Follow:
BLOGGING 101

5 Rekomendasi Control Panel untuk Mengatur Layanan Hosting

rekomendasi control panel untuk layanan hosting

Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki website pribadi, tentunya kamu harus mengatur beberapa hal agar data yang ada di website terlindung. Ada beberapa rekomendasi control panel yang harus dan wajib teman-teman lakukan nih agar data-data penting serta file dari ide-ide yang susah payah kamu dapatkan aman dan terlindungi.

Mengapa harus dilakukan? Karena kamu nggak mau dong kalau data kamu hilang atau dicuri? Di dunia internet dewasa ini, sudah cukup banyak website yang bermasalah karena tidak memiliki fitur keamanan yang memadai dalam menanggulangi bahaya yang banyak berkeliaran di dunia internet. Berikut 5 rekomendasi yang dapat teman-teman lakukan untuk meningkatkan keamanan website.

Mengunduh Secure Sockets Layer

Apa itu Secure Sockets Layer? Disingkat sebagai SSL, merupakan salah satu rekomendasi control panel berupa protocol keamanan dengan menggunakan komunikasi online yang sangat berguna untuk membuat tautan dalam bentuk enkripsi antara server web dengan web browser. Mudahnya adalah, enkripsi tersebut akan bekerja dengan membentuk jalinan komunikasi antara Titik A dengan Titik B, yaitu jalinan antara web server dengan web browser.

Dengan adanya SSL, semua informasi yang berkaitan dengan kamu, khususnya website e-commerce akan terlindungi dengan sangat rapat. Ketika sebuah website sudah menggunakan sistem SSL, maka kamu dapat mengetahuinya dengan melihat langsung dari web browser, yaitu akan muncul ikon berbentuk gembok berwarna hijau. Jika ikon tersebut muncul, kamu bisa bernafas lega karena karena data kamu akan terjamin kerahasiannya.

Baca juga: Tips membuat blog dengan mudah dan menarik

Mengupdate website secara berkala

Ketika kamu memiliki sebuah website, tentu akan ada banyak informasi yang tercantum dalam website tersebut, seperti profil, kelebihan, fitur serta informasi penting lainnya. Tidak jarang kamu sebagai pemilik dan pemegang kendali sebuah website, jarang sekali melakukan update informasi, dan lebih terkesan mendiamkan website tersebut. Tentu hal tersebut akan berdampak terhadap keamanan website Kamu. Kamu harus melakukan rekomendasi control panel untuk melindungi website Kamu.

Kamu wajib mengupdate website secara berkala walaupun update yang dilakukan tidak terlalu signifikan, seperti mengubah beberapa informasi kecil dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan karena ketika teman-teman melakukan update terhadap sebuah website, tentunya sistem CMS yang digunakan akan memberikan update terbaru dalam berbagai fitur di website, sehingga sistem keamanan juga akan terupdate secara otomatis.

Baca juga : hosting murah dengan layanan 24 jam

Penggunaan “Strong Password”

Selain dua hal di atas, yaitu mengunduh sistem Secure Sockets Layer (SSL) dan juga mengupdate website secara berkala, hal yang tidak kalah penting adalah penggunaan password. Jangan deh sekali-kali menggunakan password yang “biasa-biasa” saja, dan tentunya juga tidak boleh kamu menggunakan sembarang password yang mudah diketahui oleh banyak orang, Kamu harus mengetahui rekomendasi control panel untuk melindungi website Kamu.

rekomendasi control panel dengan penggunaan strong password
Pastikan password yang kamu gunakan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan tanda baca ya

Rekomendasi lainnya ialah penggunaan password yang terindikasi sebagai password yang kuat dan baik. Gunakan password yang memiliki kombinasi huruf, angka, serta tanda baca yang bervariasi dan tentunya kamu wajib ingat. Cara tersebut sangatlah penting, mengingat password merupakan garda terdepan untuk melindungi website kamu dari pihak lain yang berniat jahat.

Backup Data Website

Penggunaan website pribadi ataupun sebagai pemegang kendali dari sebuah website tentunya akan berhubungan dengan banyak data dan informasi penting, baik informasi mengenai data pribadi maupun data-data yang bersifat umum dan general. Namun tentunya keberadaan data-data tersebut tetap penting dan juga sangat berharga bukan? Tentu kamu harus melakukan ketiga rekomendasi control panel di atas dan juga rekomendasi mengenai mem-backup data Kamu.

Melakukan backup data secara berkala adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tetapi kamu juga perlu berhati-hati dalam melakukan backup data, karena melakukan hal ini bukanlah sembarang hal.

Jangan lakukan backup data pada server situs yang kamu gunakan karena kemungkinan diretas lebih besar. Lakukan pada server lain yang lebih aman dan tentunya akan sulit dilacak oleh pihak lain.

Penggunaan Jasa Hosting Terpercaya

Ketika kamu memiliki sebuah ataupun beberapa website, tentu kamu tidak akan dapat melakukannya tanpa menggunakan jasa web hosting. Karena hal tersebut sangatlah penting untuk menyimpan file-file kamu. Belakangan ini banyak sekali penyedia layanan web hosting yang tersedia di internet, mulai dari layanan dengan fitur sederhana yang gratis, hingga layanan berbayar dengan fitur menakjubkan.

Sebelum memilih satu jasa web hosting, ada baiknya kamu lihat dan crosscheck review terkait dengan penyedia layanan hosting yang ingin kamu gunakan. Cari tahu apakah penyedia layanan tersebut benar-benar tepecaya atau tidak. Dengan menggunakan jasa web hosting yang jelas dan tepercaya, data kamu akan aman dan tentunya kamu akan memiliki kualitas website yang tidak akan mengecewakan karena penyedia layanan hosting akan memberikan yang terbaik untuk Kamu.

***

All in all, memiliki website memanglah mengasyikan, banyak hal baru dan ide-ide kreatif yang dapat kamu simpan di dalam website serta membagikannya dengan orang lain. Namun tentu kamu harus menjaga data-data serta informasi penting yang ada di website kamu dengan melakukan lima rekomendasi control panel di atas untuk mencegah hal-hal yang tentunya tidak diinginkan.

Selamat mencoba!

Share on
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply