Skincare untuk Ibu Hamil – My pregnancy skincare routine

skincare untuk ibu hamil

Sesuai dengan judulnya, kali ini aku mau sharing tentang skincare untuk ibu hamil. Alhamdulillah saat ini aku diberi kepercayaan oleh Allah untuk kembali merasakan kehamilan. Ini adalah kehamilan ketiga aku di usia 35 tahun. Sama seperti dua kehamilan sebelumnya, aku dan pak suami tidak punya rencana untuk menambah anggota keluarga. Tetapi Allah punya rencana yang lebih indah agar rumah kami lebih meriah dengan kehadiran bayi yang insyaAllah akan lahir di bulan Juli/Agustus nanti.

Kehamilan ini tentu saja sedikit banyak mengubah pola hidup aku, mulai dari asupan makanan sampai skincare. Kali ini aku mau khusus membahas tentang skincare yang aku gunakan selama kehamilan. Soalnya ibu hamil kan nggak boleh sembarangan pakai produk skincare. 

Kondisi kulit wajah saat hamil

Sebelum lanjut ngomongin soal produk skincare apa yang aku pakai, aku mau sedikit cerita tentang kondisi kulit wajah aku. Buat teman-teman yang pernah membaca review di blog aku pasti tahu kalau kulit aku termasuk tipe berminyak dan acne prone

Namanya lagi hamil, tentu saja tubuh akan mengalami perubahan hormonal yang akan mempengaruhi kondisi kulit wajah. Dari pengalaman dua kehamilan sebelumnya, kulit wajah aku termasuk yang anteng, alias nggak banyak masalah. Saat tahu aku hamil lagi, aku sempat was-was kondisi kulit aku akan berubah drastis. Maklum, usia aku kan juga sudah 30an.

Di kehamilan ketiga ini, kulit wajah aku cenderung kering. Bahkan beberapa minggu yang lalu kondisi kulitku sempat kering dan mengelupas, terutama di area pipi dan hidung. Entah apakah ini karena faktor hormonal atau aktivitasku selama WFH yang memaksa aku selalu berada di ruangan ber-AC sehingga menyebabkan dehidrasi pada kulit. 

Produk Skincare untuk Ibu Hamil 

Namanya wanita ya, pasti tetap ingin tampil cantik dan glowing selama kehamilan. The tricky part is… tidak semua produk skincare bisa digunakan oleh ibu hamil karena ada beberapa bahan yang harus dihindari selama kehamilan. Untuk merawat dan mengatasi kulit wajah aku yang kering, berikut ini adalah produk skincare yang aku gunakan setiap hari selama kehamilan:

1. Fanbo Cleansing Balm & Nivea Micellar Water

Meskipun selama hamil ini aku mengurangi penggunaan makeup, rasanya kurang afdol kalau tidak melakukan double cleansing di malam hari. Fanbo Cleansing Balm menjadi andalan aku untuk mengangkat makeup dan sisa kotoran di wajah. Aku belum sempat review lengkap sih di blog (kalian bisa lihat review aku di Instagram). Cara pakainya praktis, nggak bikin kulit kering, dan efektif mengangkat makeup waterproof sekalipun.

Nivea Micellar Water aku pakai setelah Fanbo Cleansing Balm. Micellar water ini juga aku pakai di pagi hari sebagai first cleanser sebelum menggunakan face wash. Efektivitasnya cukup baik dan yang penting nggak bikin kulit tambah kering. 

2. Hada Labo Ultimate Moisturizing Face Wash

Sebelumnya aku menggunakan Hada Labo Tamagohada Face Wash. Tetapi ketika tahu kalau ibu hamil harus menghindari BHA, langsung deh si Tamagohada ini dipensiunkan dan aku beralih ke Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash. FYI, situs resmi Hada Labo sudah menyatakan kalau Hada Labo Gokujyun dan Shirojyun bisa dipakai untuk ibu hamil dan menyusui lho .

Pertama kali pakai sabun wajah ini, aku merasa kok bersihnya kurang maksimal ya. Apakah karena selama ini aku biasa pakai sabun wajah untuk kulit berminyak? Meskipun begitu, Hada Labo Ultimate Moisturizing Face Wash ini mantul untuk mengatasi kulit wajah aku yang belakangan ini kering. Wajah langsung terasa lembab dan kenyal kaya mochi. Oya, biar tambah maksimal membersihkannya, aku pakai face brush dari Cleansing Research. 

