Follow:
TRAVEL

Destinasi wisata di Purwakarta untuk liburan asyik

Entah kapan terakhir kali aku dan keluarga pergi liburan. Rasanya hampir satu tahun yang lalu. Itu pun hanya sekadar staycation satu malam saja. Padahal liburan itu termasuk kebutuhan lho agar hidup kita jadi seimbang. Istilahnya work hard, play hard. Jika sudah terlalu lama bekerja keras, kita wajib memberikan hadiah kepada diri sendiri, salah satunya ya liburan. Nah mumpung masih awal tahun nih, aku mau mulai memikirkan destinasi wisata untuk liburan asyik bersama keluarga atau teman dekat.

Destinasi wisata untuk liburan asyik

Kebanyakan orang, terutama yang tinggal di daerah Jabodetabek memilih tempat wisata populer seperti Bandung, Jogja, Bali, dan kota besar lainnya. Memang sih di kota-kota yang aku sebutkan itu fasilitasnya mendukung dan banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tapi sesekali boleh dong pilih destinasi liburan anti mainstream biar nggak bosan. Setuju?

Baca juga: Staycation di Hotel Cut Meutia dan Jalan-jalan ke Ancol

Ngomongin soal destinasi liburan yang anti mainstream, Purwakarta jadi salah satu destinasi yang layak dicoba nih. Kota yang berada di provinsi Jawa Barat ini punya berbagai destinasi wisata menarik dan tak kalah dengan kota-kota popular lainnya. Akses ke Purwakarta pun cukup mudah. Kita bisa berlibur ke Purwakarta dengan naik kereta api, bus, ataupun pesawat. Sebelum ke Purwakarta jangan lupa cek jadwalnya di Traveloka ya karena di sana kamu akan menemukan tiket serta berbagai promo menarik lainnya. Lumayan kan bisa liburan asyik dan tetap hemat dengan promo.

Destinasi wisata di Purwakarta

Penasaran apa saja sih destinasi wisata menarik yang ada di Purwakarta?

Curug Tilu Purwakarta

Salah satu destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Purwakarta adalah Curug Tilu Purwakarta. Buat kamu yang suka main air, Curug Tilu Purwakarta ini cocok untuk kamu karena wisata air ini akan memanjakan kamu dengan kesegaran air serta keindahan pemandangannya. Curug Tilu Purwakarta masih sangat asri karena belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Di sini kamu bisa mandi dan foto sepuasnya, karena di Curug Tilu Purwakarta ini banyak juga tersedia spot foto yang sangat menarik. Di sekitar Curug Tilu Purwakarta juga terdapat banyak pepohonan yang membuat pemandangan semakin sejuk. Selain itu terdapat juga bebatuan yang sangat menarik dijadikan objek foto. Lokasi Curug Tilu Purwakarta sendiri ada di daerah Ciriripi, Sukasari, Purwakarta.

Curug Tilu purwakarta Jawa Barat

Desa Sejuta Batu Purwakarta

Jika kamu ingin melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama alam Desa Sejuta Batu di Purwakarta ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Tempat ini dinamakan Desa Sejuta Batu karena di daerah ini banyak terdapat bebatuan dari berbagai ukuran mulai dari yang sangat kecil hingga yang terbesar. Sudah pasti seluruh bebatuan tersebut sangat bagus dijadikan sebagai objek foto kamu. Tidak hanya sekadar melihat bebatuan saja, di Desa Sejuta Batu tersedia berbagai aktivitas menarik dapat kamu lakukan seperti berkemah, flying fox, memancing, mendaki gunung, dan banyak lagi. Cocok buat kamu yang punya jiwa petualang. Soal makanan jangan ditanya, di daerah ini banyak disediakan berbagai hidangan kuliner serta cagar budaya. Kamu bisa menikmati berbagai kuliner khas Jawa Barat sekaligus mempelajari kebudayaan mereka. Dijamin deh kamu akan mendapatkan keseruan di Desa Sejuta Batu Purwakarta ini. Lokasi Desa Sejuta Batu berada di Desa Pasanggrahan, Kec. Tegalwaru, Purwakarta.

peta desa sejuta batu purwakarta

Gunung Lembu Purwakarta

Buat kamu anak anak pecinta alam, naik gunung pasti menjadi kegiatan yang wajib kamu lakukan bukan. Jika kamu ingin memperoleh sensasi yang berbeda kamu perlu mencoba mendaki gunung Lembu di Purwakarta ini. Gunung yang satu ini akan memberikan tantangan tersendiri buat kamu. Gunung yang letaknya berdekatan dengan Waduk Jatiluhur ini memiliki ketinggian 780 Mdpl. Walau tak begitu tinggi, kamu pasti mendapatkan keseruan saat mendaki gunung ini, karena medan pendakiannya sangat sulit. Gunung Lembu merupakan bongkahan monolit (batu raksasa). Jika kamu telah mencapai puncaknya kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah, yakni perbukitan yang indah beserta Waduk Jatiluhur yang tak kalah mempesona. Jika kamu ingin mendaki Gunung Lembu jangan lupa untuk meminta ijin dulu di Kampung Panuggal, Desa Panyindangan ya.

Destinasi wisata gunung lembu purwakarta

Pemandangan di Gunung Lembu Purwakarta

 Waduk Jatiluhur 

Kalau tempat yang satu ini pastinya sudah sangat populer bukan, yaitu Waduk Jatiluhur. Waduk Jatiluhur merupakan waduk terbesar di Indonesia. Pembuatan waduk ini sudah dimulai sejak tahun 1957 dan mulai beroperasi sejak tahun 1967. Waduk Jatiluhur mampu menyediakan air sebesar 12,9 miliar kubik per tahunnya. Pemandangan di Waduk Jatiluhur juga sangat indah dan mempesona. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas air di sini, seperti berenang,  bermain air, memancing, dan yang lainnya. Selain itu disediakan juga berbagai penginapan dan hidangan kuliner yang sangat menarik di Waduk Jatiluhur. Terakhir aku mengunjungi waduk ini adalah ketika aku mengajar di salah satu SMA negeri di Jakarta dan kami melakukan study trip ke sini. Seru banget lho!

Destinasi wisata waduk Jatiluhur

Field trip waduk Jatiluhur 2008

Mengunjungi Waduk Jatiluhur saat menemani murid-murid Field Trip di tahun 2008

***

Itu dia beberapa destinasi wisata di Purwakarta yang bisa kamu kunjungi. Gimana? Tertarik untuk liburan asyik di Purwakarta tahun ini? Kira-kira dari semua destinasi wisata di Purwakarta, mana yang teman-teman ingin kunjungi? Kalau aku sih Desa Sejuta Batu. Selamat merencanakan liburan ya!

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply