Follow:
TRAVEL

Pengalaman Membeli Tiket Jetstar ke Singapura

pengalaman membeli tiket Jetstar Singapura

Pernah nggak kamu membeli tiket Jetstar? Jetstar adalah maskapai low cost carrier Australia, anak dari Qantas Airlines. Kali ini aku akan membahas pengalaman berlibur saudara aku ke Singapura naik Jetstar nih. Kalau aku sendiri sih belum kesampaian nih liburan. Hihihi.

Liburan Low Budget ke Singapura

Adikku dan keluarganya berlibur ke Singapura bulan Maret lalu tahun. Kenapa harus bulan Maret? Karena Maret adalah low season untuk berlibur di Singapura. Tidak banyak orang yang liburan, jadi harga tiket lebih murah. Kalau ingin bersenang-senang dan tetap hemat, pilihlah tanggal yang sepi. Selain itu, adikku kebetulan memang ada urusan kerjaan di Singapura selama seminggu. Daripada jenuh dengan urusan kantor, ya sekalian lah ke Singapura dijadikan getaway trip bersama keluarga. Apalagi Singapura kan dekat dengan Jakarta, jadi persiapan liburannya nggak ribet.

Baca juga: Staycation di Hotel Sofyan Cut Meutia dan Jalan-jalan di Monas

Mencari Tiket ke Singapura Lewat Traveloka

Karena ini hanya short getaway trip yang super budget, adikku bilang kalau dia harus menghemat biaya sebanyak mungkin. Apalagi kan ke sana urusan kerjaan juga ya. Untungnya sekarang sudah banyak penerbangan langsung dari Jakarta ke Singapura dengan low cost carrier, termasuk salah satunya Jetstar.

Biar nggak pusing mencari tiket murah sesuai budget, aku menyarankan adikku untuk mencari tiket murah lewat aplikasi Traveloka. Buat yang belum familiar dengan aplikasi ini, aplikasi Traveloka sangat praktis digunakan lho. Kita bisa mencari tiket berdasarkan budget kita. Cocok sekali pokoknya buat kaum hemat kayak aku dan adikku ini. Recommended deh! Nah, dengan menggunakan fitur ini, kita bisa mendapatkan tiket Jetstar yang murah.

Kalau pergi liburannya sebentar saja, biasanya barang bawaan juga tidak banyak. Jadi nggak perlu bagasi pun nggak masalah.  Kalau tidak membawa bagasi, kita bisa menghemat paling tidak Rp200.000,00 lho.

Buat teman-teman yang domisili Jakarta dan sekitarnya, tentu memilih tiket berangkat dari bandara internasional Soekarno-Hatta. Sayangnya di Cengkareng belum ada konter self check in untuk Jetstar, jadi kalau kalian naik low cost carrier ini usahakan sudah ada di bandara 3 jam sebelum penerbangan untuk check in ya. Nah kalau di bandara Changi Singapura sudah ada konter self check in untuk Jetstar sehingga check in bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Tapi jangan kuatir, staf Jetstar selalu siap sedia membantu jika kamu mengalami masalah saat check in.

Baca juga: Antar jemput bandara Traveloka, perjalanan nyaman dan aman

Naik Jetstar ke Negeri Singa

Pesawat yang digunakan Jetstar berjenis Airbus A320 dan Airbus A330. Walaupun pesawat budget, kondisi kabin cukup nyaman untuk perjalanan ke Singapura yang memakan waktu 1 jam 55 menit. Kursi penumpang di kabin berjarak cukup berdekatan, tetapi masih lumayan lega sih. Tapi mungkin untuk kamu yang berbadan tinggi bakal agak kesempitan.

Seperti maskapai pada umumnya, kita bisa membeli makanan atau minuman di kabin. Tapi, tentu saja harganya tidak ramah di kantong petualang dengan budget terbatas. Untungnya perjalanan hanya sebentar dan kita bisa mengakali ini dengan membawa bekal dari rumah. Kalau teman-teman ingin hemat, aku menyarankan untuk menyiapkan makanan sendiri saja dan makan di bandara sambil menunggu pesawat.

Meskipun aku pribadi belum pernah naik Jetstar ke Singapura, aku mendapatkan informasi dari beberapa teman yang sudah pernah menggunakan maskapai ini dan rata-rata pada senang dengan pelayanannya. Yang paling mereka suka adalah pesawatnya sangat tepat waktu. Tidak perlu menunggu karena delay. Pramugari di pesawat pun ramah. Biarpun murah, pelayanan Jetstar jelas tidak murahan. Ini nih yang penting.

Kartu Imigrasi

Di pesawat, pramugari akan memberikan kartu imigrasi. Kartu ini harus diisi secara lengkap dengan data diri, alasan dan lama stay di Singapura, alamat tempat tinggal selama di Singapura, dan lain-lain. Jadi sebaiknya sedia alat tulis seperti pulpen saat di pesawat.

Kartu yang sudah diisi harus ditunjukkan di imigrasi saat di bandara Changi. Simpan kartu ini baik-baik karena saat kembali ke Indonesia kartu tersebut akan diambil kembali oleh imigrasi Singapura. Jangan sampai hilang, bisa-bisa kamu tidak pulang!

Saat perjalanan pulang ke Indonesia dari Singapura, kamu juga akan mendapatkan kertas imigrasi dari pemerintah Indonesia. Kertas ini harus dikumpulkan di imigrasi bandara Soekarno-Hatta.

Penilaian Akhir

Secara keseluruhan, Jetstar adalah low cost carrier yang layak dipertimbangkan untuk penerbangan internasional. Apalagi yang berjarak dekat seperti ke Singapura. Pelayanannya cukup baik untuk ukuran maskapai murah. Hanya saja untuk perjalanan jauh mungkin kurang nyaman.

Tips lain untuk mendapatkan tiket murah, pastikan kamu memilih low season untuk berlibur. Tapi, kalau memang harus pergi saat high season, carilah tiket dari jauh hari supaya mendapatkan harga lebih murah. Lebih murah lagi kalau memanfaatkan promo.

Demikianlah review aku mengenai terbang bersama Jetstar. Selamat berburu tiket Jetstar murah untuk liburan kamu selanjutnya! See you on my next post!

Share on
Previous Post Next Post

No Comments

Leave a Reply