Follow:
LIFESTYLE

Pertamina Enduro Oli Motor Terbaik

pelumas mesin motor terbaik pertamina

Di penghujung tahun 2019 ini, aku mau membahas sesuatu yang sedikit out of the box yaitu tentang Pertamina Enduro oli motor terbaik yang bikin motor tetap prima. Yes, teman-teman nggak salah baca kok, beneran oli motor. Bukan face oil atau essential oil.

Kenapa motor tidak nyaman dikendarai?

Beberapa waktu yang lalu aku meminjam motor punya ibu yang terbilang masih baru untuk sekadar pergi ke minimarket depan kompleks. Aku memang bukan pengendara aktif dan lebih sering menjadi penumpang yang duduk manis di belakang sambil memeluk manja pak suami (yang jomblo nggak boleh protes ya). Saat mengendarai motor ibu, aku merasa seperti ada yang aneh. Tarikan mesinnya terasa berat, padahal jarak yang aku tempuh tidak jauh.

Sesampainya di rumah, aku langsung melaporkan masalah ini ke pak suami. Kasihan ibu kalau beliau mengendarai motornya kurang nyaman. Apalagi aktivitas beliau sangat padat mengunjungi kelurahan-kelurahan yang ada di Depok. Setelah dicek oleh pak suami, ternyata penyebabnya adalah oli motor. Yups, dengan segala kesibukan ibu, beliau lupa untuk mengganti oli motornya. Pantas saja motor terasa berat saat dipacu dan suara mesinnya terdengar kasar.

ibu mengendarai motor setiap hari

Ibu setiap hari mengendarai motor untuk mengunjungi kelurahan-kelurahan di Depok

Fungsi oli motor

Dari kejadian ini aku jadi belajar banyak tentang motor dan peran oli motor. Maklum, selama ini kan aku hanya jadi penumpang saja. Hehehe. Ibaratnya darah di dalam tubuh manusia, oli adalah ‘darah’ dari kendaraan. Kalau tidak ada darah, tentu tubuh kita tidak bisa berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan oli. Tanpa adanya oli, kendaraan tidak akan berkerja maksimal. Dari penjelasan pak suami dan juga beberapa sumber, oli motor memiliki beberapa fungsi diantaranya:

1. Sebagai pelumas mesin

Fungsi utama oli motor adalah sebagai pelumas mesin. Ketika motor dinyalakan, komponen-komponen mesin akan bergerak dan saling bergesekan. Adanya oli motor akan membantu mengurangi gesekan tersebut dan kerja mesin jadi lebih lancar.

2. Mendinginkan mesin motor

Oli motor juga berperan untuk mendinginkan mesin. Panas yang dihasilkan dari gesekan komponen mesin akan dipindahkan ke luar dengan bantuan oli motor. Dengan begini, motor kesayangan akan terhindari dari overheat.

3. Menjaga mesin motor tetap bersih

Selain menjaga agar motor tetap bersih dari luar dengan cara mencuci motor, mesin motor pun juga harus dijaga kebersihannya. Nah ini dia fungsi lain dari oli motor, yaitu menjaga agar mesin motor tetap bersih. Hasil gesekan komponen mesin motor dan sisa pembakaran mesin menyebabkan mesin motor menjadi kotor. Dengan adanya oli, kotoran ini bisa dibawa dan nantinya dibuang. Inilah yang menyebabkan oli berwarna hitam pekat.

Oli yang sudah kotor berwarna hitam pekat

Oli motor yang sudah kotor akan berwarna hitam pekat.

4. Menjaga performa mesin motor

Kalau oli motor diganti secara berkala, tentu saja mesin motor akan bekerja dengan prima. Efek jangka panjangnya, mesin motor jadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Apalagi kalau oli motor yang digunakan merupakan oli motor terbaik.

5. Menghemat bahan bakar

Fungsi oli motor yang terakhir ini masih berhubungan dengan fungsi sebelumnya nih. Penggunaan oli motor berkualitas akan membantu memaksimalkan kerja mesin motor sehingga penggunaan bahan bakar pun bisa lebih efisien.

fungsi dan manfaat oli motor

Memilih dan membeli oli motor yang tepat

Menyadari pentingnya fungsi oli motor terhadap kesehatan mesin, tentu saja kita harus selektif dalam memilih oli motor yang tepat. Saat ini kita bisa menjumpai berbagai merek oli motor yang dijual di pasaran, baik itu merek lokal maupun merek luar negeri. Harga oli motor pun bervariasi. Buat aku yang awam soal oli, banyaknya pilihan oli motor tentu bikin pusing kepala. Semacam pusing mau pilih merek skincare yang mana gitu. Hehehe. Kalau sampai salah pilih skincare kan gawat.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah memilih dan membeli oli motor, yaitu:

1. Tipe mesin motor

Pastikan oli motor yang akan dibeli sudah sesuai dengan tipe mesin motor yang kita miliki, apakah itu motor matic atau motor kopling. Jangan sampai kita kurang teliti dan salah membeli oli motor. Biasanya sih di kemasan oli sudah ditulis dengan jelas tipe motornya.

2. Sertifikasi atau standar paten pada oli motor

Untuk memastikan oli yang digunakan merupakan oli motor terbaik, coba deh cek standar paten yang tercantum pada kemasan oli motor. Oli sepeda motor menggunakan standarisasi JASO (Japan Automobile Standard Organization) yang dibedakan berdasarkan jenis mesinnya: 2 tak (kode FA, FB, dan FC) dan 4 tak (MA dan MB). Buat kamu yang menggunakan motor kopling, pilihlah oli motor dengan kode JASO MA. Sedangkan motor matic menggunakan oli motor dengan kode JASO MB.

Selain JASO, masih ada banyak standar paten oli motor lainnya seperti API, ACEA, dan ILSAC.

3. Kadar kekentalan oli (SAE)

Kadar kekentalan oli merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih oli motor. Kadar kekentalan oli ini ditandai dengan kode SAE (Society of Automotive Engineers) yang diikuti dengan angka. Kita ambil contoh oli Pertamina Enduro Matic G SAE 20W-40. Kode 20W menunjukkan ketahanan di suhu dingin (W = winter), sedangkan 40 menunjukkan ketahanan di suhu panas. Semakin besar angka ini berarti semakin kental juga olinya.

4. Bahan dasar pembuatan oli

Berdasarkan bahan dasar pembuatannya, oli motor dibagi menjadi 3 macam yaitu oli mineral, oli semi-sintetik, dan oli sintetik. Pada umumnya oli yang banyak beredar di pasaran adalah oli sintetik, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi mesin motor itu sendiri.

5. Belilah oli di tempat yang terpercaya

Hal terakhir yang tidak kalah penting dalam memilih dan membeli oli motor adalah memilih penjual yang terpercaya. Untuk menjamin keaslian oli, belilah oli motor di bengkel resmi motor, SPBU terdekat, supermarket, dan juga di e-commerce. Oli motor yang asli biasanya tersegel baik. Jangan tergiur saat ada yang menawarkan oli dengan harga murah.

tips memilih oli motor

Pertamina Enduro oli motor terbaik

Soal oli motor, ternyata selama ini pak suami setia menggunakan oli motor dari PT Pertamina Lubricants, yaitu Pertamina Enduro. PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri serta base oil baik untuk pasar domestik maupun internasional. Pelumas Enduro merupakan oli untuk motor dalam kategori air cooled motorcycle/small engine oil yang tersedia dalam 7 varian yang lengkap untuk oli motor matic, motor 2T, dan motor 4T.

pertamina enduro

pilihan oli motor pertamina enduro

Pertamina Enduro, oli motor yang menjaga mesin tetap prima

Saat ini motor yang kami miliki adalah motor Honda Supra X tahun 2011 dan menggunakan oli motor Pertamina ENDURO 4T SAE 20W-50. Pelumas keluaran Pertamina ini merupakan pelumas yang menggunakan bahan dasar berkualitas tinggi dan didesain khusus untuk motor 4 langkah (4 tak). Soal mutu tidak perlu diragukan lagi karena Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50 sudah mendapatkan standar JASO MA dan memenuhi standar API SL.

Oli motor terbaik pertamina Enduro

Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50

Oli motor Pertamina ini memiliki warna biru toska dan kode SAE-nya menunjukkan bahwa oli bisa membantu sirkulasi mesin pada suhu rendah maupun tinggi. Oya, Pertamina ENDURO 4T SAE 20W-50 direkomendasikan untuk motor 4 tak merek Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan bisa juga digunakan untuk motor 4 tak buatan Cina dan Korea seperti Qianjiang dan Hyosung. Oli ini juga cocok digunakan untuk motor modern dan klasik. Harga oli motor Enduro sangat terjangkau dengan kisaran harga 40 ribuan.

Keunggulan lain dari pelumas mesin motor Enduro 4T SAE 20W-50 adalah mampu mencegah slip pada kopling basah, mencegah korosi pada mesin, dan mencegah terbentuknya deposit pada piston mesin motor. Biasanya pak suami mengganti oli secara berkala setiap satu bulan sekali, terutama kalau motor dipakai setiap hari, agar kondisi mesin motor tetap prima.

Ganti pelumas motor secara berkala

Meskipun usia motor ini nyaris satu dekade, performa mesinnya tetap oke lho. Aku dan pak suami cukup sering menempuh perjalanan jarak jauh dan alhamdulillah motor kami ‘bandel’ sehingga perjalanan pun mulus tanpa ada masalah. Ini membuktikan bahwa oli motor Pertamina Enduro memang oli motor yang bisa diandalkan. Tidak heran kalau oli produksi Pertamina ini mendapatkan berbagai penghargaan seperti  Indonesia Most Innovative Business Award 2018 (kategori otomotif) dan Anugerah BUMN Awards 2019 untuk kategori perusahaan Ekspansi Global BUMN terbaik. Yes, pelumas kebanggaan Indonesia ini telah melakukan ekspansi ke luar negeri antara lain Afrika Selatan, Bangladesh, Australia, Nepal, Malaysia, Nigeria, , Filipina, Singapura, Thailand, dan Kamboja.

Bangga rasanya menggunakan oli motor Pertamina Enduro hasil karya anak bangsa yang memiliki kualitas tinggi bertaraf internasional. Buat teman-teman yang memiliki motor, pada pakai oli motor apa nih? Kalau aku dan pak suami sih pasti tetap setia menggunakan Pertamina Enduro. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua ya. See you on my next post!

Share on
Previous Post Next Post

37 Comments

  • Reply Mbak Avy

    yeah saya juga pake ini
    bikin mesin motor jadi awet dan tangguh

    December 30, 2019 at 7:32 am
  • Reply Krisna Hayuning F

    Iya bener, kadang motor gak nyaman dikendarai karena juga olinya yang ya begitulah makanya kudu nemuin oli yang cocok seperti Enduro 🤩

    December 30, 2019 at 7:50 am
  • Reply Mpo Ratne

    Meski rajin cek kilometer agar pas ganti oli sesuai kilometer. Kalau kelamaan berat selain mesin jadi lebih parah lagi kerusakannya

    January 3, 2020 at 6:41 am
  • Reply winda - dajourneys.com

    aku tu salut banget sama ibunya Tya yang aktif berkegiatan walau usia sudha tidak lagi muda, bahkan bisa menyetir motor sendiri 🙂

    January 3, 2020 at 9:31 am
  • Reply Uniek Kaswarganti

    Kualitas oli juga mempengaruhi kondisi mesin motor ya. Emang kudu rajin merawat motor dan ganti oli agar mesin selalu dalam kondisi baik.

    January 4, 2020 at 1:08 am
  • Reply lendyagasshi

    Salut banget sama oli motor Pertamina yang merupakan buatan anak bangsa tapi kualitasnya sudah Internasyenel.
    Aku juga pakai untuk kendaraanku, kak Tya…Alhamdulillah, memilih oli yang tepat bikin kendaraan bandel dan jalannya gak manjyaah alias lelet, hehehe…

    January 4, 2020 at 2:09 am
  • Reply Rahma Brilianita

    Aslinya aku nggak paham soal otomotif begini. Selalu maunya terima beres di bengkelnya. Ternyataaa penting juga memperhatiin kualitas oli yang dipakai biar performa mesin ttp cakep.

    January 4, 2020 at 12:31 pm
  • Reply Widya Lim

    ternyata pertamina punya oli juga yaah.. bagus yah jadi lebih awet ke mesin motornya.. nanti aku kasih tau ayahku untuk pake ini jugaa 😀

    January 4, 2020 at 1:59 pm
  • Reply Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)

    Sepertinya ini adik iparku pakai deh, karena di rumahnya suka ada tempat oli Pertamina Enduro. Siapa tau nanti aku punya motor dan bisa jadi banyak informasinya nih tentang pemilihan oli motor.

    January 4, 2020 at 3:30 pm
  • Reply Flo fairy

    Tulisannya bermanfaat banget kak, biar pada milih karya anak bangsa yang gak usah diragukan lagi ya memang olinya sangat bagus.

    January 4, 2020 at 7:25 pm
  • Reply Melissa Olivia

    Selama ini ga pernah kepoin suami kalo lg ganti oli sih. Tp aku akan share info ini ke doski ah, barangkali dia tertarik atau jgn2 emang udah pake fastron lg 🤣

    January 4, 2020 at 7:33 pm
  • Reply artha

    pengingat agar saya jg wajib kenal kondisi motor dan mana oli terbaik untuknya. saya pun lebih banyak di jok belakang. duduk nyaman, oke2 ajah gak ngerasa ada yg aneh. pas duduk pegang setir, barulah kerasa mana yg gak enak pada motor yaa

    January 5, 2020 at 12:15 am
  • Reply Suzannita

    Produk oli memang tidak bisa sembarangan ya karena oli tersebut digunakan untuk merawat kendaraan

    January 5, 2020 at 1:26 am
  • Reply Ola AYu

    Pertamina enduro ini memang sudah terkenal oke untuk motor ya mba, ibuku juga pakai ini mba

    January 5, 2020 at 2:09 am
  • Reply Mei

    wah kebetulan aku mau ganti oli buat motorku niy Mba, pas banget ya

    January 5, 2020 at 2:12 am
  • Reply TIAN LUSTIANA

    Enduro oli motors ini emang keren, kualitasnya internasional padahal buatan Indonesia yah. Saya juga sama pakai brand ini kak oli nya.

    January 5, 2020 at 2:35 am
  • Reply Didno

    jadi pengen beralih ke Enduro nih setelah review oli motor terbaik dari bu guru Tya

    January 5, 2020 at 3:32 am
  • Reply Rach Alida

    Pertamina Enduro ini emang pilihan terbaik deh buat motor mba. Aih ibunya masih tetap lincah 🤩

    January 5, 2020 at 12:36 pm
  • Reply Aulia Rizky Wijayanto

    belajar banyak banget aku dari post ini, aku ga paham banget soalnya sama oli dan permotoran wkwkwkw cowo aku anak motor jd dia yg urus

    January 5, 2020 at 1:10 pm
  • Reply Dyah Prameswarie

    Makasih infonya, Mbak. Menarik banget dan bikin aku sadar, motorku udah lama nggak diservis. Hihihi. Ntar kalau ganti oli, aku mau cobain pake Enduro ini

    January 6, 2020 at 12:33 am
  • Reply Rch Alida

    Mbaa, aku tercerahkan dengan tulisan ini mba. Selama ini ngerasa urusan oli nih urusan laki aja. Aku terima bersih saja. Skarang jadi tahu lebih banyak tentang oli ini setelah baca tulisan ini

    January 7, 2020 at 3:01 am
  • Reply Istiana Sutanti

    Aku udah gak boleh ngendarain otor sama pak su, huhu. Bener penting ya, soalnya bakal kerasa juga kayanya di kursi penumpang kalau motornya udah mulai gak enak atau tarikannya kurang

    January 7, 2020 at 3:16 am
  • Reply Lia Lathifa

    Meskipun aku perempuan, tapi karena sering bawa motor buat antar jemput anak jadi tau nih manfaatnya oli. Makasih atas penjelasannya ya, komplit banget

    January 7, 2020 at 6:45 am
  • Reply Ade UFi

    Suamiku juga olinya pakai Enduro. Memang kualitasnya bagus kalau buat motor ya. Itu motor Tiger di rumah dari tahun 1997 masih awet dan bagus sampai sekarang. Selama 22 tahun baru baru sekali turun mesin, itu pun baru beberapa tahun yang lalu.

    January 7, 2020 at 7:05 am
  • Reply Elly Nurul

    Wow ibunya mbak tya bisa bawa motor ya.. keren.. aku aja masih khawatir lho kalo bawa motor sendiri.. belum berani yang jauh jauh, apalagi jalan raya.. takut akutu hehe.. kalo ngomongin masalah perawatan motor, oli motor memang wajib menggunakan yang berkualitas agar mesin motor awet ya mbak

    January 7, 2020 at 3:45 pm
  • Reply Memez

    Aku sebenarnya ngga ngerti soal oli-oli begini. Maklum aja, urusan perawatan motor dan mobil selalu jadi urusannya suami. Tapi… kayaknya jadi tahu setelah Mba Tya menuliskannya di postingan ini. Pertamina Enduro memang jadi andalan yaa….

    January 7, 2020 at 3:54 pm
  • Reply Leyla Hana

    Penting banget nih pake oli motor terbaik ya biar motor gak mudah mogok. Biasanya suamiku sih yang ngurusin bagian dalam motor. Semoga dia juga kasih yang terbaik supaya awet motornya.

    January 7, 2020 at 4:40 pm
  • Reply Fanny F nila

    Jujurnya kalo ttg perolian ato yg berhubungan dgn kendaraan, aku ga ngerti mba :D. Selama ini oli, service mobil, bensinnya, semua diurus suami hihihihi… Pernah sih ikutan ke bengkel pas dia mau servis besar, tapi ya itu, lagu2 pilihan ada di tngan dia pake produk yg mana. Walopun aku prnh denger sih ttg Enduro ini. Tp setelah baca tulisan mba, setidaknya aku jd paham cara kerja oli di mesin itu gimana, dan kenapa bisa sangat vital utk kendaraan kita 🙂

    January 13, 2020 at 8:20 am
  • Reply Aulia

    Informasinya bagus sekali nih mbak! Aku juga lagi mengalami masalah tarikan mesin terasa berat nih, jangan-jangan sudah saatnya ganti oli ya..

    January 13, 2020 at 10:47 pm
  • Reply Herva Yulyanti

    Aku baru tahu fungsinya dong wkwkwk selama bertahun-tahun yang tugas ganti oli ya suami aku tinggal pake 😀 makaish mba tercerahkan ini

    January 14, 2020 at 8:29 am
  • Reply Gilang

    setuju mba, kalau olinya rutin diganti, jadi lebih awet juga ke bahan bakar. Kumerasakannya sendiri, sepeda motor juga jadi serasa ringan untuk dikendarai. Waah banyak kelebihannya ya oli pertamina enduro ini, tapi kisaran harganya terjangkau, 40 ribuan.

    January 14, 2020 at 10:04 pm
  • Reply Desy Yusnita

    Jadi inget aku belum ganti oli motorku nih. Harus dipastikan pakai enduro kayanya nih.

    January 15, 2020 at 1:51 am
  • Reply RACHMANITA

    Bener banget ini buat kendaraan oli gak bole main main ya karena ya bisa bikin mesin rusak kan

    January 15, 2020 at 6:01 am
  • Reply Eryvia Maronie

    Kalo produk Pertamina sih so pasti berkualitas baik.
    Suamiku pun kalo ganti oil pasti pake Pertamina, bukan yang lain.

    January 15, 2020 at 7:03 am
  • Reply SUFYAN

    benar sekali,mbak. Memang penggantian oli berkala dan juga harus dissesuaikan dengan usia motor, dan oli juga harus berkualitas

    January 17, 2020 at 1:13 pm
  • Reply lendyagasshi

    Urusan oli kendaraan ini gak boleh diremehkan. Karena demi kelangsungan awet tidaknya sebuah mesin.
    Memilih Enduro adalah hal yang terbaik.
    Karena kualitas boleh diadu dengan merk dari luar negeri.

    January 19, 2020 at 9:27 pm
  • Leave a Reply