Morning Skincare Routine untuk usia 30an dengan CTMP

morning skincare routine untuk usia 30an

Morning Skincare Routine untuk usia 30an dengan CTMP. Setelah sekian purnama nggak nengokin blog, aku baru sadar kalau udah lama banget nggak nulis konten beauty. Kali ini aku mau sharing rutinitas perawatan wajah aku dan juga produk skincare yang saat ini aku pakai. Let’s go!

Karena kesibukan (ini kayanya alasan klasik Tya), aku tuh cukup sering skip pakai produk perawatan wajah. Bahkan skincare basic seperti pakai sunscreen pun aku skip! Ketika ngelihat wajah sendiri di kaca dan menemukan beberapa jerawat dan fine lines, jelas aku syok. Belum lagi wajah aku tuh kelihatan nggak segar dan kusam. That’s the moment I realise that I MUSTN’T SKIP MY SKINCARE ROUTINE EVER!

Jadi, sekarang aku berusaha gimana caranya agar tetap rutin pakai skincare sesibuk apapun. Belakangan ini aku pun sampai pasang alarm biar nggak kelupaan. 

CTMP Tahapan dasar skincare

Setelah decluttering meja rias, aku juga baru sadar kalau ada beberapa produk perawatan wajah yang menumpuk seperti pelembab dan serum. Meskipun begitu, aku selalu berpatokan pada CTMP.

Apa sih CTMP itu? CTMP adalah Cleansing, Toning, Moisturizing, and Protecting. Jadi CTMP ini adalah tahapan dasar dalam penggunaan skincare sekaligus menjadi patokan produk apa saja yang bisa digunakan. 

Cleansing

Sesuai namanya, cleansing adalah tahapan pertama yang fungsinya untuk membersihkan wajah dari sisa kotoran, debu, dan makeup di wajah. Produk yang dipakai pada tahap ini adalah pembersih wajah seperti oil cleanser, cleansing balm, micellar water, dan facial foam. 

Toning

Ini adalah urutan kedua penggunaan skincare. Fungsi toning adalah untuk membersikan lebih dalam sisa kotoran yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan cleansing. Produk yang masuk dalam kategori toning adalah face toner. Toner sendiri ada beberapa macam, yaitu hydrating toner untuk memberikan kelembaban pada wajah, exfoliating toner untuk mengeksfoliasi wajah, dan brightening toner untuk mencerahkan wajah. 

Seiring teknologi, sekarang banyak produk toner yang menggabungkan ketiga fungsi toner dan manfaat lainnya. Mana yang paling pas? Tinggal pilih aja sesuai kebutuhan.

Moisturizing

Urutan ketiga dalam menggunakan skincare adalah moisturizing atau menggunakan pelembab. Kalau ini pasti kalian sudah tidak asing lagi ya. Produk pelembab sekarang sudah sangat bervariasi dan menawarkan benefit yang lengkap. Balik lagi, tinggal cari pelembab yang paling cocok untuk kulit kalian. 

Protecting

Tahapan terakhir dalam menggunakan produk perawatan wajah adalah protecting. Tujuan dari tahapan ini adalah untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari. Yups, produk dalam tahap ini adalah sunscreen. Penggunaan sunscreen ini wajib ya walaupun kalian hanya ada di dalam ruangan karena sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan lho.

Itu dia sekilas tentang CTMP ya. Kapan-kapan aku akan tulis perihal CTMP ini yang lebih detil. 

Morning skincare routine, tahapan skincare aku di pagi hari

Back to the topic, berikut ini adalah morning skincare routine aku berikut produk yang saat ini aku gunakan. Biar jelas urutannya, aku akan tulis dalam bentuk listing ya dan aku tambahkan kode C/T/M/P untuk menandakan kategorinya. 

1. Micellar Water (C) 

Produk skincare yang aku pakai pertama kali di pagi hari adalah micellar water. Meskipun wajah sudah bebas dari makeup, aku tetap menggunakan micellar water untuk memastikan wajah aku benar-benar bersih. 

Saat ini aku menggunakan beberapa produk micellar water yang berbeda karena memang numpuk di meja rias. Tetapi semua produk micellar water yang aku pakai ini cocok untuk kulit aku yang sekarang masuk kategori kombinasi – berminyak. 

Beberapa micellar water yang aku pakai adalah: Airul Smooth & Pure Micellar Cleansing Water, Garnier Micellar Cleansing Water, Biore Perfect Cleansing Water, dan L’Oreal Revitalift Crystal Micellar Water.

Produk skincare yang masuk dalam kategori Cleansing dalam CTMP
Produk skincare yang masuk dalam tahap Cleansing (C): Senka Perfect Whip, Garnier Micellar Water, dan L’Oreal Revitalift Micellar Water

2. Senka Perfect Whip (C)

Next, aku menggunakan sabun pembersih wajah dari Senka yaitu Senka Perfect Whip Facial Foam. Menurut aku sabun wajah ini cocok banget untuk di pagi hari karena teksturnya yang lembut dan busanya yang bouncy dan padat bikin kulit terasa lembab maksimal. 

Oya, untuk menghasilkan busa berlimpah, aku menggunakan foam maker. Cukup dengan sedikit produk, busa yang dihasilkan tuh banyak dan bisa nutup seluruh wajah dengan busa. Enak deh pokoknya. Wanginya juga menenangkan. 

3. L’Oreal White Perfect Whitening and Moisturizing Toner (T)

Nyobain toner ini karena memang beberapa bulan terakhir aku sedang ada kerjasama dengan L’Oreal dan ini adalah salah satu produk yang mereka kirimkan. Sebetulnya sih ini produknya sepaket dengan milk lotion, cuma entah kenapa aku kurang cocok sama milk lotionnya.

Anyway, toner ini katanya bisa mencerahkan kulit wajah sekaligus melembabkan. Kalau lihat dari komposisinya, ternyata toner ini juga mengandung bahan peeling Pro-Exfoliate untuk menghaluskan kulit. Jadi bisa dibilang produk ini termasuk exfoliating toner tapi levelnya mild. 

4. L’Oreal Revitalift Crystal Micro Essence 

Produk berikutnya yang aku pakai adalah essence dari L’Oreal Paris. Awalnya tuh aku sempat nggak cocok pakai essence ini dan wajah jadi beruntusan. Sempat sedih sih karena essence ini harganya lumayan bikin nangis. 

Ternyata masalahnya bukan di produknya, tetapi cara pakai aku yang kurang tepat. Sebelumnya aku pakai essence ini asal tuang aja terus templokin ke wajah. Ternyata kebanyakan essence malah bikin beruntusan. Setelah aku kurangi jadi cuma 3-4 tetes aja, hasilnya oke banget doong. 

5. Bellflower Camu Camu Blemish Care Serum 

Tahap berikutnya adalah menggunakan serum. Ngomongin serum, kulit aku tuh kayanya nerima apa saja serum yang aku pakai. 

Waktu kulit aku beruntusan, aku skip pakai essence dan langsung pakai serum ini. Hasilnya ulala, beruntusan aku beneran hilang dong dan kulit jadi smooth lagi. So far serum yang ini hasilnya nggak kaleng-kaleng. Aku akan review lebih detil di postingan berikutnya ya. 

lengkapi morning skincare routine dengan Serum wajah Bellflower Camu camu blemish Care serum bisa membantu mengurangi masalah beruntusan di wajah
Serum wajah Bellflower Camu Camu Blemish Care serum bisa membantu mengurangi masalah beruntusan di wajah

6. L’Oreal Revitalift Crystal Gel Moisturizer

Setelah pakai serum, produk berikutnya yang aku pakai adalah moisturizer. Berhubung kondisi kulit aku sekarang lebih ke kombinasi (sebelumnya berminyak), aku sempat skeptis moisturizer gel ini nggak akan bisa menghidrasi area wajah yang kering. Surprisingly, pelembab ini kemampuan menghidrasinya bagus banget lho! Senengnya lagi sejak pakai produk ini, area wajah yang biasanya berminyak jadi lebih matte.

penggunaan moisturizer dalam morning skincare routine untuk kulit berminyak.
penggunaan moisturizer L’Oreal Revitalift Crystal Fresh Hydrating Gel Cream dalam morning skincare routine cocok untuk kulit berminyak.

7. L’Oreal UV Defender Sunscreen

Semua rangkaian produk perawatan wajah di atas ditutup dengan penggunaan sunscreen. Pembaca setia blog ini pasti tahu kalau aku tuh dulu males banget pakai sunscreen. Sekarang, bisa dibilang sunscreen adalah produk skincare yang paling boros aku pakai. Yup, karena sesering itu aku pakai sunscreen. Dalam sehari aku bisa pakai berulang kali. 

L’Oreal UV Defender nee UV Perfect sejauh ini adalah sunscreen yang paling cocok di wajah aku tanpa meninggalkan rasa lengket dan whitecast. Saat diaplikasikan, sunscreen ini juga cepat meresap ke dalam kulit. 

Tahap akhir morning skincare routine adalah penggunaan sunscreen
Penggunaan sunscreen sangat penting dan jadi tahap terakhir CTMP.

Layering morning skincare routine untuk mendapatkan hasil maksimal

Dengan segitu banyaknya produk yang dipakai, apa nggak tebel itu muka? Well, aplikasinya ya satu satu dong. Masa iya ditemplokin semua barengan? Hehehe. 

Meskipun dipakai satu per satu, tetap perlu ada teknik layeringnya.

Ada yang bilang kalau layering skincare itu perlu ada jeda beberapa menit antar produk. Bahkan ada yang bilang harus tunggu 10 menit. Alasannya tentu agar mendapatkan manfaat maksimal dari tiap produk yang dipakai. 

Tapi ini nggak berlaku untuk aku. Dengan tiga anak di rumah, kebayang dong kalau aku mesti nungguin sampai semua layer selesai. Yang ada bocil keburu menjerit kelaparan karena sarapannya belum siap.

Trik yang aku lakukan adalah menunggu sampai produk benar-benar meresap ke kulit sebelum lanjut menggunakan produk berikutnya.

Tahunya produknya sudah meresap dari mana? Ya tinggal diraba aja kulitnya. Kalau kulit sudah tidak terasa lengket atau basah, tandanya produk sudah meresap dan kulit siap untuk menerima produk berikutnya.


Segitu dulu aja share morning skincare routine aku di usia 30an (mendekati 40 sih). Buat kalian yang seumuran sama aku, semoga tulisan ini bisa jadi referensi produk untuk perawatan kulit wajah kalian yaa.

Jangan lupa baca night skincare routine aku juga ya! Siapa tahu produk skincare yang kita pakai samaan.

Thanks for reading!

11 thoughts on “Morning Skincare Routine untuk usia 30an dengan CTMP”

  1. Usiaku sudah lewat nih, 40 saja plus khikhikhi. Tapi memang ya perawatan itu penting banget dimulai sejak dini. Dulu aku mulai skincare usia 20an deh, ikutin temen-temen awalnya. Btw makasih sharingnya ya, Mba

  2. Skincare rutin dan disiplin nih tntangan ya mbak Tia.
    Aku kdng msh berhenti di mencuci wajah, apalagi kalau di rumah doank. Justru pas keluar rumah rajinnya haha
    Kudu diganti nih biar dapat kuli yang kinclong dan sehat pastinya yaa
    Tengku triknya kadang tu suka gak sabaran nunggui satu layer skincare satu kering haha, maunya cepet selesai aja, kalau malam nih gini2 cucoknya kyknya 😀

  3. Kemasan skincarenya juga elegan nih mba. Aku penasaran dengan sabun wajahnya senka perfect whip. Sepertinya aku tertarik utk mencoba dari memakai sabunnya dulu. Skin care emang perlu bnget bagi kita yg sudah usia di atas 30

  4. Eh, iya kak Tya..
    Aku juga suka banget pakai produk Senka Perfect Whip. Tapi karena kemarin kepo sama merk lain, aku gak repurchased. Dan menyesal doonk…hiiks~
    Sekarang kudu sampai habis dulu baru bisa ganti Senka Perfect Whip lagi. Cocok di kulitku..

  5. Pernah pakai senka juga saya mbak untuk pembersih wajah. Emang enak banget karena dia base on water kan. Jadinya terasa bersih dan lembut di kulit. Btw thanks untjk tahapan morning rutinnya. Yang masih belum pakai , cuma protektionnya nih.

  6. Emang kalau udah usia 30+ kudu ekstra ngerawat wajah ya kak, biar selalu sehat dan paling gak bebas flek hitam ya.
    Aku belum pernah sih pakai produk Senka, tapi sepertinya wajib pakai juga nih. Recommend

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *