Follow:
FAMILY, LIFESTYLE, PARENTING

Review gendongan bayi Tweeling & Co Baby Sling, menggendong bayi dengan nyaman

review gendongan bayi tweeling & co

Review gendongan bayi Tweeling & Co Baby Sling, menggendong bayi dengan nyaman. Salah satu perlengkapan bayi yang penting adalah gendongan. Saat ini banyak sekali jenis  gendongan bayi yang bisa dipilih, mulai dari model kain jarik, ring sling, baby wrap, sampai hip seat. Kali ini aku mau review Tweeling & Co Baby Sling, gendongan bayi sling yang jadi favorit aku.

Tidak terasa usia adik Syafiq sudah 3 bulan nih. Alhamdulillah tumbuh kembangnya baik dan tentunya ASI Eksklusif dong. Tetapi namanya anak bayi ya, apalagi di usianya yang masih hitungan hari, pasti ada deh momen saat bayi rewel. Wajar kok karena bayi juga perlu adaptasi dengan lingkungan di luar perut ibu. Jadi tidak hanya ibu saja yang perlu penyesuaian setelah melahirkan. 

Anak bayi memang belum bisa berkomunikasi, jadi rewel dan menangis adalah cara si kecil untuk menyampaikan keinginannya. Rewel dan menangis menjadi sinyal bahwa si kecil lapar/haus (waktunya menyusu), popoknya basah dan pup, atau karena dia merasa tidak nyaman.

Meskipun Syafiq adalah anak ketiga, bukan berarti aku sudah kebal menghadapi momen saat bayi rewel dan menangis. Tetap saja suka panik sendiri. Alhamdulillah pak suami sangat suportif dan sigap untuk membantu demi menjaga kewarasan ibu. 

Manfaat menggendong bayi

Ketika Syafiq rewel/menangis karena ingin menyusu atau ganti popok, solusinya ya tinggal ganti popoknya dan susui. Sesimpel itu. Nah yang jadi pe-er adalah ketika si bayi rewel karena merasa kurang nyaman. Disusui sudah, ganti popok juga sudah, tetapi kok masih nangis aja. Kalau sudah begini, aku menenangkan Syafiq dengan cara menggendongnya. 

Tanpa disadari, kita (para ibu) sudah menggendong bayi sejak di dalam kandungan. Selama di dalam perut, bayi merasa nyaman dan hangat. Suara nafas dan detak jantung ibu selalu menemani bayi dan menenangkan. Ketika lahir, bayi kehilangan rasa nyaman yang mereka dapatkan saat di dalam rahim. Itulah kenapa menggendong membuat bayi merasa aman. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menggendong bayi terutama dari segi kesehatan. 

  1. Membuat bayi lebih tenang
  2. Memperkuat ikatan batin (bonding) 
  3. Menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat
  4. Membantu menstimulasi untuk perkembangan bayi.
  5. Mengurangi refluks dan kolik pada bayi.
  6. Mengurangi stress pada ibu.

Cara menggendong bayi yang benar

Dulu aku termasuk ibu yang punya pemikiran bahwa menjadi seorang ibu itu sifatnya alami.  Semacam ada kode genetik yang tertanam di tubuh setiap perempuan dan akan aktif ketika memiliki anak. Unfortunately, this is a total misconception. Justru seorang ibu harus banyak belajar dan punya pikiran terbuka akan banyaknya ilmu pengetahuan tentang parenting karena ilmu terus berkembang. Apalagi di era digital, ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat.

Inilah yang terjadi pada aku soal menggendong. Pengetahuanku tentang menggendong hanya datang dari ibuku saja. Beliaulah yang mengajarkan bagaimana cara menggendong bayi sesuai dengan apa yang diajarkan ibunya dulu (nenek aku). Jadi bisa dibilang ilmu menggendongnya turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. As a new mom, pada saat itu ya aku ikuti saja apa kata beliau. 

cara menggendong bayi yang salah
Cara menggendong yang kurang tepat. Jangan ditiru ya!

Waktu anak pertama (mas Deniz), aku diajarkan menggendong menggunakan kain jarik. Berhubung aku anaknya gak suka yang ribet, kain jarik ini kutinggalkan dan beralih ke gendongan model sling dan baby carrier. Posisi menggendongnya ya seperti yang diajarkan oleh ibuku. Begitu juga dengan baby carrier, posisi menggendongnya mengikuti bentuk gendongan. Saat Zinan masih bayi dan dijaga oleh Teteh Neng (pengasuh), cara menggendong si teteh pun sama. 

Cara menggendong bayi yang salah bisa berakibat fatal

Ternyata oh ternyata, cara menggendong bayi yang aku lakukan itu SALAH. Posisi ini justru berpotensi menyebabkan kelainan pertumbuhan tulang belakang dan kaki bayi, apalagi kalau dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Duh ngeri banget kan. Alhamdulillah banget mas Deniz dan Zinan baik-baik saja sampai saat ini. Tetapi aku tidak mau kecolongan lagi. Mencegah lebih baik daripada mengobati. That’s why, penting sekali untuk memperhatikan cara menggendong bayi yang benar. 

Sumber: https://hipdysplasia.org/
Sumber: https://hipdysplasia.org

Menurut International Hip Dysplasia Institute, cara menggendong bayi yang tepat adalah posisi upright (tegak lurus) dan memosisikan lutut lebih tinggi dari pantat sehingga membentuk huruf M. Inilah yang sekarang populer disebut M-shape. Posisi M-shape adalah posisi yang sama seperti posisi bayi ketika dilahirkan sehingga bayi akan merasa lebih nyaman. 

Aturan menggendong TICKS

Di era digital seperti sekarang, kita bisa mengakses berbagai informasi, entah itu dari website, blog, dan media sosial lainnya. Salah satu media sosial yang selalu aku pantengin adalah Instagram-nya Bidan Anisya Cahya. Di akunnya, beliau banyak memberikan informasi seputar menggendong. Dari akun ini jugalah aku tahu bahwa menggendong itu nggak boleh sembarangan lho, ada aturannya yaitu TICKS.  

Apa sih TICKS itu? TICKS adalah aturan yang perlu diperhatikan ketika kita menggendong agar bayi nyaman dan juga aman. 

T (Tight)

Ketat. Pastikan gendongan cukup ketat/dipasang erat agar bayi merasa seperti didekap dan juga untuk memastikan bayi tidak melorot. 

I (In views at all times)

Saat menggendong, pastikan posisi bayi selalu terlihat, tidak tenggelam atau tertutup oleh kain gendongan.

C (Close enough to kiss)

Atur posisi bayi agar ibu atau penggendong bisa mencium/mengecup kepala bayi dengan mudah. Apabila ibu sulit mengecup bayi saat menggendong, ini pertanda posisi bayi terlalu ke bawah.

K (Keep chin off the chest)

Saat menggendong, posisi dagu bayi tidak boleh menempel pada dada bayi karena ini bisa menghambat pernapasan. Jarak dagu dan dada kurang lebih 2 jari. 

S (Supported back)

Gendongan yang dipakai harus bisa menyangga punggung bayi dengan baik. Salah satu tanda kalau punggung anak sudah berada dalam posisi yang tepat pada gendongan adalah punggung membentuk huruf J dari arah tengkuk hingga ke bokong. 

Nyamannya menggendong si kecil dengan Gendongan bayi sling Tweeling & Co Baby

Ternyata menggendong bukan perkara sepele ya, makanya kita harus lebih cermat dalam memilih gendongan anak. Selain untuk menghindari cedera, pemilihan gendongan yang tepat juga akan memberikan kenyamanan bagi ibu dan si kecil. Salah satu gendongan favorit aku adalah Tweeling & Co Baby Sling yang nyaman dipakai untuk menggendong baby Syafiq. 

Gendongan model sling dari Tweeling & Co punya beberapa kelebihan yaitu:

Bahan yang lembut

Gendongan ring sling Tweeling & Co terbuat dari 55% bahan rami dan 45% bahan katun sehingga nyaman dan lembut untuk bayi. Selain itu, kedua bahan ini juga breathable sehingga bayi tidak akan sumuk atau kepanasan saat digendong dalam waktu lama. 

gendongan bayi terbuat dari bahan rami dan katun yang lembut dan breathable

Mudah digunakan

Gendongan ini dilengkapi ring aluminium dengan diameter 7 cm sehingga moms dan dads bisa mengatur kain gendongan dengan mudah. Oya, ring-nya itu tidak ada sambungannya ya jadi lebih aman. 

gendongan bayi dengan alumunium ring tanpa celah yang aman dan ukuran besar

Fitur yang nyaman

Aku tuh baru memerhatikan kalau di sisi kain gendongan Tweeling & Co ini diberi bantalan busa tipis. Ketika dipakai menggendong, busa ini berada di bagian atas (kepala) dan bawah (kaki) sehingga menambah kenyamanan bayi saat digendong terutama dalam jangka waktu lama. 

gendongan ringsling panjang
gendongan bayi newborn nyaman

Gendongan multifungsi

Ukuran gendongan ini cukup panjang sehingga bisa digunakan sebagai apron untuk menyusui, selimut untuk kaki bayi agar tidak kedinginan, sampai melindungi kepala bayi dari terik matahari yang panas. 

Warna yang trendy

Gendongan Tweeling & Co ini tersedia dalam 7 pilihan warna pastel yang cantik dan bisa digunakan oleh moms dan dads. Oya, dads juga pasti pede menggendong karena gendongan bayi ini motifnya polos.

Fitur hands free carrier agar moms bebas beraktivitas sambil menggendong bayi

Salah satu hal yang membuat aku suka dengan gendongan bayi ini adalah aku tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah sambil menggendong baby Syafiq. Aku bisa sambil mengetik dan menyiapkan bahan untuk mengajar di depan komputer dan aku bisa sambil beberes rumah,semua dilakukan sambil menggendong.

Emm, memangnya nggak pegal tuh gendong anak bayi ke mana-mana? Nggak dong karena ring sling Tweeling & Co ini punya desain di mana berat bayi didistribusikan secara merata di sepanjang punggung dan bahu sehingga ibu tetap nyaman menggendong meskipun dalam waktu yang lama. 

gendongan yang tidak bikin pegal

Karena gendongan ini super comfy, baby Syafiq pun anteng aja selama digendong. Bahkan tidak jarang dia sampai tertidur di gendongan. 

Cara menggunakan gendongan bayi ring sling

Gendongan ringsling memang praktis dan mudah digunakan. Berikut ini adalah langkah cara menggunakan gendongan ringsling Tweeling & Co:

cara membuat simpul pada ring gendongan bayi
Sumber: https://www.mooimom.id/product/tweeling-co-baby-sling/
  1. Pertama, taruh ujung gendongan dengan ring pada bahu. Pastikan posisi ring ada di atas dada ya. 
  2. Lipat satu-satu ujung gendongan lainnya seperti membentuk kipas. Lalu Masukkan ke dalam ring ke atas lalu masukkan ke ring bawahnya bertahap.
  3. Lebarkan dan rapikan kain sehingga tidak menumpuk. 
  4. Longgarkan kain gendongan secukupnya agar anak bisa masuk. Untuk bayi baru lahir sampai usia 1 tahun, posisikan anak seperti mau menyendawakan (disandarkan di bahu) lalu masukkan dari sisi bawah. 
  5. Posisikan dudukan anak pada kain bagian bawah sesuai keinginan (C shape atau M shape). 
  6. Tarik ke atas kain yang ada di area punggung. 
  7. Kencangkan kain hingga posisi anak mendekap sempurna sesuai aturan menggendong. 
  8. Selesai deh! Moms siap beraktivitas dan anak pun tenang di gendongan.
hands free carrier menggendong bayi sambil bebas beraktivitas

Ada dua cara penggunaan gendongan ring sling, yaitu model cradle atau C shape dan model M shape. Biasanya sih model cradle ini digunakan untuk newborn baby dan saat menyusui. Sedangkan menggendong model M shape digunakan untuk anak balita. Tetapi aku sendiri sejak baby Syafiq lahir sudah menggendong dengan model M shape. In the end, semua kembali ke kenyamanan moms, dads, dan si bayi ya. 

***

Itu dia review gendongan bayi Tweeling & Co ya moms. Ini review jujur lho, senyaman itu gendongannya. Adik Syafiq setiap kali digendong pasti langsung terbius alias tidur pulas. Kalaupun nggak tidur, dia anteng aja sambil celingak celinguk mengamati sekitar. 

Untuk moms yang sedang mencari gendongan bayi newborn, Tweeling & Co ini menurut aku gendongan yang tepat sih karena pemakaiannya praktis. Oya, gendongan ini bisa digunakan hingga toddler dengan berat anak maksimal 20 kg. Awet!

Harga gendongan bayi Tweeling & Co ini adalah Rp499.000 dan bisa dibeli di MOOIMOM store dan website. Bocoran aja nih, MOOIMOM tuh sering banget kasih diskon di websitenya jadi rajin cek aja siapa tahu moms dapat deals yang oke. Mampir juga ke akun sosmed Tweeling & Co di @tweelingandco untuk tahu update dan produk terbaru mereka. 

Selamat menggendong!

Share on
Previous Post Next Post

23 Comments

  • Reply Ria Kiyandra

    Belajar ilmu baru nih pergendongan hehehe…. warnanya kalem ya modern bgt gtu.. skrg gendongan makin kece aja. Makasi sharingnya

    October 17, 2020 at 10:40 AM
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya warnanya kalem2 mbak jadi para daddy juga bisa pake dan tetap terlihat macho

      October 24, 2020 at 9:09 PM
  • Reply Suciarti Wahyuningtyas

    Nah bener nih masih ada juga sekarang yang suka salah cara gendong anaknya, kadang suka kasihan lihatnya. Pakai Tweeling ini terlihat sekali ya si kecil lebih nyaman juga saat digendong.

    October 17, 2020 at 8:15 PM
  • Reply Dwi Puspita

    Bener nih, emang cara gendong yang salah jangan ditiru. Btw dari artikel ini aku juga lebih tau dan paham loh mbak Tya tentang cara menggendong bayi yang lebih nyaman

    October 18, 2020 at 5:02 AM
    • Reply Atisatya Arifin

      Iya mbak, aku pun dulu juga gendongnya salah. Alhamdulillah itu kakak2nya nggak kenapa2. Cuma emang berasa banget bedanya, dulu kakaknya kalau digendong tuh tetap rewel. Ya mungkin karena cara gendongnya salah. Nah ini adeknya dengan mengikuti aturan menggendong dan posisinya bisa dalam hitungan menit langsung anteng

      October 24, 2020 at 9:08 PM
  • Reply Mei Daema

    ternyata banyak banget ya mba Tya manfaat menggendong bayi itu, saya baru tahu, pantesan kalau saya lihat keponakan kecil, kalau lagi nangis terus digendong langsung reda, mungkin itu yang dinamakan bonding juga ya, keterikatan antara anak sama ibunya, atau kalau saya gendong juga pasti reda meskipun saya bukan mamanya, cuman aku memang sayang banget sama dia. dan dia mungkin bisa merasakan itu. TICKS ini saya juga baru tahu, wah sangat bermanfaat kelak kalau saya punya baby bisa menerapkan ini. thanks sharingnya mba Tya, useful banget buat saya mba sebagai calon momi

    October 18, 2020 at 3:27 PM
  • Reply Ratna Kirana

    Nyaman banget ya ini gendong baby-nya, langsung kucatet nih hehe.. pasti ga gampang pegel yaa

    October 18, 2020 at 5:43 PM
    • Reply Atisatya Arifin

      Yes gak gampang pegel meskipun gendong dalam waktu lama karena desain padding di pundaknya lebar.

      October 24, 2020 at 9:06 PM
  • Reply April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Enak ya zaman sekarang banyak pilihan gendongan baby udah fungsional dan gak bikin badan pegel, desainnya juga cakep2 jd gendong baby ibuk2 jg tetep keliatan kece. 😀

    October 18, 2020 at 7:14 PM
    • Reply Atisatya Arifin

      Beneeer, biarpun sambil gendong anak, emak harus tetap kece yaaa

      October 24, 2020 at 9:06 PM
  • Reply maya rumi

    tweeling co baby ini dari mooimom juga yah mba tya ? ternyata nyaman banget yah pakai gendogan baby sling ini untuk baby maupun untuk bundanya, sayang dulu aq ragu belinya akhinya beli hip seat mooimom deh jadinya

    October 18, 2020 at 10:14 PM
  • Reply Desi Mel

    Mom zaman now semakin cerdas ya dalam memilih yang terbaik untuk si kecil. Infonya bermanfaat sekali dan bisa jadi referensi nantinya untuk saya

    October 18, 2020 at 10:33 PM
  • Reply Melissa Olivia

    Wah di foto aja keliatan ya baby-nya nyaman banget di gendongan. Aku suka nih gendongan kayak gini or geos. Karena lbh praktis.

    October 18, 2020 at 11:37 PM
    • Reply Atisatya Arifin

      Betul banget kak. Kalau geos aku belum coba soalnya kan pake ukuran yaa, nah badan aku kan gede banget jadi takut salah beli. That’s why aku pake gendongan sling aja yang bisa all size

      October 24, 2020 at 9:05 PM
  • Reply Ratnasari

    Waah baru tau kalo ngegendong bayi ada aturannya yaa biar dia lebih nyaman dan kayaknya gendongan bayi Tweeling & Co ini cocok dijadikan kado juga yaa

    October 19, 2020 at 6:01 AM
    • Reply Atisatya Arifin

      Yess, cocok banget untuk kado karena kualitasnya premium dan udah dikemas dalam box ekslusif juga

      October 24, 2020 at 9:04 PM
  • Reply lendyagasshi

    MashaAllah, pipinya Baby Shafiq sampai tumpah-tumpah gitu, kak Tyaaa..
    Alhamdulillah, kini banyak sekali ilmu menggendong yang benar yaa…plus pilihan gendongan yang nyaman seperti Tweeling & Co.
    Aku suka pakai sling juga kalau gendong, karena praktis gak bulky pas dibawa kemana-mana.

    October 19, 2020 at 7:52 AM
    • Reply Atisatya Arifin

      Hehehehe iyaa pipinya emang sekilas kaya bakpau. Iya aku juga rajin ikutan kulwap sama webinar soal menggendong nih karena penting banget untuk kenyamanan si bayi

      October 24, 2020 at 9:04 PM
  • Reply nyi Penengah Dewanti

    Ye akhirnya lihat dedek bayi on frame, emesh banget si mba
    jadi tahu nih diriku, cara menggendong yang bener dan baik itu begitu
    Makasih ilmunya mba Tya

    October 19, 2020 at 9:09 AM
    • Reply Atisatya Arifin

      Hahahaha iya nih aku emang jarang update si anak bayik.

      October 24, 2020 at 9:03 PM
  • Reply artha

    jadi keinget kecilnya anak saya. kan saya belum bs gendong pakai selendang, kata tetangga yg liat…anak saya miring2. wkwkw kudu pilih gendongan yg tepat biar gampangin ngegendong nih

    October 19, 2020 at 9:46 AM
    • Reply Atisatya Arifin

      Yes, perlu gendongan yang tepat biar posisi anak dan ibu sama-sama nyaman

      October 24, 2020 at 9:02 PM

    Leave a Reply