Baca juga: Alat kecantikan untuk wajah yang aku coba di tahun 2019

3. Missha Premium Aloe Soothing Gel 96%

Sebetulnya produk ini sudah aku miliki cukup lama dan biasanya aku pakai sebagai sleeping mask (sebelumnya aku pernah pakai aloe vera gel dari Nature Republic dan The SAEM). Selama kehamilan, aloe vera gel dari Missha ini aku pakai juga sebagai pelembab.

Terlepas dari banyak pendapat yang mengatakan bahwa aloe vera gel itu kurang melembabkan, tetapi kulit aku malah tambah lembab lho. Seneng deh karena selama WFH ini aku full nangkring di kamar ber-AC sambil ngajar online. 

Oya, kalau dipakai sebagai sleeping mask, paginya tuh wajah terasa segar. Dry patches dan kemerahan di wajah berkurang drastis. 

4.  Life Flo Pure Rosehip Oil, produk skincare multifungsi untuk ibu hamil

Sejak tahun 2019 aku memang mulai beralih ke produk alami seperti face oil dan essential oil. Salah satu face oil favorit aku adalah rosehip oil yang punya banyak fungsi. Biasanya sih aku beli rosehip oil share ukuran 10ml (terakhir beli merek Darjeeling di Shopee).

Tadinya sih aku mau beli yang share 10ml lagi, tetapi ketika baca beberapa artikel yang bilang kalau rosehip oil itu manfaatnya banyak banget untuk ibu hamil, aku memutuskan untuk beli yang full size. Merek Life Flo ini aku pilih karena termasuk merek hits di luar negeri dan merupakan pure rosehip oil dan sudah mendapatkan sertifikasi organik.

Life Flo Pure Rosehip Oil ini aku pakai sebagai face oil untuk pelembab wajah di malam hari (terkadang aku pakai sebagai pelembab siang kalau kulit lagi terasa kering). Selain itu, oil ini juga aku buat pijat area perut untuk menghindari stretch mark selama kehamilan. Pak suami juga suka ikutan pakai, katanya bikin jenggotnya jadi lebih halus dan lembut. 

5. Sierra Bees Organic Lip Balm

Oya, belakangan ini kulit bibir aku gampang banget kering dan pecah-pecah. Kondisi ini bisa tambah parah kalau aku pakai produk pemulas bibir (padahal produk yang aku pakai biasanya nggak bikin kering lho). Untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah ini, aku menambah asupan air minum dan menggunakan lip balm. 

Lip Balm yang aku gunakan saat ini adalah Sierra Bees Organic Shea Butter & Argan Oil. Produk ini diproduksi di Amerika dan sudah mendapatkan sertifikat USDA Organic sehingga aman untuk ibu hamil dan menyusui. Varian lip balm yang aku pilih ini kebetulan memang tidak ada rasa dan baunya. Jadi ya anyep aja gitu.Tapi gapapa lah, yang penting kan fungsinya.

6. Acnes UV Tint, sunscreen aman untuk ibu hamil 

Produk terakhir yang menjadi penutup rangkaian skincare aku di pagi hari adalah Acnes UV Tint. Sunscreen ini termasuk physical sunscreen dengan harga paling terjangkau dibandingkan physical sunscreen merek lainnya. 

Kenapa harus physical sunscreen? Alasannya karena physical sunscreen melindungi kulit dari sinar UV di permukaan kulit tanpa meresap. Berbeda dengan chemical sunscreen yang memiliki kandungan bahan kimia yang bisa meresap ke dalam kulit. Hal ini juga sebetulnya masih jadi perdebatan (banyak juga yang bilang it’s ok pakai chemical sunscreen), tetapi aku cari aman aja deh.

Sesuai namanya, Acnes UV Tint ini ada warnanya. Jadi kalau dipakai tuh bisa menjadi alas bedak juga. Another plus point, sunscreen ini cocok untuk kulit berminyak dan acne prone.

***

Itu dia produk skincare untuk ibu hamil yang aku gunakan setiap hari. Sejak mengganti produk skincare yang lebih pregnancy-friendly, alhamdulillah kulit wajahku jadi kalem dan mengutip kata pak suami, lebih glowing (entah ini penilaian subjektif atau nggak ^_^). 

Terlepas dari itu semua, ibu hamil juga berhak untuk glowing ye khaan? Yang penting adalah perhatikan komposisi bahan (ingredients) produk skincare yang dipilih. Gunakan produk skincare yang komposisinya aman untuk ibu hamil. 

Gimana dengan teman-teman yang sedang hamil/pengalaman saat hamil, pakai skincare apa saja nih? Boleh dong share di kolom komentar. See you on my next post!

55 thoughts on “Skincare untuk Ibu Hamil – My pregnancy skincare routine”

  1. Nanti kalau hamil lagi bisa ikutin tips Kak Tya nih, hehee. Sama nih wajahku juga cenderung berminyak mba karena berjerawat jadi kudu hati2 pilih produknya, doain aku cepet hamil ya biar bisa pakai skincare ini juga

    1. Aamiin, semoga segera diberi momongan ya mbak. Kalau jerawatan memang selama kehamilan nggak bisa diapa2in sih, soalnya kandungan di produk acne itu kebanyakan yang harus dihindari selama kehamilan. Tapi biasanya pas hamil karena ada perubahan hormonal malah jerawat bisa hilang lhoo.

  2. terima kasih mba untuk sharingnya, aku baru tahu produk-produk ga bsia sembarangan dipakai sama ibu hamil ya, sangat bermanfaat sharingnya

  3. Aku baru tau kak kalo fanbo ada cleansing balm nya. Hahaha. Enak ya kak?
    Anwy, pas bgt aku juga akhir2 ini nyari tau kandungan skincare buat persiapan kalo nanti hamil jd udh paham produk2 skincare yg aman.

  4. rajin yaaa. saya boro2. cuci muka ajah kalau wudhu ajah. wkwkw
    eh tapi pas hamil emang kulitnya jd beda loh. ada efek glowing yg bikin saya makin enggan cuci muka takut glowingnya ngilang. aneh yaaa

  5. noted bnanget kak, seminggu yang lalu temanku lagi hamil tanya skincare yang aman apa, duh aku ngga tau soalnya waktu hamil blas ngga pake apa2 hihi, untung dkasih bocoran nih sama kak tya

  6. Jadi ingat, Ibuku suka bilang “Kalau ada yang bilang, waah…hamil makin cantik.”
    Berarti hamil anak perempuan.

    Hhihii..
    Ini pengaruh kerajinan seorang bumils dalam merawat tubuh dan wajah kan ya, kak Tya?

  7. Walau lagi hamil wajah harus tetap glowing ya mbak.. dulu sewaktu hamil aku kurang perhatian sih sama wajah karena banyak ditakut-takutin alhasil selama hamil aku kusem banget. Nanti kalau hamil lagi jangan sampai gak perawatan.

  8. wah semoga debaynya Snantiasa sehatbya kak. Bener nih ibu hamil harus tetap merawat kulit tubuh ya kak supaya senantiasa sehat

  9. Akh Acnes dan Fanbo familiar nih. Benar lho kak tya bumil itu kan mager kadang mood juga on off hahaha..jadi kalau udah tahu gini kan gampang belanjanya. Nice info kak

  10. makasih infonya beb, sekarang belum hamil sih dan masih sambil belajar cari tau juga skincare apa yg coocok buat nanti kalo lagi hamil. Pas banget kebaca tulisan ini. Makasih beb

  11. Barakallah Mbak. Lancar lancar kehamilannya yah.

    Btw ini ngga Ada night n day cream nya yah? Ku sering denger soal soothing gel. Jadi dia semacam masker lalu setelahnya ditutup dengan skinker apa? Ataukah soothing gel terakhir/penutup?

  12. selamat ya mbak untuk kehamilan ketiganya.. semoga masa kehamilan dan persalinannya lancar nanti.. bumil tetep dong ya harus tetep glowing.. untung ada skincare yang aman buat bumil ya

      1. Pas tau hamil aku langsung pilah skincare yang boleh dipakai. Udah sempet niat mau beli skincare khusus ibu hamil, eh aku malesnya minta ampun. Jadi sampe sekarang skincare ku cuma Cetaphil Gentle Cleanser, Mbakk 😆. Paling kalau mau keluar/pakai makeup aku tambahin Hada Labo Lotion & Milk. Sama cleansing balm untuk hapus makeup.

        1. skincare yang aku pakai saat ini juga bukan skincare khusus ibu hamil sih. Hehehe. Yang penting kan kandungannya aman, iya nggak? Aku pernah coba si Cetaphil itu tapi kok ndak cocok ya? Akhirnya dipake sama pak suami deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *