Follow:
BEAUTY, HEALTH, LIFESTYLE, SKIN CARE

Manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan

manfaa teh hijau yang baik untuk kulit

Salah satu minuman favorit aku adalah teh hijau. Minuman yang berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis ini bisa disajikan dalam keadaan panas, dingin, atau dicampur dengan bahan lainnya. Selain rasanya yang nikmat, teh hijau juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Kali ini aku mau berbagi informasi tentang manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan, khususnya untuk kulit.

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi untuk melawan zat radikal bebas yang ada dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa katekin, vitamin B, kafein, kalium, dan beberapa kandungan lainnya yang semuanya baik untuk tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita dapatkan dari teh hijau. 

Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Dari sebuah studi terhadap teh hijau, senyawa polifenol yang terdapat dalam teh hijau ternyata bisa membantu melindungi kulit kita dari radiasi sinar UV lho. Selain itu senyawa ini juga bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit. 

Saat ini banyak produk kecantikan seperti pelembab yang menggunakan ekstrak daun teh hijau sebagai bahan utama. Meskipun begitu, pastikan kamu tetap menggunakan proteksi tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari ya. 

Melawan tanda penuaan dini

Salah satu manfaat teh hijau adalah kemampuannya untuk melawan tanda penuaan dini. Penuaan dini sendiri bisa terjadi akibat paparan radiasi sinar UV yang merusak kandungan kolagen dan elastin pada kulit. Efeknya, muncul kerutan dan kulit menjadi tidak kencang. 

Mengatasi masalah jerawat

Minum teh hijau tidak hanya mendetoksifikasi tubuh, tetapi penggunaan teh hijau secara topikal juga bisa membantu merawat wajah agar bebas jerawat. Adanya katekin pada teh hijau terbukti efektif melawan jerawat. Beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan manfaat teh hijau adalah dengan membuat face mist dan masker wajah dari teh hijau 

Meredakan inflamasi pada kulit

Senyawa polifenol pada teh hijau berperan sebagai anti inflamasi, menjadikan teh hijau sebagai obat alami untuk masalah iritasi pada kulit. Senyawa ini bekerja dengan cara memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit. 

Sebagai toner wajah

Teh hijau memiliki kandungan tanin dalam jumlah yang cukup tinggi. Tanin merupakan senyawa yang bersifat astringent (penyegar) yang bisa mengangkat kotoran dan sisa sel kulit mati di wajah sekaligus membantu mengecilkan pori-pori di wajah. 

Mengurangi lingkar hitam pada mata

Mata sembab dan lingkar hitam pada mata disebabkan oleh adanya retensi cairan dan pembengkakan pembuluh darah di sekitar mata. Adanya kandungan kafein dalam teh hijau berperan mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Untuk mengatasi lingkar hitam pada mata, kamu bisa mengompres mata dengan kantong teh hijau selama 10 menit. 

***

Dengan mengonsumsi teh hijau, teman-teman bisa mendapatkan manfaat baik dari teh hijau untuk kulit. Namun jangan hanya mengandalkan teh hijau saja ya, pastikan kamu juga menjalankan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga dan pola makan yang sehat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

Oya, di blog ini aku juga punya beberapa resep DIY menggunakan teh hijau yang bisa kamu coba seperti toner untuk kulit berminyak dan scrub wajah. Jangan lupa mampir ya! Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. See you on my next post!

manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan kulit
Share on
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply