Program Kesehatan Terbaik Malaysia Healthcare: Cardiology, Oncology, Fertility

Layanan Kesehatan Terbaik Malaysia Healthcare: Cardiology, Oncology, Fertility

Program Kesehatan Terbaik Malaysia Healthcare: Cardiology, Oncology, Fertility. Apa kabar? Semoga siapa saja yang membaca tulisan ini sehat ya. Tidak terasa sudah satu tahun aku dan keluarga bertahan di rumah saja lho. Bagaimana dengan kamu?

Adanya pandemi menyadarkan aku bahwa kesehatan adalah nikmat Allah yang harus disyukuri dan perlu dijaga baik-baik. 

Kami pun sedikit demi sedikit mulai mengubah gaya hidup seperti mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, olahraga teratur, sampai menjaga agar pikiran tidak stress dengan melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga.

Meskipun tubuh sudah dijaga dengan baik, kadang masih saja kecolongan dan sakit. Kalau sudah begini tentu tidak boleh dibiarkan saja ya. Perlu konsultasi dengan dokter dan berobat agar sakitnya bisa ditangani dengan tepat. 

Mengenal lebih dekat Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)

Ngomongin tentang berobat, sekarang banyak lho yang berobat sambil jalan-jalan atau yang lebih dikenal dengan sebutan wisata medis. Salah satu negara yang terkenal dengan wisata medisnya adalah Malaysia.

Fasilitas berkualitas dan harga terjangkau adalah dua alasan utama kenapa Malaysia menjadi pilihan. Plus, jaraknya dekat dari Indonesia dan bisa sambil liburan.

Malaysia Healthcare Tourism Council (MHTC) adalah organisasi yang didirikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta terkemuka di Malaysia. Sejak didirikan pada tahun 2009, MHTC menjadi fasilitator dan pusat informasi bagi pasien yang ingin berobat atau membutuhkan informasi tentang pelayanan kesehatan di Malaysia. 

Malaysia Healthcare Travel Council

Malaysia  Healthcare Travel Council (MHTC) berkantor pusat di Kuala  Lumpur, Malaysia dan punya perwakilan di beberapa  negara seperti Indonesia, China, Myanmar, Vietnam. 

Dengan tagline “Quality Care for Your Peace of Mind”, MHTC berkolaborasi dengan berbagai elemen industri seperti agen perjalanan, hotel, perusahaan penerbangan, dan tentunya fasilitas kesehatan terbaik Malaysia. Pengunjung akan dimanjakan dengan pelayanan yang prima di setiap tahap mulai dari kedatangan hingga saat tiba di Malaysia. Tidak heran kalau pelayanan kesehatan Malaysia menjadi yang terbaik. 

Layanan Kesehatan unggulan dari MHTC

Saat ini MHTC sangat concern pada 3 jenis pengobatan, yaitu Fertility, Cardiology, dan Oncology. Di tahun 2020, MHTC mendapatkan penghargaan sebagai “The Fertility and Cardiology Hub of Asia”. Beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan MHTC fokus pada ketiga jenis pengobatan tersebut.

Fertility (Masalah Kesuburan)

Memiliki keturunan adalah dambaan setiap pasangan. Namun tidak semua pasangan diberikan anugerah dalam kemudahan memiliki anak. Contoh saja kakak aku yang sudah bertahun-tahun menanti anak dan bolak balik berobat ke klinik fertilitas, tetapi hasilnya tetap nihil. 

Banyak orang yang masih menganggap masalah kesuburan sepenuhnya ada di pihak wanita. Padahal, baik pria maupun wanita bisa tidak subur. Beberapa faktor penyebab ketidaksuburan diantaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, nutrisi, emosi, dan lainnya. 

Treatment PIEZO-ICSI, salah satu teknologi canggih yang digunakan dalam program bayi tabung IVF
Treatment PIEZO-ICSI, salah satu teknologi canggih yang digunakan dalam program bayi tabung IVF (Sumber: https://www.alphafertilitycentre.com/)

Bagi pasutri yang mendambakan anak, Malaysia memiliki rumah sakit terbaik yang khusus menangani masalah fertilitas, diantaranya: 

  • Alpha Fertility Centre
  • Genesis IVF & Women’s Specialist Centre
  • KL Fertility Centre

Dengan fasilitas peralatan berteknologi canggih, perawatan In Vitro Fertilization (IVF) atau yang dikenal dengan program bayi tabung memiliki tingkat keberhasilan tinggi, yaitu 55-60%.

Selain IVF, perawatan fertilitas lainnya yang ditawarkan adalah:

  • Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI)
  • Preimplantation Genetic Diagnosis (PGD)
  • Preimplantation Genetic Screening (PGS)

Cardiology (Penyakit Jantung)

Salah satu rumah sakit unggulan Malaysia yang fokus menangani masalah jantung adalah Institut Jantung Negara (IJN). Berlokasi di Kuala Lumpur, rumah sakit kardiologi ini merupakan pusat jantung independen terbesar di seluruh kawasan Asia Tenggara dan terakreditasi internasional. 

Saat ini  IJN punya tiga tindakan baru dalam perawatan kardiologi di Malaysia, yaitu:

  • Penggantian Total Hybrid Aortic Arch
  • Penggantian Total Hybrid Aortic Arch
  • Operasi Arterial Switch

Ada banyak prosedur pengobatan penyakit jantung yang menjadi spesialisasi tenaga medis di Malaysia, diantaranya:

  • Coronary Artery Bypass Grafting (CABG)
  • Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA)
  • Percutaneous Coronary Intervention (PCI)
  • Angiogram/Angiografi
  • Bedah Thoraks dan Kardiovaskular
Stetoskop dan hasil elektrokardiogram EKG untuk penyakit jantung

Selain IJN, Malaysia memiliki rumah sakit kardiologi lainnya yang tersebar di berbagai area, seperti Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur, Gleneagles Penang, dan KPJ Johor Specialist Hospital. 

Oncology (Penyakit Kanker)

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti gaya hidup sedentari dan polusi. Lima kanker dengan urutan tertinggi di dunia adalah kanker paru-paru, kanker payudara, kanker colorectal, kanker prostat, dan kanker kulit.

Kanker atau oncology  juga dikenal sebagai silent killer karena tidak mudah untuk mendeteksinya. Terkadang pasien baru menyadari terkena kanker ketika sudah masuk stadium lanjut. 

Untuk bisa terbebas dari kanker, butuh komitmen tinggi dari pasien dan juga penanganan yang tepat. Fasilitas kesehatan dengan teknologi tinggi dan dokter yang handal menjadi kunci keberhasilan seorang pasien untuk bisa sembuh. 

Malaysia menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang membutuhkan penanganan medis untuk kanker. Ini karena Malaysia memiliki teknologi deteksi dini kanker seperti  64-, 256-, 320- dan 640-slice CT scanners, endoskopi, peralatan linear accelerator (LINAC), PET scanner, dan MRI scanner.

Pasien bersiap untuk menjalani pemeriksaan CT Scan untuk pengobatan penyakit kanker
Pasien bersiap untuk menjalani pemeriksaan CT Scan (Sumber: https://malaysiahealthcare.org/)

Perawatan kanker yang tersedia di rumah sakit Malaysia juga lengkap, sebut saja kemoterapi, radioterapi, bedah kanker, terapi biologis dan terapi hormon. Beberapa rumah sakit unggulan yang tergabung dalam MHTC juga memiliki teknologi perawatan kanker termutakhir seperti seperti radiosurgery Gamma Knife dan Da Vinci Robotic Surgical System. 


Mendapatkan penanganan medis terbaik adalah salah satu ikhtiar untuk mendapatkan kesembuhan. Jadi buat kamu yang memiliki masalah fertility, cardiology, dan oncology, atau mungkin punya saudara/teman yang punya masalah tersebut bisa langsung hubungi kantor perwakilan MHTC Indonesia.

Jangan lupa untuk kunjungi situs dan media sosial Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. 

Website : www.medicaltourismmalaysia.id

Instagram : @medtourismmy.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *