Follow:
BLOGGING 101

Tips Menentukan Nama Domain Website dan Blog

tips menentukan nama domain website

“What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.” Begitulah ungkapan yang ditulis oleh William Shakespeare. Apalah arti sebuah nama? Bagi sebagian orang, nama tidaklah penting. Padahal justru sebaliknya lho, termasuk soal nama domain website dan blog. Makanya tidak boleh main-main nih dalam menentukan nama domain website dan blog.

Fungsi domain di sebuah website memang vital. Meskipun ada banyak macam nama domain, tetap saja fungsinya membuahkan manfaat dalam bentuk jumlah pengunjung (visitors) setiap harinya. Jadi dalam beberapa komponen dasar pengembangan nama domain untuk satu website biasanya terus dikembangkan dalam platform penyedia nama domain. Sehingga ada beberapa cara untuk memiliki nama domain website yang tepat dan sesuai fungsinya.

Pasti teman-teman sudah tahu dong kalau setiap nama domain selalu memiliki karakter dan fungsi. Selain itu, nama domain ternyata juga memberi pengaruh tingkat fleksibilitas ataupun aksesbilitas bagi pengunjung. Jadi tidak menutup kemungkinan dengan pemilihan nama domain dari website dan blog kamu, akan ada peluang baru yang datang.

Baca juga: Kenapa nama blog ini Talkativetya?

Cara Menentukan Nama Domain Website Anda

Saat ini ketersediaan nama domain lebih mudah diakses dengan segala peluangnya. Tapi teman-teman tetap mesti teliti dalam memilih nama domain ya. Bila sekarang ini kamu masih kebingungan bagaimana cara-cara menentukan nama domain untuk website, yuk cek dulu beberapa tips berikut ini.

1. Menggunakan Kata Mudah Dieja dan Diingat

Banyak kalangan menilai untuk satu nama domain perlu pengembangan serta pencarian secara tepat sehingga nantinya bisa membuahkan banyak manfaat bagi si pemilik website atau blog. Salah satu persyaratan wajib ketika memilih sebuah nama domain untuk website adalah penggunaan kata yang mudah dieja dan diingat.

Semakin mudah sebuah nama domain website dieja dan diingat, semakin besar juga peluang mendatangkan pengunjung. Sebagai contoh, nama blog ini diambil dari dua kata Talkative dan Tya yang berima sehingga lebih mudah diingat juga.

Bahkan untuk kriteria website paling populer sekarang ini sudah berhasil menggunakan nama domain yang lebih mudah dieja bahkan sangat mudah diingat untuk menjadi website paling banyak dikunjungi.

2. Berikan Kreasi Ekstensi Domain

Tidak sedikit halaman website dan blog menggunakan akses nama domain .com, salah satunya ya blog TalkativeTya ini. Tetapi sebetulnya masih banyak lho pilihan ekstensi domain yang bisa kamu gunakan, sebut saja .net dan.co.id. Kalau kamu sudah memutuskan mau pakai ekstensi domain yang mana, jangan lupa untuk lakukan pengecekan agar kamu tahu seberapa besar potensi penggunaan nama domain yang kamu pilih tersebut.

kreasi nama domain untuk website dan blog

3. Jangan Menggunakan Tanda Hubung dan Angka

Calon nama domain website kamu menggunakan tanda hubung dan angka? Buruan deh pilih nama lain. Salah satu hal yang perlu banget dihindari dalam menentukan nama domain adalah menggunakan tanda hubung dan angka. Penggunaan tanda hubung dan angka membuat nama domain menjadi sulit diingat dan dieja. Alih-alih ingin mengunjungi website atau blog kamu, yang ada visitor malah nyasar ke website lain karena salah mengetikkan nama domain.

Bingung menentukan nama domain? Sekarang ada banyak sarana yang memudahkan kita dalam menentukan nama domain website lho, salah satunya adalah domain name generator. Tinggal pintar-pintarnya kita dalam berkreasi kok.

4. Sebisa Mungkin Hindari Copyright

Nama domain yang sudah kamu pilih belum tentu aman karena masih ada kemungkinan plagiat atau copyright. Tentunya teman-teman tidak mau dong nama domain terjerat masalah copyright yang bisa menurunkan kredibilitas website atau blog?

Untuk mengantisipasi hal ini, pastikan kamu sudah melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa nama domain yang kamu pilih belum dipakai oleh orang dan/atau perusahaan lain.

hindari copyright dalam menentukan nama domain website

Kalau memang ternyata nama domain pilihan kamu mengandung plagiat atau copyright, sebaiknya kamu langsung ganti dengan pilihan nama domain lainnya.

Intinya sih, sebisa mungkin gunakan semua fasilitas untuk bisa mencegah terjadinya pelanggaran copyright untuk menghindari kerugian jika kamu menggunakan nama domain yang sama dengan website ataupun platform lainnya.

5. Selaraskan Nama Domain Dengan Citra Bisnis

Metode tepat dan terbaik untuk tentukan nama domain website juga bisa dilakukan dengan menyelaraskan nama domain dengan citra bisnis atau image.

Pemilihan nama domain untuk memaksimalkan citra bisnis atau image memang harus selaras dengan tema produk atau jasa yang akan dijual. Sebagai contoh, nama domain website Domainesia menandakan bahwa website tersebut berkaitan dengan jasa domain. Dengan begini, website akan lebih diingat oleh pengunjung.

6. Tetapkan Target Pengunjung

Menentukan nama domain website sudah jelas sanggup membuahkan sarana-sarana baru dan terbaik. Karena itulah ada beberapa pilihan berguna untuk terus menetapkan target pengunjung lebih baik. Maka dari itu sebelum kamu mencermati semua komponen domain website sebaiknya tetapkan dahulu target pengunjung secara optimal. Website akan berguna serta efektif jika kamu berhasil menentukan target pengunjung sesuai tujuan dan harapan kamu.

***

Itu dia beberapa cara menentukan domain website atau blog yang bisa kamu lakukan. Saat ini, website atau blog yang sudah memiliki nama domain TLD memiliki kredibilitas lebih tinggi dibandingkan web atau blog non TLD.

Saat ini banyak sekali jasa penyedia domain, tapi pilihan aku jatuh pada DomaiNesia yang memang sudah terpercaya. Nama domain blog ini pun aku beli di Domainesia lho.

Jadi kamu punya website atau blog, nggak ada salahnya kalau tahun ini kamu mulai berinvestasi dengan membeli domain. See you on my next post!

Share on
Previous Post

No Comments

Leave a Reply