

Bagi orang yang awam atau baru ingin memulai investasi, tentu ada rasa takut ya. Beberapa alasan orang takut investasi adalah kuatir kehilangan uang, tidak memiliki modal besar,  dan tidak paham dengan instrumen investasi itu sendiri. 

 

Dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment, OVO | Invest memiliki lima keunggulan, yaitu: 

 

  1. Proses pendaftaran mudah dan dilakukan secara online lewat aplikasi OVO.
  2. Tidak perlu modal besar. Kita bisa mulai investasi dengan hanya Rp 10.000 saja menggunakan OVO Cash. 
  3. Bebas biaya pembelian.
  4. Proses pencairan dana ke OVO Cash yang cepat dan bebas biaya admin.
  5. Bisa mendapatkan potensi keuntungan dari return investasi. 
  6. Portfolio investasi bisa dipantau dan diatur kapan saja lewat aplikasi OVO. 

 

Semua keunggulan OVO | Invest ini tentu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi dengan cara mudah. Cocok untuk yang awam seperti aku. 

 

Cara memulai investasi di OVO | Invest

Sebelum mulai berinvestasi di OVO | Invest, pastikan kamu memiliki aplikasi OVO versi terbaru dan sudah menjadi member OVO Premier ya. Setelah itu, berikut cara memulai investasinya.

Pertama, klik ikon Invest yang ada di aplikasi OVO dan melakukan pendaftaran. Pada tahap ini, kita diminta untuk mengisi data diri dan profil risiko. Setelah selesai mengisi semuanya, kita akan mendapatkan hasilnya. Ternyata aku termasuk investor konservatif nih. Selanjutnya, pendaftaran akan diverifikasi terlebih dahulu dan prosesnya memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja. 

 

cara mulai investasi OVO mudah dan online

Setelah akun terverifikasi, kita bisa langsung mulai investasi dengan klik ‘BELI’ di bagian portofolio. Untuk pembeliannya pakai OVO Cash dengan minimum investasi Rp 10.000. Jadi pastikan saldo OVO Cash kalian sudah diisi ya. Berikut adalah langkah pembelian portfolio di OVO | Invest:

Investasi reksa dana dengan nominal mulai dari 10 ribu di OVO Invest
  1. Buka halaman OVO | Invest di aplikasi, lalu klik BELI.
  2. Masukkan nominal reksa dana yang ingin dibeli. Pastikan saldo OVO Cash kalian nggak nol ya.
  3. Konfirmasi pembelian dan klik setuju.
  4. Pembelian akan diproses maksimal 3 hari bursa.

Proses pembelian sampai realisasi di portofolio sendiri butuh waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur).  Kalau sudah selesai, kalian bisa pantau portofolio dengan mudah lewat aplikasi OVO. 

perencanaan keuangan dengan investasi ovo

Bagaimana dengan pencairannya? Salah satu keunggulan lain dari OVO | Invest adalah kemudahan dalam pencairan. Kalian bisa langsung klik pencairan di aplikasi OVO dan dananya akan berpindah ke OVO Cash kalian. Ini dia langkah pencairannya:

 

  1. Buka portfolio investasi
  2. Klik button “Jual”
  3. Masukkan nominal investasi yang mau dijual
  4. Dana secara otomatis akan cair dan OVO Cash.

 

Proses pencairan dana investasi mudah dan cepat

#GercepBiarMantep siapkan dana pendidikan anak dengan OVO | Invest

Pendidikan adalah investasi masa depan anak. Jangan sampai kita sebagai orang tua mengorbankan pendidikan anak karena keterbatasan dana. Memiliki keuangan yang terbatas justru harus menjadi motivasi bagi orang tua untuk gercep mempersiapkan dana pendidikan. 

 

So, dengan adanya OVO | Invest ini, aku bisa #GercepBiarMantep menyiapkan dana pendidikan anak-anakku agar mereka bisa sekolah tinggi. Bagaimana kalau orang tua belum menyiapkan dana pendidikan. It’s better late than sorry. Kalau bukan mulai sekarang, kapan lagi? 

 

Yuk mulai siapkan dana pendidikan anak dari sekarang. Daftar ke OVO | Invest sekarang dengan klik di sini.

2 thoughts on “Cara Terbaik Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Meski Keuangan Terbatas”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *