SKIPPY Choconut Oat Energy Bar, resep praktis untuk camilan sehat

SKIPPY Peanut Butter. Siapa sih yang tidak kenal? Pasti semua sudah tahu dong kalau brand yang satu ini memang terkenal dengan kelezatan selai kacangnya. Aku selalu punya stok selai kacang SKIPPY ini di rumah untuk olesan roti dan terkadang untuk olesan biskuit malkist. Roti selai kacang ini menjadi menu sarapan keluarga dan juga bekal mas Deniz untuk sekolah karena praktis. Namun Tetapi terkadang ya bosan juga makan roti dengan olesan selai kacang. Kepingin deh mencoba menikmati SKIPPY Peanut Butter dengan cara yang berbeda. 
Kebetulan beberapa minggu ini aku sedang menjalani program diet. Selain untuk menjaga kesehatan, aku melakukan ini juga untuk menurunkan berat badan (berat badan aku sudah masuk kategori obesitas. Hiks). Aku sendiri mencoba mencari tahu kenapa berat badan aku bisa membengkak, ternyata penyebab utamanya adalah camilan yang tidak sehat. Gorengan, keripik, dan biskuit adalah beberapa camilan yang sering aku konsumsi. Sebetulnya kalau aku bisa mengontrol jumlah yang aku makan, mungkin camilan tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi berat badan aku. Tetapi setelah dihitung, dalam sehari aku bisa nyemil lebih dari 3 kali! Jumlah ini bisa bertambah kalau aku harus lembur mengerjakan tugas kuliah, menyiapkan lesson plan, dan juga mengejar deadline tulisan. 
Dengan kondisi seperti itu, salah satu kebiasaan buruk yang aku ubah selama menjalani program diet ini adalah mengganti camilan aku dengan camilan sehat. Dari sinilah aku mendapatkan ide, kenapa tidak membuat camilan sehat menggunakan SKIPPY Peanut Butter? Selai kacang sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, berikut ini adalah beberapa diantaranya: 

1. Menekan rasa lapar.

Kandungan selai kacang yang padat membuat makanan ini mampu menahan lapar dan mengurangi keinginan nyemil sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet. 

2. Menyehatkan jantung. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stoke dan serangan jantung.

3. Mampu mencegah kanker usus. 

Mengonsumsi selai kacang bisa membantu mengurangi terjadinya kanker usus terutama pada wanita. 

4. Mencegah penyakit Alzheimer. 

Kacang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan niacin tinggi. Niasin merupakan salah satu vitamin B (vitamin B3). Tubuh membutuhkan niacin untuk bisa menggunakan energi yang ada pada karbohidrat, lemak, dan protein. Selain itu, Niacin juga diperlukan untuk perbaikan DNA dan penggunaan kalsium di dalam tubuh. Niacin yang terkandung di dalam selai kacang ini, berdasarkan hasil penelitian, mengonsumi makanan yang mengandung niacin bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer hingga 70%. 

5. Mengandung lemak sehat.

Meskipun sedang diet, tubuh tetap membutuhkan lemak, yaitu lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat). Lemak sehat ini bisa ditemukan pada produk kacang-kacangan, termasuk selai kacang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi lemak sehat memiliki sedikit lemak di perut dibandingkan mereka yang mengonsumsi lemak jenuh dan karbohidrat.

6. Kaya akan nutrisi. 

Selai kacang mengandung protein dan juga potasium yang berfungi menurukan risiko hipertensi, stroke, dan penyakit jantung lainnya. Selai kacang juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk kesehatan usus. Selain itu, selai kacang mengandung magnesium untuk kesehatan tulang dan otot, vitamin E, dan antioksidan.
Selain harus menggunakan bahan-bahan yang sehat dan baik untuk tubuh, camilan sehat juga harus praktis dan mengenyangkan. Ini karena jadwal mengajar aku yang padat dengan jeda istirahat hanya 15 menit (bahkan terkadang kurang dari itu). Setelah bertapa mencari ide, aku membuat SKIPPY Choconut Oat Energy Bar menggunakan SKIPPY Chocolate Peanut Butter yang memenuhi semua kriteria camilan sehat versi Tya. Biar nggak tambah penasaran, ini dia resep dan cara membuatnya! 

Bahan: 

  • ½ cup SKIPPY Chocolate Peanut Butter
  • 1 ½ cup oatmeal
  • ½ cup madu murni
  • ½ cup kacang almond sangrai
  • ½ cup kismis hitam

Cara membuat: 

  1. Campur semua bahan ke dalam mangkuk. Aduk menggunakan spatula hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Siapkan loyang dan lapisi dengan baking sheet. Masukkan adonan yang sudah tercampur rata ke dalam loyang dan padatkan.
  3. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 jam atau hingga adonan cukup keras.
  4. Keluarkan adonan dari loyang dan potong sesuai selera. SKIPPY® Choconut Oat Energy Bar siap dinikmati!

Bagaimana? Mudah kan cara membuat SKIPPY Choconut Oat Energy Bar ini. Saat membuat camilan ini, aku juga mengajak anak-anak untuk ikut membantu sehingga mempererat kedekatan antara orangtua dan anak. SKIPPY Peanut Butter memang pas untuk dikreasikan karena teksturnya yang creamy sehingga mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan. Oya, bentuk dan besarnya potongan bisa disesuaikan dengan selera. Biasanya aku potong persegi panjang sesuai dengan porsi aku. Sedangkan untuk anak-anak, aku potong dengan bentuk kotak agar lebih mudah dikonsumsi. Video tutorial membuat SKIPPY Choconut Oat Energy Bar juga bisa dilihat di bawah ini ya agar lebih jelas prosesnya.

Alhamdulillah SKIPPY Choconut Oat Energy Bar ini sangat membantu aku menahan rasa lapar di sela-sela jadwal mengajar. Campuran oat, kacang almond, dan kismis membuat energy bar ini memiliki tekstur yang kenyal, crunchy, dan mengenyangkan. Bahan-bahannya pun memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Keinginan aku untuk nyemil juga berkurang dan berat badan aku saat ini terbilang stabil (doain semoga bisa turun berat badannya ya!). Surprisingly, anak-anak pun doyan dengan SKIPPY Choconut Oat Energy Bar ini. Biasanya mereka makan camilan sehat ini setelah capai berkeliling kompleks naik sepeda. 

Yippie! This is how I enjoy my SKIPPY® Peanut Butter. Dengan kreativitas, selai SKIPPY pun bisa disulap menjadi camilan sehat yang bisa mendukung program diet aku. Bagaimana dengan kamu? Tertarik untuk mencoba resep ini? Jangan lupa share pendapat kalian mengenai resep ini ya dan mampir juga ke akun social media SKIPPY Indonesia. 

Thanks for reading! 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

35 thoughts on “SKIPPY Choconut Oat Energy Bar, resep praktis untuk camilan sehat”

  1. Mba Tya, ini kok gampang ya bikinnya dan aku jd pengen nyoba bikin… Secara nih, badanku mulai nambah lemaknya (pas di cek) karena sadar bgt ngemilnya gak sehat, huhuhu. Noted ah! Pankapan bikiiin

  2. Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    Wah makasih ya mbak Tya, ini bisa ku praktekan dirumah nih setelah melihat beberapa resep bertema Skippy

  3. Ya Allaaah mba tyaaa dirimu obesitas gimana dirikuuu.. hiks. Keknya oerlu juga nih dicoba resep diet enaknya pake skippy.. hahaha

  4. Waaa aku nggak kepikiran samsek kalau si Skippy ini bisa jadi oat bar. Kalo gini mah selain enak, udah pasti sehat ya

  5. Kayaknya gampang ya mbak Tya, resepnya . Bisa dicoba di rumah ini. Bisa nemu komposisi yang pas, butuh eksperimen berapa kali mbak? Atau langsung jadi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *