Hatomugi Skin Conditioner Review untuk menghidrasi kulit

review hatomugi skin conditioner

Hatomugi Skin Conditioner Review. Belakangan ini kondisi kulit wajah aku sedang kurang baik. Mulai dari masalah jerawat (meskipun nggak banyak), bruntusan, dan kulit yang terasa kasar.

Kalau sudah begini, pakai makeup pun hasilnya pasti kurang maksimal ya. Lagipula memiliki kulit yang sehat terawat bebas dari segala masalah adalah every woman’s goal, betul kan?

Kali ini, aku akan mengulas tentang produk yang saat ini aku gunakan dan membantu aku mengatasi permasalahan kulit aku yaitu Hatomugi Skin Conditioner. Yuk lanjut bacanya.

Yuk kenalan dengan Hatomugi Skin Conditioner

Hatomugi Skin Conditioner adalah produk yang diklaim bisa melembabkan kulit, menghaluskan, dan mengurangi kulit kasar. In short, produk ini adalah toner untuk melembabkan atau hydrating toner.

Awalnya produk Hatomugi Skin Conditioner hanya tersedia dalam bentuk lotion (cair) saja. Tapi sekarang sudah ada Hatomugi Skin Conditioner Gel.

Apa perbedaan antara keduanya? Secara fungsi sama saja kok. Bedanya hanya di bentuk sediaannya saja, cair dan gel.

Belakangan ini juga sempat ramai katanya ada produk Hatomugi yang palsu. Duh, jujur sempat was-was sih karena kuatir produk yang aku pakai nggak asli.

Terus gimana dong biar yakin produk yang kita beli adalah Hatomugi Skin Conditioner original? Pastikan kalian beli di tempat terpercaya ya!

Produk Hatomugi bisa kalian dapatkan di e-commerce seperti Sociolla dan Nihonmart. Kalau mau beli langsung, bisa ke Guardian atau Watsons terdekat.

Kandungan Hatomugi Skin Conditioner, si pelembab multifungsi

Dari deskripsi produk yang tercetak di kemasan, hydrating toner Hatomugi mengandung ekstrak tumbuhan alami hatomugi (coix seed) atau yang dikenal juga dengan Job’s tears dalam Bahasa Inggris.

Nah kalau di Indonesia tanaman hatomugi ini lebih dikenal dengan nama Jali-Jali.

Nggak nyangka banget tanaman yang bijinya dulu sering aku buat prakarya kalung dan gelang ternyata punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tidak hanya itu saja, coix seed ini juga populer dikonsumsi sebagai teh untuk kesehatan atau obat herbal jamu.

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, tanaman hatomugi juga punya manfaat untuk kecantikan kulit. Hatomugi digunakan sebagai penyejuk kulit dan menormalkan siklus sel-sel kulit.

Lebih jauh lagi, tanaman ini juga mengandung bahan yang efektif untuk mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan bintik-bintik noda dan penuaan kulit.

Apakah Hatomugi Skin Conditioner ingredients aman untuk kulit?

Toner Hatomugi mengandung bahan sebagai berikut:

Water, Butylene Glycol, Dipotassium Glycyrrhizate, Coix Lacryma-Jobi ( Jobs Tears ) Seed Extract, Styrene/Acrylates Copolymer, Dipropylene Glycol, Alcohol, Citric Acid, Sodium Citrate, MethylParaben, PropylParaben.

Hatomugi Skin Conditioner ingredients

Aku pribadi tidak anti dengan produk yang mengandung alkohol. Alhamdulillah kulit aku aman-aman saja. Tetapi buat kalian yang punya kulit sensitif, bahan alkohol dan citric acid pada toner bisa mengiritasi kulit.

Ternyata toner ini juga masih menggunakan keluarga paraben, yaitu MethylParaben dan PropylParaben. Paraben sendiri berfungsi sebagai pengawet. Dan bisa jadi harga toner Hatomugi ini terbilang murah ya karena masih pakai paraben.

Soal paraben sebagai pengawet kosmetik ini masih banyak perdebatan. Ada beberapa orang yang sangat menghindari paraben karena efeknya berbahaya untuk kesehatan. Diambil dari situs Safecosmetics.org, beberapa efek buruk dari paraben adalah kanker kulit, mengganggu kerja endokrin, dan mempengaruhi kesuburan.

Sedangkan sebagian lainnya tidak masalah pakai produk dengan kandungan paraben.

FDA (Food and Drugs Administration), sebuah lembaga seperti BPOM, menyatakan bahwa mereka tidak punya regulasi khusus terkait penggunaan pengawet pada kosmetik. Tetapi mereka sangat terbuka dan terus melakukan penelitian terkait efek dari paraben.

Adanya paraben tidak menghentikan aku untuk tetap menggunakan produk toner Hatomugi. InsyaAllah produk ini aman, apalagi Hatomugi Skin Conditioner juga sudah mendapatkan nomor POM NA22160102288

Hatomugi skin conditioner aman karena sudah terdaftar BPOM RI

Kemasan produk toner Hatomugi

Hatomugi Skin Conditioner ini dikemas dalam botol plastik berukuran 500ml. Bentuk kemasannya sederhana saja dengan tutup botol ulir berwarna ungu tua.

Karena memang produk ini dibuat di Jepang, semua informasi produk tertulis dalam bahasa Jepang. But don’t worry, produk Hatomugi Skin Conditioner ini sudah mengantongi nomor notifikasi POM dan diberikan label informasi produk dalam bahasa Indonesia.

Hatomugi Skin Conditioner ini hanya tersedia dalam ukuran 500ml.

Oya, beberapa kali aku melihat Hatomugi Skin Conditioner yang dijual bundling dengan botol spray kecil. Toner bisa dipindahkan ke dalam botol spray berukuran kecil agar lebih praktis dan travel friendly.

kemasan toner hatomugi skin conditioner ukuran 500ml

Tekstur dan wangi hydrating toner Hatomugi

Tekstur Hatomugi Skin Conditioner ini watery dengan warna putih susu. Ketika diusapkan ke kulit, produk ini cepat meresap, tidak lengket, dan tidak membuat wajah menjadi semakin berminyak. Efek melembabkannya juga langsung terasa.

Sedangkan untuk wanginya sangat samar sekali bahkan hampir tidak tercium. Well, nggak heran sih karena memang produk ini bebas bahan pewangi.

Menurut aku penting banget nih menghindari produk yang menggunakan synthetic fragrances karena bisa menyebabkan dampak negatif pada kulit seperti iritasi.

Hatomugi Skin Conditioner ini bisa dibilang multifungsi karena bisa berperan sebagai lotion/pelembab, toner (?), untuk maskeran, face mist, bahkan bisa diaplikasikan ke badan juga.

Agar sensasi menyejukkannya lebih terasa, Hatomugi Skin Conditioner ini bisa didinginkan di dalam kulkas. Tapi menurut aku meskipun tidak ditaruh di kulkas pun rasanya udah adem aja.

Tekstur hydrating toner hatomugi yang cepat meresap ke dalam kulit

Cara menggunakan Hatomugi Skin Conditioner

Hatomugi bisa digunakan dengan berbagai cara yaitu:

1. Sebagai pelembab atau hydrating toner

Untuk menggunakan Hatomugi sebagai hydrating toner, tuangkan cairan secukupnya ke tangan atau kapas. Lalu usapkan pada wajah.

Penggunaan Hatomugi sebagai hydrating toner dilakukan pada skincare routine step 2, yaitu setelah membersihkan wajah menggunakan face wash.

2. Sebagai masker

Hatomugi juga cocok dijadikan cairan untuk compressed mask. Caranya tuangkan cairan pada compressed mask atau kapas dan tempelkan pada wajah selama 5-10 menit. Maskeran dengan Hatomugi bisa dilakukan setiap hari lho.

3. Sebagai face mist

Tuangkan pada botol spray lalu semprotkan ke wajah setelah beraktivitas di bawah sinar matahari atau setiap kali diperlukan.

Hasil pemakaian Hatomugi Skin Conditioner secara rutin

Update (Desember 2020)

Bagaimana dengan hasil pemakaian Hatomugi? Hatomugi termasuk salah satu produk skincare yang rutin aku pakai sejak tulisan ini pertama tayang di tahun 2017.

Dari semua klaim Hatomugi, yang paling aku rasakan adalah kulit jadi lebih lembab dan halus. Kondisi kulit yang kemerahan juga lumayan berkurang dengan penggunaan Hatomugi.

Aku paling sering menggunakan Hatomugi sebagai hydrating toner dan masker. Kalau sebagai toner, aku mengaplikasikan Hatomugi dengan kapas pada wajah yang sudah dibersihkan di pagi hari.

Untuk perawatan wajah di malam hari sebelum tidur, aku menggunakan Hatomugi sebagai cairan untuk tablet sheet mask. Penggunaannya setelah aku pakai acid toner atau setelah membersihkan wajah (kalau pas skip acid toner).

Karena sekarang lagi pandemi, aku jarang menggunakan produk ini sebagai face mist. Justru seringnya aku semprotkan ke tangan aku yang kering.

Hatomugi Skin Conditioner, apakah layak untuk dicoba?

Walaupun saat ini aku sedang stop penggunaan Hatomugi (karena lagi pakai produknya Cezanne), aku tetap suka dan merekomendasikan Hatomugi Skin Conditioner karena:

  • Efek menghidrasi dan melembabkan maksimal.
  • Tidak lengket dan tidak berminyak saat dipakai.
  • Multifungsi, bisa dipakai sebagai pelembab, toner, maskeran, face mist, sampai untuk badan.
  • Kulit terasa sejuk saat menggunakan produk.
  • Membantu merawat kulit yang sedang bermasalah seperti kulit kering dan kasar. Bruntusan aku berkurang setelah pemakaian rutin setiap hari.
  • Tekstur kulit menjadi lebih halus.
  • Cocok untuk segala jenis kulit, termasuk kulit berminyak.
  • Harganya terjangkau, sesuai dengan ukuran kemasan.

Untuk kekurangannya sih kayanya cuma satu aja, yaitu kemasannya yang bulky. Tapi ini masih bisa diakali dengan cara dipindahkan ke botol yang lebih kecil. So, it’s not a big deal.

Kesimpulan

All in all, dengan harga sekitar Rp 98.000, Hatomugi Skin Conditioner layak untuk dicoba. Buat yang punya masalah kulit wajah seperti kering, kemerahan, bruntusan dan kasar, Hatomugi bisa membantu mengurangi problem ini.

Apakah kalian pakai Hatomugi Skin Conditioner juga? Atau pakai hydrating toner lainnya? Bagaimana hasilnya di kulit kalian? Semoga review ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua yaa.

6 thoughts on “Hatomugi Skin Conditioner Review untuk menghidrasi kulit”

  1. saya malah baru tau tanaman jali jali mba, negara kita tuh kaya ya sebenarnya cuma kitanya aja gatau manfaat berbagai tanaman di negeri sendiri. muka saya juga lagi bruntusan nih karena skincare abis dan belum kebeli lagi

      1. Intan wahyuningsih

        Bener, saya pakai hatomugi sebelum sleeping masknya laneige dan besoknya muncul jerawat kecil2 dan kulit ada yg merah2 kyk mau tumbuh jerawat. Akhirnya cuma pakai hatomigi ini di layer berkali2.

  2. Pingback: Talkative Tya – Indonesian Beauty Blogger - Naturlove Cosmetic, Natural Handmade Soap bebas SLS untuk kulit sehat - Talkative Tya - Indonesian Beauty Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *