Memilih Sepatu Bot sesuai Bentuk Tubuh

Happy Tuesday, pretty ladies!
Sepatu bot (boots) merupakan jenis sepatu yang umumnya dipakai di negara yang memiliki musim gugur dan musim dingin. Sepatu bot digunakan pada dua musim tersebut untuk menjaga kaki tetap hangat. Namun seiring perkembangan jaman, sepatu bot kini bisa digunakan kapanpun dan di manapun, termasuk di negara tropis seperti Indonesia. Sepatu bot kini telah menjadi must-have fashion item yang bisa membuat penampilan kamu tambah fashionable. Sepatu bot sendiri banyak sekali jenisnya, sebut saja chelsea boots, ankle boots, knee-high boots, peep-toe boots, dan masih banyak lagi. Banyaknya jenis sepatu bot ini membuat pretty ladies kadang bingung harus memilih model sepatu bot yang paling pas. Kali ini, Tya akan berbagi tip bagaimana memilih sepatu bot sesuai dengan bentuk tubuh. 

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu bot yang pas dengan bentuk tubuh kita adalah panjang sepatu bot. berdasarkan panjangnya, sepatu bot bisa dibagi menjadi: ankle length boots (panjang se-mata kaki), calf length boots (panjang sebetis), knee length boots (panjang selutut), dan over knee length boots (panjang lebih dari lulut/mendekati paha). 

Ankle length boots 

Sepatu bot dengan panjang se-mata kaki ini merupakan jenis sepatu bot yang paling banyak dijumpai. Model ini sangat populer karena memang modelnya cocok untuk dikenakan dalam berbagai acara, baik acara formal maupun ke acara non formal. Selain itu model ini bisa sangat fleksibel untuk dipadu padankan dengan berbagai fashion item lainnya seperti celana, rok, bahkan dress. Ankle length boots bisa dipakai oleh bentuk tubuh apapun, langsing atau curvy, tinggi ataupun pendek. 
Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bagi kamu yang memiliki tubuh pendek dan kurus, pilih ankle boots dengan hak yang cukup tinggi untuk memberikan ilusi kaki lebih panjang dan tubuh terlihat lebih tinggi. Padukan ankle boots dengan celana denim ketat atau leggings dengan warna senada sehingga kaki terlihat lebih jenjang. Ankle boots juga bisa dipadukan dengan dress dengan catatan dress yang harus dikenakan adalah dress pendek agar tubuh tidak terlihat tambah pendek. 
Bagi mereka yang memiliki bentuk tubuh Apple, Rectangle, dan Triangle, pilih ankle boots dengan hak wedges atau stacked (tebal). Kedua model hak tersebut bisa membantu tubuh bagian atas dan bagian bawah terlihat proporsional dan seimbang. Selain itu, model hak tersebut nyaman digunakan untuk mereka yang bertubuh besar. 

Calf length boots

Sepatu bot dengan panjang sebetis ini hanya cocok digunakan oleh pretty ladies yang memiliki bentuk tubuh proporsional seperti Hourglass (jam pasir) dan Inverted Triangle (segitiga terbalik, bagian tubuh atas lebih besar dibandingkan tubuh bawah). Kedua bentuk tubuh ini memiliki kaki yang jenjang dengan betis kecil. Untuk mereka dengan kedua bentuk tubuh tersebut dan tinggi, mereka bisa menggunakan calf boots tanpa hak, sedangkan untuk yang bertubuh pendek sebaiknya pilih calf boots dengan hak agar tubuh terlihat lebih tinggi. Bentuk tubuh Apple, Triangle, dan Rectangle sebaiknya menghindari sepatu bot model ini karena bisa membuat tubuh terutama di bagian kaki terlihat semakin besar. 

Knee length boots

Sepatu bot dengan panjang selutut ini cocok untuk digunakan oleh pretty ladies dengan bentuk tubuh apapun. Model sepatu bot ini sangat populer digunakan di musim gugur dan musim dingin. Semakin berkembangnya dunia fashion, sepatu bot ini telah mengalami modifikasi terutama dari segi bahan, sehingga bisa digunakan pada musim apapun. Knee length boots memberikan efek kaki yang lebih panjang dan ramping. Selain itu, sepatu bot model ini juga sangat mudah dipadu padankan dengan berbagai jenis pakaian.
Buat ladies yang memiliki kaki pendek, hindari sepatu bot dengan panjang selutut dengan detail horizontal seperti gesper atau tali karena akan membuat kaki akan terlihat semakin pendek. Untuk tampil lebih formal, gunakan knee length boots dengan hak tinggi. Sebaliknya, untuk tampil casual, gunakan knee length boots tanpa hak. 

Over knee length boots

Sepatu bot dengan panjang di atas lutut akan terlihat sangat pas digunakan oleh pretty ladies yang bertubuh tinggi dan langsing. Dengan menggunakan sepatu bot di atas lutut, pretty ladies akan mendapatkan tampilan yang seksi dan edgy. Buat kamu yang memiliki tubuh pendek sebaiknya hindari sepatu bot ini karena akan membuat tubuh terlihat lebih pendek. Selain itu, model sepatu bot ini juga kurang cocok untuk mereka yang berbadan besar karena akan membuat kaki terlihat lebih besar dan pendek. 
*** 
Nah itu dia jenis sepatu bot yang bisa kamu pilih sesuai dengan bentuk tubuh. Apapun bentuk tubuh pretty ladies, hal yang paling penting tentu saja rasa percaya diri saat menggunakan sepatu bot. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua menemukan sepatu bot yang oke ya. 
Thanks for reading! 

23 thoughts on “Memilih Sepatu Bot sesuai Bentuk Tubuh”

  1. sepatu bot yang kutau….. yang panjangnya hampir sebetis, terbuat dari karet, dan dipake buat hujan2an Ty. Huahahahahahhahaa

    1. Haha, gadis, mungkin orang yang kamu lihat itu akuuh. Soalnya waktu kemarin sempat beli boots dan taunya itu calf boot dan betis aku yang udah kaya talas bogor pas pake calf boots jadi kaya kaki gajah. Hiks..

      Eh tapi aku tetep pede siih. wkwkwkkwkw (bedanya tipis antara pede sama nggak tahu malu)

  2. Aku selalu nggak pede pakai boots karena kayaknya bikin kaki jadi kelihatan kecil dan jomplang ama badan besarku hahaha. Mungkin akan lebih cocok pakai ankle boots ya yang modelannya wedges. Thanks kak tipsnya! 🙂

    1. Putri, kalau boots-nya yang model stilleto heels gitu emang bikin kaki kelihatan kecil, kurang pas kalau untuk yang badannya besar karena jadi nggak balance. Coba yang hak wedges atau yang stacked gitu… pasti kece deeeh….

  3. Tya, orang bertubuh pendek pakai over knee boots malah jadi keliatan tinggi tauuu, hehehhee. Entah kenapa selalu berasa lebih sexy kalau pas pake over knee bootsku hhahahaaaa thats just my opinion.

  4. kalau aku pede pede aja kok pake boots. tapi belum kebeli *eh jadi curhat, hehe. Kalau aku mba suka pake rok panjang, bagusnya pake ankle booth ya? karena aku kurang tinggi pake hak nya, apa aja atau gak pake hak juga gak apa-apa? Memang dari dulu niat punya boots. Tapi masih bingung beli yang seperti apa. 🙂

    1. Iya pake rok bisa pake ankle boots. Atau pakai rok midi terus pake knee length boots juga keren tuh. Kalau untuk yang badannya gemuk dan nggak tinggi, sebaiknya sih pake hak agar kelihatan lebih langsing dan tinggi. Aku soalnya pengalaman nih, punya sepatu bot tapi nggak ada haknya, udah gitu model calf boots pula. Jadinya di aku kaya aku tambah pendek dan gemuk. Hihihi

  5. Huwaaaahh.. topiknya menarik mba. Hehe.. aku suka banget sama boots. Cuma ga suka yg haknya runcing dan kurang suka juga yg haknya terlalu tinggi, paling 3-5cm aja heel boots yg aku suka. 😀

  6. Membeli sepatu bot memang mudah, tetapi memilih yang sesuai dengan bentuk tubuh-lah yang susah.. Artikel ini sangat membantu untuk hal ini..

    Thanks Min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *