Follow:
TRAVEL

Liburan ke Solo? Jangan lupa cek tiket travel Jakarta Solo

Liburan ke Solo

Salah satu tujuan liburan yang selalu dirindukan adalah Kota Solo di Jawa Tengah. Makanya nggak heran deh kalau tiket Jakarta Solo selalu laris. Agar nggak kehabisan tiket terutama di musim liburan, ada baiknya teman-teman cek tiket travel Jakarta Solo untuk mengetahui jadwal keberangkatan dan ketersediaan tiketnya. Dengan memesan tiket travel Jakarta Solo lebih dini, kamu bisa mempersiapkan liburan dengan lebih maksimal deh.

Rute Perjalanan ke Solo Menggunakan Bus Travel

Solo terkenal berkat Sungai Bengawan Solo yang menjadi judul sebuah lagu keroncong. Kota besar di Jawa Tengah ini hingga kini masih menjaga budaya Jawa yang kental di setiap sudutnya. Inilah salah satu sebabnya kenapa Solo menjadi tujuan bagi para wisatawan luar negeri maupun lokal yang ingin menikmati suasana tenang layaknya Jawa di zaman dahulu.

keraton surakarta Solo

Untuk bisa mencapai Solo, ada beberapa sarana transportasi publik yang bisa teman-teman bisa pilih. Mulai dari jalur darat dengan menggunakan bus, mobil travel dan kereta api, hingga jalur udara menggunakan pesawat terbang. Biar perjalanan liburan jadi lebih seru, coba deh menggunakan moda transportasi jalur darat seperti bus dan travel. Moda transportasi darat ini cocok juga untuk teman-teman yang punya rencana solo travelling seperti aku (doakan cepat terlaksana yaa).

Perjalanan Jakarta Solo menggunakan bus bisa memanfaatkan jalur utara yakni melalui Jakarta – Semarang – Salatiga – Boyolali – Solo. Untuk perjalanan kembali ke Jakarta dari Solo juga bisa menggunakan jalur yang sama. Jalur keberangkatan tersebut melalui beberapa kota di Jabodetabek dan Jawa Tengah seperti Bekasi, Cikarang, Karawang, Tol Cipali, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan.

Perjalanan dari Jakarta ke Solo cukup jauh dengan jarak sekitar 530 km atau 7 – 11 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas dan jumlah pemberhentian. Aku ingat nih waktu dulu masih SD (tahun 90an), aku dan keluarga besar konvoi mengunjungi Solo menggunakan mobil. Jarak tempuh yang cukup jauh terasa melelahkan menggunakan kendaraan pribadi, apalagi kalau perginya bersama anak-anak. Oleh karena itu, perjalanan Jakarta ke Solo akan lebih ideal bila menggunakan bus atau jasa travel. Oya, aku punya beberapa tips agar rekreasi bersama anak bebas drama. Jangan lupa cek ya!

Perjalanan Jakarta Solo Kini Jauh Lebih Mudah

Perjalanan dari Jakarta ke Solo kini juga lebih mudah lho. Selain menggunakan jasa travel bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), teman-teman juga bisa menggunakan layanan bus Trans Jawa. Bus Trans Jawa memiliki rute Jakarta – Semarang – Solo. Bus ini terbilang memiliki durasi perjalanan yang lebih singkat. Adanya bus Trans Jawa ini tentu memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Jakarta ke Solo dengan keberangkatan pagi hari.

Bus yang dipakai pada perjalanan jarak jauh seperti ini tentu saja harus bus yang nyaman. Contohnya seperti bus berukuran big bus yang lengkap dengan fasilitas multimedia. Mulai dari kursi penumpang yang nyaman, adanya layar LCD, bantal, selimut, USB Charger, minuman dan makanan ringan serta AC. Titik keberangkatan yang bisa dituju penumpang di Jakarta yakni Pondok Pinang, Pulo Gebang, Pasar Rebo, Cijantung, terminal Kampung Rambutan, Kalideres, Bekasi Timur dan Cikarang. Sedangkan untuk penumpang dari Solo menuju ke Jakarta bisa berangkat dari terminal Tirtonadi kemudian berhenti di Semarang, Cikarang, Bekasi Timur dan akhirnya di Pulo Gebang.

lcd multimedia usb charger po lorena Kursi penumpang bus po agra mas yang nyaman

Untuk pengecekan tiket bus travel Jakarta ke Solo, kamu bisa melakukannya di terminal, atau di pemesanan tiket online seperti Traveloka. Di Traveloka, kamu bisa memilih waktu keberangkatan dan jasa travel yang diinginkan. Beberapa jasa travel bus yang disediakan untuk perjalanan menuju Solo dari Jakarta diantaranya adalah PO DAMRI, PO Pahala Kencana, PO LORENA, PO Agra Mas, PO Gunung Harta Solutions dan PO Mulya Indah. Sementara untuk harga tiket yang ditawarkan berkisar antara Rp. 130 ribuan hingga Rp. 200 ribuan.

tiket travel jakarta solo po lorena

po agra mas travel jakarta solo

Selain mengunjungi situs Traveloka, kamu juga bisa menginstall aplikasi Traveloka di smartphone. Beberapa kelebihan dari aplikasi Traveloka ini adalah:

  • Cek tiket lebih mudah dan akurat via smartphone.
  • Cek tiket secara akurat (real time).
  • Cek tiket bisa dilakukan kapan saja tanpa pergi ke terminal atau loket tiket.

Dengan aplikasi Traveloka, kamu bisa mengecek ketersediaan tiket maupun informasi terbaru perjalanan dari Jakarta ke Solo maupun ke kota lainnya kapan saja dibutuhkan. Oya, ada baiknya kamu mengecek tiket travel perjalanan dari Jakarta ke Solo lebih dini agar kamu bisa menyesuaikan jam keberangkatan dengan rencana perjalanan. Beberapa jam keberangkatan yang bisa kamu pilih adalah siang hari pukul 13.00, sore hari pukul 16.00 atau pagi hari pukul 07.00.

Jadi, siapa nih yang punya rencana liburan ke Solo dalam waktu dekat? Boleh dong share tempat-tempat yang asyik dikunjungi di Solo saat berlibur. Thanks for reading!

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply