Memahami berbagai jenis mesin cuci otomatis agar tidak salah beli

memahami berbagai jenis mesin cuci otomatis

Memahami berbagai jenis mesin cuci otomatis. Siapa yang di rumah masih mencuci pakaian secara manual? Jarang sekali masyarakat pada zaman sekarang yang mencuci pakaian secara manual memakai tangan. Sejak mesin cuci ada, masyarakat telah dimanjakan dalam berbagai hal. Mulai dari pencucian pakaian hingga pengeringan pakaian. Jenis mesin cuci pun dibagi menjadi dua, yakni mesin cuci manual dan otomatis. Apa perbedaan dari keduanya? Bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan detail mengenai hal tersebut di bawah ini ya.

Perbedaan Cara Kerja Mesin Cuci Manual dan Mesin Cuci Otomatis

Secara umum, mesin  cuci manual dan otomatis dibedakan dari jumlah tabungnya. Mesin cuci manual memiliki 2 tabung, sementara mesin cuci otomatis hanya memiliki satu tabung.  Secara khusus perbedaan antara mesin cuci manual dan mesin cuci otomatis dilihat dari cara kerja keduanya. Mesin cuci manual masih membutuhkan operator dalam menjalankan fungsinya. Artinya, kalian harus menekan tombol setiap kali mesin berhenti beroperasi.

Misalnya saat tahap pengeringan, kalian perlu mengeluarkan air di dalam mesin kemudian memindahkan baju yang telah dicuci ke tabung pengeringan di sebelahnya. Sementara mesin cuci otomatis dapat melakukan pengeringan sekaligus tanpa perlu memindahkan baju ke tabung pengeringan.

Selain perbedaan di atas, terdapat perbedaan dalam hal lainnya, yakni harga mesin cuci manual lebih terjangkau dibanding mesin cuci otomatis. Mesin cuci otomatis juga lebih efisien dalam pekerjaannya meski lebih boros dibanding mesin cuci manual.

Jenis-jenis Mesin Cuci Otomatis

Mesin cuci otomatis dibagi lagi menjadi 2 jenis, yakni mesin cuci 1 tabung top loading dan mesin cuci 1 tabung front loading. Berikut ini penjelasan detail perbedaan dari kedua jenis mesin cuci tersebut:

1. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Mesin cuci top loading merupakan pengembangan dari mesin cuci manual atau mesin cuci 2 tabung. Cara kerjanya juga lebih efisien karena tabung pencucian dan pengeringan menjadi satu alias tidak perlu memindahkan dari tabung satu ke tabung lainnya untuk proses pengeringan. Selain itu, pengisian air, membilas, hingga memeras cucian juga dilakukan otomatis. Jadi, kalian bisa melakukan pekerjaan lain selagi menunggu cucian kalian semi kering.

Mesin cuci top loading ternyata memubutuhkan air lenih banyak dibandingkan mesin cuci otomatis front loading
Mesin cuci top loading ternyata memubutuhkan air lenih banyak dibandingkan mesin cuci otomatis front loading

Ya. Tingkat kekeringan dari mesin cuci 1 tabung top loading ini hanya 70% serta volume air yang dibutuhkan lebih banyak. Harganya pun lebih mahal dibanding mesin cuci manual 2 tabung. Hal itu yang menjadi kekurangan dari mesin cuci 1 tabung top loading ini.

2. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Kelebihan mesin cuci 1 tabung front loading secara umum sama dengan mesin cuci 1 tabung top loading, yakni secara otomatis melakukan pengisian air, mencuci, membilas, hingga mengeringkan pakaian. Namun, secara khusus. mesin cuci front loading ini lebih efektif dibanding dari mesin cuci 1 tabung top loading. Arah putaran mesin cuci ini vertikal meski desainnya horizontal. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri karena meminimalisir kerusakan bahan pakaian.

Mesin cuci otomatis front loading atau bukaan depan yang bisa mengeringkan pakaian hingga 90%
Mesin cuci otomatis front loading atau bukaan depan yang bisa mengeringkan pakaian hingga 90%

Selain itu, mesin cuci 1 tabung front loading ini memiliki tingkat kekeringan hingga 90%. Volume air yang digunakan pun lebih sedikit dibanding jenis mesin cuci sebelumnya. Cara kerja yang sangat efektif dari jenis mesin cuci ini menjadikan harganya relatif mahal dari jenis mesin cuci lainnya dan membutuhkan daya listrik cukup tinggi. Detergen yang digunakan pun juga harus khusus.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

Kendati masyarakat awam sudah familiar dengan mesin cuci otomatis. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui cara menggunakan mesin cuci otomatis yang benar sehingga membuatnya lebih awet. Apalagi penggunaan mesin cuci otomatis berbeda dengan mesin cuci manual yang bisa diawasi. 

Cara menggunakan mesin cuci otomatis dengan benar secara garis besar dimulai dengan tahap memisahkan pakaian. Setelah itu masukkan pakaian ke dalam mesin cuci. Jika sudah, lanjutkan dengan mengatur putaran mesin cuci, apakah menggunakan siklus lembut, normal, dan permanen. Pengaturan ini harus kalian sesuaikan dengan bahan kain yang kalian cuci. Kemudian tambahkan deterjen ke dalam mesin cuci dan terakhir, segera jemur setelah mencuci selesai. 

Itu dia informasi mengenai jenis mesin cuci otomatis yang bisa kalian jadikan referensi. Sekaligus mengenai cara menggunakan mesin cuci otomatis dengan benar. Semoga informasi bermanfaat untuk kalian ya! 

1 thought on “Memahami berbagai jenis mesin cuci otomatis agar tidak salah beli”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *